BlogPemilik PropertiDesain Hunian15 Jenis Keramik Lantai yang Sering Digunakan untuk Tampil Menawan
0
0

15 Jenis Keramik Lantai yang Sering Digunakan untuk Tampil Menawan

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Mar 21, 2024

7 menit membaca

Copied to clipboard
macam-macam keramiktop-right-banner

Bila kita melihat kembali ke rumah-rumah zaman dahulu, tentu tipe keramik hanya satu. Kamu akan sering menemui material keramik yang dibuat dari tanah liat dengan corak yang cukup membosankan, yaitu polos tanpa motif. Namun kini, seiring dengan perkembangan zaman macam-macam keramik mulai bermunculan dengan desain menarik yang pastinya membuat hunian kian hidup. Simak artikel ini untuk mengetahui jenis keramik lantai yang membuat tampilan rumahmu semakin menawan!

Kamu dapat memiliki rumah yang berdesain menarik dan cantik di rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second Kec Bandung. Manfaatkan Kalkulator KPR untuk mengetahui berapa kisaran biaya yang akan kamu keluarkan ketika memutuskan untuk membeli rumah dengan cara KPR.

Baca juga: 8 Pilihan Keramik Lantai Outdoor untuk Teras Rumah

Jenis Keramik Lantai yang Sering Digunakan untuk Tampil Menawan

Lantai digunakan dalam dunia pembangunan sebagai alas permukaan yang menjadi penopang berat badan manusia atau furniture dalam memijak. Penggunaan lantai akan bermanfaat dalam mencegah naiknya air tanah ke sela-sela permukaan dasar bangunan.

Keramik menjadi salah satu jenis alas lantai yang digunakan pada hunian tempat tinggal. Model keramik yang diaplikasikan pada kamar mandi maupun ruang keluarga tentunya memiliki perbedaan. Pins harus mengetahuinya terlebih dahulu nih, sebelum membelinya. Apa saja jenis atau motif keramik lantai yang bagus? Simak ulasan di bawah ini!

1. Keramik Teraso

Source : Clayxible

Salah satu jenis keramik lantai yang memang memang sudah tergolong unik dari bahan pembuatannya adalah tipe keramik teraso. Keramik satu ini terbuat dari bahan limbah marmer. Mengapa dikatakan seperti itu? 

Bahan-bahan marmer yang sudah tidak terpakai, bisa diolah kembali menjadi keramik yang menarik. Kamu bisa melihatnya dari ciri khas corak dari keramik teraso. Layaknya pecahan batu, keramik teraso sangat cocok menghiasi ruang tamu atau keluarga agar lebih ceria.

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Keramik Lantai Paling Mudah

2. Keramik Mozaik

macam-macam keramik
Source : Pixabay

Keceriaan dalam rumah ternyata tidak hanya berasal dari keramik tipe teraso lho! Kamu bisa menggunakan jenis-jenis keramik lainnya seperti keramik mozaik. Keramik mozaik bisa diaplikasikan dalam ruangan indoor manapun dalam hunian.

Kamar mandi, ruang keluarga, dapur dan ruang tamu akan menimbulkan suasana yang menyenangkan dengan pengaplikasian keramik mozaik. Tidak hanya sampai disitu, keramik mozaik juga cocok dipergunakan untuk dinding ruang.

Contohnya pengaplikasian pada dinding dapur maupun dinding kamar mandi. Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah untuk pintar dalam memilih motif. Pemilihan motif yang salah justru akan membuat satu ruangan terlihat tidak menarik.

3. Keramik Lantai Standar

tipe keramik
Source : harga.web.id

Bila Pins kurang menyukai motif dalam pengaplikasian corak lantai, kamu bisa menggunakan jenis-jenis keramik standar. Macam keramik lantai yang simpel dan minim corak bisa Pins temukan dari keramik tipe standar. Cocok sekali untuk hunian minimalis maupun hunian sederhana dengan tema aesthetic. 

