Pinhome

Tips Properti

Agar Tidak Salah Pilih Lokasi Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Memilih lokasi rumah yang pas adalah satu hal yang membutuhkan perhatian tersendiri. Tak hanya karena pindah rumah ke satu tempat tidak akan mudah, membeli rumah juga akan menelan banyak biaya yang sudah barang tentu harus kita tanggung sendiri.

Pertimbangan keuangan dan faktor waktu yang mungkin tak terbatas, menjadikan proses membeli rumah tak bisa sembarangan. Butuh pertimbangan yang matang berikut juga dengan perundingan dengan seluruh anggota keluarga, menjadikan proses membeli rumah sekali lagi bukan hal yang mudah.

Agar tidak salah pilih lokasi rumah, artikel kali ini punya tips dan triknya. Simak lebih jauh sebagai pertimbangan Anda agar tak menyesal karena salah memutuskan dalam membeli rumah.

Bagian Dari Sejarah Keluarga, Sebuah Rumah Tak Sekedar Benda

Jika dipikirkan secar mendalam, sebuah rumah adalah sangat berarti bagi satu keluarga. Karena akan menyimpan banyak cerita, serta unsur filosofis yang mendalam. Oleh karenanya sebelum membeli sebuah rumah, ada baiknya kita untuk mempertimbangkan hal berikut.

Kondisi Lingkungan, Akses, Dan Kebutuhan

Kondisi lingkungan dan akses jalan adalah pertimbangan mendasar, sebab kondisi lingkungan yang kurang kondusif bisa jadi akan berpengaruh terhadap psikologi anggota keluarga secara jangka panjang. Demikian pula dengan akses yang mungkin bisa dijangkau, akses ini terkait dengan kondisi jalan menuju rumah tersebut, apakah mudah atau sulit dilalui, serta seberapa lebar, dan bagaimana kondisinya apakah rusak atau beraspal mulus atau 0 jalan raya. Semua jelas menyesuaikan dengan kebutuhan seluruh anggota keluarga untuk beraktifitas dengan lancar dan mudah.

Strategis Adalah Subjektif, Sarana Prasarana Penunjang Jadi Perhitungan

Hal berikutnya yang banyak menjadi pertimbangan orang dalam membeli rumah adalah strategis tidaknya lokasi yang akan dibeli, yang mana tentu ini bersifat sangat subjektif karena terkait dengan kebutuhan penggunaannya dalam jangka panjang. Sementara itu disisi lain, sarana prasarana penunjang seperti misal, dekat dengan sekolah, pasar, sarana kesehatan atau pusat keramaian juga pasti harus dipikirkan dan jadi pemikiran tersendiri.

Air dan Listrik Adalah Hajat Hidup, Perlu Diketahui Sebelum Memutuskan

Membeli sebuah rumah tanpa memperhitungkan faktor penunjang hajat hidup seperti misal air dan kebutuhan jelas adalah gegabah. Biasa terjadi memang karena tergiur dengan harga murah, DP yang rendah serta proses pengurusan yang singkat orang bisa kecewa dalam membeli sebuah rumah karena ternyata setelah dihuni dalam beberapa waktu, akses dasar untuk pemenuhan hajat hidup tidak terwujud dengan baik.

Membeli rumah berbeda dengan kendaraan bermotor karena menjual kembali sebuah rumah yang sudah dibeli jelas tak semudah menjual kendaraan bermotor. Karenanya pertimbangan matang jelas dibutuhkan sebelum menjatuhkan pilihan pada sebuah rumah idaman yang memang sangat diinginkan.

Tags :

Bagikan Artikel