Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • Tak Perlu Ragu, Ini Keuntungan dari Rumah Subsidi

Properti

Tak Perlu Ragu, Ini Keuntungan dari Rumah Subsidi

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 4 menit membaca

Sejak awal, program rumah subsidi dibuat oleh pemerintah untuk mengatasi masalah hunian bagi masyarakat Indonesia. Tak hanya harganya yang murah, tapi masyarakat bisa mendapatkannya dengan syarat-syarat yang lebih mudah daripada pengajuan cicilan rumah biasa. Keuntungan dari rumah subsidi menjadi solusi tempat tinggal yang murah dan layak.

Pinhome – Seiring berjalannya waktu, tidak hanya Masyarakat Berpenghasilan Rendah saja yang diuntungkan oleh keberadaan program rumah subsidi ini. Generasi milenial yang ingin memiliki rumah pertama juga bisa memanfaatkannya. Mart Polman sebagai Managing Director Lamudi.co.id menyebutkan rumah subsidi merupakan solusi menarik di tengah fenomena harga rumah hunian yang kian meroket. 

Baca Juga: 

Keuntungan Dari Rumah Subsidi

Meskipun memiliki banyak keuntungan dan kelebihannya, kita tetap harus teliti dan mencari secara mendetail tentang rumah subsidi. Untuk Pins yang memang berencana mencari hunian pertama, berikut beberapa kelebihan rumah subsidi yang Pins harus ketahui sebelum membeli rumah subsidi.

1. Cicilan Setiap Bulan Jauh Lebih Ringan

keuntungan dari rumah subsidi
(Futuready)

Untuk cicilan setiap bulannya, nominal yang harus dibayarkan lebih murah dari biasanya. Misalnya, pada saat artikel ini ditulis, rata-rata harga rumah subsidi untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi berkisar di harga Rp 148 jutaan.

Perhitungannya, kewajiban nominal cicilan pembayaran rumah bisa jatuh di angka Rp 1 jutaan/bulan. Bunga yang akan dikenakan kepada kita pun termasuk tipe fixed rate alias tidak akan berubah setiap bulannya hingga masa tenor cicilan selesai.

Baca Juga: 

2. Keuntungan Dari Rumah Subsidi, Tidak Membutuhkan DP Dalam Jumlah Besar

(Campingriu.com)

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, harga rumah subsidi untuk wilayah Jabodetabek ada di kisaran Rp 148 jutaan. Karena harganya yang memang sudah murah, biasanya harga DP yang harus dibayarkan oleh pihak pembeli pun terbilang murah.

Hanya berkisar di angka Rp 10 jutaan saja. Bahkan kalau Pins rajin mengumpulkan informasi, ada beberapa developer yang hanya mewajibkan para konsumennya untuk membayar uang muka sebesar 1% saja.

3. Rumah Subsidi Selalu Sudah Siap Huni

rumah subsidi

(Pexels)

Demi melindungi para konsumen dari kemungkinan kasus gagal pembangunan, biasanya rumah subsidi sudah berstatus siap huni. Artinya, kita baru diperbolehkan untuk membayar cicilan rumah jika memang sudah selesai pembangunannya.

Baca Juga:

4. keuntungan Dari Rumah Subsidi, Bahan Bangunan Berkualitas Standar

keuntungan dari rumah subsidi
(Asiacon)

Karena rumah subsidi dijual di bawah harga pasar, biasanya para developer tidak memilih bahan-bahan dengan kualitas premium. Tapi tenang saja, Pins! Kualitas dari bahan-bahan yang digunakan masih tetap mengikuti standard.

Jadi, tetap aman dan kuat untuk ditinggali. Luas lahan yang tersedia di rumah subsidi pun terbatas; hanya berkisar 60 meter persegi untuk luas rumah dan 100 meter untuk luas total bangunan rumah huni.

5. Rata-Rata Bertempat Di Wilayah Non-Strategis

(99.co)

Kita semua tahu, harga lahan di pinggiran akan jauh lebih murah daripada lahan di pusat kota. Karena alasan inilah biasanya rumah subsidi lokasinya agak jauh dari pusat kota. Demi menghemat biaya produksi dan bisa dijual dengan harga yang lebih terjangkau.

Ada baiknya, sebelum Pins memutuskan untuk membeli rumah, dipastikan dulu apakah ada sarana transportasi untuk memfasilitasi kebutuhan Pins sehari-hari. Atau mungkin Pins sudah memiliki kendaraan pribadi untuk transportasi sehari-hari.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel