BlogPembeli Properti PemulaPanduan KPR/KPA8 Tips Agar Tidak Menyesal Beli Rumah Subsidi
0
0

8 Tips Agar Tidak Menyesal Beli Rumah Subsidi

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Nov 20, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Tips Agar Tidak Menyesal Beli Rumah Subsiditop-right-banner

Rumah subsidi merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk menyediakan hunian murah bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Namun bisa saja ada beberapa hal yang membuat Pins menyesal telah membeli rumah ini. Untuk itu berikut beberapa tips agar tidak menyesal beli rumah subsidi. 

Penyesalan yang timbul usai membeli rumah subsidi bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Misalnya, lokasi yang kurang strategis, desain rumah tidak sesuai dengan iklan, hingga material bangunan di bawah standar rumah kebanyakan. 

Sebelum lanjut, kamu yang ingin beli rumah eksklusif seperti New Abaya Village atau perumahan di BSD lain bisa langsung membuka laman Pinhome. Harga rumah bekas di Kec Tangerang bisa kamu cek di fitur PinValue untuk mengetahui estimasinya. 

Baca juga: Yuk, Kenali 5 Biaya Pajak Penjualan Rumah!

Tips Agar Tidak Menyesal Beli Rumah Subsidi

Tips Agar Tidak Menyesal Beli Rumah Subsidi
Source : iStock Photo

Memiliki rumah impian dengan harga terjangkau menjadi impian setiap orang. Menjawab hal ini, pemerintah memiliki program berupa Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Subsidi yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat berpenghasilan rendah. 

Rumah subsidi adalah rumah yang dibangun dengan harga terjangkau yang diperoleh melalui skema KPR, baik secara konvensional maupun dengan skema syariah.

Perumahan subsidi menawarkan solusi bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) untuk memiliki hunian layak dengan harga terjangkau. Dengan program perumahan subsidi, masyarakat bisa beli rumah dengan harga terjangkau karena telah mendapatkan bantuan dari pemerintah yang tidak dikenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN).

Meski demikian, tak sedikit orang yang merasa menyesal setelah membeli rumah subsidi ini. Penyesalan ini muncul karena rumah yang didapat ternyata tidak sesuai dengan ekspektasi, mulai dari jarak, desain, hingga kualitas bangunan. 

Terlebih jika kamu bekerja di pusat kota seperti Jakarta. Rumah subsidi umumnya dibangun di daerah pinggiran yang lokasinya cukup jauh dari pusat kota Jakarta. Hal ini berpotensi membuatmu menyesal karena harus menempuh jarak yang panjang untuk bekerja. 

Untuk itu, kamu perlu membaca artikel ini sampai habis. Pasalnya, kamu diberi beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah penyesalan datang setelah membeli rumah subsidi. Berikut beberapa tips tersebut. 

Baca juga: Dokumen Penting Dalam Proses Jual Beli Rumah #MulainyaDariSini

1. Pertimbangkan Lokasi Perumahan

Tips Agar Tidak Menyesal Beli Rumah Subsidi
Source : Pinterest

Rumah merupakan tempat tinggal dan beristirahat setelah seharian sibuk bekerja. Banyak juga orang yang berharap bisa menempati rumah yang dibeli dalam jangka waktu yang panjang, bahkan seumur hidup. 

Untuk itu, penting bagi kamu untuk mempertimbangkan dengan baik lokasi perumahan subsidi yang akan kamu beli. Pertimbangkan jaraknya dengan kantor tempat bekerja hingga akses kendaraan mulai dari jalan tol hingga transportasi publik. 

Memilih rumah yang dekat dengan area strategis bisa menjadi pilihan. Dengan begitu, kompleks perumahan tempatmu tinggal akan dekat dengan pusat-pusat keramaian, seperti mall, pasar, maupun sekolah. 

2. Survei Lokasi

Banyak orang yang memulai perjalanannya mencari rumah dengan menghadiri expo atau pameran properti. Dalam acara ini akan banyak developer yang menawarkan kompleks hunian yang dikembangkannya. 

Salah satu media promosi yang kerap digunakan adalah brosur yang berisi informasi detail mengenai spesifikasi rumah. Namun jangan percaya begitu saja dengan apa yang tertulis di brosur, Pins. Kamu tetap harus survei lokasi untuk mengetahui secara jelas tentang rumah yang akan dibeli.

Baca juga: Ini Dia 11 Tips Membeli Rumah Pertama, Anak Muda Wajib Tahu!

3. Cek Kondisi Fisik

Tips Agar Tidak Menyesal Beli Rumah Subsidi
Source : Pixabay

Saat melakukan survei, satu hal penting yang harus kamu pastikan adalah kondisi fisik bangunan. Selain itu, kamu juga perlu memastikan spesifikasi luas bangunan dan luas tanah, apakah sesuai dengan yang ditulis di iklan atau tidak.

Misalnya, tipe rumah yang dijual itu adalah 36/72. Maka, cara menghitung tipe rumah ini adalah luas bangunan 36 meter persegi dan luas tanah 72 meter persegi. Periksa apakah ini sesuai dengan kenyataan atau tidak. 

4. Akses Menuju Lokasi

Kemudahan akses dari dan menuju kompleks perumahan juga perlu untuk dipertimbangkan. Seperti yang diketahui, rumah subsidi umumnya berada di pinggiran sehingga jauh dari hiruk pikuk kota. 

Namun demikian, kamu bisa memilih kompleks perumahan yang berada di area strategis dan mudah diakses. Contohnya, perumahan dekat dengan stasiun KRL, halte atau terminal bus, hingga dekat dengan tempat keramaian masyarakat lainnya.

5. Kondisi Air

Air merupakan sumber kehidupan manusia. Begitu pula saat memilih perumahan, kamu perlu untuk memastikan kondisi airnya seperti apa. Jangan sampai kamu memilih perumahan yang sulit air atau mudah kekeringan saat musim kemarau

Baca juga: Cara Mengubah AJB ke SHM, Lengkap dengan Estimasi Biayanya

6. Pahami S&K Rumah Subsidi

Tips Agar Tidak Menyesal Beli Rumah Subsidi
Source : PIxabay

Tips berikutnya, kamu perlu memahami dengan baik syarat dan ketentuan (S&K) yang berlaku terkait dengan kepemilikan rumah subsidi. Misalnya, KPR Subsidi hanya bisa dilakukan untuk rumah pertama, sehingga kamu tidak bisa memiliki lebih dari satu rumah subsidi. 

Selanjutnya terkait dengan menyewakan atau menjual rumah subsidi kepada orang ketiga. Apakah menyewakan rumah KPR subsidi diperbolehkan secara hukum? Hal-hal ini perlu kamu pahami dengan baik. 

7. Kredibilitas Pengembang

Mencari tahu kredibilitas developer atau pengembang merupakan hal yang perlu dilakukan sebelum membeli rumah baik subsidi maupun bukan. Cari tahu kompleks perumahan apa saja yang sudah mereka bangun, termasuk kelebihan dan kekurangannya. 

8. Cari Tahu Metode Pembayaran

Developer rumah subsidi biasanya memiliki beberapa metode pembayaran, sama seperti membeli properti komersial. Metode pembayaran untuk rumah subsidi menggunakan KPR FLPP (Kredit Pemilikan Rumah Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan). Apabila ada metode pembayaran lainnya, sebaiknya ditanya langsung ke developer.

Itulah beberapa tips agar tidak menyesal beli rumah subsidi yang bisa kamu terapkan sebelum membeli rumah. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Mutiara Gading City dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download