Wajib Tahu! 11 Tips Menabung untuk Beli Rumah!

Diperbarui oleh Bryan Dharmanta ∙ December 6, 2022 ∙ 11 menit membaca

Pins, pernah tidak ketika scrolling Instagram, terus iri liat teman-teman pada lagi di rumah sendiri? Tidak perlu khawatir, gunakan tips menabung untuk milenial agar bisa membeli rumah di usia yang masih muda.

Kenyataan yang harus dihadapi oleh milenial yang ingin membeli rumah adalah harga properti yang melambung tinggi. Bahkan situasi ini sudah terjadi sejak 10 tahun yang lalu, apalagi kalau kita mengincar daerah-daerah strategis di dekat pusat keramaian. Simak tips selengkapnya berikut ini.

Baca juga: Tips Membeli Rumah KPR Atau Cash

Tips Menabung Untuk Milenial Agar Bisa Membeli Rumah

Kita harus lebih pintar mencari cara agar dapat menabung dengan cepat. Semakin lama kita mengendapkan uang kita di tabungan, semakin melambung pula harga properti yang kita inginkan.

Carilah Terlebih Dahulu Rumah Yang Hendak Dibeli

Hal utama yang harus dilakukan adalah mencari rumah idaman kamu dengan pasangan. Hal ini berfungsi agar dapat memperkirakan berapa harga rumah tersebut. Carilah lokasi dan tipe rumah sesuai keinginan kamu dan pasangan. Ingatlah bahwa harga rumah setiap tahunnya mengalami kenaikan.

Tentukan Target Sesuai Dengan Kebutuhan dan Kemampuan

(Mlsacobir.com)

Cara menabung pertama adalah dengan menetapkan tujuan yang jelas. Pins pasti akan lebih fokus dan bersungguh-sungguh saat menabung kalau punya tujuan yang jelas. Misalnya Pins ingin membahagiakan keluarga atau memiliki hunian yang nyaman. Tentunya tabungan yang Pins kumpulkan tidak akan berjalan dengan asal-asalan.

Setelah tahu spesifikasi rumah, jangan lupa cek harga pasar. Setelah mendapat kisaran harga rumah yang pas, baru kita menyusun anggaran uang yang harus disisihkan per bulan dan target waktu yang dibutuhkan. Ingat, sesuaikan dengan kemampuan keuangan ya, Pins!

Cara menabung untuk beli rumah ini juga bisa membantu Pins untuk menyusun rencana keuangan Pins agar lebih terkoordinasi dengan baik. Tapi, jangan sampai tujuan ini hanya Pins ingat di awal menabung karena bisa menghancurkan semua rencana yang telah Pins tentukan. Pastikan Pins selalu fokus dengan tujuan Pins menabung agar memiliki rumah impian segera terwujud.

Belajar dan Cari Tahu Mengenai KPR

tips menabung untuk milenial agar bisa membeli rumah
(Housing.com)

Kredit Pemilikan Rumah atau KPR adalah metode pembiayaan rumah yang paling fleksibel. Makanya gak heran kalau KPR jadi pilihan utama para pencari rumah. KPR juga ada banyak jenisnya, mulai dari KPR konvensional, KPR Syariah, hingga KPR dengan manfaat ekstra seperti KPR Duo.

Baca juga: Tips Membeli Rumah di Perumahan

Pelajari seluruh informasi mengenai KPR sebanyak-banyaknya. Bandingkan antara bank satu dengan bank yang lain. Ada beberapa bank yang memiliki insentif khusus yang bisa dimanfaatkan, misalnya DP 0% hingga cicilan dengan bunga tetap ala KPR Syariah. Apapun pilihanmu, lagi-lagi sesuaikan dengan kondisi keuangan, ya!

Cara menabung untuk beli rumah selanjutnya adalah dengan melunasi hutang yang Pins miliki saat ini. Hal ini penting untuk Pins lakukan untuk kelancaran proses menabung yang Pins lakukan nantinya. Apalagi memang sebaiknya hutang itu segera dibayarkan agar menyulitkan orang yang Pins hutangi.

Tentukan Jumlah Yang Tepat

Menentukan jumlah tabungan secara tepat merupakan salah satu cara menabung untuk beli rumah yang baik. Setelah Pins mengetahui tujuan dan menetapkan target tabungan, maka Pins harus menentukan jumlah nominal yang harus Pins sisihkan setiap bulannya. Oleh karena itu, Pins harus melakukan perhitungan keuangan dengan cara menentukan rasio tabungan berdasarkan pendapatan.

