15 Jenis Keramik Lantai Pilihan untuk Hunian Nyaman Maksimal!

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta ∙ 9 December 2021 ∙ 7 menit membaca

Bila kita melihat kembali ke rumah-rumah zaman dahulu, tentu tipe keramik hanya satu. Kamu akan sering menemui material keramik yang dibuat dari tanah liat dengan corak yang cukup membosankan, yaitu polos tanpa motif.

Namun kini, seiring dengan perkembangan zaman macam-macam keramik mulai bermunculan dengan desain menarik yang pastinya membuat hunian kian hidup.

Keramik yang diaplikasikan pada kamar mandi maupun ruang keluarga tentunya memiliki perbedaan. Pins harus mengetahuinya terlebih dahulu nih, sebelum membelinya. Apa saja jenis keramik lantai yang bagus? Simak ulasan di bawah ini!

Baca juga: Tips Memilih Model Keramik Minimalis

Keramik Teraso

(clayxible)

Salah satu jenis keramik lantai yang memang memang sudah tergolong unik dari bahan pembuatannya adalah tipe keramik teraso. Keramik satu ini terbuat dari bahan limbah marmer. Mengapa dikatakan seperti itu? 

Bahan-bahan marmer yang sudah tidak terpakai, bisa diolah kembali menjadi keramik yang menarik. Kamu bisa melihatnya dari ciri khas corak dari keramik teraso. Layaknya pecahan batu, keramik teraso sangat cocok menghiasi ruang tamu atau keluarga agar lebih ceria.

Baca juga: Rekomendasi Model Keramik Lantai Minimalis untuk Rumah Kamu

Keramik Mozaik

macam-macam keramik
(pixabay)

Keceriaan dalam rumah ternyata tidak hanya berasal dari keramik tipe teraso lho! Kamu bisa menggunakan jenis-jenis keramik lainnya seperti keramik mozaik. Keramik mozaik bisa diaplikasikan dalam ruangan indoor manapun dalam hunian.

Kamar mandi, ruang keluarga, dapur dan ruang tamu akan menimbulkan suasana yang menyenangkan dengan pengaplikasian keramik mozaik. Tidak hanya sampai disitu, keramik mozaik juga cocok dipergunakan untuk dinding ruang.

Contohnya pengaplikasian pada dinding dapur maupun dinding kamar mandi. Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah untuk pintar dalam memilih motif. Pemilihan motif yang salah justru akan membuat satu ruangan terlihat tidak menarik.

Baca juga: Pilihan Keramik Mozaik Untuk Desain Kolam Renang

Keramik Lantai Standar

tipe keramik
(harga.web.id)

Bila Pins kurang menyukai motif dalam pengaplikasian corak lantai, kamu bisa menggunakan jenis-jenis keramik standar. Macam keramik lantai yang simpel dan minim corak bisa Pins temukan dari keramik tipe standar. Cocok sekali untuk hunian minimalis maupun hunian sederhana dengan tema aesthetic. 

Keramik satu ini sangat mudah ditemukan pada setiap toko bangunan dengan harga yang cukup terjangkau. Tidak heran keramik standar menjadi keramik sejuta umat karena materialnya yang mudah ditemukan dan pastinya tidak membuat kantong Pins bolong.

Baca juga: Cara Pemasangan Keramik Yang Baik

Keramik Kuadrat

(Shutterstock)

Jenis-jenis keramik memang terbagi atas fungsinya pada hunian. Beberapa cocok diaplikasikan pada ruangan outdoor dan banyak pula yang memang dibuat hanya untuk fungsi indoor semata.

Keramik kuadrat menjadi salah satu material yang tergolong luar ruangan. Pins bisa menggunakannya pada alas teras maupun balkon di lantai dua. Kesan doff yang timbul dari material ini cocok sekali Pins gunakan dalam rumah industrial.

Kamu tidak perlu khawatir akan ketahanan material satu ini. Keramik kuadrat dalam prosesnya telah mengalami pemanasan yang cukup tinggi. Hal ini bertujuan untuk mengurangi porositas (ruang kosong di antara material) dan juga meningkatkan kekuatannya.

