Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • Faktor-Faktor yang Perlu Dipertimbangkan Saat Membeli Rumah Tua

Faktor-Faktor yang Perlu Dipertimbangkan Saat Membeli Rumah Tua

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Rumah merupakan istana untuk kita membangun sebuah keluarga. Untuk itu, saat membeli rumah kita pasti memilih rumah yang bagus untuk kita dan mempertimbangkannya. Bagaimanapun, sebagian besar dari kita mempunyai prsepsi yang berbeda-beda terhadap rumah yang diimpikan. Untuk memiliki rumah kita membutuhkan uang yang cukup, tetapi anda juga dapat mencari alternative lain seperti membeli rumah bekas atau seken. Rumah seken menawarkan harga yang cukup murah dan saat ini sering diminati.

Membeli rumah seken merupakan pertimbangan alternatife yang bagus dalam memenuhi keinginan kita untuk membeli rumah. Akan tetapi sebelum membeli rumah ada baiknya kita mempertimbangkan beberapa hal seperti berikut:

Baca juga: Tips Renovasi Rumah Tua yang Perlu Kamu Ketahui!

1. Kondisi Rumah

Sebelum membeli rumah kita perlu mengetahui kondisi bangunan rumah. Rumah seken belum tentu keadaan bangunannya baik. Anda bisa menanyakan sipemilik mengenai usia bangunan tersebut. Semakin tua bangunan maka semakin menurun daya tahan kekuatannya. Anda juga arus menyiapkan dana untuk merenovasi rumah tersebut. Pilihlah rumah yang spesifikasi bangunannya bagus dan layak huni sehingga anda tidak memerlukan uang yang cukup banyak untuk merenovasinya.

Baca juga: 7 Tips Membeli Rumah Seken Agar Tidak Tertipu!

2. Kelengkapan Berkas

Dokumen rumah sangat penting kita ketahui sebelum membeli rumah tersebut. Ada baiknya anda membeli rumah langsung dengan pemiliknya sehingga kita tidak  tertipu. Pastikan sertifikat rumah atas nama sipenjual dan luas bangunan sesuai dengan sertifikat PBB. Paling penting anda harus memastikan rumah tersebut tidak dalam masalah sangketa dan sertifikat yang tidak legal.

Baca juga: 4 Tips Membeli KPR Rumah Bekas

3. Lingkungan

Melihat lingkungan disekitar rumah sangat pelu kita perhatikan karena mempengaruhi keyamanan anda dan pergaulan anak. Perhatiakan apakah calon tetangga anda ramah atau tidak?.  Sebaiknya pilihlah rumah dengan lingkungan yang aman dan dekat dengan kantor tempat anda bekerja.

Baca juga: Cara Memilih Lingkungan Rumah yang Nyaman

4. Air dan intensitas cahaya

Air adalah sumber daya alam dan merupakan kebutuhan pokok bagi setiap orang. Kita memerlukan air yang bersih dan mengalir dengan lancer. Bagimanapun setiap aktivitas yang kita lakukan membutuhkan air. Untuk itu pastikan kondisi air dirumah yang akan anda beli.  Intensitas cahaya juga sangat kita butuhkan karena dengan sirkulasi udara dan cahaya yang baik maka keluarga anda dapat menghirup udara yang bersih. Pilihlah rumah yang mempunyai pohon, mudah diakses , dekat dengan rumah sakit  dan pasar.

5. Harga

Saat membeli rumah sudah pasti anda juga harus mempertimbangkan harga yang ditawarkan. Pastikan harga yang ditawarkan sesuai dengan kondis rumah yang dijual. Tidak ada salahnya terlebih dahulu anda mengetahui atau mencari tau harga pasaran rumah. Ini akan membantu kita untuk menghindari dari harga rumah yang terlampau mahal.

Baca juga: Faktor Penentu Harga Rumah Lebih Mahal

Itulah beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan dalam membeli rumah. Melihat kondisi rumah sebelum membelinya adalah langkah yang sangat tepat sebelum anda membelinya.

Baca juga:

Tags :

Bagikan Artikel