BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli PropertiIni Dia 15 Tips Membeli Rumah Pertama, Anak Muda Wajib Tahu!
0
0

Ini Dia 15 Tips Membeli Rumah Pertama, Anak Muda Wajib Tahu!

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 6, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Apakah Pins sedang berencana membeli rumah baru atau secondary untuk masa depan? Jika ya, maka Pins perlu mengetahui beberapa tips membeli rumah pertama kalinya agar tidak rugi dan ditipu oleh agen properti. Selain itu, Pins juga harus paham cara menjual rumah, namun ada cara lebih mudah untuk mengelola iklan rumah dijual secara gartis karena bisa kamu lakukan di aplikasi Pinhome.

Ketika akan membeli rumah tentunya terdapat beberapa pertimbangan yang perlu Pins perhatikan. Memperhatikan faktor keamanan dan kenyamanan merupakan hal terpenting ketika akan membeli rumah.

Selain memperhatikan aspek keamanan dan kenyamanan, sebagai generasi muda Pins tentu ingin memiliki rumah dengan harga yang murah dan berkualitas kan? Kamu bisa mengetahui estimasi harga rumah dengan fitur Pinvalue, lho! Lewat fitur ini bisa diketahui rumah bekas di Kec Bandung Kidul hingga perumahan di Jagakarsa seperti Vasa Jagakarsa atau sekitar Stasiun Lenteng Agung.

Baca juga:

Tips Membeli Rumah Pertama yang Wajib Diketahui

Pins sudah siap untuk membeli rumah untuk pertama kalinya? Tips dalam membeli rumah pertama berikut ini bisa Pins gunakan untuk mendapatkan hunian impian yang sesuai dengan harapan.

1. Putuskan Dulu Rumah Baru Atau Bekas

Source : Rawpixel

Ketika pertama kali membeli rumah biasanya perlu diputuskan apakah rumah baru atau hunian sekunder yang dipilih. keduanya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Rumah sekunder mempunyai harga yang lebih terjangkau daripada rumah baru namun tak jarang membutuhkan renovasi.

Baca juga:

2. Tentukan Tipe Hunian yang Tepat

Source : Pxhere

Ada banyak sekali tipe hunian yang ada di pasaran mulai dari tipe 21, 36 dan lainnya. Jika ingin rumah dengan konsep minimalis ada tipe 21 dan tipe 45 bagi keluarga besar. Semakin besar rumah tentu akan membutuhkan banyak dana pula untuk membelinya.

3. Membandingkan Harga Rumah

Source : The Montley Fool

Langkah selanjutnya yang harus Pins lakukan ketika akan membeli rumah adalah membandingkan harganya terlebih dahulu. Saat ini terdapat banyak sekali perumahan yang menawarkan properti rumah dengan berbagai rentang harga yang berbeda. Pins bisa memanfaatkannya untuk membandingkan harga rumah di setiap perumahan untuk menemukan yang sesuai dengan budget.

4. Melakukan Survey, Visit dan Riset

Source : The Next Hint

Cara beli rumah yang selanjutnya adalah selain membandingkan harga rumah, sebelum memutuskan untuk membelinya Pins juga bisa melakukan riset, survey, dan visit pada rumah impian. Cara ini sangat ampuh untuk menentukan pilihan hunian yang tepat sebagai tips membeli rumah pertama. Biasanya, proses ini akan membutuhkan waktu sekitar 6-8 minggu.

5. Memperhatikan Kondisi Air dan Udara di Lingkungan Sekitar

Source : Ekonomi.bisnis

Kenyamanan tempat tinggal akan ditentukan oleh berbagai faktor, beberapa diantaranya adalah ketersediaan air bersih dan kualitas udaranya Pins! Untuk itu, kamu perlu memperhatikan bagaimana kualitas udara di sekitar rumah yang akan dibeli.

Hal ini termasuk memperhatikan apakah sumber air bersih yang dibutuhkan di rumah dapat tersedia dengan mudah atau tidak. Contohnya, kamu bisa melihat beberapa rumah seken di kota Bogor yang terkenal akan airnya yang masih bersih.

6. Memperhatikan Status Tanah dan Kelengkapan Surat

Source : JPNN

Meskipun terkesan sepele, memperhatikan status tanah pada rumah yang akan dibeli menjadi faktor penting lho Pins! Seperti memastikan apakah status tanah di mana rumah tersebut dibangun apakah menjadi hak milik penjual rumah atau masih berstatus sengketa. Selain itu, Pins juga perlu memperhatikan sertifikasi tanahnya terlebih dahulu, apakah memiliki hak guna bangun atau hanya hak pakainya saja.

Seperti memperhatikan surat-surat penting pada rumah diantaranya Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Izin Penggunaan Bangunan (IPB), Surat Izin Penunjukan Penggunaan Tanah (SIPPT), dan nomor sertifikat tanahnya. Hal tersebut berguna untuk menjamin keamanan dari properti yang sudah Pins beli nantinya.

Baca juga:

7. Memperhatikan Akses dan Fasilitas Umum Terdekat

Source : Cermati

Memilih lokasi untuk membeli rumah yang tepat adalah salah satu dari berbagai faktor terpenting sebagai cara beli rumah yang sesuai harapan. Pins perlu memperhatikan apakah rumah yang akan dibeli berlokasi di daerah dengan akses yang mudah atau tidak.