Keramik Pavers

macam-macam keramik lantai
(keramikfull)

Biasanya jenis-jenis keramik yang berada di luar ruangan memang lebih tahan banting. Hal tersebut dikarenakan proses dan fungsinya dalam menopang kebutuhan. Keramik pavers salah satunya.

Tetap dibuat dari material tanah liat, ciri khas keramik ini lebih tebal dari tipe keramik lainnya. Keramik satu ini bisa menjadi alternatif ruangan outdoor selain keramik kuadrat.

Untuk Pins yang mempunyai kolam renang pribadi di rumah, halaman maupun ruangan outdoor khusus untuk tempat berkumpul keluarga, kamu dapat menggunakan keramik tipe pavers. Selain mudah untuk dibersihkan, keramik satu ini tahan lama.

Keramik Porselen

(alibaba)

Macam-macam keramik lantai yang telah disediakan sebagai penunjang kebutuhan memang kini sangat beragam. Tidak heran hal tersebut justru membuat para penghuni bingung memilih mana yang terbaik.

Sebenarnya cara pemilihan keramik cukup mudah, Pins hanya perlu memilah sesuai kebutuhan dan gambaran hasil akhir. Seperti pemilihan keramik porselen yang menimbulkan tampilan berkilau yang indah.

Bila dilihat sekilas memang mirip dengan keramik tipe standar. Namun bila diperhatikan lebih seksama, keramik ini akan tampak lebih jernih dan elegan. Jenis-jenis keramik bergaya kontemporer seperti ni memang cocok digunakan dalam hunian mewah maupun hunian bergaya klasik.

Baca juga: 7 Motif Keramik Modern Supaya Rumah Kamu Selalu Up-to-Date

Keramik Marmer

macam-macam keramik lantai
(balimarmergranit)

Selain keramik porselen, ada satu lagi nih Pins! Mengedepankan tampilan mewah yang elegan memang banyak digunakan dalam bangunan publik. Ini akan membuat tampilan terlihat lebih mahal. Keramik marmer yang memang sudah dipercaya sebagai alas lantai kerajaan memiliki kharismanya tersendiri.

Ciri khas dari keramik satu ini adalah motif serat yang terkandung di dalamnya. Satu sama lain antara per keping tidak memiliki motif yang seragam. Selain itu, perawatannya pun tergolong sulit.

Pins harus rajin melakukan pemolesan secara berkala dan hindari adanya goresan benda tajam. Tidak heran harganya cukup mahal.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan dari Lantai Marmer yang Perlu Kamu Ketahui

Keramik Granit

macam-macam keramik lantai
(suppliergranit)

Untuk keramik tipe mewah namun dengan harga yang lebih terjangkau, kamu dapat memiliki tipe granit. Keramik granit mirip dengan keramik marmer karena bahan pembuatannya yang sama, yaitu menggunakan batu alam. Selain itu pula antar petak nya tidak memiliki kesamaan motif. Mirip sekali dengan ciri khas keramik marmer.

Bila Pins memilih keramik granit dalam desain hunian, kamu bisa mengaplikasikannya pada desain ruangan interior. Contohnya seperti ruang keluarga dan ruang tamu. Selain itu, kualitas keramik granit sudah tidak perlu diragukan lagi karena pastinya terbaik.

Keramik Refractory

(PTI Thermal Solutions)

Keramik refractory merupakan jenis keramik yang dirancang khusus dengan menggunakan bahan anorganik padat sehingga tahan terhadap suhu tinggi dan tidak mudah meleleh atau mengalami deformasi bentuk. Jenis keramik ini cocok digunakan jika kamu tinggal di daerah dengan suhu yang cenderung tinggi.

Keramik Batu Alam

(Theme HILL)

Jika Pins menyukai dekorasi dengan sentuhan alami, mungkin bisa mencoba menggunakan keramik dari batu alam ini. Hingga saat ini, keramik batu alam sering menjadi incaran ketika sedang mendesain rumah karena dapat memberikan kesan elegan dan natural.

