BlogPemilik PropertiDesain HunianBerapa Estimasi Biaya Renovasi Kamar Mandi? Cek di Sini!
0
0

Berapa Estimasi Biaya Renovasi Kamar Mandi? Cek di Sini!

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 27, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
biaya renovasi kamar manditop-right-banner

Jika sedang mempertimbangkan untuk berapa biaya renovasi kamar mandi, penting untuk punya gambaran tentang berapa estimasi biaya renovasi kamar mandi yang akan dikeluarkan. Berapa biaya renovasi kamar mandi dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor. Hal tersebut terutama berlaku ketika Pins merasa ada yang salah pada kamar mandi saat membeli rumah baru melalui pengajuan KPR.

Pins mungkin tidak ingin ada masalah pada kamar mandi atau ingin mengganti desain kamar mandi. Maka dari itu, kamu wajib memperhatikan ukuran kamar mandi, bahan yang digunakan, serta tingkat kesulitan pekerjaan. Berikut ini daftar estimasi biaya untuk beberapa elemen umum saat merenovasi kamar mandi.

Mengetahui berapa biaya renovasi kamar mandi, mungkin akan membantu kamu dalam membangun rumah impian yang indah secara bertahap. Seperti rumah yang ada di perumahan Puri Tenjo maupun di sekitar Malang Town Square. Kamu bahkan bisa cek dulu harga estimasi rumah di Cipayung. Kamu juga bisa cek estimasi harga rumah bekas di Bekasi yang ada daerah lainnya menggunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome.

Baca juga:

Berapa Biaya Renovasi Kamar Mandi

berapa biaya renovasi kamar mandi
Source : Pexels

Meski kadang tertinggal, kamar mandi harus menjadi perhatian utama juga di dalam sebuah bangunan atau rumah. Hal tersebut dikarenakan kesehatan juga berawal dari sini. Untuk membersihkan badan dari bakteri dan kuman serta pembuangan akan terfokus pada satu ruangan.

Itulah mengapa tidak ada salahnya melakukan renovasi kamar mandi untuk alasan estetika, sekaligus mendapatkan manfaat fungsionalnya agar kualitas kebersihan lebih. Biaya renovasi kamar mandi pun beragam, tergantung ukuran kamar mandi itu sendiri, misalnya kamar mandi di

Ini juga bertujuan untuk meningkatkan estimasi nilai jual properti agar terlihat maksimal ketika hendak memasarkan iklan jual properti. Berikut adalah kisaran atau estimasi biaya renovasi kamar mandi yang harus kamu ketahui:

1. Cat Dinding

Cat dinding berperan banyak terutama jika Kamu memutuskan untuk sepenuhnya menggunakan cat tanpa ada keramik dinding. Dari penelusuran marketplace, harga cat 5kg kisaran Rp145.000. Tapi jika butuh lebih banyak bisa memilih cat yang 5 Kg seharga Rp145.000.

Baca juga: 13 Merk Cat Kamar Mandi yang Bagus

2. Keramik Dinding

biaya renovasi kamar mandi
Source : Harapan Rakyat

Tukang bangunan biasanya lebih paham soal kebutuhan barang-barang untuk renovasi kamar mandi, termasuk keramik dinding kamar mandi dan lantai. Tapi sebagai gambaran kasar, biasanya kamar mandi ukuran standar cocok menggunakan keramik dinding berukuran 25 x 40 cm.

Kira-kira ini membutuhkan 5-8 dus keramik. Setiap dusnya, rata-rata memiliki harga Rp60 ribuan. Jika dikalikan, keramik dinding dibutuhkan seharga 8 dus keramik dinding x Rp60.000 = Rp480.000.

2. Keramik Lantai

Mirip dengan keramik dinding, namun biasanya keramik lantai tidak memakan banyak ubin sebanyak dinding sehingga umumnya hanya dibutuhkan keramik berukuran 25 x 40 cm sebanyak 5 dus. Sehingga kebutuhannya 5 dus keramik dinding x Rp60.000 = Rp300.000.

3. Kloset Duduk

biaya renovasi kamar mandi
Source : Freepik/lifeforstock

Kloset duduk juga memiliki beragam varian mulai dari model, fungsi dari fitur sampai variasi harga sesuai kebutuhan. Kebanyakan kloset duduk standar dengan flush dan berwarna putih dihargai Rp850.000.

Baca juga: 25 Perlengkapan Kamar Mandi Minimalis Kekinian

4. Wastafel

Wastafel juga tidak kalah penting ada di kamar mandi ukuran standar. Memang kembali ke pilihan, apakah kamu perlu ada wastafel atau tidak. Tapi melihat kondisi saat ini yang mengharuskan kita untuk sering mencuci tangan, tidak ada salahnya memasang wastafel.

Jika memutuskan untuk memasang wastafel, biasanya diperlukan pengeluaran membeli wastafel sekitar Rp500.000 sampai Rp 1.000.000. Sebagai kisaran kasar, mari memilih harga standar tertinggi di angka Rp1.500.000.

5. Shower

Source : Freepik/Jcomp

Selain bak mandi, shower juga sering menjadi alternatif yang selalu ada di kamar mandi, termasuk kamar mandi kecil sekalipun. Karena bentuk dan penggunaannya yang tidak memakan banyak tempat, bahkan shower sering jadi pilihan utama selain bak mandi.

Rata-rata shower berkualitas bagus yang tidak mudah patah memiliki harga di atas Rp1.000.000. Kali ini, kita coba ambil angka shower yang cukup bagus di angka Rp1.500.000.

5. Gantungan Baju dan Handuk

Meski kecil dan sepele, gantungan di balik pintu atau di sisi dinding kamar mandi tidak kalah penting harus ada. Harganya pun beragam dan terjangkau. Untuk gantungan panjang yang cocok ditempel di pintu bagian dalam kamar mandi, Rp160.000 saja sudah bisa mendapat yang cukup bagus.

Baca juga: 10 Dekorasi Kamar Mandi Sederhana untuk Hunian Mungil

6. Kaca atau Cermin

biaya renovasi kamar mandi
Source : Freepik

Jika tidak ada kaca atau cermin, rasanya kamar mandi juga akan terasa kurang lengkap ketika menggunakannya. Aksesoris yang satu ini bisa kamu dapatkan dengan ukuran standar kamar mandi yang tidak terlalu besar maupun terlalu kecil di harga Rp120.000.

7. Rak

Untuk berapa biaya renovasi kamar mandi standar, rak cukup diperlukan untuk menyimpan peralatan mandi seperti sikat dan pasta gigi, shampoo, dan barang-barang lain seperti stok peralatan dan perlengkapan mandi jika habis nantinya.

Rak yang tidak terlalu besar, baik yang terbuka maupun yang tertutup memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri tergantung kebutuhan dan selera. Kamu bisa mendapatkannya di kisaran harga Rp215.000.

8. Tempat Sabun

Source : Freepik

Tempat sabun baik yang batang maupun botolan bisa kamu buat menggunakan semen atau keramik yang sudah jadi di sisi-sisi dinding kamar mandi. Harganya pun terjangkau, di kisaran angka Rp50.000.

9. Tisu

Untuk sebagian orang, gantungan tisu sangat dibutuhkan untuk menyeka tangan maupun setelah buang air kecil atau besar. Modelnya juga banyak, ada yang simpel hanya menggunakan besi panjang sampai kayu-kayuan yang estetik. Gantungan tisu bisa didapatkan dengan harga sekitar Rp50.000.

Baca juga: 35+ Desain Kamar Mandi Minimalis Modern sebagai Inspirasi

10. Biaya Tukang Bangunan

Hal yang tidak kalah penting tentu saja tukang bangunan yang akan membongkar, memperbaiki dan memasang seluruh kebutuhan di atas menjadi kamar mandi baru yang cantik. Umumnya, untuk kamar mandi ukuran standar dibutuhkan 2 tukang untuk estimasi renovasi selama seminggu atau 7 hari.

Biasanya, 1 hari 1 tukang dihargai Rp100.000. Sehingga jumlahnya akan menjadi 2 tukang x 7 hari x Rp100.000 = Rp 1.400.000. Dari estimasi kebutuhan dan harga-harga di atas bisa disimpulkan berapa biaya renovasi kamar mandi yang dibutuhkan menjadi seperti ini:

Cat DindingRp145.000
Keramik DindingRp480.000
Keramik LantaiRp300.000
Kloset dudukRp850.000
WastafelRp1.500.000
ShowerRp1.500.000
Gantungan Baju/HandukRp160.000
Kaca/cerminRp120.000
Rak Rp215.000
Tempat SabunRp50.000
Gantungan TisuRp50.000
Biaya TukangRp1.400.000
Total HargaRp6.770.000

Penting untuk diingat bahwa berapa estimasi biaya renovasi kamar mandi di atas hanya sebagai panduan kasar. Biaya aktual bisa berbeda tergantung pada lokasi geografis dan faktor-faktor lainnya. Usahakan untuk meminta penawaran dari beberapa penyedia jasa atau toko material untuk mendapatkan berapa estimasi biaya renovasi kamar mandi yang lebih akurat.

Baca juga: 15 Pilihan Keramik Kamar Mandi Motif Batu Alam

Featured Image Source: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download