BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli PropertiHati-hati, Ini 5 Cara Mengecek Legalitas Developer Properti
0
0

Hati-hati, Ini 5 Cara Mengecek Legalitas Developer Properti

Dipublikasikan oleh Athiah Amida dan Diperbarui oleh Athiah Amida

Apr 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Dalam membeli hunian, ada berbagai faktor yang perlu dipertimbangkan secara baik oleh calon pembeli rumah. Faktor tersebut tidak hanya berkaitan dengan lokasi, desain rumah impian, maupun harganya, Pins. Melainkan juga termasuk faktor developer atau perusahaan yang membuat perumahan yang diincar. Hal yang perlu kamu lakukan adalah cek legalitas developer properti tersebut.

Dikarenakan semakin banyaknya penipuan dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dengan berpura-pura menjadi developer, membuat banyak calon pembeli rumah yang dirugikan. Oleh karena itu, wajib untuk melakukan pengecekan legalitas developer, Pins.

Baca juga: Pertanyaan Sebelum Membeli Rumah Kepada Developer

5 Cara Mengecek Legalitas Developer Properti

Source : Freepik

Bagi yang tidak terbiasa melakukan hal ini mungkin bertanya-tanya bagaimana cara mengecek legalitas developer properti? Untuk melakukan pengecekan agar terhindar dari penipuan dan kerugian dari pihak yang tidak bertanggung jawab, berikut ke-5 caranya, Pins.

Memastikan Kredibilitasnya

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memastikan kredibilitas developer. Untuk pihak developer yang sudah pernah beberapa kali menjalankan project pembangunan properti, akan lebih mudah dicek kredibilitasnya. Baik itu pengecekan melalui internet, ataupun informasi yang didapatkan dari kenalan maupun kerabat. 

Namun, bukan berarti developer yang masih terhitung baru tidak dapat dipercaya. Apabila hunian yang menjadi incaranmu dibangun oleh developer yang masih baru, kamu perlu melakukan pengecekan lebih dalam dengan cara-cara yang akan dibahas selanjutnya.

Mengecek Identitas dan Latar Belakang Developer

Kamu perlu melakukan pengecekan terhadap identitas dan latar belakang developer dari hunian yang menarik perhatianmu. Hal-hal yang dicek ini meliputi profil developer hingga riwayat projek yang pernah dijalankan. 

Informasi yang mencakup identitas developer, biasanya dapat ditemukan melalui website, social media, maupun brosur dari properti yang dibangun oleh developer tersebut.  Selain itu, kamu bisa mengeceknya melalui aplikasi pelacak telepon, untuk mengetahui apakah nomor developer tersebut dilabeli sebagai penipu atau tidak.

Akan tetapi, jika informasi itu sulit didapatkan, kamu bisa mencoba mengeceknya melalui layanan Sistem Registrasi Pengembang (SIRENG) yang dikembangkan kementerian PUPR. Cara mengecek di SIRENG sangatlah mudah dan praktis. Setelah masuk ke dalam situsnya, masukkan nama developer atau nomor NPWP mereka. Kemudian tekan enter untuk mendapatkan status pendaftaran maupun alamatnya.

Masih ada 1 cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengecek latar belakang developer, Pins. Caranya masih melalui SIRENG.  Pada bagian menu, pilih “Kontak Asosiasi” di sebelah kanan. Setelah itu, kamu bisa coba menghubungi salah satu kontak dan tanyakan status developer. Dengan melakukan hal ini, pastinya kamu bisa jadi lebih lega begitu tahu developer pilihanmu bukanlah perusahaan palsu.

Menanyakan Kelengkapan Legalitas

Selain memastikan kredibilitas dan juga identitas dari pihak developer, ada baiknya kamu juga mengecek proses perizinannya. Kamu bisa menanyakan kelengkapan berkas langsung kepada developer. Tidak hanya secara lisan, sebaiknya kamu juga melihat bentuk fisik sertifikat dari area tanah yang akan digunakan sebagai salah satu lahan hunianmu. 

Apabila hunian yang kamu beli merupakan rumah tapak, kamu perlu mengecek Izin Mendirikan Bangunan (IMB) induk, beserta IMB unit. Sementara itu, berkas yang perlu ditanyakan untuk apartemen adalah IMB gedung. Seharusnya developer yang memiliki kredibilitas baik dan terpercaya tidak akan sungkan menunjukkan kelengkapan legalitasnya, Pins.

Baca juga: Cicilan DP Rumah Sebaiknya ke Developer atau Bank Ya?

Mendatangi Lokasi Rumah

Cara cek legalitas developer properti berikutnya adalah dengan mengecek langsung ke lokasi rumah. Meski biasanya developer memberikan gambar hunian secara lengkap, tetapi melihat wujud rumah secara langsung adalah hal yang wajib dilakukan. Selain untuk melihat kesesuiannya, hal ini juga dapat menunjukkan project developer tersebut memang benar adanya. 

Bagaimana kalau rumah tersebut belum jadi atau masih inden? Untuk rumah inden,  biasanya terdapat rumah contoh yang didesain untuk memberikan gambaran pada calon pembeli hunian. Dengan datang ke lokasi sekaligus mengecek rumah contoh, kamu bisa melakukan survey lingkungan, hingga jarak hunian dengan fasilitas transportasi dan publik.  Hal-hal seperti ini wajib kamu pertanyakan pada pihak developer agar mendapatkan kejelasan akan project dan juga hunian yang nantinya kamu tinggali. 

Memilih Developer yang Bekerja Sama dengan Bank

Memilih pihak developer yang bekerja sama dengan pihak bank, menjadi cara lain untuk memastikan legalitas pengembang properti. Alasannya karena biasanya pihak bank melakukan pengecekan kelengkapan sertifikat tanah serta legalitas pihak developer terlebih dahulu. Jadi, kamu pun bisa lebih percaya untuk memilih developer tersebut karena sudah diseleksi terlebih dahulu oleh bank.

Benefit lain yang bisa kamu dapatkan dengan mencari tahu developer rekanan bank adalah terbukanya kesempatan untuk pengajuan KPR. Dikarenakan harga properti yang semakin tinggi setiap tahunnya, banyak orang yang merasa terkendala untuk membeli hunian secara cash. Untuk itu, kamu bisa memilih developer yang sudah bekerja sama dengan bank penyedia layanan KPR. Tidak jarang terdapat juga promo atau diskon yang bisa kamu dapatkan dengan mengetahuinya.

Baca juga: Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Rumah KPR

Sekian cara untuk cek legalitas developer properti. Meski beberapa caranya terlihat sedikit merepotkan dan memakan waktu, tetapi sepadan dengan keamanan dalam membeli hunian pada developer yang terpercaya.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, Opi Regency 2 dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image: Freepik

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download