Keramik Limestone

(Deezen)

Keramik limestone merupakan salah satu keramik yang memiliki tingkat durabilitas dan kekuatan yang tinggi karena memiliki kandungan mineral yang tinggi. Apakah kamu tahu, keramik ini dapat bertahan seumur hidup jika dirawat dian dijaga dengan baik, lho!

Biasanya keramik ini dicari untuk dipasang pada area toilet karena sifatnya yang tahan air.

Keramik Homogenous Tile

(Grid.ID)

Keramik homogenous tile merupakan keramik yang terbuat dari porselen dan tanah liat. Perbedaan dari keramik lainnya terletak di proses pembakarannya yang lebih tinggi sehingga membuat keramik ini lebih padat. keras, dan tidak banyak pori-pori. Hal ini mengakibatkan keramik homogenous lebih anti air dibandingkan keramik.

Keramik Semen

(Best Tile)

Sesuai dengan namanya, keramik semen terbuat dari semen dan dapat digunakan untuk banyak tempat sperti lantai, dinding, ruang makan, dan lain sebagainya. Perawatannya pun mudah karena sifatnya yang menyerap air dan mencegah tumbuhnya jamur pada area lembab.

Keramik semen juga hadir dalam berbagai varian desain dan warna yang tentunya dalam membuat ruangan semakin modis dan tidak monoton.

Keramik Marmer

(Selera.id)

Keramik marmer sering dijumpai pada bangunan atau rumah mewah. Desainnya yang unik dan guratannya yang indah akan membuat ruangan terasa mahal dan elegan. Marmer memang sedikit lebih berat, namun sangat kokoh, tahan suhu tinggi, dan tidak mudah tergores sehingga lebih awet.

Harga keramik marmer memang sedikit mahal karena terbuat dari batu alam yang harus ditambang terlebih dahulu.

Keramik Travertine

(Arsitag)

Salah satu keramik batu alam lainnya adalah keramik travetine. Mirip dengan limestone, keramik ini kokoh, kuat, dan tahan panas. Namun, bobotnya sedikit lebih berat dikarenakan terbuat dari batu alam.

Perlu diperhatikan, keramik ini agak sulit dibersihkan jika terkena noda. Oleh karena itu, pertimbangkan terlebih dahulu bagian ruangan mana yang akan menggunakan keramik jenis ini, ya!

Dengan banyaknya pilihan macam-macam keramik, kini Pins bisa membuat hunian sesuai dengan impian. Ingatlah untuk selalu menyesuaikan jenis keramik dengan kebutuhan ruangan agar hasilnya lebih maksimal.

Baca juga: Ini Dia, 8 Motif Keramik Lantai Untuk Rumah Minimalis!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 18 Merk Laptop Terbaik untuk Kerja, Multimedia & Gaming

Bagi pekerja profesional di bidang tertentu, sudah saatnya untuk mengetahui merk laptop terbaik apa

Teknik Sipil
Teknik Sipil Harga Pipa Besi Galvanis dan Lainnya, Terbaru 2022

Pipa besi merupakan material bangunan yang digunakan untuk konstruksi bangunan. Pipa besi tersebut

Lifestyle
Lifestyle 20 Aplikasi Kamera Laptop untuk Foto & Video Webcam yang Bagus

Kebutuhan di dunia digital yang semakin beragam membuat pemakaian aplikasi kamera laptop ikut menin

Ruang Makan & Dapur
Ruang Makan & Dapur Rekomendasi & Tips Membuat Ukuran Meja Dapur Ideal

Ukuran meja dapur ideal akan memudahkan mobilitas dan aktivitas. Khususnya pada dapur yang memiliki

Ruang Makan & Dapur
Ruang Makan & Dapur Rekomendasi Sekat Dapur Minimalis Cantik & Murah Meriah

Sekat dapur minimalis tak harus menggunakan bahan-bahan mahal. Pemilihan desain dan materialnya mam

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia