BlogPemilik PropertiDesain Hunian8 Desain Keramik Teraso untuk Kamar Mandi yang Unik
0
0

8 Desain Keramik Teraso untuk Kamar Mandi yang Unik

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Nov 10, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Keramik Teraso untuk Kamar Manditop-right-banner

Keramik teraso merupakan salah satu jenis keramik yang sangat cocok diaplikasikan pada area kamar mandi. Permukaannya yang cenderung kasar membuat lantai kamar mandi tidak licin sehingga aman untuk penghuni rumah. Berikut beberapa inspirasi desain keramik teraso untuk kamar mandi. 

Lantai dan dinding kamar mandi memang harus diperhatikan. Khusus area lantai, kamu tidak bisa menggunakan keramik yang sama seperti lantai pada ruangan lain. Pasalnya, kamar mandi cenderung basah sehingga ketika menggunakan keramik biasa, lantai akan licin dan membahayakan. 

Jenis keramik teraso merupakan pilihan yang tepat untuk kamar mandi rumah eksklusif seperti Golden Flower atau perumahan di BSD lainnya. Kamu yang baru beli rumah second di Bandung juga bisa memilih salah satu desain keramik teraso berikut buat dipasang di kamar mandi.

Baca juga: Desain Wastafel Cuci Tangan Minimalis Kamar Mandi Beragam Bentuk

Mengenal Keramik Teraso

Keramik Teraso untuk Kamar Mandi
Source : iStock

Keramik teraso berasal dari material terrazzo yaitu material komposit yang prosesnya dituangkan di tempat atau pracetak, yang digunakan untuk perawatan lantai dan dinding. 

Teraso terdiri dari serpihan marmer, kuarsa, granit, kaca, atau bahan lain yang sesuai, dituangkan dengan bahan pengikat semen untuk pengikatan kimia, polimer untuk pengikatan fisik, atau kombinasi keduanya. 

Keramik teraso merupakan jenis lantai yang memiliki corak dan biasa menjadi alternatif lantai pada rumah, sekolah, kantor, dan bangunan lainnya. Khusus untuk kamar mandi, corak yang ada pada keramik ini membuat permukaan lantai jadi tidak licin. 

Teraso ini juga memiliki beberapa jenis dengan karakteristik yang berbeda-beda. Jenis teraso yang paling populer adalah teraso mosaik yang memiliki sejarah panjang mulai dari abad ke-15 silam. 

Konon istilah ‘terrazzo’ sendiri pertama kali diucapkan oleh pekerja kaca mosaik asal Venesia. Saat itu, mosaik memang sangat terkenal hingga diaplikasikan pada beberapa hal, termasuk untuk lantai. 

Selain mosaik, ada juga jenis teraso polos. Jenis ini terbuat dari material komposit halus tanpa ada pola yang mencolok. Teraso polos cocok untuk kamu yang mendambakan desain minimalis serta memberikan kesan ruangan yang bersih dan halus. 

Baca juga: Beragam Model Ventilasi Kamar Mandi Terbaru

Desain Keramik Teraso untuk Kamar Mandi

Keramik Teraso untuk Kamar Mandi
Source : iStock

Jika kamu tertarik dengan lantai keramik teraso untuk kamar mandi, artikel ini adalah jawabannya. Material teraso hadir dengan banyak pilihan tekstur, warna, dan karakter yang bisa dipadupadankan dengan desain kamar mandi.

Selain itu, material teraso juga tidak terbatas hanya pada kamar mandi saja. Banyaknya motif yang ditawarkan membuat material ini juga cocok untuk area lain di rumah kesayangan, mulai dari ruang tengah, ruang keluarga, ruang tamu, hingga lantai tangga rumah

Berikut ini beberapa ide desain keramik teraso untuk kamar mandi yang bisa menjadi referensi. 

