Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • Desain Rumah Minimalis Dua Lantai Hunian Keluarga

Properti

Desain Rumah Minimalis Dua Lantai Hunian Keluarga

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 17 September 2021 ∙ 12 menit membaca

Pins lagi mau renovasi rumah jadi dua lantai? Yuk lihat contoh desain rumah minimalis 2 lantai dengan konsep elegan berikut, Pins! Gambar Denah rumah sederhana 2 lantai merupakan salah satu desain rumah yang banyak diminati masyarakat indonesia di era modern ini. Paduan kesan simple dan sederhana kedalam satu kesatuan denah rumah yang indah dan nyaman untuk digunakan.  Model ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan tipe rumah lainya.

Pinhome – Desain rumah minimalis 2 lantai tidak harus selalu megah dan mewah, lho Pins. Anda bisa menerapkan konsep rumah minimalis yang tak hanya cantik, tapi tetap fungsional. Dengan desain rumah 2 lantai minimalis ini, Pins akan mendapat ruang tambahan ekstra sehingga kebutuhan keluarga bisa terpenuhi dengan baik.  Setiap orang tentu saja menginginkan rumah yang bagus dan nyaman. Oleh karena itu tidak jarang bila banyak orang yang membangun rumah dengan 2 lantai. Ada beberapa tips dalam membagi denah rumah tingkat minimalis 2 lantai  yang ajib untuk diketahui.

Baca Juga

Denah Rumah Satu Lantai
Tips Desain Rumah Minimalis

Tak perlu butuh luas tanah yang besar, asalkan Pins bisa merancangnya dengan baik maka dijamin rumah jadi lebih indah dan cukup ruang buat keluarga. Yuk lihat ide dan contoh desain rumah minimalis 2 lantai dengan konsep modern dan elegan berikut ini!

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai

Rumah 2 Lantai Minimalis dengan 1 Master Bedroom

Desain Rumah Minimalis Modern

Kalau Pins ingin punya master bedroom yang ukurannya lebih besar dari kamar lainnya, maka desain rumah minimalis 2 lantai ini bisa jadi pilihan. Desain rumah cocok diterapkan untuk rumah tipe 45 2 lantai dengan 2 kamar tidur.

Kalau Pins lihat pada desain tersebut, maka Pins dapat menemukan ruang keluarga, ruang tamu, ruang makan, dan dapur di lantai 1. Kemudian ada sebuah master bedroom dan dua kamar lainnya terletak di lantai 2.

Rumah 2 Lantai Minimalis dengan 4 Kamar Tidur

Desain Rumah Minimalis Modern

Siapa bilang sulit punya rumah 4 kamar tidur di lahan terbatas? Jangan salah, Pins, kamu tetap bisa punya rumah punya 4 kamar tidur dengan menjadikannya rumah 2 lantai minimalis. Pada desain tersebut, terlihat 4 kamar tidur yang berada di lantai 1 dan lantai 2. Area lantai satu berfungsi sebagai 1 kamar tidur, ruang tamu, ruang makan, ruang keluarga, dapur dan 1 kamar mandi. Lalu di lantai dua terdapat 3 kamar tidur dan 1 kamar mandi. Suka sama desain ini, Pins?

Rumah 2 Lantai Minimalis dengan Elemen Kayu pada Eksteriornya

Desain Rumah Minimalis Modern

Bermimpi punya desain rumah minimalis 2 lantai dengan kesan yang hangat buat hunian keluarga, Pins? Yuk wujudkan dengan menerapkan desain ini pada rumah 2 lantai-mu.

Secara pemanfaatan ruang, Pins bisa lihat rumah 2 lantai ini punya 4 kamar yang terdapat 1 kamar di lantai 1 dan 3 kamar di lantai 2. Hal yang membuat beda dari rumah ini yaitu menambahkan elemen kayu pada eksteriornya. Meskipun hanya sedikit dan tidak terlalu mendominasi, tetapi unsur kayu ini dapat menghadirkan suasana alami dan menambah kesan hangat.

