Pinhome

Tips Membeli Rumah Pertama, Anak Muda Wajib Tahu!

Dipublikasikan oleh Tsamira Tya Abigail ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Tips membeli rumah pertama perlu diperhatikan untuk sebagian orang, khususnya anak muda dan generasi milenial. Selogan “Membeli rumah adalah membeli lingkungan ” sangat cocok untuk kondisi ini. Hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli sebuah rumah idaman sangat penting bagi calon pembeli.

Baca Juga: Desain Wastafel Cuci Tangan Minimalis

Tips Membeli Rumah Pertama
Tips Membeli Rumah Pertama

Tips Membeli Rumah Pertama yang Wajib Diketahui

Beberapa hal yang perlu diteleti adalah terkait dengan lingkungan agar rumah nyaman dan aman untuk dihuni diantaranya adalah:

Harga Rumah

Harga rumah merupakan satu hal yang sering dipertimbangkan apakah sesuai dengan kondisi rumah yang akan dibeli nantinya.

Kondisi Air, Udara dan Kebutuhan Lainnya

Baca Juga: Desain WC Jongkok Modern

Kemudahan dalam memperoleh air bersih, serta kemudahan dalam menemukan kebutuhan sehari-hari merupakan hal penting. Sebelum membeli rumah, sebaiknya Anda memperhatikan hal tersebut dengan baik. 

Tips Membeli Rumah Pertama Dengan Memperhatikan Status Tanah

Status tanah dimana rumah tersebut berdiri merupakan satu hal penting sebelum memutuskan untuk membeli rumah. Hal ini untuk menghindari apakah tanah tersebut dalam status sengketa kepemilikan atau sudah sah menjadi hak milik penjual rumah.

Akses ke Tempat Kerja / Usaha

Perjalanan dari rumah ke tempat kerja adalah suatu hal yang dijalani ketika menempati rumah nantinya. Sebisa mungkin pilih lokasi rumah yang dekat dengan tempat kerja, serta terdapat pemandangan pada area jalan yang dilewati. sehingga tercipta suasana yang segar dan pikiran yang cerah.

Kondisi Banjir

Banjir merupakan sebuah bencana alam yang akhir-akhir ini menjadi semacam rutinitas pada kota-kota tertentu. Sehingga akan lebih baik jika memilih lokasi rumah yang bebas banjir.

Baca Juga: Ide Untuk Desain Kamar Mandi Minimalis Agar Terlihat Luas

Kondisi Masyarakat Sekitar Rumah

kondisi masyarakat disekitar rumah perlu dicari yang sesuai dengan kepribadian serta mendukung aktifitas serta perkembangan anak nantinya.

Perkembangan Daerah Sekitar Rumah

Memilih rumah yang akan ditempati untuk jangka panjang sebaiknya melihat kondisi perkembangan sekitar rumah. Misalnya, akan dibangun pabrik dengan banyak polusi, atau kedepanya akan dijadikan area tertentu yang mengganggu kenyamanan komplek rumah.

Tips Membeli Rumah Pertama Dengan Memperhatikan Fasilitas Umum

Beberapa fasilitas umum juga perlu dilihat misalnya tempat ibadah, tempat sekolah, rumah sakit, pasar, swalayan, taman bermain, area rekreasi dan lain sebagainya.

Selain hal-hal diatas masih terdapat hal-hal lain yang diperlu dipertimbangkan menyesuaikan harapan, kepribadian calon pembeli rumah serta tujuan pembelian rumah. Setelah memperhatikan hal-hal tersebut diharapkan dapat memilih rumah yang aman,nyaman, dan sehat untuk dihuni nantinya.


Temukan inspirasi, tips, dan informasi lain seputar dunia properti di Pinhome.id. Terdapat banyak sumber dan pembahasan menarik yang bisa digunakan untuk ide membangun, membeli, dan mendesain rumah impian. Ada juga penawaran seru lainnya untuk promo properti berkualitas.

Bagikan Artikel