Pinhome

Tips Properti

Tukang Bangunan Rumah Berdasarkan Keahlian

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Pengerjaan pembangunan rumah atau bangunan jika dikerjakan oleh tukang bangunan yang ahli dibidangnya tentu akan menghasilkan pekerjaan dengan kualitas yang maksimal. Tukang bangunan yang bagus tentu jika bekerja berdasarkan keahlian yang dimilikinya dapat dikolompokan sebagai berikut:

Tukang Batu

Adalah tukang bangunan yang khusus mempunyai keahlian dalam hal pemasangan konstruksi batu dan beton seperti pembuatan struktur beton bertulang, pemasangan dinding batu bata sekaligus pekerjaan plesteran dan acian, pemasangan keramik lantai maupun dinding, pembuatan taman dan sejenisnya.

Tukang Kayu

Adalah tukang bangunan yang mempunyai spesialisasi keahlian dalam bidang perkayuan seperti pembuatan kusen pintu dan jendela, pembuatan rangka atap kuda-kuda kayu, pemasangan atap. Dan jika bekerja di proyek gedung bertingkat tinggi maka pekerjaan tukang kayu lebih banyak dalam hal pembuatan bekisting sebagai cetakan beton bertulang.

Tukang Besi

Adalah tukang bangunan dengan keahlian pembesian seperti pemasangan tulangan besi pada struktur beton bertulang, pemasangan konstruksi bangunan yang terbuat dari baja serta pekerjaan lain yang berhubungan dengan pembesian.

Tukang Cor

Merupakan tukang bangunan yang khusus melakukan pekerjaan pengecoran beton. Tukang bangunan ini akan banyak ditemui pada proyek pembangunan gedung atau proyek infrastrukutur berskala besar dengan konstruksi beton bertulang.

Tukang Listrik

Bekerja memasang instalasi listrik seperti pemasangan kabel, pemasangan sakelar serta lampu dan alat-alat listrik lainya.

Tukang Plumbing

Adalah tukang bangunan yang mempunyai keahlian dalam bidang pemasangan instalasi pipa plumbing seperti pemasangan instalasi pipa air bersih, pemasangan pipa air kotor dll.

Tukang Cat

Adalah tukang bangunan yang mempunyai keahlian dalam bidang pengecatan dan perapihan finishing bangunan. Meskipun terlihat mudah namun pekerjaan pengecatan ini membutuhkan keahlian khusus sehingga dapat dihasilkan hasil pengecatan yang bagus dan memenuhi standar kerapihan serta keindahan finishing bangunan.

Tukang Kebersihan

Bertugas untuk melakukan pembersihan pada pekerjaan pembangunan yang sedang berlangsung maupun sudah selesai dikerjakan. Profesi tukang kebersihan ini khusus diadakan untuk bekerja pada proyek berskala besar seperti pembangunan gedung bertingkat tinggi maupun proyek infrastruktur seperti jalan raya dan jembatan.

Tags :

Bagikan Artikel