BlogPemilik PropertiDesain HunianCara Melindungi Rumah dari Banjir
0
0

Cara Melindungi Rumah dari Banjir

Dipublikasikan oleh Pinhome  dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Mar 31, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
cara melindungi rumah dari banjirtop-right-banner

Pinhome – Cuaca ekstrim, terkadang menyebabkan turun hujan yang sangat deras disertai petir. Hujan deras yang terjadi biasanya turun dalam durasi cukup lama, sehingga menyebabkan banjir pada beberapa daerah di Indonesia. 

Biasanya, banjir sering terjadi di kota-kota besar yang terletak di dataran rendah seperti rumah di Jakarta, Tangerang, dan masih banyak lagi.

Tinggal di kawasan banjir memang sangat merepotkan jika sedang dilanda hujan deras yang turun secara terus-menerus. Hal ini membuat para penghuni rumah kawasan banjir, harus siap siaga sebelum rumah kebanjiran.

Jika rumah kebanjiran, tentu akan merugikan semua orang. Mulai dari kehilangan rumah, harta benda, atau bahkan nyawa. Pastinya, kamu tidak mau kan jika rumahmu kebanjiran?

Berikut ini ada beberapa cara melindungi rumah dari banjir.

Cara Melindungi Rumah dari Banjir

cara melindungi rumah dari banjir
Source : Shutterstock

Pengendalian

Untuk mengantisipasi terjadinya banjir, kamu dapat menjaga selokan di lingkungan rumah tetap bersih dari sampah serta menjaga saluran air agar tidak tersbumbat.

Langkah tersebut akan membuat air mengalir dengan lancar. Sehingga, tidak akan menyebabkan banjir yang akan merusak rumah. Jika curah hujan sangat tinggi, kamu dapat menambah karung pasir pada bendungan aliran air agar air tidak masuk ke halaman rumah.

Baca Juga: Tips Membeli Rumah Bekas

Antisipasi Banjir

Agar bencana banjir tidak merugikan dan merusak rumahmu, sebaiknya lakukan beberapa hal untuk menanggulanginya. Kamu dapat menempatkan soket dan komponen listrik di rumah setidaknya 12 inci di atas titik semula.

Untuk barang-barang elektronik di rumah Anda seperti mesin cuci, lemar es, TV dan lainnya dapat diletakkan di atas beton setidaknya 12 inci lebih tinggi dari titik ketinggian saat banjir datang.

Selamatkan juga dokumen-dokumen penting di tempat yang tinggi agar tidak terkena banjir. Lebih baik kamu menyimpannya di lemari dan bila perlu letakkan di lantai 2.

Siapkan juga persediaan obat-obatan, senter, baterai perlengkapan pertolongan pertama, botol air dan persediaan bekal makanan saat banjir sudah masuk ke rumahmu.

Jangan lupa selamatkan hewan peliharaan jika kamu memilikinya. Kamu dapat  menyiapkan beberapa nomer darurat, seperti nomer polis asuransi, kontak agen atau teman dan kerabat yang dapat dihubungi saat berada dalam keadaan darurat.

Saat bencana banjir sudah menggenangi daerah rumahmu, sebaiknya hindari kontak dengan jaringan listrik meskipun listrik sedang padam. Jangan berjalan pada aliran arus banjir yang tenang, karena hal tersebut dapat menyeretmu.

Jika terjadi banjir, biasanya hewan-hewan liar seperti ular akan keluar dari sarangnya. Waspadai hal tersebut dan berlindunglah di rumah agar tetap aman.

Gunakanlah sepatu bot dan sarung tangan agar tangan dan kakimu tidak terkena air banjir yang kotor dan menyebabkan iritasi atau penyakit kulit lainnya.

Bencana banjir merupakan hal yang harus diwaspadai oleh semua orang. Adanya informasi tentang cara melindungi rumah dari banjir di atas, semoga dapat memberikan manfaat dan dapat meminimalkan dampak banjir untukmu dan keluarga.

Baca Juga: Desain Minimalis: Konsep, Ciri Khusus dan Sejarah Singkatnya


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download