Rumah 2 Lantai Minimalis dengan Kolam Renang Pribadi

Desain Rumah Minimalis Modern

Pins juga bisa punya, lho, punya kolam renang pribadi di rumah 2 lantai! Di desain rumah 2 lantai minimalis ini, Pins bisa lihat sendiri adanya kolam renang pribadi yang berada di belakang garasi rumah. Meskipun ukurannya tidak terlalu besar, tetapi dijamin keluarga akan betah tinggal di sini. Selain kolam renang, rumah ini juga dilengkapi 4 kamar tidur yang sangat cocok buat ditempati bersama keluarga kecilmu, Pins.

Rumah 2 Lantai Minimalis yang Elegan dengan Unsur Putih

Desain Rumah Minimalis Modern

Warna putih telah sejak lama jadi favorit para pecinta arsitektur. Selain menampilkan minimalis, warna putih juga menyiratkan kesan elegan dalam balutan kesederhanaannya.

Pins bisa mengaplikasikan cat putih dengan tone lembut, antik, salju, atau ivory pada eksterior rumah kamu. Jangan lupa gunakan warna putih pada eksterior pintu dan jendela, pilar, dan furnitur luar ruangan lainnya agar memperkuat nuansa hunian modern elegan dan minimalis.

Rumah 2 Lantai Minimalis dengan Area Terbuka

Desain Rumah Minimalis Modern

Coba Pins perhatikan denah rumah 2 lantai ini, terlihat menarik bukan? Selain adanya fungsi rumah pada umumnya seperti garasi, ruang tamu, kamar, dan dapur, tampak sebuah  area foyer alias ruang terbuka yang cukup luas.

Adanya ruang terbuka ini membuat rumah lebih lega dan punya jalur sirkulasi udara segar. Bukaan ruangan yang besar nyatanya menjadi area yang efektif dalam memberikan pasokan udara segar ke seluruh rumah dan membuat rumah menjadi lebih terang dan lapang.

Rumah 2 Minimalis dengan Balkon

Denah rumah dua lantai ini memiliki kesan santai dan nyaman, termasuk pada lantai atas yang dilengkapi balkon yang juga sangat apik. Tak hanya sebagai area terbuka, adanya balkon juga untuk mempertegas perbedaan antara lantai dasar dan lantai diatasnya.

Balkon yang letaknya di lantai 2 tentunya dengan tujuan si pemilik rumah bisa melihat pemandangan dari atas yang tidak terbatas. Jadi tak sabar ingin bersantai di balkon, bukan?

Rumah 2 Lantai Minimalis dengan Ruang Tamu Terbuka

Contoh desain rumah 2 lantai ini sangat pas buat Pins ingin konsep berbeda dengan ruang tamu outdoor. Konsep ini sangat cocok kalau Pins ingin punya privasi saat menerima tamu dari luar. Tak hanya itu, desain ruang tamu terbuka ini juga akan memberikan ruang yang cukup lapang bagi pemilik rumah ataupun bagi tamu.

Baca Juga : Desain Rumah Berbasis Customized Home Building

Rumah 2 Lantai Minimalis dengan Area Parkir yang Luas

Meskipun mengadaptasi gaya minimalis, bukan berarti Pins tidak bisa punya lahan parkir yang luas, lho. Pada desain rumah di atas, Pins bisa lihat area garasi di lantai dasar dengan bentuk persegi panjang sehingga muat untuk parkir beberapa kendaraan. Jangan lupa untuk memilih warna yang natural dan pencahayaan garasi agar terlihat tetap harmonis.

Rumah 2 Lantai Minimalis dengan Kebun

Bagi pecinta gaya rumah minimalis modern dan elegan, tapi ingin punya kebun di dalamnya, denah rumah ini sangat tepat buat Pins. Denah rumah 2 lantai ini memanfaatkan ruang outdoor yang dipenuhi rumput dan tanaman hijau yang sangat cantik. Sementara itu, pada lantai atas denah rumah dua lantai ini menampilkan tiga kamar tidur yang berjejer tapi tetap mengedepankan privasi penghuninya.

