BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli PropertiMudah! Begini Cara Menghitung Tipe Rumah dan Bangunan
0
0

Mudah! Begini Cara Menghitung Tipe Rumah dan Bangunan

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Sep 22, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Cara Menghitung Tipe Rumahtop-right-banner

Rumah memiliki tipe yang ditentukan berdasarkan luas bangunan. Tipe-tipe rumah ini yang akan mempengaruhi harga sebuah rumah, terlepas dari lokasi dan bahan material yang digunakan. Untuk itu, kamu yang akan membeli hunian perlu mengetahui cara menghitung tipe rumah. 

Selain mempengaruhi harga, tipe rumah juga akan mempengaruhi fasilitas dan ruangan yang disediakan. Seperti rumah tipe 21 biasanya hanya memiliki 1 kamar tidur saja. Sementara rumah tipe 36 bisa memiliki 2 kamar tidur, dan seterusnya. 

Tipe rumah juga akan kamu temui saat membeli rumah bekas di Bandung. Kamu yang ingin beli rumah eksklusif Pinhome seperti New Abaya Village atau perumahan di BSD lain juga perlu memperhatikan tipe rumah yang tersedia. 

Cara Menghitung Tipe Rumah

Cara Menghitung Tipe Rumah
Source : Pixabay

Seperti yang disampaikan di atas, klasifikasi tipe rumah ditentukan oleh luas bangunan dan bukan luas tanah. Bisa saja seseorang memiliki tanah yang cukup luas, namun hanya membangun rumah tipe rendah karena hanya dihuni beberapa orang saja. 

Berikut ini adalah cara menghitung tipe rumah berdasarkan tipe rumah yang umum ditemukan. 

Tipe 21

Tipe rumah pertama adalah tipe 21, yang merupakan rumah dengan tipe paling kecil. Rumah tipe 21 ini artinya memiliki luas bangunan 21 meter persegi, dan biasanya cocok untuk keluarga kecil yang hanya terdiri dari ayah, ibu, dan anak saja. 

Cara menghitung luas rumah tipe 21 ini antara lain 3 x 7 meter; 5,25 x 4 meter; atau 6 x 3,5 meter. Ukuran pada rumah tipe 21 ini juga bisa dipadukan dengan ukuran luas tanah 6 x 10 = 60 meter dan 6 x 12 = 72 m sehingga disebut rumah tipe 21/60 atau 21/72.

Tipe ini banyak digunakan untuk model rumah sederhana yang mengutamakan biaya rumah terjangkau. Umumnya, rumah tipe 21 mempunyai 1 kamar tidur, 1 ruang tamu, dan 1 kamar mandi sehingga cocok digunakan oleh pasangan muda.

Tipe 36

Cara Menghitung Tipe Rumah
Source : Pinhome

Tipe rumah berikutnya adalah tipe 36, yang artinya rumah ini memiliki luas bangunan yaitu 36 meter persegi. Rumah tipe 36 cocok untuk pasangan muda, dan biasanya memiliki 2 kamar tidur, satu kamar mandi, ruang tamu dan ruang keluarga, serta dapur dan kamar mandi. 

Sama seperti rumah tipe 21, cara menghitung tipe rumah ini adalah 6 x 6 = 36 meter persegi. Luas tanah juga bisa dipadukan yang umumnya memiliki luas 60 meter persegi atau 72 meter persegi. Dengan demikian, penyebutan tipe ini adalah rumah tipe 36/60 atau 36/72.

Tipe 45

Selanjutnya adalah rumah tipe 45, yang artinya memiliki luas bangunan yaitu 45 meter persegi. Rumah tipe 45 ini tentu memiliki luas dan jumlah ruang yang lebih lapang dibanding dua tipe sebelumnya. 

Cara menghitung rumah tipe 45 juga sama, yaitu dengan menjumlahkan panjang dan lebar rumah, seperti 6 x 7,5 meter = 45 meter persegi. Sama seperti sebelumnya, ukuran tanah juga bisa disertakan. 

Adapun tiga tipe di atas biasanya digunakan sebagai ukuran rumah subsidi dari pemerintah. Sementara tipe rumah yang lebih besar tidak disubsidi karena memiliki harga yang lebih tinggi dengan kemampuan beli yang lebih juga. 

Tipe 54

Cara Menghitung Tipe Rumah
Source : Pinhome

Rumah dengan tipe 54 merupakan hunian yang memiliki luas bangunan 54 meter persegi, dengan cara menghitungnya yaitu 6 x 9 = 54 meter persegi. Tipe 54 ini digunakan untuk rumah kelas menengah yang mengutamakan keluasan bangunan namun dengan harga rumah yang masih dapat dijangkau konsumen calon pemilik rumah di perumahan.

Tipe 60

Selanjutnya adalah rumah tipe 60, yang dihitung dari 6 x 10 = 60 meter persegi sebagai luas bangunannya. Rumah dengan tipe 60 ini termasuk luas dengan opsi jumlah kamar yang lebih banyak. 

Selain itu, tipe 60 bisa digunakan sebagai rumah dengan kelas mewah di perumahan namun dengan harga yang terjangkau.

Tipe 70

Rumah tipe 70 memiliki luas bangunan 70 meter persegi yang dihitung dari 7 x 10 meter persegi. Rumah tipe ini termasuk mewah dengan harga di perumahan yang lebih tinggi.

Selain itu, tipe 70 juga memungkinkan untuk dibuat dengan dua lantai dan memiliki 4 kamar dan 2 kamar mandi. Luas tanah untuk rumah tipe  70 ini umumnya 120 x 150 meter persegi. 

Tipe 120

Cara Menghitung Tipe Rumah
Source : Pinhome

Rumah tipe 120 memiliki luas bangunan 120 meter persegi. Mengukur rumah ini bisa dengan skema 10 x 6. Tipe 120 ini tergolong rumah mewah dan luas, yang bisa memiliki hingga 5 kamar tidur dan 4 kamar mandi. Bahkan rumah ini juga bisa ditambah kolam renang jika masih ada sisa tanah. 

Tipe 140

Luasnya hunian ini tentunya membuat tipe yang satu ini tergolong ke kelompok yang mewah. Ukurannya mencapai 140 meter persegi, yang dihitung dari 14 x 10. Kamu bisa menambahkan berbagai ruang beserta fasilitas yang lengkap di rumah tanpa perlu khawatir akan banyak memakan ruang.

Itulah cara menghitung tipe rumah yang didasarkan pada luas bangunan. Dengan mengetahui cara ini, kamu tidak akan bingung lagi saat melihat iklan properti rumah tipe 36, tipe 45, tipe 120, dan sebagainya. 


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Daun Village dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download