Ini Dia 11 Tips Membeli Rumah Pertama, Anak Muda Wajib Tahu!

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti ∙ 17 January 2021 ∙ 6 menit membaca

Apakah Pins sedang berencana membeli rumah untuk masa depan? Jika ya, maka Pins perlu mengetahui beberapa tips membeli rumah pertama kalinya agar tidak rugi dan ditipu oleh agen properti. Ketika akan membeli rumah tentunya terdapat beberapa pertimbangan yang perlu Pins perhatikan. Memperhatikan faktor keamanan dan kenyamanan merupakan hal terpenting ketika akan membeli rumah.

Selain memperhatikan aspek keamanan dan kenyamanan, sebagai generasi muda Pins tentu ingin memiliki rumah dengan harga yang murah dan berkualitas kan? Yuk, simak beberapa tips membeli rumah pertama agar sesuai dengan impian berikut ini!

Baca juga:

11 Tips Membeli Rumah Pertama yang Wajib Diketahui

Pins sudah siap untuk membeli rumah pertama kalinya? Tips membeli rumah pertama berikut ini bisa Pins gunakan untuk mendapatkan hunian impian yang sesuai dengan harapan.

Membandingkan Harga Rumah

(The Montley Fool)

Langkah pertama yang harus Pins lakukan ketika akan membeli rumah adalah membandingkan harganya terlebih dahulu. Saat ini terdapat banyak sekali perumahan yang menawarkan properti rumah dengan berbagai rentang harga yang berbeda. Pins bisa memanfaatkannya untuk membandingkan harga rumah di setiap perumahan untuk menemukan yang sesuai dengan budget.

Melakukan Survey, Visit dan Riset

(The Next Hint)

Cara beli rumah yang selanjutnya adalah selain membandingkan harga rumah, sebelum memutuskan untuk membelinya Pins juga bisa melakukan riset, survey, dan visit pada rumah impian. Cara ini sangat ampuh untuk menentukan pilihan hunian yang tepat sebagai tips membeli rumah pertama. Biasanya, proses ini akan membutuhkan waktu sekitar 6-8 minggu.

Baca juga: Standar Upah Tukang Bangunan Harian Berdasarkan Profesinya

Memperhatikan Kondisi Air dan Udara di Lingkungan Sekitar

(Ekonomi.bisnis.com)

Kenyamanan tempat tinggal akan ditentukan oleh berbagai faktor, beberapa diantaranya adalah ketersediaan air bersih dan kualitas udaranya Pins! Untuk itu, kamu perlu memperhatikan bagaimana kualitas udara di sekitar rumah yang akan dibeli. Termasuk memperhatikan apakah sumber air bersih yang dibutuhkan di rumah dapat tersedia dengan mudah atau tidak.

Baca juga:

Memperhatikan Status Tanah dan Kelengkapan Surat

(JPNN)

Meskipun terkesan sepele, memperhatikan status tanah pada rumah yang akan dibeli menjadi faktor penting lho Pins! Seperti memastikan apakah status tanah di mana rumah tersebut dibangun apakah menjadi hak milik penjual rumah atau masih berstatus sengketa. Selain itu, Pins juga perlu memperhatikan sertifikasi tanahnya terlebih dahulu, apakah memiliki hak guna bangun atau hanya hak pakainya saja.

Seperti memperhatikan surat-surat penting pada rumah diantaranya Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Izin Penggunaan Bangunan (IPB), Surat Izin Penunjukan Penggunaan Tanah (SIPPT), dan nomor sertifikat tanahnya. Hal tersebut berguna untuk menjamin keamanan dari properti yang sudah Pins beli nantinya.

Memperhatikan Akses dan Fasilitas Umum Terdekat

(Cermati)

Memilih lokasi untuk membeli rumah yang tepat adalah salah satu dari berbagai faktor terpenting sebagai cara beli rumah yang sesuai harapan. Pins perlu memperhatikan apakah rumah yang akan dibeli berlokasi di daerah dengan akses yang mudah atau tidak. Termasuk ketersediaan fasilitas umum di sekitar rumah, seperti ketersediaan sekolah, rumah sakit, pasar, swalayan, dan lain sebagainya.

Memperhatikan Pertimbangan Kondisi Banjir

(Home Warranty)

Mungkin beberapa daerah tidak memiliki kerentanan terhadap banjir, namun untuk Pins yang berencana membeli rumah di daerah rawan banjir perlu untuk memperhatikan hal ini. Memilih lokasi rumah yang strategis dan tidak rentan terhadap banjir merupakan hal yang tidak kalah penting.

Baca juga:

Memperhatikan Kondisi Masyarakat dan Perkembangan Daerah Sekitar Rumah

(Ekonomi.bisnis.com)

Ketika akan membeli rumah, Pins tentunya sudah memperhatikan bagaimana perkembangan untuk keluarga di masa depan. Kondisi masyarakat di sekitar rumah perlu dicari tahu dengan baik, seperti bagaimana kepribadiannya serta adat istiadatnya demi mendukung perkembangan keluarga di masa depan.

Selain itu, potensi untuk perkembangan daerah di sekitar rumah juga perlu diperhatikan. Apakah rumah yang ditempati untuk jangka panjang tersebut memiliki lingkungan yang berkembang atau tidak. Seperti ketersediaannya lapangan pekerjaan, pembangunan, dan lain sebagainya.

Membeli Rumah Melalui Jasa Properti

(Prospeku)

Pins mungkin sudah memiliki kriteria, rumah seperti apa yang Pins inginkan untuk membangun masa depan bersama keluarga nantinya. Membeli rumah menggunakan jasa properti seperti developer bisa menjadi solusi yang baik. Pins akan mendapatkan berbagai referensi untuk model rumah terbaik termasuk lokasi rumah yang strategis. Selain itu, pembeli properti juga bisa menemukan referensi untuk rentang harga rumah yang sesuai dengan budget.

Memilih Jenis Transaksi yang Akan Digunakan

(Post.app)

Beberapa orang mungkin akan memiliki rencana pembelian rumah menggunakan metode yang berbeda-beda, seperti menggunakan sistem KPR ataupun cash. Untuk Pins yang akan berencana untuk membeli rumah dengan sistem KPR, pastikan jika pihak bank sudah menyetujuinya terlebih dahulu. Jangan memberikan DP kepada developer jika belum disetujui oleh bank. Jika semuanya sudah fix, Pins juga perlu memastikan bahwa Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB) sudah beralih menjadi Akta Jual Beli (AJB).

Baca juga: Modus Pemalsuan Sertifikat Tanah

Melakukan Transaksi Menggunakan Notaris

(Sarjana Ekonomi)

Langkah selanjutnya sebagai tips membeli rumah pertama adalah melakukan transaksi menggunakan jasa notaris. Dengan menggunakan notaris, Pins bisa memastikan bahwa surat-surat yang dibutuhkan sudah sesuai dan tidak akan tertipu oleh pihak manapun. Selain itu, melakukan transaksi jual beli rumah di hadapan notaris jauh lebih aman untuk memastikan agar Pins bisa mendapatkan rumah impian dengan sesuai.

Melakukan Negosiasi Harga Rumah

(Start Up Donut)

Setelah Pins menemukan rumah mana yang cocok untuk dibeli, sebagai tips membeli rumah pertama yang terakhir adalah melakukan negosiasi harga rumah. Cara ini sangat ampuh untuk memangkas biaya ketika akan membeli rumah. Pins mungkin akan mendapatkan harga rumah yang jauh lebih murah dengan melakukan negosiasi harga.

Itulah beberapa tips membeli rumah pertama untuk Pins yang sedang mencari hunian impian. Cara beli rumah tersebut bisa dijadikan referensi agar tidak salah untuk membeli hunian impian atau tertipu oleh agen properti. Selamat mencoba Pins!

Baca juga:

Featured Image Source: Investopedia


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. Cek pilihan rumah di Kota Bandung terbaik dari Pinhome!

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Mau Ajukan Cicilan Perumahan Subsidi? Baca Dulu Syaratnya!

Membeli rumah saat ini terbilang cukup sulit karena harganya yang sudah melambung tinggi. Apalagi,

Properti
Properti Kisaran Harga Tipe Rumah Minimalis, Terbaru 2022!

Ingin membeli rumah minimalis? Rumah minimalis ini kini menjadi incaran kaum millenials ketiak menc

Teknik Sipil
Teknik Sipil Harga Rolling Door Terbaru dari Berbagai Tipe

Rolling door tak cuma bisa digunakan sebagai pintu toko. Kamu pun bisa memakai rolling door untuk g

Teknik Sipil
Teknik Sipil Daftar Harga Kayu Jati Semua Ukuran, Terlengkap dan Terbaru!

Kayu jati merupakan salah satu jenis material yang umum digunakan untuk membangun rumah atau membua

Teknik Sipil
Teknik Sipil Harga Teralis Jendela Terbaru, Lengkap dengan Tips Memilihnya

Demi alasan keamanan, kebanyakan masyarakat Indonesia menggunakan teralis jendela pada rumahanya. S

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia