Penting! Ini Ukuran Kloset Duduk Standar

Pinhome

Penting! Ini Ukuran Kloset Duduk Standar

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 31 December 2021 ∙ 5 menit membaca

Kloset duduk dengan berbagai macam tipe kini sudah tersedia di pasaran. Kloset tersebut terbukti lebih nyaman dan menjadi pilihan teratas untuk pemilihan model kloset dalam hunian. Walaupun tidak sedikit pula yang masih menggunakan tipe kloset jongkok, namun kloset duduk bisa dikatakan memiliki angka lebih tinggi dalam segi minat dibanding kloset jongkok bila disejajarkan. Sebenarnya seperti apa ukuran kloset duduk yang sesuai standar?

Pinhome – Mengetahui ukuran kloset duduk yang benar menjadi prioritas utama dalam kenyamanan. Ukuran standar yang telah dibuat mengacu kepada ukuran terbaik dalam menempatkan kloset duduk di dalam kamar mandi. Baik tinggi, jarak, maupun luasannya ternyata tidak bisa disepelekan. Untuk itu, Pinhome akan membagikan informasi menarik mengenai seperti apa ukuran kloset duduk yang tepat serta serba-serbi mengenai kloset duduk yang penting diketahui. Simak yuk!

Serba-Serbi Kloset Duduk

Kloset duduk yang biasa kita gunakan sehari-hari memiliki beragam model yang dapat disesuaikan dengan preferensi. Mulai dari kloset tanpa tangki air, kloset dengan tangki air, kloset gantung hingga kloset modern yang disebut smart toilet. Dengan ragamnya model kloset tersebut, masing-masing mempunyai fungsinya yang berbeda-beda dan tentunya memiliki mekanisme pemasangan yang harus Pins ketahui seluk beluknya. Nah, coba kamu intip serba-serbinya melalui beberapa detail ini.

Baca Juga: Deretan Harga Closet Duduk Terbaik Yang Affordable

Mengenal Bagian Kloset Duduk

ukuran kloset duduk
(Pexels)

Bagian kloset duduk sebenarnya terdiri dari dua komponen besar yang saling terhubung yaitu, bowl atau bagian dudukan dan tangki air. Kloset duduk yang tidak menggunakan tangki air akan lebih sederhana dan tentunya lebih minimalis dalam segi pemasangan. Sedangkan kloset duduk dengan tangki air, memiliki kelebihan penyiraman otomatis yang menjadi penyangga utama yang biasanya diletakan di atas bagian belakang dudukan.

Bila Pins menggunakan tangki air akan ada tombol flush yang berbentuk seperti berbagai model mulai dari single flush, dual flush, tipe smart toilet hingga tipe tarikan atau menggunakan tuas. Fungsinya adalah untuk mengalirkan air ke dalam kloset untuk membersihkan. Sistem penyiramannya biasanya menggunakan perbandingan air 3:6 untuk tipe dual bisa mengalirkan air sesuai fungsi kebutuhan jumlah air yang ingin digunakan.

Kloset duduk juga biasanya memiliki dua penutup pada bagian dudukan yang mempunyai fungsi yang berbeda. Tutup pertama adalah tutup utama yang digunakan untuk menutup seluruh lubang dalam kloset agar tidak menimbulkan bau yang tidak sedap keseluruh ruang. Tutup kedua berbentuk lubang yang digunakan untuk alas duduk saat menggunakannya. Namun, bila Pins ingin menggunakan untuk fungsi urinoir atau urinal (pembuangan air kecil untuk pria), kamu bisa membuka kedua penutup.

Ukuran Kloset Duduk

Untuk standar ukuran kloset duduk sebenarnya mengacu kepada dimensi ukuran standar pada setiap negara. Hal tersebut mengacu kepada ukuran tubuh masyarakat di dalamnya. Di Indonesia sendiri, beberapa merek terkadang memiliki perbedaan dalam ukuran kloset. Maka dari itu tidak heran cara pemasangannya pun berdasarkan merek yang dipilih.

Secara umum ukuran kloset duduk dalam cm adalah 36-38 cm dan 40-43 cm, sedangkan  dalam inci 14-15 inci dan 16 – 17 cm kembali mengacu pada model yang dipilih. Untuk lebar lubangnya sendiri atau bagian memanjang ke depan adalah 20 x 33 cm.

Posisi Kloset Duduk dengan Jarak yang Benar

ukuran kloset duduk
(Arsitur)

Setelah Pins mengetahui perkiraan dari ukuran kloset duduk dengan standar yang benar, kini penting mengetahui posisi atau letak terbaik. Walaupun space kamar mandi milik Pins terbatas, tetap perhatikan anjuran terbaiknya. Untuk jarak yang dianjurkan dalam lebar minimal ruang kloset adalah 80 cm. Hal tersebut sudah memiliki jarak antara dindingnya masing-masing sebesar 20 cm dengan kalkulasi lebar kloset duduk rata-rata sebesar 40 cm.

Posisi toilet usahakan menempel ke dinding dengan jarak antara bagian belakang dinding dan kloset sebesar 5 cm. Jarak tersebut digunakan sebagai usaha pembersihan yang nyaman badan toilet dan juga tempat pipa air yang akan menyambung antara dinding dan badan kloset. Nah, untuk posisi dalam ruangnya Pins bisa menyiasatinya agar tidak berada tepat di depan pintu masuk. Hal ini untuk menghindari pandangan dari orang di luar kamar mandi.

Jarak Terbaik Jet Washer

Tidak hanya jarak antara dinding dan kloset maupun luasan dalam penempatan kloset yang harus diperhatikan. Di Indonesia salah satunya, penggunaan jet washer menjadi hal utama dalam penggunaan kloset duduk. Semprotan air tersebut berguna sebagai pembersih saat sedang buang air besar. Di negara Barat misalnya, masyarakat membersihkan cukup dengan tisu, namun untuk negara pada bagian Timur sebagian besar menggunakan jet washer. Maka dari itu tidak heran, alat satu ini selalu tidak terlupa berada dalam bagian dari kloset duduk.

Jarak terbaik yang tepat untuk menaruh jet washer adalah 5-10 cm dari pinggir kloset dan berada di sebelah kanan pengguna. Untuk pipa airnya sendiri biasanya berada 75 cm dari tanah. Ukuran tersebut mengacu kepada kenyaman pengguna saat sedang menggunakannya. Hal tersebut dikarenakan semakin sempit jarak antara kloset dan semprotan air maka akan semakin tidak nyaman.

Lubang Drainase

Nah, bagian terakhir yang sebenarnya tidak kalah penting adalah bagian lubang drainase atau disebut pula sebagai floor drain. Fungsinya adalah untuk menampung air yang berasal dari toilet. Letaknya biasanya berada beberapa cm dari kloset dan berada di pojok ruang. Namun, kemiringan lantai kloset juga harus diperhatikan, paling tidak sebesar 4%.

Kini Pins sudah mengetahui jarak terbaik dalam menentukan ukuran kloset duduk yang tepat beserta pemasangannya. Usahakan untuk mengedepankan kenyaman saat menggunakannya ya! Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 25 Perlengkapan Kamar Mandi Minimalis Kekinian


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel