BlogPemilik PropertiTitip Jual Sewa RumahPenting! Cara Jual Rumah Ke Bank Agar Tidak Rugi
0
0

Penting! Cara Jual Rumah Ke Bank Agar Tidak Rugi

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Des 27, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Cara jual rumah ke bank merupakan alternatif yang bisa kamu lakukan saat butuh dana mendesak. Cara ini cukup umum dilakukan sejak beberapa tahun silam. Meski pun begitu, masih banyak orang yang salah dalam melakukannya, sehingga beresiko kerugian besar.

Memiliki aset properti merupakan salah satu cara berinvestasi yang paling diidamkan. Alasannya adalah karena setiap tahun harga properti selalu naik. Namun kadangkala, kebutuhan tak terduga selalu ada.

Mencari pinjaman ke berbagai pihak menjadi salah satu jalan saat tak ada dana yang bisa diandalkan. Caranya seperti menjual aset rumah secara langsung, melalui perantara, jual rumah di internet ataupun dengan cara jual rumah ke bank. Padahal kamu juga bisa pasang iklan rumah dijual di Pinhome lho!

Fitur pencarian Pinhome membantu kamu menemukan rumah bekas di Kab Mojokerto hingga rumah baru di Kabupaten Bekasi seperti Kertamukti Sakti Residence. Kamu juga bisa menemukan properti dekat sarana publik seperti di sekitar SMAN 5 Pekanbaru.

Cara Jual Rumah ke Bank

Menjual rumah bukanlah hal yang mudah, sehingga banyak orang mencari jalan pintas dengan cara jual rumah ke bank. Tentunya cara ini akan terasa sulit bagi yang tidak familiar, dan dikhawatirkan akan bermasalah jika salah mengikuti prosedur. Simak prosedur dan cara jual rumah ke bank yang paling tepat di bawah ini!

1. Tentukan Bank

cara jual rumah ke bank
Source : Bisnis

Tidak semua bank menyediakan fasilitas untuk pemasaran properti. Kamu perlu mencari tahu informasinya terlebih dahulu akan bank apa yang sekiranya bisa mengakomodir kebutuhan kamu.

Biasanya bank yang identik menyediakan fasilitas ini adalah bank yang menyediakan program KPR. Bank yang menyediakan fasilitas pemasaran properti ini biasanya memiliki platform tersendiri untuk listing properti yang dijual.

2. Cari Tahu Harga Pasaran Rumah

cara jual rumah ke bank
Source : Lokadata

Menetapkan harga jual rumah kamu agar tidak merugi ataupun melebihi harga pasaran. Untuk menentukan harga jual rumah kamu juga bisa menentukannya dengan menjumlahkan harga bangunan dan juga harga tanah.

Tak hanya itu saja, kamu juga bisa menentukan harga sesuai dengan daerah rumah yang jual dengan berdasarkan pada Nilai Jual Objek Pajak (NJOP). Cara lain untuk menentukan harga rumah juga dengan meminta bantuan konsultan dari pihak bank. Dengan cara ini pihak bank akan melakukan appraisal dari rumah yang akan kamu jual.

3. Daftar di Platform Pemasaran Properti Milik Bank

Source : Mortgagemaster

Cara jual rumah ke pihak bank yang satu ini terbilang paling penting untuk dilakukan. Jika bank yang kamu pilih memiliki fasilitas pemasaran properti, kamu bisa mengunjungi halaman situs pemasaran properti tersebut untuk mengetahui prosedurnya.

Prosedur pertama yang biasanya wajib kamu lakukan adalah dengan mendaftar sebagai anggota di laman situs pemasaran tersebut. Langkah selanjutnya sebelum kamu bisa menaruh listing properti kamu di situs pemasaran properti bank.

Biasanya beberapa bank mengharuskan kamu mendaftar sebagai perusahaan pengembang atau developer. Secara tidak langsung, kamu bisa menjual rumah ke konsumen secara langsung dengan bantuan bank, kalau kamu sudah terdaftar menjadi perusahaan pengembang. Setelah itu kamu bisa memasukkan listing properti kamu di situs pemasaran properti tersebut Pins.

Baca juga: Yuk, Kenali 5 Biaya Pajak Penjualan Rumah!

Keuntungan Jual Rumah ke Bank

cara jual rumah ke bank
Source : Okezone

Menjual rumah tidak selalu mudah, ini membutuhkan ketelatenan dan kesabaran dalam prosesnya. Mungkin bagi yang tidak familiar akan menganggap susah dan ribet dengan cara jual rumah ke bank.

Namun pada kenyataannya jual rumah ke bank adalah cara yang mudah, jika mengetahui prosedur dan cara yang benar. Kenapa harus memilih cara jual rumah ke pihak bank? Bukankah ada cara-cara lain yang umum dilakukan?

Nah perlu kamu ketahui, menjual rumah ke pihak lain justru ada nilai plusnya. Sebelum kamu mengetahui bagaimana menjual rumah ke bank, pahami dulu beberapa keuntungannya berikut ini!

Baca juga: Tata Cara Proses Jual Beli Rumah Cash Tanpa Notaris

1. Rumah Lebih Cepat Terjual

cara jual rumah ke bank
Source : Pixabay

Bank merupakan alternatif tepat sebagai cara jual rumah agar cepat laku. Sebagai institusi keuangan terpercaya, bank yang memiliki jaringan yang luas. Bank juga memiliki kapabilitas untuk mengelola klien, nasabah, dan lain-lain sehingga dapat mempromosikan suatu produk dengan sangat baik.

Keuntungan lainnya adalah promosi secara online maupun offline yang bisa dilakukan oleh bank secara lebih baik. Hal ini membuat rumah kamu bisa terjual lebih cepat jika melalui pihak bank.

2. Transaksi Lebih Aman

Source : womfinance

Bank memiliki produk unggulan yang banyak diminati para investor properti seperti salah satunya adalah program kredit seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Bahkan, ini juga bisa diterapkan sebagai cara jual rumah KPR ke bank.

Pengguna program kredit dari bank memiliki keuntungan. Salah satunya adalah membuat setiap proses yang dilakukan oleh pihak bank terutama untuk produk properti akan sangat terjamin keamanannya.

Begitu pula untuk program jual rumah ke bank, jaringan dan program khusus untuk jual rumah pun dimiliki oleh pihak bank. Melakukan transaksi jual beli rumah melalui pihak bank juga tentunya akan menguntungkan bagi pihak penjual maupun pihak pembeli. 

3. Mendapatkan Harga yang Sesuai Keinginan

cara jual rumah ke bank
Source : Tribun

Keuntungan lain dengan menjual rumah ke pihak bank adalah kamu akan mendapatkan harga sesuai harga jual yang kamu inginkan tanpa ada pemotongan biaya.

Karena dalam prosesnya, bank akan mendapatkan keuntungan tersendiri dengan membayarkan terlebih dahulu harga jual rumah yang kamu inginkan untuk mewakili pembeli. Kemudian nantinya membayar secara kredit pada bank tersebut. Sehingga bank mendapat keuntungan dari bunga kredit yang dibayarkan oleh pembeli.

Nah itulah beberapa informasi mengenai cara menjual rumah ke bank dan berbagai keuntungannya. Ini juga bisa kamu terapkan sebagai cara jual rumah KPR ke bank, lho! Hal yang paling penting adalah jangan lupa mencari info sebanyak-banyaknya ke bank terkait sebelum menjual rumah ya, Pins. Semoga artikel ini bermanfaat!

Baca juga: Menjual Rumah dengan Menggunakan Jasa Iklan

Feature Image Source: Pxhere


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Apartment Puri Orchard dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download