Gambar Denah Rumah Sederhana 2 Lantai

Disebelah kiri dapat kita lihat denah lantai 1 sedangkan pada sebelah kanan adalah gambar denah lantai 2. Kedua lantai tersebut dihubungkan oleh tangga yang berada di tengah-tengah rumah. Sehingga, mudah terlihat dan nyaman untuk digunakan sebagai lalu lintas naik turun antar lantai.

gambar denah rumah sederhana 2 lantai
(Designrumah.co.id)

Pada denah rumah sederhana ini juga terdapat taman didalam rumah sebagai jalur lalu lintas ventilasi udara bersih untuk menyuplai seluruh ruangan didalam rumah sehingga tercipta sebuah hunian sehat dengan akses udara segar disetiap sudut rumah.

Kamar tidur sengaja dibuat khusus di lantai 2, yang bertujuan untuk menjadikan lantai 2 sebagai ruangan private keluarga. Sedangkan lantai satunya, bisa digunakan oleh para tamu yang mungkin datang.

Baca Juga: Download Denah Rumah Gratis

Inspirasi Desain Rumah Minimalis 2 Lantai

Contoh desain rumah minimalis 2 lantai yang bagus merupakan sesuatu yang perlu ditemukan ketika hendak melakukan kegiatan perencanaan desain rumah sehingga rumah minimalis yang dibangun nantinya benar-benar sesuai dengan harapan dan impian akan sebuah bangunan yang indah. berbagai cara dapat ditempuh untuk menemukan desain rumah terbaik dari mulai pencarian di internet, melihat-lihat rumah di perumahan, membuat desain rumah sendiri sampai bekerja sama dengan seorang arsitek untuk menggambarkan ide-ide tentang rumah idaman kedalam desain rumah minimalis yang sesuai dengan keinginan, berikut ini

(Cermati)

Desain rumah minimalis 2 lantai diatas adalah salah satu contoh di antara berbagai bentuk model rumah yang lebih mengutamakan kesan simple dan minimalis, sehingga terkesan tidak terlalu mewah namun indah. Pada situasi tertentu dapat dipadukan sebagai desain rumah sederhana, mewah atau modern sehingga desain rumah yang terbuat adalah gabungan dari beberapa model yang pastinya terlihat cantik dan menarik. Untuk denah rumah dapat dibuat juga sesuai selera dan kebutuhan ruangan misalnya seperti pada gambar denah rumah minimalis 2 lantai dibawah ini :

(Klik di sini)

Gambar denah rumah diatur sedemikian rupa sehingga memberikan kenyamanan dalam beraktifitas didalam rumah. Setiap ruangan diletakan berdekatan dengan ruang lain yang saling mendukung dalam beraktifitas misalnya ruang dapur berdekatan dengan ruang makan dan ruang keluarga, dan setiap ruangan diatur sedemikian rupa sehingga mendapatkan sirkulasi udara luar yang baik dan sehat. Posisi tangga juga dicari pada area yang mudah terlihat serta enak untuk dijadikan akses naik turun antar lantai rumah bertingkat.

Perbedaan rumah 1 lantai dan 2 lantai akan terlihat jelas pada keberadaan struktur tangga sebagai arus lalu lintas naik turun. Kesulitan yang sering ditemui dalam proses pembuatan denah rumah adalah pengaturan perletakan ruang sehingga mempunyai hubungan antar ruang yang baik serta penyesuaian kebutuhan ruangan dengan ukuran tanah yang sudah ada,kesulitan ini akan lebih kecil dalam pembuatan denah rumah bertingkat karena adanya keleluasaan dalam meletakan setiap ruangan yang dibutuhkan.

Sudah tahu desain rumah minimalis 2 lantai mana yang bakal Pins terapkan pada rumah impianmu?

