BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli Properti7 Tips Terpenting Saat Survey Rumah
0
0

7 Tips Terpenting Saat Survey Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome  dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Jan 6, 2024

3 menit membaca

Copied to clipboard
Survey Rumahtop-right-banner

Bagi beberapa orang membeli rumah merupakan impian terbesar oleh sebab itu dalam pengerjaannya harus cermat dan teliti. Sebelum membeli rumah sebaiknya Pins melakukan peninjauan lokasi atau survey rumah yang akan dibeli. Survey rumah merupakan hal yang sangat perlu dilakukan. Simak artikel ini untuk mengetahui tips saat survey rumah!

Kamu dapat menemukan rumah yang memiliki akses transportasi dekat di jual rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second Kec Bandung untuk memudahkan mobilisasi kamu. Kamu juga dapat membangun rumah di daerah yang kamu sukai dan dengan desain yang kamu sukai dengan memanfaatkan Pengajuan KPR.

Baca Juga: Apa Saja yang Ada Dalam Sertifikat Rumah?

Hal Terpenting Saat Survey Rumah

Sebelum melakukan serah terima pembelian rumah, alangkah baiknya Pins melakukan survey rumah untuk mengetahui kondisi rumah yang akan Pins beli. Hal ini akan meminimalisir kekecewaan yang akan muncul di kemudian hari, jika Pins tidak melakukan survey.

Pins harus lebih jeli dan kritis untuk survey rumah. Berikut ini beberapa tips saat survey rumah:

1. Memeriksa Kondisi dan Spesifikasi Hunian

Source : iStock

Mulai dari jenis bangunan, atap, kebersihan dan hal lainnya Pins harus memperhatikan sejeli mungkin. Karena jika Pins hanya memperhatikan sekedar saja dan terburu-buru untuk membeli rumah tersebut sudah dipastikan Pins akan kecewa. Cahaya yang masuk kedalam rumah juga merupakan faktor yang sangat penting. Banyak juga penyebab atap berjamur sehingga sulit untuk membersihkannya.

Cahaya matahari yang masuk kedalam rumah Pins akan menambah keindahan rumah dan menghemat listrik. Sumber air juga perlu Pins survey karena setiap kegiatan yang akan Pins lakukan akan berhubungan dengan air. Air sangat bermafaat untuk mandi, masak dan kegiatan lainnya.

2. Mengecek Kelengkapan Dokumen

Pins harus lebih berhati-hati dalam membeli rumah, Pins dapat meminta bantuan dari orang yang berpengalaman dan professional. Dokumen rumah dan sertifikat surat tanah serta rumah harus Pins cek. Jangan sampai Pins membeli rumah di area yang illegal atau memiliki masalah sangketa.

Baca Juga: Jenis Sertifikat Rumah yang Wajib Diketahui

3. Keamanan

Survey Rumah
Source : Pixabay

Pins dapat menanyakan keamanan di lingkungan tersebut dan hal lain yang terkait dengan keamanan. Bagimanapun keamanan sangat penting, karena jika Pins berpergian Pins tentu tidak mau barang-barang yang berada di dalam rumah Pins akan hilang dicuri.

Cari tahu bagaimana sistem keamanan 24 jam di perumahan tersebut, apakah terdapat CCTV, dan lain sebagainya. Saat ini sudah banyak aplikasi CCTV hp yang bisa kamu gunakan.

4. Posisi Rumah

Posisi rumah juga menjadi penting saat kamu melakukan survey. Letak rumah ini akan menentukan arah pencahayaan rumah yang terpancar ke rumah Pins. Untuk mendapatkan pencahayaan alami, Pins dapat memilih rumah yang berposisi ke arah timur.

Lalu, jika Pins menginginkan pencahayaan yang tidak terlalu berlebihan, hanya dari sisi kanan kiri saja, maka Pins dapat memilih posisi rumah menghadap selatan atau utara.

Baca Juga: Ciri Rumah Aman dan Nyaman Untuk Keluarga

5. Mengecek Reputasi Pengembang

Survey Rumah
Source : Pixabay

Pins harus mengecek reputasi developer atau pengembang di perumahan tersebut. Karena banyak sekali kasus di mana pengembang/developer membohongi pembeli rumah dan membawa kabur uang yang dibayarkan. Oleh karena itu, kamu harus menemukan rekam jejak developer untuk memastikan legalitasnya.

Lalu, Pins juga harus menanyakan dan melihat kelengkapan surat termasuk izin mendirikan bangunan dan lainnya. Ini cukup penting agar Pins terhindar dari masalah hukum setelah membelinya.

6. Ketahui Fasilitas Rumah

Fasilitas rumah penting untuk diketahui, sebab fasilitas ini akan memberikan kemudahan kepada kalian Pins. Biasanya saat pembelian rumah di perumahan terdapat brosur yang berisi fasilitas-fasilitas di dalam perumahan.

Untuk memastikan fasilitas itu benar ada, kamu perlu melakukan pengecekan agar tidak dibohongi pengembang perumahan. Selain fasilitas yang terdapat di dalam perumahan, kamu juga perlu memperhatikan fasilitas transportasi, kesehatan, perbelanjaaan, perkantoran, dan lainnya.

Baca Juga: Serba-serbi Rumah KPR BTN

7. Mengetahui Kondisi Lingkungan Sekitar

Source : iStock

Tips terakhir yang perlu diketahui saat survey rumah adalah dengan mengetahui kondisi lingkungan sekitar. Kondisi lingkungan sekitar perlu untuk diperhatikan, karena akan mempengaruhi kenyamanan kamu Pins. Jangan salah loh, ada pasal menganggu kenyaman tetangga sehingga kamu bisa dipolisikan.

Pastikan kenyamanan karena faktor lokasi menjadi hal utama. Misalnya rumah di dekat jalan raya tentunya bising dan mengganggu atau berada di lokasi yang sering mengerjakan proyek alat berat.

Tujuan dari survey rumah sebelum dibeli adalah untuk melihat kondisi fisik rumah dan menghindari resiko kerugian. Periksalah bagian penting di rumah agar Pins tidak menyesal di kemudian hari. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Jenis Pondasi Rumah 2 Lantai Agar Aman Untuk Keluarga

Feature Source Image: Ice365


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Dewe Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download