BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli Properti7 Jenis Sarana Air Bersih di Komplek Perumahan
0
0

7 Jenis Sarana Air Bersih di Komplek Perumahan

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 23, 2023

2 menit membaca

Copied to clipboard
sarana air bersih di komplektop-right-banner

Sarana air bersih di komplek perumahan merupakan salah satu faktor yang sangat mendukung keberhasilan developer dalam menjual unit rumah. Ini juga mempengaruhi kenyamanan warga yang menghuni tempat tinggal barunya. Terdapat bermacam sumber yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan sarana air bersih, mulai dari pengeboran bumi untuk mencari air tanah, air PDAM, sumber mata air, dan masih banyak lagi. Untuk lebih jelasnya akan dibahas pada artikel ini!

Kamu dapat menikmati tinggal di rumah yang memiliki sarana air bersih seperti di perumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas di Kec Bandung, misalnya di sekitar SMAN 8 Bandung. Selain di kedua daerah tersebut, Pins juga bisa melakukan pencarian di rumah terbaik edisi Pinhome di Rumah Ekslusif.

Baca juga: Hunian Nyaman 101: Air Bersih dari Virus dan Bakteri di Masa Pandemi

Sarana Air Bersih di Komplek Perumahan

Sarana air bersih di komplek berperan krusial dalam menciptakan ciri rumah sehat. Air tidak hanya memenuhi kebutuhan sehari-hari, tetapi juga menjaga kesehatan tubuh manusia, yang sebagian besar terdiri dari 70% air. Sumber air bersih di perumahan dapat diperoleh melalui air permukaan dan di bawah permukaan, memberikan pilihan utama untuk kebutuhan air bersih.

Upaya untuk memastikan ketersediaan air bersih melibatkan pengeboran bumi oleh para ahli guna mendapatkan akses ke air bawah tanah yang aman dikonsumsi. Penggunaan sumber air dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) juga menjadi alternatif yang direkomendasikan, meskipun belum merata di beberapa daerah.

Oleh karena itu, menyediakan sarana air bersih yang memadai di kompleks tidak hanya menciptakan rumah yang nyaman, tetapi juga menandai keberlangsungan ciri rumah sehat yang sangat diinginkan. Berikut ini beberapa sumber sarana air bersih yang dapat digunakan di komplek perumahan:

1. Air Bawah Tanah

Source : iStock

Sumber sarana air bersih pertama yang dapat digunakan untuk keperluan manusia hidup adalah air bawah tanah. Air bawah tanah berasal dari berbagai sumber, seperti air hujan yang memasuki permukaan tanah, aktivitas vulkanis, dan air yang terperangkap di celah sedimen. Air tanah yang berasal dari air hujan lah yang biasanya dapat digunakan oleh manusia.

Untuk dapat mengakses air bawah tanah, perlu dilakukan pengeboran tanah jika sumber air pada daerah tersebut bagus dan bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari seperti mencuci, mandi, minum, dll. Namun kini air bawah tanah dalam, jika digunakan terus menerus akan merusak lingkungan. Sedangkan, pemanfaatan air bawah tanah dangkal telah terkontaminasi pencemaran air berbahan kimia.

Baca juga: Tips Menghemat Air Di Rumah yang Paling Efektif

2. Air Sumur

Source : iStock

Sumber sarana air bersih selanjutnya adalah air sumur. Air sumur sudah dimanfaatkan sejak zaman dahulu, karena selain berasal dari dalam tanah, sumur tersebut juga dapat menampung air yang berasal dari hujan. Untuk mendapatkan air dari sumur, maka akan dilakukan penggalian terlebih dahulu hingga menemukan sumber air bersih di bawah permukaan tanah.

Biasanya untuk menunjang dinding sekitarnya, akan dibuat batu bersusun yang mengelilingi air tersebut.

3. Air PDAM (Perusahaan Air Minum Daerah)

Source : iStock

Sumber sarana air bersih ketiga adalah sumber sarana air bersih yang paling direkomendasikan untuk digunakan dalam menunjang kehidupan manusia. Air PDAM (Perusahaan Air Minum Daerah) merupakan air yang telah melalui berbagai proses pengolahan hingga mencapai titik higienis dan aman untuk dikonsumsi manusia. Namun, pendistribusian air PDAM belum tersebar secara merata Pins.

4. Air Danau

sarana air bersih di komplek
Source : iStock

Sumber sarana air bersih keempat yaitu berasal dari air danau. Air danau berasal dari tumpahan air hujan yang menguap, lalu mengalir ke tempat yang lebih rendah hingga terbentuk genangan yang disebut dengan danau. Air danau adalah termasuk ke dalam jenis air permukaan, maka jika ingin dimanfaatkan sebagai pemenuh air bersih manusia diperlukan proses pengolahan agar terbebas dari partikel bakteri akibat pencemaran air.

5. Air Laut

sarana air bersih di komplek
Source : iStock

Sumber sarana air bersih berikut ini memanfaatkan perkembangan teknologi yang kemudian memunculkan inovasi kepada anak bangsa untuk dapat memanfaatkan alam secara maksimal dan bijak. Inovasi ini berhasil mengubah air laut yang asin menjadi air tawar yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Tentunya, air laut akan melalui berbagai proses pengolahan hingga berubah menjadi air tawar yang dapat digunakan untuk keperluan manusia.

6. Air Hujan

sarana air bersih di komplek
Source : iStock

Sumber sarana air bersih keenam ini sangat mudah untuk didapatkan di mana saja. Hal ini disebabkan Indonesia merupakan wilayah subur di jalur khatulistiwa dengan curah hujan yang cukup tinggi. Dengan pemanfaatan wadah yaitu tandon air, air hujan bisa ditampung sedemikian rupa sehingga bisa digunakan selama sekian waktu saat dibutuhkan.

Penampungan bisa menggunakan konstruksi bak atau membuat waduk sebagai cadangan air saat musim kemarau melanda. Hasil penampungan dapat digunakan kembali untuk membantu keperluan manusia.

Baca juga: 6 Manfaat Sumur Resapan Air Hujan yang Jarang Diketahui

7. Air Sungai

sarana air bersih di komplek
Source : iStock

Sumber sarana air bersih selanjutnya adalah air sungai. Sama halnya dengan air danau, air sungai juga berasal dari penguapan yang dijatuhkan kembali melalui proses turunnya air hujan. Lalu, air hujan tersebut akan mengalir ke tempat terendah hingga membentuk kumpulan air yang dinamakan sebagai sungai.

Jika di dekat lokasi perumahan terdapat aliran air sungai maka bisa memanfaatkan sungai tersebut untuk mensuplai air bersih. Sungai yang bersih bisa dimanfaatkan secara langsung atau melakukan pengolahan terlebih dahulu sehingga layak untuk digunakan.

Berbicara mengenai air memang tidak ada habisnya karena merupakan kebutuhan pokok manusia. Kita tahu bahwa sebagian besar tubuh manusia itu berupa cairan jadi dalam memilih tempat tinggal pasti mempertimbangkan aspek ketersediaan air bersih di lingkungan tersebut. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat!

Baca juga:

Feature Source Image: iStock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Mutiara Gading City dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download