Keramik satu ini sangat mudah ditemukan pada setiap toko bangunan dengan harga yang cukup terjangkau. Tidak heran keramik standar menjadi keramik sejuta umat karena materialnya yang mudah ditemukan dan pastinya tidak membuat kantong Pins bolong.

Baca juga: 16 Deretan Keramik Lantai Kamar Mandi yang Tidak Licin

4. Keramik Kuadrat

Source : Shutterstock

Jenis-jenis keramik memang terbagi atas fungsinya pada hunian. Beberapa cocok diaplikasikan pada ruangan outdoor dan banyak pula yang memang dibuat hanya untuk fungsi indoor semata.

Keramik kuadrat menjadi salah satu material yang tergolong luar ruangan. Pins bisa menggunakannya pada alas teras maupun balkon di lantai dua. Kesan doff yang timbul dari material ini cocok sekali Pins gunakan dalam rumah industrial.

Kamu tidak perlu khawatir akan ketahanan material satu ini. Keramik kuadrat dalam prosesnya telah mengalami pemanasan yang cukup tinggi. Hal ini bertujuan untuk mengurangi porositas (ruang kosong di antara material) dan juga meningkatkan kekuatannya.

5. Keramik Pavers

macam-macam keramik lantai
Source : Keramikfull

Biasanya jenis-jenis keramik yang berada di luar ruangan memang lebih tahan banting. Hal tersebut dikarenakan proses dan fungsinya dalam menopang kebutuhan. Keramik pavers salah satunya.

Tetap dibuat dari material tanah liat, ciri khas keramik ini lebih tebal dari tipe keramik lainnya. Keramik satu ini bisa menjadi alternatif ruangan outdoor selain keramik kuadrat.

Untuk Pins yang mempunyai kolam renang pribadi di rumah, halaman maupun ruangan outdoor khusus untuk tempat berkumpul keluarga, kamu dapat menggunakan keramik tipe pavers. Selain mudah untuk dibersihkan, keramik satu ini tahan lama.

Baca juga: 15 Pilihan Keramik Kamar Mandi Motif Batu Alam

6. Keramik Porselen

Source : Alibaba

Macam-macam keramik lantai yang telah disediakan sebagai penunjang kebutuhan memang kini sangat beragam. Tidak heran hal tersebut justru membuat para penghuni bingung memilih mana yang terbaik.

Sebenarnya cara pemilihan keramik cukup mudah, Pins hanya perlu memilah sesuai kebutuhan dan gambaran hasil akhir. Seperti pemilihan keramik porselen yang menimbulkan tampilan berkilau yang indah.

Bila dilihat sekilas memang mirip dengan keramik tipe standar. Namun bila diperhatikan lebih seksama, keramik ini akan tampak lebih jernih dan elegan. Jenis-jenis keramik bergaya kontemporer seperti ni memang cocok digunakan dalam hunian mewah maupun hunian bergaya klasik.

7. Keramik Marmer

macam-macam keramik lantai
Source : Balimarmergranit

Selain keramik porselen, ada satu lagi nih Pins! Mengedepankan tampilan mewah yang elegan memang banyak digunakan dalam bangunan publik. Ini akan membuat tampilan terlihat lebih mahal. Keramik marmer yang memang sudah dipercaya sebagai alas lantai kerajaan memiliki kharismanya tersendiri.

Ciri khas dari keramik satu ini adalah motif serat yang terkandung di dalamnya. Satu sama lain antara per keping tidak memiliki motif yang seragam. Selain itu, perawatannya pun tergolong sulit.

Pins harus rajin melakukan pemolesan secara berkala dan hindari adanya goresan benda tajam. Tidak heran harganya cukup mahal.

Baca juga: 11 Model Keramik Dinding Teras Motif Batu Alam

8. Keramik Granit

macam-macam keramik lantai
Source : Suppliergranit

Untuk keramik tipe mewah namun dengan harga yang lebih terjangkau, kamu dapat memiliki tipe granit. Keramik granit mirip dengan keramik marmer karena bahan pembuatannya yang sama, yaitu menggunakan batu alam. Selain itu pula antar petak nya tidak memiliki kesamaan motif. Mirip sekali dengan ciri khas keramik marmer.