Hal ini juga ketersediaan fasilitas umum di sekitar rumah, seperti ketersediaan sekolah, rumah sakit, pasar, swalayan, dan lain sebagainya. Jika ingin mendapatkan lokasi yang strategis, kamu mungkin bisa melirik rumah Panorama Bekasi Residence yang letaknya tidak jauh dari pusat ibu kota!

8. Memperhatikan Pertimbangan Kondisi Banjir

Source : Home Warranty

Mungkin beberapa daerah tidak memiliki kerentanan terhadap banjir, namun untuk Pins yang berencana membeli rumah di daerah rawan banjir perlu untuk memperhatikan hal ini. Memilih lokasi rumah yang strategis dan tidak rentan terhadap banjir merupakan hal yang tidak kalah penting.

9. Memperhatikan Kondisi Masyarakat dan Perkembangan Daerah Sekitar Rumah

Source : Ekonomi.bisnis.com

Ketika akan membeli rumah, Pins tentunya sudah memperhatikan bagaimana perkembangan untuk keluarga di masa depan. Kondisi masyarakat di sekitar rumah perlu dicari tahu dengan baik, seperti bagaimana kepribadiannya serta adat istiadatnya demi mendukung perkembangan keluarga di masa depan.

Selain itu, potensi untuk perkembangan daerah di sekitar rumah juga perlu diperhatikan. Apakah rumah yang ditempati untuk jangka panjang tersebut memiliki lingkungan yang berkembang atau tidak. Seperti ketersediaannya lapangan pekerjaan, pembangunan, dan lain sebagainya.

10. Rumah Bebas Hama

Source : Pexels

Jika kamu memutuskan untuk membeli rumah apalagi yang tergolong bekas pastikan hunian bebas hama. Beberapa hama memang tak bisa dihindari namun bisa diminimalisir dengan selektif terhadap lokasi. Misalnya tikus kerap muncul di area persawahan dan serangga hingga nyamuk sering ditemukan di dekat sungai. Sebaiknya hindari lokasi tersebut guna meminimalisir datangnya hama ke rumah.

Baca juga:

11. Membeli Rumah Melalui Jasa Properti

Source : Prospeku

Pins mungkin sudah memiliki kriteria, rumah seperti apa yang Pins inginkan untuk membangun masa depan bersama keluarga nantinya. Membeli rumah menggunakan jasa properti seperti developer bisa menjadi solusi yang baik. Pins akan mendapatkan berbagai referensi untuk model rumah terbaik termasuk lokasi rumah yang strategis. Selain itu, pembeli properti juga bisa menemukan referensi untuk rentang harga rumah yang sesuai dengan budget.

12. Memilih Jenis Transaksi yang Akan Digunakan

Source : Post.app

Beberapa orang mungkin akan memiliki rencana pembelian rumah menggunakan metode yang berbeda-beda, seperti menggunakan sistem KPR ataupun cash. Untuk Pins yang akan berencana untuk membeli rumah dengan sistem KPR, pastikan jika pihak bank sudah menyetujuinya terlebih dahulu.

Jangan memberikan DP kepada developer jika belum disetujui oleh bank. Jika semuanya sudah fix, Pins juga perlu memastikan bahwa Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB) sudah beralih menjadi Akta Jual Beli (AJB).

13. Melakukan Transaksi Menggunakan Notaris

Source : Sarjana Ekonomi

Langkah selanjutnya sebagai tips membeli rumah pertama adalah melakukan transaksi menggunakan jasa notaris. Dengan menggunakan notaris, Pins bisa memastikan bahwa surat-surat yang dibutuhkan sudah sesuai dan tidak akan tertipu oleh pihak manapun. Selain itu, melakukan transaksi jual beli rumah di hadapan notaris jauh lebih aman untuk memastikan agar Pins bisa mendapatkan rumah impian dengan sesuai.

14. Melakukan Negosiasi Harga Rumah

Source : Start Up Donut

Setelah Pins menemukan rumah mana yang cocok untuk dibeli, sebagai tips membeli rumah pertama yang terakhir adalah melakukan negosiasi harga rumah. Cara ini sangat ampuh untuk memangkas biaya ketika akan membeli rumah. Pins mungkin akan mendapatkan harga rumah yang jauh lebih murah dengan melakukan negosiasi harga.

15. Bersiap Untuk Pindah ke Rumah Baru

Source : Pexels

Jangan lupa tentukan kapan sebaiknya pindah ke rumah baru. Persiapkan sebaik mungkin khususnya dalam mengisi furnitur hunian agar sesuai gaya interior yang diinginkan. Informasikan ke lingkungan sekitar mulai tetangga hingga pejabat setempat akan kepindahanmu di lingkungan tersebut.

Itulah beberapa tips membeli rumah pertama untuk Pins yang sedang mencari hunian impian. Cara beli rumah tersebut bisa dijadikan referensi agar tidak salah untuk membeli hunian impian atau tertipu oleh agen properti. Selamat mencoba Pins!

Baca juga:

Featured Image Source: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Villa Jatiluhur dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download