Cara Membuat Denah Rumah

(APKpure.com)

Kamu bisa membuat gambar denah rumah menggunakan software denah rumah Autocad yang sering dipakai untuk membuat desain rumah 2 dimensi maupun 3 dimensi. Mengenai tutorial cara penggunaan software ini dapat dibaca pada artikel yang secara khusus membahas tentang bagaimana membuat desain rumah dengan software autocad.

Denah rumah sederhana 2 lantai di atas sudah disertai perletakan furniture serta ukuran masing-masing ruangan. Sehingga, sudah siap untuk dijadikan sebagai pedoman dalam membangun rumah minimalis.

Baca Juga: Contoh Denah Modern Minimalis

Namun, denah tersebut masih dapat dikembangkan lagi, baik pengurangan maupun penambahan dengan melakukan berbagai inovasi dan kreatifitas sehingga dapat tercipta denah rumah terbaik sesuai dengan selera kepribadian masing-masing. Sehingga memberikan kepuasan dan nyaman untuk dihuni. 

Baca Juga: 

Denah Rumah Type 36
Simak, Denah Rumah Type 60

Tips Membuat Denah Rumah Tingkat Minimalis

(Informazone)

Desain dan cara membuat denah rumah yang biasanya disediakan oleh jasa desain memang harus sesuai selera pemiliknya, tetapi kita juga harus memikirkan kebutuhan jangka panjang. Membuat denah rumah memang tidak terlalu sulit, jika bisa menuangkan beberapa ide seperti bentuk rumah serta letak ruangan-ruangan rumah ke dalam suatu rancang gambar. Dalam proses ini, ketelitian adalah suatu keharusan karena perlu ditekankan bahwa membuat denah rumah bukan untuk mendesain sebuah rumah, melainkan hanya perlu menentukan letak-letak ruangan dalam rancangan rumah. Berikut beberapa tips dalam membagi denah rumah tingkat minimalis 2 lantai.

Baca Juga: Inilah 10 Desain Rumah Minimalis 2020 Terkeren! Simak di Sini!

Mempertimbangkan Cara Membuat Denah Rumah

(Banindy)

Membuat sesuatu bangunan yang penting memang harus dengan pertimbangan yang matang. Berikut ini adalah berbagai pertimbangan pembuatan suatu denah rumah tingkat minimalis lantai 2 menurut jasa desain adalah sebagai berikut:

  • Menyiapkan segala peralatan kerja untuk membuat sebuah gambar denah rumah seperti pensil, kertas, komputer beserta desain dari arsitektur.
  • Menentukan apa saja yang dibutuhkan dalam ruangan yang akan dirancang denah rumahnya tersebut. Kebutuhan harus menyesuaikan dengan kondisi luas tanah. Rancangan lain adalah membuat rumah tingkat minimalis lantai 2 supaya semua ruangan dapat terealisasikan.
  • Menentukan hubungan konsep antar ruang seperti ruang tamu akan lebih baik bila ditempatkan di bagian depan denah rumah, sementara ruang keluarga lebih baik ditempatkan dekat dengan ruang dapur dan tempat untuk bersantai. Selain itu, menurut jasa desain rumah tingkat minimalis 2 lantai, ruangan-ruangan lain yang perlu diatur supaya rumah benar-benar nyaman untuk semua anggota keluarga.
  • Menyesuaikan denah lantai 2 dengan lantai dasar, supaya terlihat sesuai dan ruangan dapat digunakan secara maksimal dan multifungsi.

Baca Juga:

Desain Rumah 1 Lantai
Kesalahan Ketika Membuat Desain Rumah 1 Lantai

Sebelumnya kita harus memastikan semua ruangan di dalam desain terbentuk denahnya lengkap dengan perkiraan pencahayaan dan sirkulasi udaranya. Hal ini mungkin sekilas tampak sepele, tetapi ini membantu terbentuknya rumah sehat yang kaya akan oksigen. Mengatur dinding rumah sesuai dengan tampilan rumah keinginan kita seperti soal siku, struktur kolam, dan pondasi rumah. Sesuaikan denah dengan luas lantai yang ada misalnya kita mengharapkan rumah dengan 2 lantai, maka maksimalkan di setiap lantai dan ruangan yang ada.