Bila Pins memilih keramik granit dalam desain hunian, kamu bisa mengaplikasikannya pada desain ruangan interior. Contohnya seperti ruang keluarga dan ruang tamu. Selain itu, kualitas keramik granit sudah tidak perlu diragukan lagi karena pastinya terbaik.

9. Keramik Refractory

Source : PTI Thermal Solutions

Keramik refractory merupakan jenis keramik yang dirancang khusus dengan menggunakan bahan anorganik padat sehingga tahan terhadap suhu tinggi dan tidak mudah meleleh atau mengalami deformasi bentuk. Jenis keramik ini cocok digunakan jika kamu tinggal di daerah dengan suhu yang cenderung tinggi.

Baca juga: 10 Model Keramik Tiang Teras Rumah yang Cantik

10. Keramik Batu Alam

Source : Theme HILL

Jika Pins menyukai dekorasi dengan sentuhan alami, mungkin bisa mencoba menggunakan keramik dari batu alam ini. Hingga saat ini, keramik batu alam sering menjadi incaran ketika sedang mendesain rumah karena dapat memberikan kesan elegan dan natural.

11. Keramik Limestone

Source : Deezen

Keramik limestone merupakan salah satu keramik yang memiliki tingkat durabilitas dan kekuatan yang tinggi karena memiliki kandungan mineral yang tinggi. Apakah kamu tahu, keramik ini dapat bertahan seumur hidup jika dirawat dian dijaga dengan baik, lho!

Biasanya keramik ini dicari untuk dipasang pada area toilet karena sifatnya yang tahan air.

Baca juga: 19 Motif Keramik untuk Rumah Kecil Agar Terlihat Luas

12. Keramik Homogenous Tile

Source : Grid.ID

Keramik homogenous tile merupakan keramik yang terbuat dari porselen dan tanah liat. Perbedaan dari keramik lainnya terletak di proses pembakarannya yang lebih tinggi sehingga membuat keramik ini lebih padat. keras, dan tidak banyak pori-pori. Hal ini mengakibatkan keramik homogenous lebih anti air dibandingkan keramik.

13. Keramik Semen

Source : Best Tile

Sesuai dengan namanya, keramik semen terbuat dari semen dan dapat digunakan untuk banyak tempat seperti lantai, dinding, ruang makan, dan lain sebagainya. Perawatannya pun mudah karena sifatnya yang menyerap air dan mencegah tumbuhnya jamur pada area lembab.

Keramik semen juga hadir dalam berbagai varian desain dan warna yang tentunya dalam membuat ruangan semakin modis dan tidak monoton.

Baca juga: 12 Keramik Kamar Mandi Warna Cerah yang Tidak Norak

14. Keramik Marmer

Source : Selera.id

Keramik marmer sering dijumpai pada bangunan atau rumah mewah. Desainnya yang unik dan guratannya yang indah akan membuat ruangan terasa mahal dan elegan. Marmer memang sedikit lebih berat, namun sangat kokoh, tahan suhu tinggi, dan tidak mudah tergores sehingga lebih awet.

Harga keramik marmer memang sedikit mahal karena terbuat dari batu alam yang harus ditambang terlebih dahulu.

15. Keramik Travertine

Source : Arsitag

Salah satu keramik batu alam lainnya adalah keramik travetine. Mirip dengan limestone, keramik ini kokoh, kuat, dan tahan panas. Namun, bobotnya sedikit lebih berat dikarenakan terbuat dari batu alam.

Perlu diperhatikan, keramik ini agak sulit dibersihkan jika terkena noda. Oleh karena itu, pertimbangkan terlebih dahulu bagian ruangan mana yang akan menggunakan keramik jenis ini, ya!

Dengan banyaknya pilihan macam-macam keramik, kini Pins bisa membuat hunian sesuai dengan impian. Ingatlah untuk selalu menyesuaikan jenis keramik dengan kebutuhan ruangan agar hasilnya lebih maksimal.

Baca juga:

Feature Source Image: LuxurroCeramics


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Britania Green Resort dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download