Saat melakukan cara menabung untuk beli rumah ini, Pins tidak perlu menargetkan nominal yang terlalu besar. Pins harus perhatikan juga kebutuhan lainnya yang harus Pins penuhi setiap bulannya. Jangan sampai Pins menargetkan jumlah nominal tabungan dalam jumlah besar tetapi malah mengganggu pemenuhan kebutuhan lainnya.

Dapatkan Pekerjaan Sampingan

Memiliki pekerjaan sampingan adalah solusi jika kamu mencari cara untuk meningkatkan penghasilan. Melakukan lebih dari satu pekerjaan bukanlah situasi kerja yang optimal. Tetapi ketika harus membeli rumah, Pins harus melalui masa sulit. Jangan menyiksa diri sendiri dengan pekerjaan kedua. Berikut adalah beberapa contoh pekerjaan sampingan yang akan memberi Anda uang ekstra untuk menabung dan melunasi tagihan:

  • Jika Pins menyukai hewan peliharaan, kamu harus memberi tahu keluarga, kerabat, dan tetangga bahwa saat mereka akan berlibur panjang di lain waktu. Kamu akan berada di sana untuk menjaga hewan peliharaan mereka. Tentu saja, dengan uang tunai!
  • Mengubah kendaraan kamu menjadi ojek online. Mungkin juga menghasilkan uang jika Pins pulang kerja. Anda dapat mendaftar ke mitra ojek online dan mengantar penumpang bila Anda merasa nyaman.
  • Jika Pins cukup memenuhi syarat untuk memiliki pekerjaan, tidak menjadi masalah untuk mengajar beberapa kursus dasar kepada siswa sekolah dasar. Kamu dapat mendaftar untuk les online.

Baca juga: Cara Memilih Properti

Pantau Skor Kredit dan Tuntaskan Seluruh Kewajiban

tips menabung untuk milenial agar bisa membeli rumah
(Lovemoney.com)

Cara menabung untuk beli rumah selanjutnya adalah dengan melunasi hutang yang Pins miliki saat ini. Hal ini penting untuk Pins lakukan untuk kelancaran proses menabung yang Pins lakukan nantinya. Apalagi memang sebaiknya hutang itu segera dibayarkan agar menyulitkan orang yang Pins hutangi.

Syarat utama KPR adalah skor kredit yang bersih. Sebagai milenial, mungkin kita akrab dengan kartu kredit, pinjaman online, dan sebagainya. Jika kita memiliki tanggungan-tanggungan tersebut, jangan lupa diselesaikan terlebih dahulu sebelum mengajukan KPR ke bank, ya! Soalnya kalau skor kredit Pins buruk, maka bank tidak akan menyetujui pengajuan KPR kita.

Baca juga: Ini Dia 11 Tips Membeli Rumah Pertama, Anak Muda Wajib Tahu!

Hidup Hemat

(Time.com)

Cara menabung untuk beli rumah nomor tujuh adalah membiasakan hidup hemat. Hal ini nampaknya masih berkaitan dengan cara nomor lima dimana Pins harus mengelola pengeluaran dengan ketat. Tentunya, hal tersebut harus didukung oleh pola hidup hemat yang harus Pins jalani.

Dengan melakukan cara menabung untuk beli rumah ini, Pins akan terhindar dari masalah keuangan di kemudian hari. Karena uang yang Pins punya tidak akan digunakan untuk membeli barang-barang yang tidak diperlukan. Selain itu, jumlah uang yang Pins tabungkan bisa lebih besar dan kemungkinan untuk membeli rumah bisa segera terwujud.

Baca juga: Strategi Beli Hunian Sebelum Usia 30

Cari Kesempatan yang Ada

(Freepik)

Jika jeli, Pins bisa mencari cara untuk menyiasati tabungan agar lebih ringan. Misalnya dengan menabung hingga jumlah tertentu, lalu menginvestasikan uang tersebut di tempat yang terjamin. Salah satu yang dapat Pins coba adalah investasi emas. Dalam setahun, Pins bisa mendapat keuntungan 10-20%, lho! Bisa dipakai untuk meng-cover biaya pengajuan KPR, kan?

Baca juga: Tips Membeli Rumah Impian Terampuh!

Kelola Pengeluaran Dengan Ketat

cara menabung untuk beli rumah impian
(Bullandbearbrew.com)

Cara menabung untuk beli rumah selanjutnya yang tidak kalah penting yaitu mengelola pengeluaran dengan ketat. Biasanya pengeluaran menjadi alasan seseorang menunda kegiatan menabungnya. Oleh karena itu, Pins harus lebih berhati-hati untuk membedakan mana yang menjadi kebutuhan dan mana yang menjadi keinginan.

