BlogPemilik PropertiDesain HunianMudah! Ini Cara Pasang Wastafel Cuci Tangan Sendiri
0
0

Mudah! Ini Cara Pasang Wastafel Cuci Tangan Sendiri

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa dan Diperbarui oleh Ramanda Salsa

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Wastafel cuci tangan adalah elemen yang tidak kalah penting untuk kamar mandi ataupun di area lain yang membutuhkan kebersihan lebih. Apalagi berada di masa pandemi seperti sekarang ini, biasanya sering ditemukan wastafel di beberapa tempat, terutama di area rumah itu sendiri. Cara pasang wastafel cuci tangan pun bisa dilakukan sendiri, lho!

Sebelum mengetahui cara pemasangan wastafel cuci tangan sendiri, ada baiknya kamu mengetahui komponen apa saja yang menjadi pendukung. Bahan dan peralatan harus dipersiapkan agar proses pemasangan sampai penggunaan wastafel itu sendiri berjalan dengan baik dan semestinya.

Peralatan Pemasangan Wastafel

  1. Wastafel
  2. Keran air yang sesuai dengan wastafel atau minimal berukuran ½ inchi
  3. Pipia tee berukuran 90 derajat
  4. Pipa PVC 1 inchi (untuk saluran air kotor)
  5. Pipa PVC 1/2 inchi (untuk saluran air bersih)
  6. Lem khusus pipa PVC
  7. Mesin bor
  8. Sekrup fisher
  9. Soket keran atau faucet socket
  10. Siku panjang atau long elbow
  11. Siku peredam atau reducer elbow  
  12. Obeng atau screwdriver

Baca Juga:

Cara Memasang Wastafel

cara pasang wastafel cuci tangan
Source : The Plumber Guys

Berikut adalah beberapa langkah bagaimana cara pasang wastafel cuci tangan sederhana.

Tentukan Area Pemasangan

Tandai area di mana wastafel akan dipasang, seperti di dinding dengan spidol atau penanda lain. Walaupun bergantung pada sisi dinding, tetap ada standar ukuran dan jarak yang sebaiknya diterapkan agar wastafel ideal untuk digunakan.

Pertama adalah saluran lubang air bersih sebaiknya ada di ketinggian 90 cm. Sementara umumnya saluran lubang air kotor lebih rendah yaitu berada di ketinggian antara 70-75 cm dari permukaan tanah atau lantai ruangan. Ukuran ini adalah patokan untuk wastafel yang biasanya dipasang di antara saluran lubang air kotor dan saluran lubang air bersih di mana ukuran ketebalan wastafelnya itu sendiri sekitar 15-20 cm.

Tandai di mana saluran lubang air bersih berada, di mana saluran lubang air kotor berada. Serta posisi di mana wastafel diletakkan di antaranya. Baru Kamu ideal untuk melangkah ke tahap selanjutnya.

Perhatikan Pemasangan Saluran Air Bersih

Mulai dari atas, pasang saluran lubang air bersih sesuai dengan tanda atau sketsa poin 1 dilakukan. Lalu perlahan pasang saluran lubang air kotor di bagian bawah. Selalu perhatikan proses pemasangan saluran ini dan pastikan nantinya air akan mengalir dengan lancar.

Karena pemasangan yang tepat tidak akan membuat aliran air tersendat. Agar tidak terjadi tersendatnya air mengalir, wajib pasang faucet socket atau soket keran pada masing-masing lubang pipa yang ada

Tahap Pemasangan Wastafel Cuci Tangan

Langkah selanjutnya adalah pemasangan wastafel. Sebetulnya setiap wastafel punya standar pemasangannya sendiri-sendiri, dan biasanya setiap perangkat wastafel juga dilengkapi dengan peralatan pemasangannya sendiri sesuai dengan alat atau elemen yang ada di wastafel tersebut.

Sehingga tidak ada standar pasti dalam pemasangan wastafel, tapi Kamu wajib merujuk pada buku panduan atau tata cara merakit dan merangkai wastafel hingga ke tahap pemasangannya. Jangan lupa pula pastikan telah terhubung ke saluran air bersih dan saluran air kotornya.

Gunakan Mesin Bor untuk Merekatkan Sekrup

Temukan lubang pemasangan sekrup yang ada di badan wastafel, ukur jaraknya. Bagian sekrup ini akan dipasang di dinding agar wastafel terpasang sempurna. Tandai dan samakan letak sekrup di badan wastafel dengan pemasangan sekrup di dinding. Bisa menggunakan pensil atau spidol.

Gunakan mesin bor untuk melubangi dinding sesuai dengan tanda-tanda tersebut agar sekrup bisa terpasang. Di sini, sekrup yang dipasang adalah yang jenis fischer, gunanya untuk menahan pipa saluran air kotor dan pipa saluran air bersih yang terhubung ke wastafel

Perhatikan Kembali Posisi Wastafel

Tempatkan badan wastafel sesuai dengan tanda dan elemen yang telah terpasang di dinding sebelumnya. Pastikan lubang sekrup wastafel sudah terpasang di dinding yang telah dilubangi dengan bor. 

Cengkram wastafel dengan memasang sekrup fischer pada lubang dinding dan kencangkan. Periksa berulang apakah sekrup sudah terpasang dengan kencang dan tidak ada yang longgar agar terhindar dari jatuhnya wastafel dan wastafel tersebut tetap stabil.

Pasangkan Alat-Alat Pendukung

Cara pasang wastafel cuci tangan tidak terlepas dari alat pendukung wastafel itu sendiri. Mulai dari keran yang biasanya hadir dengan berbagai macam model. Pasang di badan wastafel dan terhubung dengan sambungan keran yang akan menyalurkan air ke saluran air bersih.

Sementara umumnya adalah leher angsa yang melengkung sebagai penghubung antara wastafel dengan saluran air kotor di bagian bawah melalui lubang pembuangan dari wastafel.

Tahap Terakhir Pengetesan Wastafel

Coba nyalakan keran dan alirkan air dari keran untuk melihat hasilnya seperti apa. Tapi sebelumnya, pastikan sambungan-sambungan dan alat yang berhubungan antar bagian wastafel dan saluran-salurannya terpasang dengan baik dan kencang agar tidak ada air yang bocor.

Buka keran agar air mengalir dan pastikan air mengalir ke wastafel lalu berlanjut mengalir ke saluran pembuangan air kotor. Jika masih ada yang bocor atau rembesan air, temukan di mana letak masalahnya dan perbaiki atau kencangnya bagiannya.

Kamu juga bisa menambahkan aksesoris pendukung dari wastafel itu sendiri, seperti cermin, gantungan handuk di sisi wastafel atau bahkan rak sampai lemari yang cantik menutup bagian bawah wastafel jika Kamu tidak menggunakan wastafel built-in dengan lemari. 

Perlu dipahami jika sebenarnya cara pemasangan wastafel bisa berbeda-beda sesuai dengan model dan merek wastafel itu sendiri. Tapi cara-cara dan peralatan di atas adalah standar umum untuk memasang wastafel cuci tangan sendiri.

Mudah kan, Pins? Kini kamu sudah mengetahui bagaimana cara pasang wastafel cuci tangan sendiri. Selamat mencoba!

Featured Image Source: Home-designing


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download