BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli PropertiTips Memilih Lokasi Rumah yang Tepat
0
0

Tips Memilih Lokasi Rumah yang Tepat

Dipublikasikan oleh Pinhome  dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Des 28, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
syarat menjadi developer perumahantop-right-banner

Memilih lokasi rumah yang pas adalah satu hal yang membutuhkan perhatian tersendiri. Tak hanya karena pindah rumah ke satu tempat tidak akan mudah, membeli rumah juga akan menelan banyak biaya yang sudah tentu harus kita tanggung sendiri. Pertimbangan keuangan dan faktor waktu yang mungkin tak terbatas, menjadikan proses membeli rumah tak bisa sembarangan. Begitu juga dengan lokasi, ketahui tips pilih lokasi rumah yang tepat di artikel ini!

Kamu juga dapat menemukan rumah dengan harga terjangkau dan sesuai dengan selera kamu di rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas Kec Bandung. Selain itu, kamu dapat menemukan rumah terbaik edisi Pinhome di Rumah Ekslusif.

Baca juga: Alasan Kota Bogor Menjadi Tempat Tinggal Terbaik

Tips Memilih Lokasi Rumah

memilih lokasi rumah
Source : BSDCityHome

Jika dipikirkan secara mendalam, sebuah rumah adalah sangat berarti bagi satu keluarga. Sebab akan menyimpan banyak cerita, serta unsur filosofis yang mendalam. Oleh karenanya sebelum membeli sebuah rumah, ada baiknya kita untuk mempertimbangkan secara matang.

Lokasi rumah menjadi penting karena sebagai mobilisasi dan akses kita dalam berpergian, kemudian lokasi juga menjadi penentu dalam melihat kualitas lingkungan sekitar kita. Pemilihan lokasi rumah yang strategis, tentunya pada saat kamu ingin menjual rumah akan menambah nilai jual yang tinggi.

Agar tidak salah pilih lokasi rumah, ketahui tips memilih lokasi rumah yang tepat berikut ini:

1. Akses Rumah yang Mudah

Source : iStock

Kondisi lingkungan dan akses jalan adalah pertimbangan mendasar, sebab kondisi lingkungan yang kurang kondusif bisa jadi akan berpengaruh terhadap psikologi anggota keluarga secara jangka panjang. Demikian pula dengan akses yang mungkin bisa dijangkau, akses ini terkait dengan kondisi jalan menuju rumah tersebut.

Apakah mudah atau sulit dilalui, serta seberapa lebar, dan bagaimana kondisinya apakah rusak atau beraspal mulus atau 0 jalan raya. Semua jelas menyesuaikan dengan kebutuhan seluruh anggota keluarga untuk beraktifitas dengan lancar dan mudah.

Baca juga: Awas, Kondisi Rumah Bikin Prestasi Anak Menurun!

2. Kawasan Berkeamanan yang Tinggi

Source : iStock

Tips memilih lokasi rumah selanjutnya adalah dengan memperhatikan kawasan berkeamanan yang tinggi. Carilah lokasi rumah yang sudah dilengkapi dengan one gate system atau double gate system serta keamanan 24 jam. Hal ini diperlukan untuk menjaga keamanan pemilik rumah Pins.

Sekarang-sekarang ini sedang ramai kasus pencurian yang berhasil menerobos masuk ke dalam rumah, dengan adanya keamanan tingkat tinggi, kamu dan keluarga akan selalu merasa aman.

3. Lengkapnya Fasilitas Publik

Source : iStock

Hal berikutnya yang banyak menjadi pertimbangan orang dalam membeli rumah adalah strategis tidaknya lokasi yang akan dibeli, yang mana tentu ini bersifat sangat subjektif karena terkait dengan kebutuhan penggunaannya dalam jangka panjang. Kelengkapan fasilitas publik menjadi penting.

Sementara itu disisi lain, sarana prasarana penunjang seperti misal, dekat dengan sekolah, pasar, sarana kesehatan atau pusat keramaian juga pasti harus dipikirkan dan jadi pemikiran tersendiri.

Baca juga: Strategi Membeli Rumah di Perumahan yang Menguntungkan

4. Berada di Kawasan TOD dan Sunrise Party

Source : iStock

Tips berikutnya dalam memilih lokasi rumah adalah berada di kawasan TOD dan Sunrise Party. TOD adalah Transit Oriented Development yang berarti konsep pengembangan kawasan perkotaan yang mengintegrasikan penggunaan transportasi umum dalam mobilisasinya. Akses ke rumah kamu akan dipermudah dengan transportasi publik seperti LRT dan MRT.

Kemudian, kamu juga bisa menempatkan lokasi rumah Sunrise Party, konsep satu ini merupakan konsep kawasan yang akan memberi nilai investasi tinggi karena tingkat pertumbuhannya di atas rata-rata.

5. Jauhi Kemungkinan Lokasi Bencana Alam

Source : iStock

Tips kelima dalam memilih lokasi rumah adalah dengan menjauhi kemungkinan lokasi yang mengindikasikan bencana alam. Pasti Pins senang jika tinggal di rumah yang dekat dengan pantai dan pegunungan, betul sekali rumah di daerah tersebut akan menawarkan pemandangan yang sangat indah.

Namun, dibalik keindahannya terdapat hal yang membahayakan Pins! Karena kawasan tersebut termasuk kawasan yang rawan terjadinya bencana alam seperti gempa alam, banjir rob, erupsi, tsunami, hingga longsor.

6. Dekat dengan Kawasan Pusat Bisnis

Source : iStock

Tips terakhir untuk kamu memilih lokasi rumah adalah dekat dengan kawasan pusat bisnis. Berada di dekat kawasan pusat bisnis sudah pasti akan membuat rumah kamu berada di kawasan yang sangat strategis. Di sekitar rumah kamu akan dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas publik yang lengkap dan fungsional.

Nilai rumah yang dekat dengan kawasan pusat bisnis memiliki nilai yang mahal, tetapi hal ini juga sebanding dengan nilai investasi yang menjanjikan kedepannya.

Membeli rumah berbeda halnya dengan membeli kendaraan bermotor, karena menjual kembali sebuah rumah yang sudah dibeli jelas tak semudah menjual kendaraan bermotor. Karenanya pertimbangan matang jelas dibutuhkan sebelum menjatuhkan pilihan pada sebuah rumah idaman yang memang sangat diinginkan.

Baca juga:

Feature Source Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Bali Resort Tangerang dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download