Cara menabung untuk beli rumah yang satu ini tampaknya cukup sulit dilakukan. Oleh karena itu, Pins harus mengingat kembali tujuan dan target yang telah Pins buat. Dengan begitu, keuangan dan rencana Pins untuk segera mendapatkan rumah impian tetap lancar tanpa adanya hambatan.

Baca juga: Mau Bangun Rumah Tapi Belum Punya Uang?

Menabung dengan Emas

Menggunakan emas merupakan salah satu cara menabung untuk beli rumah terbaik. Emas merupakan bentuk investasi yang cukup aman karena tidak terpengaruhi oleh kenaikan inflasi. Dengan nilai yang stabil tersebut tentunya akan memberikan dampak yang baik untuk tabungan Pins.

Cara menabung untuk beli rumah dengan emas ini nampaknya cukup berguna untuk memenuhi keinginan Pins untuk memiliki rumah. Tapi, jangan lupa untuk pelajari terlebih dahulu mengenai investasi dengan menggunakan emas ini.

Baca juga: Beli Rumah dengan KPR? Pahami Dulu Proses dan Prosedur Akad Kredit dari Awal hingga Akhir

Menabung Dalam Bentuk Rumah

Cara menabung untuk beli rumah yang terakhir adalah menabung dalam bentuk rumah. Maksudnya adalah Pins bisa menabung sambil membayangkan uang tersebut akan dibangunkan salah satu bagian rumah. Jadi, tanpa Pins sadari, Pins telah menjadikan uang tabungan tersebut sebagai cicilan untuk membangun rumah.

Tentunya cara ini cukup menyenangkan dan bisa memacu semangat Pins untuk terus menabung. Tabungan Pins hari ini bisa Pins anggarkan untuk membangun pondasi, dan bulan berikutnya untuk bagian rumah lainnya. Dengan begitu, sedikit demi sedikit impian Pins untuk membeli rumah pun akan segera tercapai.

Cara menabung dalam bentuk Rumah

  1. Jika bisa membeli atau mebangun rumah secara tunai maka akan lebih baik, namun jika dana yang tersedia masih terbatas maka bisa menggunakan fasilitas kredit KPR yang disediakan oleh Bank. Untuk membeli rumah dengan cara KPR kita hanya perlu menyiapkan dana 20% dari harga rumah lalu sisanya diangsur bulanan selama sekian tahun.
  2. Bagi yang masih menghuni rumah kos atau kontrakan maka sebaiknya berpikir untuk membali rumah dengan sistem KPR, kita hanya perlu menabung uang mukanya saja lalu angsuranya hitung-hitung sebagai uang sewa kontrakan tapi setelah lunas bisa jadi milik sendiri.
  3. Memilih rumah yang nilai jualnya terus naik, dan mudah dalam menjualnya kembali. Pertimbangkan kebaikan lokasi rumah, kondisi lingkungan disekitar rumah dan kelengkapan fasilitas umum yang ada pada daerah tersebut.
  4. Pertimbangkan segi kemudahan untuk menjual rumah tersebut, jadi sewaktu-waktu kita butuh uang tunai maka tabungan rumah tersebut bisa cepat diuangkan kembali.
  5. Melakukan renovasi rumah sebelum menjual, jadi kita telah memberikan nilai tambah pada produk rumah tinggal yang kita jual, dengan begini maka pembeli akan senang dan kita mendapatkan harga jual yang lebih tinggi.

Baca juga: Pahami Perilaku Konsumen Dalam Penjualan Properti

Hindari Kesalahan Menabung Untuk Beli Rumah Ini!

Menjadi Kurang Disiplin dan Terlalu Santai

(Independent.co.uk)

Bisa dikatakan, membeli rumah merupakan milestone kita menjadi dewasa. Dengan memutuskan untuk mencicil properti, kita dianggap mampu memiliki tanggung jawab yang lebih besar.

Oleh sebab itu, kita harus ubah mindset menjadi lebih baik. Kencangkan ikat pinggang, rencanakan baik-baik keuanganmu, dan kurangi pengeluaran yang tidak perlu. Nongkrong bersama teman, makan enak, beli baju dan sepatu, semuanya boleh; tapi harus dibatasi agar bisa beli rumah selagi masih muda!

Baca juga:  Tips Membeli Rumah Seken

Kurang Spesifik Menentukan Rumah yang Diinginkan

Sebelum mulai menabung, ada baiknya kita menentukan hunian seperti apa yang kita inginkan secara spesifik, Pins. Tak cukup hanya sekadar “rumah tipe 36” atau “apartemen 2 bedroom” saja.

Kita juga harus tahu lokasi ideal menurut kita di mana, lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan kita, ketersediaan fasilitas dan infrastruktur di hunian yang kita inginkan, dan sebagainya.

