BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli Properti9 Trik Mendapatkan Harga Jual Rumah Terbaik
0
0

9 Trik Mendapatkan Harga Jual Rumah Terbaik

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Des 28, 2023

2 menit membaca

Copied to clipboard
Tips Membeli Rumah dengan Harga Murahtop-right-banner

Harga terbaik merupakan harga yang sedikit berada di atas dari harga pasaran sebuh rumah. Karena ini idealnya saat jual rumah, tidak terlalu mahal dan juga tidak pas diharga pasaran rumah tersebut. Untuk dapat menjual rumah dengan harga terbaik tentu banyak hal yang harus diperhitungkan pula, seperti kondisi rumah baik dari segi keutuhan bangunan ataupun dari lokasinya. Simak artikel ini untuk mengetahui trik mendapatkan harga jual rumah terbaik!

Kamu dapat memiliki rumah tinggal baru yang nyaman di perumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second Kec Bandung. Pins juga bisa membangun rumah idaman Pins menggunakan desain milik Pins sendiri dengan memanfaatkan bantuan KPR rumah.

Baca juga: 10 Tips Jual Rumah Agar Cepat Laku, Lakukan Cara Ini!

Trik Mendapatkan Harga Jual Rumah Terbaik

Negosiasi menjadi pondasi awal dalam hal jual beli rumah dengan harga terbaik. Ketika kemampuan negosiasi seseorang lemah maka bisa jadi akan dipermainkan harga jual rumahnya oleh calon pembeli.

Begitupula sebaliknya saat seorang pembeli yang tidak pandai melihat aspek penting pada penjualan suatu rumah, tentu saja akan membeli sebuah properti rumah dengan harga yang mahal. Selain itu, ka-mu juga harus memperhatikan beberapa hal atau trik mendapatkan harga jual rumah terbaik atau dengan kata lain “win win solution“. Berikut ini beberapa triknya:

1. Menentukan Berdasarkan Harga Tanah dan Bangunan

Source : iStock

Rumah biasa pun jika dalam kondisi keutuhan bangunan yang prima bisa berpeluang mendapatkan harga terbaik seperti rumah elit pada umumnya. Kamu dapat menjual rumah dengan harga terbaik dengan menentukan berdasarkan harga tanah dan bangunan. Misalnya, harga rumah di sekitar Stasiun Tebet akan berbeda dengan rumah yang jauh dari transportasi umum.

Begini rumus menghitungnya berdasarkan harga tanah, (harga luas tanah per meter x luas tanah keseluruhan). Lalu untuk berdasarkan harga bangunan, (harga luas bangunan x luas bangunan keseluruhan).

2. Mengetahui Kondisi Rumah

Mengumpulkan informasi kenapa seseorang tersebut menjual rumahnya. Bila mereka menjual karena kebutuhan mendesak biasanya proses negosiasi akan berjalan lebih mudah dan harganya dapat digoyangkan.

Kondisi rumah yang masih bagus, dapat menyebabkan harga rumah yang tidak terlalu turun signifikan.

3. Menentukan Harga Rumah berdasarkan NJOP

Source : iStock

Seperti yang Pins tahu, NJOP adalah Nilai Jual Objek Pajak. NJOP merupakan nilai rata-rata jual beli rumah yang menjadi acuan untuk menentukan PBB yang ditetapkan oleh pemerintah setempat.

Bila Pins akan melihat harga melalui kalkulasi NJOP, Pins harus perhatikan juga NJOP di setiap daerah dikarenakan berbeda-beda. Cara menghitung harga rumah berdasarkan NJOP dapat menggunakan rumus berikut ini: (Luas Bangunan x NJOP per meter bangunan + (Luas Tanah x NJOP per meter tanah).

Perlu diingat NJOP ini dapat berbeda dengan harga pasaran rumah di suatu daerah. Apabila pasarannya tinggi, maka NJOP akan ikut tinggi juga.

4. Membandingkan Harga Rumah di Sekitar

Trik selanjutnya dalam mendapatkan harga jual rumah terbaik adalah dengan membandingkan harga rumah di sekitar. Hal ini perlu dilakukan ketika kamu ingin membeli atau menjual rumah, kamu perlu melihat harga pasaran rumah di kawasan tersebut agar harganya tidak terlalu murah dan tidak juga terlalu mahal.

Kamu dapat melakukan survey terhadap beberapa rumah yang sedang dijual untuk mengetahui harga pasaran di daerah kamu.

Baca juga: Penting! Cara Jual Rumah Ke Bank Agar Tidak Rugi

5. Memperhatikan Keberadaan Lokasi Rumah

Source : iStock

Trik kelima ini dapat membantu kamu mendapatkan harga jual rumah terbaik, yaitu dengan memperhatikan keberadaan lokasi rumah. Semakin strategis lokasi rumah, maka harga jual/beli yang ditawarkan dapat semakin tinggi.

Jika dalam hal keberadaan kurang strategis, Pins dapat memperhatikan fasilitas dan infrastruktur sekitar yang dekat rumah tinggal.

6. Menghubungi Agen Properti Terpercaya

Trik berikutnya yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan harga jual rumah terbaik adalah dengan memanfaatkan agen properti terpercaya. Hal ini dilakukan karena agen properti berselancar di ranah penjualan dan pembelian properti. Tentunya mereka dapat mengenali keadaan pasar rumah di daerah tertentu.

7. Memanfaatkan Situs Jual Beli Online

Source : iStock

Trik ketujuh untuk mendapatkan harga jual rumah terbaik adalah dengan memanfaatkan situs jual beli online. Dengan memanfaatkan situs jual beli online, kamu dapat mengetahui harga pasaran rumah di daerah kamu, Pins.

8. Harga Jual Rumah Harus Mengikuti Pasarnya

Pins kamu harus menentukan harga jual rumah yang sesuai dengan pasarnya. Lalu, kamu juga harus ingat dalam penjualan rumah ini tidak boleh mematok harga atas dasar emosi menginginkan jumlah yang tinggi. Pins harus tetap memperhatikan kondisi pasarnya agar harga yang diberikan dapat menarik pembeli.

Baca juga: 5 Cara Jual Rumah Biar Cepat Laku Tanpa Perantara

9. Menambahkan Biaya Setelah Renovasi

Source : iStock

Trik terakhir untuk mendapatkan harga jual rumah terbaik adalah dengan menambahkan biaya yang Pins gunakan untuk merenovasi rumah. Pembaruan rumah ini tentunya kan masuk ke dalam harga jual rumah kamu selanjutnya.

Apabila Pins melakukan renovasi rumah pada bagian atap, halaman, dan plafon dengan jumlah 30 juta, maka Pins dapat menambahkannya ke harga jual rumah Pins.

Itulah beberapa trik mendapatkan harga jual rumah terbaik yang dapat menjadi acuan kamu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat!

Baca Juga: 10 Cara Menjual Rumah Secara Online Agar Laku Keras

Feature Source Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami New Abaya Village dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download