BlogPemilik PropertiDesain HunianPenting! Ini Ukuran Kloset Duduk Standar
0
0

Penting! Ini Ukuran Kloset Duduk Standar

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Jun 2, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Mengetahui ukuran kloset duduk yang benar menjadi prioritas utama dalam kenyamanan. Ukuran standar yang telah dibuat mengacu kepada ukuran terbaik dalam menempatkan kloset duduk di dalam kamar mandi. Baik tinggi, jarak, maupun luasannya ternyata tidak bisa disepelekan. Untuk itu, Pinhome akan membagikan informasi menarik mengenai seperti apa ukuran toilet duduk yang tepat serta serba-serbi mengenai kloset duduk yang penting untuk diketahui.

Baca juga: Cara Memasang Kloset Jongkok dengan Mudah

Penting! Ini Ukuran Kloset Duduk Standar

Kloset duduk yang biasa kita gunakan sehari-hari di kamar mandi memiliki beragam model yang dapat disesuaikan dengan preferensi. Mulai dari kloset tanpa tangki air, kloset dengan tangki air, kloset gantung hingga kloset modern yang disebut smart toilet.

Dengan ragamnya model kloset tersebut, masing-masing mempunyai fungsinya yang berbeda-beda dan tentunya memiliki mekanisme pemasangan yang harus Pins ketahui seluk beluknya. Nah, coba kamu intip serba-serbinya melalui beberapa detail ini.

1. Ukuran Kloset Duduk Orang Indonesia

Source : Pxhere

Kloset duduk dengan berbagai macam tipe kini sudah tersedia di pasaran. Kloset tersebut terbukti lebih nyaman dan menjadi pilihan teratas untuk pemilihan model kloset dalam hunian. Produsen kloset duduk di Indonesia sudah mengikuti ukuran kloset duduk standar untuk orang Indonesia.

Ukuran toilet duduk tersebut adalah tinggi dari permukaan lantai hingga dudukan sekitar 40 cm, sedangkan dalam inci 14-15 inci dan 16 – 17 cm, lebarnya berkisar pada 70-75 cm, kembali mengacu pada model yang dipilih. Untuk lebar lubangnya sendiri atau bagian memanjang ke depan adalah 20 x 33 cm.

Baca juga: Jenis Kloset Leher Angsa Serta Kelebihannya

2. Posisi Toilet Duduk Terhadap Pintu

Source : Pinterest

Toilet duduk dianggap ideal ketika menghadap ke pintu kamar mandi. Perlu diingat, jangan berhadapan langsung dengan jendela untuk menghindari pandangan orang lain dari luar. Penempatan yang menghadap ke pintu akan memberi ruang gerak yang cukup leluasa, bahkan kamar mandi yang mungil sekalipun.

3. Jarak Samping Toilet Duduk

Source : Shutterstock

Pins harus memerhatikan jarak samping antara tembok ketika memasang toilet duduk. Buatlah space yang cukup agar pengguna dapat lebih mudah ketika memakaikan kembali celananya, menggunakan jet washer, hingga membalikkan badan saat hendak membuka atau menutup pintu kamar mandi.

Secara umum, toilet di Indonesia memiliki lebar minimal 80 cm. Idealnya jarak antara kloset duduk ke tembok minimal adalah 40 cm. Lalu, jarak antara bagian pinggir samping kloset ke dinding sekitar 20 cm.

Baca juga: 10 Ide Desain Kamar Mandi Minimalis Kloset Jongkok Shower

4. Jarak Depan dan Belakang Kloset

ukuran kloset duduk
Source : Pexels

Pins juga perlu memperhitungkan jarak depan dan belakang toilet. Jarak ini akan bermanfaat memberikan ruang gerak yang lebih untuk Pins ketika ingin membersihkan toilet duduk. Jarak antara dinding dan belakang toilet duduk minimal 5 cm agar mudah dijangkau pembersih dan tangan.

Kemudian, jarak bagian depan kloset ke dinding minimal 60 cm jika bukaan pintunya keluar. Jika bukaan pintunya ke dalam, jarak minimalnya ialah 80 cm.

5. Pintu Toilet

ukuran kloset duduk
Source : Arsitur

Ukuran pintu kloset harus disesuaikan dengan ukuran standar tubuh orang Indonesia. Ukuran pintu yang ideal adalah tinggi minimal 180 cm dengan bukaan bersih 65 cm. Pintu tersebut sudah cukup untuk memudahkan 1 orang dewasa untuk keluar masuk.

Pintu toilet dengan ukuran tersebut disarankan memilih pintu dengan bukaan model swing. Hal ini dikarenakan pintu jenis ini memiliki tingkat tutupan yang lebih rapat dibandingkan dengan pintu geser, sehingga air tidak mudah terciptrat ke luar toilet.

Pins dapat menggunakan bahan material pintu yang terbuat dari alumunium atau PVC. Kedua bahan ini memiliki ketahanan yang baik terhadap air, tidak mudah berjamur, dan ringan.

Baca juga: Simak! Ukuran Jarak Lubang Kloset Duduk dengan Dinding yang Ideal

6. Jarak Terbaik Jet Washer

Source : Arsitur

Penggunaan jet washer menjadi hal utama dalam penggunaan kloset duduk. Semprotan air tersebut berguna sebagai pembersih saat sedang buang air besar. Di negara Barat misalnya, masyarakat membersihkan cukup dengan tisu, namun untuk negara pada bagian Timur sebagian besar menggunakan jet washer.

Maka dari itu tidak heran, alat satu ini selalu tidak terlupa berada dalam bagian dari kloset duduk. Jarak terbaik yang tepat untuk menaruh jet washer adalah 5-10 cm dari pinggir kloset dan berada di sebelah kanan pengguna. Untuk pipa airnya sendiri biasanya berada 75 cm dari tanah.

Ukuran tersebut mengacu kepada kenyaman pengguna saat sedang menggunakannya. Hal tersebut dikarenakan semakin sempit jarak antara kloset dan semprotan air maka akan semakin tidak nyaman.

7. Lubang Drainase

Source : MSN

Nah, bagian terakhir yang sebenarnya tidak kalah penting adalah bagian lubang drainase atau disebut pula sebagai floor drain. Fungsinya adalah untuk menampung air yang berasal dari toilet. Letaknya biasanya berada beberapa cm dari kloset dan berada di pojok ruang. Namun, kemiringan lantai kloset juga harus diperhatikan yaitu dengan standar kemiringan 6 hingga 10 derajat.

Baca juga: 11 Step dan Cara Pasang Kloset Duduk dengan Tepat

8. Tempat Tisu

Source : Pexels

Kelengkapan lainnya pada toilet duduk adalah tempat tisu. Posisinya biasa diletakan di sebelah kiri toilet dengan jarak sekitar 10 cm. Tinggi gantungannya bisa mencapai 75 cm dari lantai. Di Indonesia model tisu yang sering digunakan adalah tisu gulung yang menempel di tembok. Model tempatnya terdiri dari kap penutup dan tiang yang akan memudahkannya untuk menggantung di tempat tisu tersebut.

Kini Pins sudah mengetahui jarak terbaik dalam menentukan ukuran kloset duduk yang tepat beserta pemasangannya. Usahakan untuk mengedepankan kenyaman saat menggunakannya ya! Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Feature Image Source: Unsplash


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Intan Residence dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download