Semakin detil, maka akan semakin baik. Jika perlu, langsung tunjuk perumahan atau komplek apartemen yang sesuai dengan keinginan Pins dan jadikan itu sebagai target.

Gagal Menentukan Target Beserta Kenaikan Harga

Target di sini ada dua macam, nominal uang dan jangka waktu. Ini akan membantu untuk menentukan happy balance antara jumlah tabungan dan biaya hidup kita, Pins. Misalnya, Pins ingin membeli rumah seharga 500 juta, dengan DP 10%, dalam waktu 2 tahun mendatang.

Pins bisa langsung menghitung jumlah minimal uang yang harus disisihkan setiap bulan selama jangka waktu 2 tahun tersebut. Jangan lupa, Pins, harga properti bisa naik 10-20% setiap tahun. Jadi, jangan lupa tambahkan prediksi kenaikan harga tersebut di perhitunganmu, ya!

Oh ya, selain itu, pengajuan KPR ternyata juga membutuhkan biaya. Nominalnya bisa sampai 5% dari total harga yang harus dibayar saat kita membeli rumah. Biar tidak sport jantung nantinya, jumlah ini sebaiknya juga ditambahkan dalam target tabunganmu!

Baca juga: Kesiapan Finansial Sebelum Beli Rumah Pertama, Ini yang Perlu Kamu Perhatikan!

Lalai Memantau Syarat Kelayakan Pengajuan KPR

Pins, tak peduli kita sudah mengumpulkan uang yang cukup untuk DP dan pengajuan KPR, bank tetap akan melakukan BI checking untuk mendapatkan skor kredit kita.

Hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko yang muncul saat bank meminjamkan uang dalam jumlah yang besar untuk kita. Jadi, walaupun kita sudah menabung DP hingga 50% pun, jika skor kredit buruk, tetap bank tidak akan menyetujui pengajuan KPR kita.

Oleh sebab itu, ada baiknya Pins mengajukan permohonan cek skor kredit kita ke OJK sebelum melakukan pengajuan KPR ke bank.

Belum Mempelajari Program KPR dari Berbagai Bank

Untuk memuluskan usaha kita memiliki rumah impian, Pins harus tahu jalan mana yang harus ditempuh. Program KPR di Indonesia ada bermacam-macam jenisnya, pun masing-masing bank juga memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Jangan sampai kita sudah susah-susah menabung selama 5 tahun, lengkap dengan antisipasi kenaikan harga, padahal bank yang kita datangi sebenarnya menawarkan KPR dengan DP 0%. Pins harusnya sudah bisa punya rumah dari 5 tahun sebelumnya! Nyesek gak, tuh?

Tidak Menyadari Peluang Lainnya

Khusus buat Pins yang dikejar target (atau sudah ditanya calon mertua kapan siap nikah), Pins bisa mempersingkat durasi menabung untuk beli rumah, lho!

Misalnya, target 5 tahun untuk menabung DP, Pins bisa menyiasati dengan berhemat lebih ketat selama 2 tahun, lalu diinvestasikan ke dalam bentuk emas selama 3 tahun.

Kalau perhitunganmu tepat, bisa jadi jumlah yang Pins kumpulkan lebih banyak daripada hanya menabung saja. Bisa jadi Pins punya uang untuk membeli rumah plus dana tambahan untuk furnitur. Lumayan banget, bukan?

Eh, tapi investasinya yang jelas dan benar-benar terjamin ya, Pins. Jangan investasi bodong. Nanti bukannya dapat tabungan lebih banyak, malah tekor kan jadi berabe.

Baca juga: Strategi Membeli Rumah di Perumahan yang Menguntungkan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami The Jannah Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Simple! Begini Cara Membuat Trading Plan untuk Pemula

Tidak berbeda dengan kehidupan, investasi juga memerlukan perencanaan yang matang, sehingga kamu bi

Finansial
Finansial Apa itu White Paper di Cryptocurrency?

Apa itu white paper, termasuk dalam hal ini white paper crypto adalah suatu dokumen yang memiliki p

Finansial
Finansial Apa itu ETF? Pengertian, Keuntungan dan Kerugiannya

Produk investasi memiliki jenis yang sangat beragam. Tentunya, agar tidak salah memilih, kamu harus

Finansial
Finansial Apa itu Stop Loss? Pengertian dan Cara Menggunakannya

Berbicara mengenai dunia investasi dan trading, selalu terdapat istilah-istilah terkait yang mungki

Gadget
Gadget 15 Rekomendasi HP Xiaomi Terbaik Desember 2022, Wajib Punya!

Xiaomi merupakan salah satu produsen smartphone yang cukup terkenal dan sudah mendunia, terutama un

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia