11 Desain Rumah Tingkat Minimalis

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas ∙ 17 September 2021 ∙ 7 menit membaca

Desain rumah minimalis 2 lantai tidak harus selalu megah dan mewah, lho. Pins bisa menerapkan konsep rumah minimalis yang tak hanya cantik, tapi tetap fungsional. Dengan desain rumah tingkat minimalis ini, Pins akan mendapat ruang tambahan ekstra sehingga kebutuhan keluarga bisa terpenuhi dengan baik. Setiap orang tentu saja menginginkan rumah yang bagus dan nyaman. Oleh karena itu tidak jarang bila banyak orang yang membangun rumah dengan 2 lantai. Ada beberapa tips dalam membagi denah rumah tingkat minimalis 2 lantai  yang ajib untuk diketahui.

Tak perlu butuh luas tanah yang besar, asalkan Pins bisa merancangnya dengan baik maka dijamin rumah jadi lebih indah dan cukup ruang buat keluarga. Yuk lihat ide dan contoh desain rumah minimalis 2 lantai dengan konsep modern dan elegan berikut ini!

Baca Juga :

Denah Rumah Satu Lantai
Tips Desain Rumah Minimalis

Desain Rumah Tingkat Minimalis dengan 1 Master Bedroom

Desain Rumah Tingkat Minimalis
(Ruang Arsitek)

Jika Pins ingin mempunyai master bedroom yang ukurannya lebih besar dari kamar lainnya, maka desain rumah tingkat minimalis ini bisa jadi pilihan. Desain rumah cocok diterapkan untuk rumah tipe 45 2 lantai dengan 2 kamar tidur.

Kalau Pins lihat pada desain tersebut, maka Pins dapat menemukan ruang keluarga, ruang tamu, ruang makan, dan dapur di lantai 1. Kemudian ada sebuah master bedroom dan dua kamar lainnya terletak di lantai 2.

Baca Juga:

Desain Rumah Tingkat Minimalis dengan 4 Kamar Tidur

Desain rumah tingkat minimalis
(Interior Design)

Siapa bilang sulit punya rumah 4 kamar tidur di lahan terbatas? Jangan salah, Pins tetap bisa punya rumah punya 4 kamar tidur dengan menjadikannya rumah tingkat minimalis. Pada desain tersebut, terlihat 4 kamar tidur yang berada di lantai 1 dan lantai 2. Area lantai satu berfungsi sebagai 1 kamar tidur, ruang tamu, ruang makan, ruang keluarga, dapur dan 1 kamar mandi. Lalu di lantai dua terdapat 3 kamar tidur dan 1 kamar mandi. Suka sama desain ini, Pins?

Baca Juga:

Desain Rumah Tingkat Minimalis dengan Elemen Kayu pada Eksteriornya

Desain rumah tingkat minimalis
(Mungfali)

Bermimpi punya desain rumah tingkat minimalis dengan kesan yang hangat buat hunian keluarga, Pins? Yuk wujudkan dengan menerapkan desain ini pada rumah 2 lantai Pins.

Secara pemanfaatan ruang, Pins bisa lihat rumah 2 lantai ini punya 4 kamar yang terdapat 1 kamar di lantai 1 dan 3 kamar di lantai 2. Hal yang membuat beda dari rumah ini yaitu menambahkan elemen kayu pada eksteriornya. Meskipun hanya sedikit dan tidak terlalu mendominasi, tetapi unsur kayu ini dapat menghadirkan suasana alami dan menambah kesan hangat.

Baca juga:

Desain Rumah Tingkat Minimalis dengan Kolam Renang Pribadi

Desain rumah tingkat minimalis
(Mungfali)

Pins juga bisa punya kolam renang pribadi di rumah Pins loh. Di desain rumah tingkat minimalis ini, Pins bisa lihat sendiri adanya kolam renang pribadi yang berada di belakang garasi rumah. Meskipun ukurannya tidak terlalu besar, tetapi dijamin keluarga akan betah tinggal di sini. Selain kolam renang, rumah ini juga dilengkapi 4 kamar tidur yang sangat cocok buat ditempati bersama keluarga kecilmu, Pins.

Baca Juga:

Desain Rumah Tingkat Minimalis yang Elegan dengan Unsur Putih

Desain Rumah tingkat minimalis
(Samhouseplan)

Warna putih telah sejak lama jadi favorit para pecinta arsitektur. Selain menampilkan minimalis, warna putih juga menyiratkan kesan elegan dalam balutan kesederhanaannya.

Pins bisa mengaplikasikan cat putih dengan tone lembut, antik, salju, atau ivory pada eksterior rumah kamu. Jangan lupa gunakan warna putih pada eksterior pintu dan jendela, pilar, dan furnitur luar ruangan lainnya agar memperkuat nuansa hunian modern elegan dan minimalis.

Baca juga:

Desain Rumah Tingkat Minimalis dengan Area Terbuka

Desain rumah tingkat minimalis
(Saintif)

Selain adanya fungsi rumah pada umumnya seperti garasi, ruang tamu, kamar, dan dapur, tampak sebuah  area foyer alias ruang terbuka yang cukup luas. Adanya ruang terbuka ini membuat rumah lebih lega dan punya jalur sirkulasi udara segar. Bukaan ruangan yang besar nyatanya menjadi area yang efektif dalam memberikan pasokan udara segar ke seluruh rumah dan membuat rumah menjadi lebih terang dan lapang.

Baca Juga:

Desain Rumah Tingkat Minimalis dengan Balkon

Rumah tingkat minimalis
(Arsitek88)

Desain rumah dua lantai ini memiliki kesan santai dan nyaman, termasuk pada lantai atas yang dilengkapi balkon yang juga sangat apik. Tak hanya sebagai area terbuka, adanya balkon juga untuk mempertegas perbedaan antara lantai dasar dan lantai diatasnya.

Balkon yang letaknya di lantai 2 tentunya dengan tujuan si pemilik rumah bisa melihat pemandangan dari atas yang tidak terbatas. Jadi tak sabar ingin bersantai di balkon, bukan?

Baca Juga: Tips Hemat Desain Rumah

Desain Rumah Tingkat Minimalis dengan Ruang Tamu Terbuka

Desain rumah tingkat minimalis
(areakaryapersada)

Desain ini sangat pas buat Pins ingin konsep berbeda dengan ruang tamu outdoor. Konsep ini sangat cocok kalau Pins ingin punya privasi saat menerima tamu dari luar. Tak hanya itu, desain ruang tamu terbuka ini juga akan memberikan ruang yang cukup lapang bagi pemilik rumah ataupun bagi tamu.

Baca Juga : Desain Rumah Berbasis Customized Home Building

Desain Rumah Tingkat Minimalis dengan Area Parkir yang Luas

Desain rumah tingkat minimalis
(Mungfali)

Meskipun mengadaptasi gaya minimalis, bukan berarti Pins tidak bisa punya lahan parkir yang luas, lho. Pada desain rumah di atas, Pins bisa lihat area garasi di lantai dasar dengan bentuk persegi panjang sehingga muat untuk parkir beberapa kendaraan. Jangan lupa untuk memilih warna yang natural dan pencahayaan garasi agar terlihat tetap harmonis.

Desain Rumah Tingkat Minimalis dengan Kebun

Desain rumah  tingkat minimalis
(Interior Design)

Bagi pecinta gaya rumah minimalis modern dan elegan, tapi ingin punya kebun di dalamnya, denah rumah ini sangat tepat buat Pins. Denah rumah 2 lantai ini memanfaatkan ruang outdoor yang dipenuhi rumput dan tanaman hijau yang sangat cantik. Sementara itu, pada lantai atas denah rumah dua lantai ini menampilkan tiga kamar tidur yang berjejer tapi tetap mengedepankan privasi penghuninya.

Desain Rumah Tingkat Minimalis dengan Lantai Di Tengah

Desain Rumah Tingkat Minimalis
(Dekorumah)

Pada denah rumah sederhana ini juga terdapat taman didalam rumah sebagai jalur lalu lintas ventilasi udara bersih untuk menyuplai seluruh ruangan didalam rumah sehingga tercipta sebuah hunian sehat dengan akses udara segar di setiap sudut rumah.

Kamar tidur sengaja dibuat khusus di lantai 2, yang bertujuan untuk menjadikan lantai 2 sebagai ruangan private keluarga. Sedangkan lantai satunya, bisa digunakan oleh para tamu yang mungkin datang.

Baca Juga: Download Denah Rumah Gratis

Kelebihan Rumah Tingkat

Pada area depan dengan adanya teras maka dapat menjadi sarana santai keluarga. Seperti memandang area depan dari segarnya sinar matahari pagi. Begitu juga pada area interior rumah dengan adanya void di lantai 2 yang dipadukan dengan ornamen railing mampu menambah suasana ruangan menjadi luas dan menyegarkan pikiran.

Pengaturan detail arsitektur rumah lebih bebas sehingga dapat memberikan nuansa keindahan yang lebih bervariasi jika dibanding dengan rumah 1 lantai.

Kekurangan Rumah Tingkat

Dibalik berbagai kelebihan tersebut tentunya ada Kekurangan pada rumah 2 lantai jika dibanding dengan rumah 1 lantai biasanya menyangkut hal-hal berikut:

  • Biaya konstruksi rumah 2 lantai lebih besar jika dibandingkan rumah 1 lantai
  • Bagi keluarga tertentu merupakan sebuah hal yang melelahkan jika harus naik tutun tangga setiap hari untuk beralih ke lantai lainya.
  • Biaya perawatan rumah 2 lantai lebih sulit dibanding rumah 1 lantai
  • Pemindahan furniture ke lantai 2 sedikit merepotkan.
  • Pengaturan posisi dan konstruksi tangga yang tidak baik akan membuat penghuni rumah malas dan cepat lelah saat naik tangga.

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah seperti pada perumahan Villa Meutia Kirana dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 16 Motif Keramik Dinding Luar yang Awet

Keramik adalah salah satu material yang sering digunakan untuk lapisan dekorasi dinding. Pins dapat

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Model Keramik Kamar Mandi Abu-Abu

Interior kamar mandi dapat menggunakan material keramik untuk bagian lantai maupun dinding. Pemilih

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Desain Roster Keramik Mewah dan Manis

Roster atau lubang angin merupakan ventilasi yang dibutuhkan setiap rumah agar ruangan di dalamnya

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Inspirasi Keramik Hitam Cocok untuk Ruangan Apapun

Material keramik banyak digunakan untuk melengkapi interior rumah, baik di ruang tamu, kamar, dapur

Lifestyle
Lifestyle Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil, Simak Cara Membuatnya!

Ingin membeli mobil? Atau malah sedang ingin menjual mobil yang kamu miliki? Eits, jangan sampai ke

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia