BlogPemilik PropertiDesain HunianPenting! Ini Ukuran Kloset Duduk Standar
0
0

Penting! Ini Ukuran Kloset Duduk Standar

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Des 15, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Mengetahui ukuran kloset duduk yang benar menjadi prioritas utama dalam kenyamanan. Ukuran standar yang telah dibuat mengacu kepada ukuran terbaik dalam menempatkan kloset duduk di dalam kamar mandi. Baik tinggi, jarak, maupun luasannya ternyata tidak bisa disepelekan. Untuk itu, Pinhome akan membagikan informasi menarik mengenai seperti apa ukuran toilet duduk yang tepat serta serba-serbi mengenai kloset duduk yang penting diketahui.

Sebelum memahami ukuran kloset duduk, Pins bisa unduh dan instal dulu aplikasi Pinhome. Melalui aplikasi ini kamu bisa melakukan Pengajuan KPR sekaligus mencari properti sesuai preferensi. Tersedia rumah second di kota Bogor, perumahan baru di Kabupaten Bekasi seperti Kertamukti Sakti Residence atau properti dekat Pasar Senggol Gianyar.

Serba-Serbi Kloset Duduk

Kloset duduk yang biasa kita gunakan sehari-hari memiliki beragam model yang dapat disesuaikan dengan preferensi. Mulai dari kloset tanpa tangki air, kloset dengan tangki air, kloset gantung hingga kloset modern yang disebut smart toilet.

Dengan ragamnya model kloset tersebut, masing-masing mempunyai fungsinya yang berbeda-beda dan tentunya memiliki mekanisme pemasangan yang harus Pins ketahui seluk beluknya. Nah, coba kamu intip serba-serbinya melalui beberapa detail ini.

1. Bagian Kloset Duduk

ukuran kloset duduk
Source : Pexels

Bagian kloset duduk sebenarnya terdiri dari dua komponen besar yang saling terhubung yaitu, bowl atau bagian dudukan dan tangki air. Kloset duduk yang tidak menggunakan tangki air akan lebih sederhana dan tentunya lebih minimalis dalam segi pemasangan.

Sedangkan kloset duduk dengan tangki air, memiliki kelebihan penyiraman otomatis yang menjadi penyangga utama yang biasanya diletakan di atas bagian belakang dudukan. Bila Pins menggunakan tangki air, akan ada tombol flush yang berbentuk dalam berbagai model. Contohnya, single flush, dual flush, tipe smart toilet hingga tipe tarikan atau menggunakan tuas.

Fungsinya adalah untuk mengalirkan air ke dalam kloset untuk membersihkan. Sistem penyiramannya biasanya menggunakan perbandingan air 3:6 untuk tipe dual bisa mengalirkan air sesuai fungsi kebutuhan jumlah air yang ingin digunakan.

Kloset duduk juga biasanya memiliki dua penutup pada bagian dudukan yang mempunyai fungsi yang berbeda. Tutup pertama adalah tutup utama yang digunakan untuk menutup seluruh lubang dalam kloset agar tidak menimbulkan bau yang tidak sedap keseluruh ruang.

Tutup kedua berbentuk lubang yang digunakan untuk alas duduk saat menggunakannya. Namun, bila Pins ingin menggunakan untuk fungsi urinoir atau urinal (pembuangan air kecil untuk pria), kamu bisa membuka kedua penutup.

Baca juga: Deretan Harga Closet Duduk Terbaik Yang Affordable

2. Ukuran Kloset Duduk

Source : Pxhere

Kloset duduk dengan berbagai macam tipe kini sudah tersedia di pasaran. Kloset tersebut terbukti lebih nyaman dan menjadi pilihan teratas untuk pemilihan model kloset dalam hunian.

Walaupun tidak sedikit pula yang masih menggunakan tipe kloset jongkok, namun kloset duduk bisa dikatakan memiliki angka lebih tinggi dalam segi minat dibanding kloset jongkok bila disejajarkan. Sebenarnya seperti apa ukuran kloset duduk yang sesuai standar?

Untuk standar ukuran kloset duduk sebenarnya mengacu kepada dimensi ukuran standar pada setiap negara. Hal tersebut mengacu kepada ukuran tubuh masyarakat di dalamnya. Di Indonesia sendiri, beberapa merek terkadang memiliki perbedaan dalam ukuran kloset. Maka dari itu tidak heran cara pemasangannya pun berdasarkan merek yang dipilih.

Secara umum ukuran toilet duduk dalam cm adalah 36-38 cm dan 40-43 cm, sedangkan  dalam inci 14-15 inci dan 16 – 17 cm kembali mengacu pada model yang dipilih. Untuk lebar lubangnya sendiri atau bagian memanjang ke depan adalah 20 x 33 cm.

3. Posisi Kloset Duduk dengan Jarak yang Benar

ukuran kloset duduk
Source : Arsitur

Setelah Pins mengetahui perkiraan dari ukuran toilet duduk dengan standar yang benar, kini penting mengetahui posisi atau letak terbaik. Walaupun space kamar mandi milik Pins terbatas, tetap perhatikan anjuran terbaiknya.

Untuk jarak yang dianjurkan dalam lebar minimal ruang kloset adalah 80 cm. Hal tersebut sudah memiliki jarak antara dindingnya masing-masing sebesar 20 cm dengan kalkulasi lebar kloset duduk rata-rata sebesar 40 cm.

Posisi toilet usahakan menempel ke dinding dengan jarak antara bagian belakang dinding dan kloset sebesar 5 cm. Jarak tersebut digunakan sebagai usaha pembersihan yang nyaman badan toilet dan juga tempat pipa air yang akan menyambung antara dinding dan badan kloset.

Nah, untuk posisi dalam ruangnya Pins bisa menyiasatinya agar tidak berada tepat di depan pintu masuk. Hal ini untuk menghindari pandangan dari orang di luar kamar mandi.

Baca juga: 10 Ide Desain Kamar Mandi Minimalis Kloset Jongkok dan Shower

4. Jarak Terbaik Jet Washer

Source : Arsitur

Tidak hanya jarak antara dinding dan kloset maupun luasan dalam penempatan kloset yang harus diperhatikan. Di Indonesia salah satunya, penggunaan jet washer menjadi hal utama dalam penggunaan kloset duduk.

Semprotan air tersebut berguna sebagai pembersih saat sedang buang air besar. Di negara Barat misalnya, masyarakat membersihkan cukup dengan tisu, namun untuk negara pada bagian Timur sebagian besar menggunakan jet washer. Maka dari itu tidak heran, alat satu ini selalu tidak terlupa berada dalam bagian dari kloset duduk.

Jarak terbaik yang tepat untuk menaruh jet washer adalah 5-10 cm dari pinggir kloset dan berada di sebelah kanan pengguna. Untuk pipa airnya sendiri biasanya berada 75 cm dari tanah.

Ukuran tersebut mengacu kepada kenyaman pengguna saat sedang menggunakannya. Hal tersebut dikarenakan semakin sempit jarak antara kloset dan semprotan air maka akan semakin tidak nyaman.

5. Lubang Drainase

Source : Pexels

Nah, bagian terakhir yang sebenarnya tidak kalah penting adalah bagian lubang drainase atau disebut pula sebagai floor drain. Fungsinya adalah untuk menampung air yang berasal dari toilet. Letaknya biasanya berada beberapa cm dari kloset dan berada di pojok ruang. Namun, kemiringan lantai kloset juga harus diperhatikan, paling tidak sebesar 4%.

6. Tempat Tisu

Source : Pexels

Kelengkapan lainnya pada toilet duduk adalah tempat tisu. Posisinya biasa diletakan di sebelah kiri toilet dengan jarak sekitar 10 cm. Tinggi gantungannya bisa mencapai 75 cm dari lantai.

Kini Pins sudah mengetahui jarak terbaik dalam menentukan ukuran kloset duduk yang tepat beserta pemasangannya. Usahakan untuk mengedepankan kenyaman saat menggunakannya ya! Semoga bermanfaat!

Baca juga: 25 Perlengkapan Kamar Mandi Minimalis Kekinian

Feature Image Source: Unsplash


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Cimanggis Golf Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download