Pinhome

Tips Membeli Rumah Impian Terampuh!

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 10 November 2021 ∙ 3 menit membaca

Pinhome – Setiap orang pasti ingin memiliki rumah idamannya masing-masing. Rumah tersebut adalah yang terbaik dengan dengan cara terbaik.

Untuk mendapatkan rumah idaman tersebut, kita bisa membeli rumah jadi atau kita bisa membangun rumah tinggal. Setiap pilihan punya kelebihan dan kekurangan tergantung kebutuhan dan kesanggupan masing-masing orang.

Di sini, kami akan memberikan tips membeli rumah dan juga tips membuat rumah yang bisa kamu lakukan, untuk wujudkan rumah impianmu!

Baca juga: Membeli rumah di perumahan

Tips Membuat Rumah Impian

tips membeli rumah
(Pexels)

Jika kita memilih untuk membangun rumah di atas tanah milik kita, hal pertama yang harus kita lakukan adalah mencari gambar desain rumah yang sesuai dengan keinginan dan budget.

Hal ini akan membantu dalam urusan tata ruang dan desain interior rumah yang akan dibangun. Kemudian, siapkan tema rumah impian yang akan dibangun.

Apakah kita menyukai rumah dengan tipe rumah minimalis, rumah modern, rumah kayu atau tradisional, semuanya tergantung pada keinginan dan ide mu.

Dengan adanya tema rumah yang kita siapkan, arsitek pun akan dengan mudah mewujudkan desain rumah sesuai dengan impianmu. Usahakan arsitek yang dipilih adalah arsitek yang mampu membaca pikiran dan memiliki wawasan luas agar bisa mendesain gambar rumah impian sesuai dengan apa yang diharapkan.

Setelah berkonsultasi dengan arsitek, saatnya mencari kontraktor atau tenaga profesional. Kamu bisa menjalin komunikasi antara arsitek dan tenaga profesional agar proses pembangunan rumah impian sesuai dengan apa yang kamu harapkan.

Baca Juga: Cara Menjadikan Bagian Dalam Rumah Lebih Sejuk

Tips Membeli Rumah Impian

tips membeli rumah
(Pexels)

Tips membeli rumah impian ini sangat cocok untuk kamu yang ingin lebih simpel. Ada banyak pilihan gambar rumah impian yang bisa dipertimbangkan. Kamu juga bisa membeli rumah sesuai dengan dana, apakah akan membeli kontan atau menyicil.

Berikut beberapa tips membeli rumah impian yang bisa kamu lakukan:

  • Jika tidak punya banyak waktu, kamu bisa menyewa agen untuk mencarikan rumah. Biasanya agen bisa tahu mana harga paling murah yang sesuai dengan kemampuan kita. Dia juga bisa tahu harga rumah yang akan promo walau belum dipublikasikan.
  • Kamu bisa mencari dan meriset rumah sendiri. Biasanya dibutuhkan waktu sekitar 6-8 minggu untuk meriset rumah yang akan dipilih baik via online maupun offline untuk survei. Kemudian, buatlah maksimal 7 pilihan rumah agar tidak terlalu sedikit atau banyak pilihan.
  • Beli rumah dengan KPR. Dengan pinjaman tersebut, kamu akan dibantu untuk membeli rumah idaman yang mungkin harganya tidak sedikit, tetapi kita harus pastikan mampu membayar.
  • Bernegosiasi harga rumah, tetapi kamu harus memerhatikan dan tidak membandingkan harga rumah yang tipenya berbeda melainkan sesuai kebutuhan dengan harga terbaik bukan hanya termurah.

Baca Juga: Ternyata Rumah Idaman Terbaik Itu Tidak Selalu Mewah

Apakah kamu akan membeli rumah impian dengan cara menyicil atau kontan, kemudian memilih rumah dalam kondisi benar-benar baru atau bekas. Sebagai informasi, membeli rumah yang benar-benar baru pun harus dipertimbangkan.

Sebagai contoh, kamu membeli rumah yang akan dibangun oleh developer, pastikan apakah tempat tersebut akan ramai atau malah tidak dijamin memiliki tetangga. Tentu tidak asyik, bukan?

Begitupun jika membeli rumah bekas, kamu harus melakukan survei untuk memastikan apakah kondisi rumah tersebut masih memungkinkan. Kamu tidak rugi membelinya karena tidak harus melakukan renovasi besar-besaran lagi.

Baca Juga: Modus Pemalsuan Sertifikat Tanah


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Perjanjian Kerjasama dan Cara Benar Membuatnya

Sebuah perusahan tentu tak bisa berdiri sembari. Untuk memperluas cangkupan bisnis diperlukan kerja

Edukasi
Edukasi 3 Contoh Surat Rekomendasi dan Cara Membuatnya yang Benar

Surat rekomendasi kerap dibutuhkan dalam berbagai keperluan, seperti melamar pekerjaan serta mencar

Edukasi
Edukasi 6 Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit, Semua Posisi!

Pinhome - Sebagai lulusan tenaga ahli medis, kamu juga perlu membuat surat lamaran kerja ke rumah s

Edukasi
Edukasi 5 Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank, Lengkap! 

Pinhome - Ingin bekerja sebagai pegawai bank yang ada di Indonesia? Bank di Indonesia biasanya memb

Edukasi
Edukasi Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Tulis Tangan dan Contohnya

Walau zaman sudah modern, tapi masih ada perusahan tertentu yang memilih untuk menggunakan surat la

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia