BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli PropertiTak Perlu Ragu, Ini Keuntungan dari Rumah Subsidi
0
0

Tak Perlu Ragu, Ini Keuntungan dari Rumah Subsidi

Dipublikasikan oleh Pinhome  dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Des 28, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
keuntungan dari rumah subsiditop-right-banner

Sejak awal, program rumah subsidi dibuat oleh pemerintah untuk mengatasi masalah hunian bagi masyarakat Indonesia. Tak hanya harganya yang murah, tapi masyarakat bisa mendapatkannya dengan syarat-syarat yang lebih mudah daripada pengajuan cicilan rumah biasa. Keuntungan dari rumah subsidi menjadi solusi tempat tinggal yang murah dan layak. Simak artikel ini untuk mengetahui keuntungan dari rumah subsidi!

Kamu juga dapat menemukan rumah dengan harga terjangkau dan sesuai dengan selera kamu di rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas Kec Bandung. Selain itu, kamu dapat menemukan rumah terbaik edisi Pinhome di Rumah Ekslusif.

Baca Juga: 

Keuntungan dari Rumah Subsidi

Seiring berjalannya waktu, tidak hanya masyarakat berpenghasilan rendah saja yang diuntungkan oleh keberadaan program rumah subsidi ini. Generasi milenial yang ingin memiliki rumah pertama juga bisa memanfaatkannya. Mart Polman sebagai Managing Director Lamudi.co.id menyebutkan rumah subsidi merupakan solusi menarik di tengah fenomena harga rumah hunian yang kian meroket.

Meskipun memiliki banyak keuntungan dan kelebihannya, kita tetap harus teliti dan mencari secara mendetail tentang rumah subsidi. Untuk Pins yang memang berencana mencari hunian pertama, berikut beberapa kelebihan rumah subsidi yang Pins harus ketahui sebelum membeli rumah subsidi:

1. Harga dan Cicilan Jauh Lebih Ringan

keuntungan dari rumah subsidi
Source : Futuready

Untuk cicilan setiap bulannya, nominal yang harus dibayarkan lebih murah dari biasanya. Misalnya, pada saat artikel ini ditulis, rata-rata harga rumah subsidi untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi berkisar di harga Rp148 jutaan.

Perhitungannya, kewajiban nominal cicilan pembayaran rumah bisa jatuh di angka Rp 1 jutaan/bulan. Bunga yang akan dikenakan kepada kita pun termasuk tipe fixed rate alias tidak akan berubah setiap bulannya hingga masa tenor cicilan selesai.

Baca Juga: 

2. Tidak Membutuhkan DP Dalam Jumlah Besar

Source : Campingriu

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, harga rumah subsidi untuk wilayah Jabodetabek ada di kisaran Rp 148 jutaan. Karena harganya yang memang sudah murah, biasanya harga DP yang harus dibayarkan oleh pihak pembeli pun terbilang murah.

Hanya berkisar di angka Rp10 jutaan saja. Bahkan kalau Pins rajin mengumpulkan informasi, ada beberapa developer yang hanya mewajibkan para konsumennya untuk membayar uang muka sebesar 1% saja.

3. Tenor Pinjaman Berjangka Panjang

rumah subsidi
Source : Medium

Keuntungan rumah subsidi berikut ini adalah memiliki tenor pinjaman dalam jangka waktu yang panjang. Tentunya hal ini akan memudahkan bagi pembeli rumah subsidi kredit. Pembayaran tenornya hingga 20 tahun.

Bagi Pins yang memiliki pekerjaan sebagai ASN (Aparatur Sipil Negara), kamu dapat mengajukan KPR hingga 30 tahun lamanya. Namun, hal ini dengan syarat bagi ASN yang memiliki gaji berkisar 8 juta hingga 10 juta.

Baca Juga:

4. Bahan Bangunan yang Tetap Berkualitas

keuntungan dari rumah subsidi
Source : Asiacon

Karena rumah subsidi dijual di bawah harga pasar, biasanya para developer tidak memilih bahan-bahan dengan kualitas premium. Tapi tenang saja, Pins! Kualitas dari bahan bangunan yang digunakan masih tetap mengikuti standard.

Jadi, tetap aman dan kuat untuk ditinggali. Luas lahan yang tersedia di rumah subsidi pun terbatas; hanya berkisar 60 meter persegi untuk luas rumah dan 100 meter untuk luas total bangunan rumah huni.

5. Pembelian Rumah Bebas PPN

Source : 99.co

Keuntungan selanjutnya ini adalah saat melakukan pembelian rumah subsidi maka Pins tidak perlu membayar Pajak Pertambahan Nilai (PPN) rumah. Hal ini dikarenakan, rumah subsidi memiliki harga penjualan yang terlampau murah yaitu berkisar antara 150 juta hingga 200 juta saja.

6. Kemudahan Syarat Pengajuan Rumah

Source : iStock

Keuntungan keenam yang perlu Pins ketahui yaitu pembelian rumah subsidi memiliki kemudahan akan syarat pengajuannya. Dikarenakan rumah ini ditujukan bagi mereka yang ingin memiliki rumah dengan harga murah, namun dipermudah juga dengan persyaratannya.

Berikut ini persyaratan yang mudah tersebut:

  • WNI berusia minimal 21 tahun,
  • Belum memiliki rumah pribadi,
  • Belum pernah mendapatkan subsidi dari pemerintah dalam hal kepemilikan rumah,
  • Memiliki NPWP,
  • Memiliki penghasilan yang tetap (4 juta untuk rumah tapak dan 7 juta untuk rumah sejahtera susun),
  • Fotokopi SPT dan PPh.

7. Pengembang Rumah Dapat Dipercaya

Source : iStock

Keuntungan terakhir dari pembelian rumah subsidi adalah pengembang rumah yang dapat dipercaya. Hal ini didasarkan karena pengembang atau developer rumah subsidi harus mendapatkan izin dari pemerintah untuk menjalankan proses konstruksi rumah subsidi. Tentunya pemerintah akan menjalin kerja sama dengan developer yang telah memiliki rekam jejak yang bagus dan terpercaya.

Jadi Pins tidak perlu khawatir akan tertipu atau dibohongi oleh developer yang tidak bertanggung jawab.

Itulah keuntungan dari pembelian rumah subsidi yang perlu Pins ketahui. Semoga artikel ini dapat bermanfaat!

Baca juga:

Feature Source Image: GenPI


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Bali Resort Tangerang dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download