Itulah tips membagi denah rumah tingkat minimalis 2 lantai menurut jasa desain. Beberapa poin tersebut di atas hanya tips dasar. Apabila ingin lebih berkreasi, silahkan untuk berinovasi secara kreatif supaya menghasilkan denah rumah yang lebih baik dan sesuai dengan impian. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk setiap orang yang ingin membangun rumah 2 lantai dengan desain minimalis.

Baca Juga: Tips Membangun Rumah Minimalis Sederhana dari Nol!

Kelebihan dan Kekurangan Denah Rumah Dua Lantai

Sebelum membangun rumah dan mencari desain yang tepat. Berikut kekurangan dan kelebihannya:

Kelebihan Denah Rumah 2 Lantai

denah rumah dua lantai
(Homeshabby.com)

Pada area depan dengan adanya teras maka dapat menjadi sarana santai keluarga. Seperti memandang area depan dari segarnya sinar matahari pagi. Begitu juga pada area interior rumah dengan adanya void dilantai 2 yang dipadukan dengan ornamen ralling mampu menambah susasana ruangan menjadi luas dan menyegarkan pikiran.

Pengaturan detail arsitekture rumah lebih bebas sehingga dapat memberikan nuansa keindahan yang labih bervariasi jika dibanding dengan rumah 1 lantai.

Baca Juga: 

Kekurangan Denah Rumah 2 Lantai

(Dekoruma.com)

Namun dibalik berbagai kelebihan tersebut tentunya ada Kekurangan pada rumah 2 lantai jika dibanding dengan rumah 1 lantai biasanya menyangkut hal-hal berikut:

  • Biaya konstruksi rumah 2 lantai lebih besar jika dibandingkan rumah 1 lantai
  • Bagi keluarga tertentu merupakan sebuah hal yang melelahkan jika harus naik tutun tangga setiap hari untuk beralih ke lantai lainya.
  • Biaya perawatan rumah 2 lanta lebih sulit dibanding rumah 1 lantai
  • Pemindahan furniture ke lantai 2 sedikit merepotkan.
  • Pengaturan posisi dan konstruksi tangga yang tidak baik akan membuat penghuni rumah malas dan cepat lelah saat naik tangga.

Baca Juga: 

Alternatif dan Contoh Denah Rumah 2 Lantai

denah rumah dua lantai
(IDNTimes.com)

Spesifikasi ruangan yang ada pada denah rumah 2 lantai tersebut adalah sebagai berikut:

Lantai 1

  • Carport / garasi
  • Taman depan
  • Taman belakang
  • Teras depan
  • Ruang tamu
  • Ruang tidur
  • Kamar mandi / wc
  • Dapur
  • Ruang makan
  • Ruang keluarga
  • Teras belakang
  • Tangga

Baca Juga: 

Kesalahan Saat Membuat Denah Rumah Minimalis
10 Inspirasi Desain Rumah Minimalis Keren

Lantai 2

  • Void Tangga
  • Ruang tidur
  • Ruang belajar
  • Teras depan
  • Tempat jemuran

Denah rumah ini menggunakan penyekat ruangan terbuat dari pasangan dinding bata finish plester aci dan cat dengan ketebalan dinding 15 cm, lebar pintu utama, pintu ruang tidur adalah 80 cm sedangkan lebar pintu kamar mandi cukup 70 cm atau 60 cm.

Baca Juga:

Desain Rumah Minimalis Terfavorit
Desain Rumah Minimalis 2 Lantai

Temukan beragam pilihan rumah, tanah dijual seperti tanah dijual di Bandung atau apartemen seperti Little Tokyo Jababeka Apartement terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Linda

Editor: Rizko

Tags :

Bagikan Artikel