1. Kombinasi Motif

Keramik Teraso
Source : Pinterest

Keramik teraso hadir dengan berbagai motif dan warna. Dengan begitu, kamu bisa berkreasi dengan mengkombinasikan satu atau dua motif teraso untuk material kamar mandi. 

Misalnya, kamu memilih motif polos untuk lantai kamar mandi, lalu motif mozaik untuk dinding kamar mandi atau permukaan lain. Kamu juga bisa memilih gaya teraso lainnya yang berbeda untuk baskom atau wastafel kamar mandi

2. Cocokkan Dinding dan Lantai

Keramik Teraso
Source : Pinterest

Ide yang kedua adalah dengan mencocokkan motif dan warna untuk area lantai dan dinding kamar mandi. Perpaduan ini akan memunculkan titik fokus yang mencolok pada kamar mandi, yang juga ciri khas desain kamar mandi modern yang disukai masyarakat. 

3. Motif Mozaik yang Ramai

Keramik Teraso
Source : Pinterest

Keramik teraso hadir dengan motif mozaik mulai dari yang renggang hingga yang rapat. Banyaknya pilihan ini membuat kamu lebih fleksibel untuk memilih motif mana yang diinginkan. 

Untuk ukuran kamar mandi yang tidak terlalu luas, kamu bisa memilih motif mozaik yang ramai dengan tingkat kerapatan tinggi. Pilihan ini bisa membuat kamar mandi mungilmu menjadi terlihat ramai. 

4. Nuansa Monochrome

Keramik Teraso
Source : Pinterest

Cobalah untuk menghadirkan nuansa monochrome pada kamar mandi dengan pemilihan keramik teraso yang tepat. Pilih motif dan warna monokrom untuk teraso yang didominasi hitam, putih, dan abu-abu, lalu pasang pada bagian lantai dan dinding kamar mandi. 

Namun sisakan satu sampai dua sisi kamar mandi yang tidak dilapisi teraso. Lalu pilih cat warna hitam untuk area tersebut. Perpaduan antara warna teraso dan area dinding hitam ini akan membuat kamar mandi bernuansa monokrom. 

Baca Juga: Pilihan Model Karpet Kamar Mandi Anti Licin

5. Focal Point

Keramik Teraso
Source : Pinterest

Keramik teraso tidak melulu harus dijadikan sebagai material lantai maupun dinding. Kamu juga bisa membuat focus point pada kamar mandi dengan sebuah baskom wastafel yang terbuat dari teraso. 

Ya, material teraso cukup untuk baskom saja, sementara lantai dan dinding yang lain tidak menggunakan keramik teraso. Ini akan menciptakan focal point yang bagus dengan baskom wastafel menjadi titik penarik perhatian. 

6. Dominan Teraso

Keramik Teraso
Source : Pinterest

Fleksibelnya teraso membuat orang bisa memiliki banyak opsi dalam memanfaatkan material ini. Misalnya kamu bisa menjadikan material ini mendominasi kamar mandi, yaitu dipasang pada lantai dan dinding dari bawah sampai atas. 

7. Gelap Elegan

Keramik Teraso
Source : Pinterest

Warna hitam atau gelap tidak selamanya menyeramkan. Justru kombinasi warna gelap yang bagus akan memberikan kesan elegan. Kamu bisa memilih warna dan corak teraso yang gelap yang dikombinasikan dengan cat warna gelap juga untuk menjadikan kamar mandi yang elegan. 

8. Kamar Mandi Industrial

Keramik Teraso
Source : Pinterest

Gaya dekorasi ini terinspirasi oleh estetika dan elemen-elemen dari ruang pabrik atau gudang. Dekorasi bergaya industrial sering mengusung nuansa kasar dan tegas dengan eksposur bahan-bahan seperti beton, besi, kayu kasar, dan pipa saluran udara. Kamu juga bisa membuat kamar mandi bergaya industrial menggunakan teraso. 

Itulah beberapa ide desain keramik teraso untuk kamar mandi yang bisa kamu terapkan di rumah. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Kertamukti Sakti Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download