BlogPemilik PropertiDesain HunianCara Menghitung Kebutuhan Keramik Lantai Paling Mudah
0
0

Cara Menghitung Kebutuhan Keramik Lantai Paling Mudah

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Mar 12, 2024

3 menit membaca

Copied to clipboard
Cara Menghitung Kebutuhan Keramiktop-right-banner

Salah satu aspek penting yang harus diperhatikan ketika sedang membangun atau merenovasi Rumah Eksklusif adalah lantai. Hal ini cukup pelik karena dibutuhkan perhitungan yang tepat agar kamu dapat membeli jumlah keramik atau penutup lantai lainnya dengan jumlah yang pas. 

Jika sampai terlalu banyak, keramik tentu akan memberatkan pada pengeluaran serta penumpukan sampah konstruksi yang berlebihan. Sebaliknya jika terlalu sedikit, maka tidak akan cukup untuk melapisi seluruh bagian rumah dan membuat tampilan interior rumah menjadi kurang menarik, padahal keramik dapat membantu meningkatkan estetika dalam rumah, lho!

Bagaimana cara menghitung kebutuhan keramik lantai yang mudah agar bisa pas dengan ukuran rumah kamu? Simak ulasan berikut ini, ya!

Baca Juga: Tips Membuat Desain Rumah Minimalis Untuk Anak

Kenapa Penting Menghitung Kebutuhan Keramik?

cara menghitung kebutuhan keramik
Source : Pexels

Ketika Pins sedang merenovasi atau membangun rumah, penting untuk menghemat sebanyak mungkin uang yang dikeluarkan. Apalagi jika Pins ingin membuat rumah seindah Vasa Jagakarsa ataupun perumahan di Jagakarsa lainnya.

Terutama menghitung kebutuhan material termasuk keramik. Menghitung kebutuhan keramik dengan akurat sebelum memulai proyek pemasangan keramik membawa berbagai manfaat signifikan. Berikut ini adalah beberapa manfaat utama dari perencanaan yang cermat ini:

1. Menghemat Biaya

Salah satu manfaat utama dari penghitungan kebutuhan keramik yang akurat adalah penghematan biaya. Dengan mengetahui jumlah keramik yang tepat dibutuhkan untuk suatu proyek, kamu dapat menghindari pembelian keramik dalam jumlah yang berlebihan.

Ini berarti kamu hanya membelanjakan uang untuk jumlah keramik yang benar-benar diperlukan, mengeliminasi kemungkinan memiliki sisa keramik yang tidak terpakai dan terbuang sia-sia. Praktik ini tidak hanya menghemat uangmu tapi juga menghindari pemborosan sumber daya.

2. Menghindari Pemborosan

Ketika keramik dibeli secara berlebihan, tidak hanya terjadi pemborosan uang, tetapi juga ruang penyimpanan. Ruang yang seharusnya dapat digunakan untuk keperluan lain menjadi terpakai untuk menyimpan keramik yang tidak terpakai.

Dengan menghitung kebutuhan keramik secara tepat, kamu dapat meminimalisir risiko pemborosan ini, menjaga efisiensi anggaran dan penggunaan ruang penyimpanan.

3. Mempermudah Proses Pembelian

Mengetahui jumlah keramik yang tepat diperlukan juga memudahkan proses pembelian. Kamu akan lebih percaya diri saat memilih dan memesan keramik karena kamu sudah memiliki gambaran yang jelas mengenai berapa banyak keramik yang diperlukan.

Hal ini membantu menghindari kebingungan dan kesalahan saat berada di toko, membuat proses pembelian menjadi lebih efisien dan menyenangkan.

4. Mempercepat Proses Pemasangan

Akhirnya, keuntungan lain dari menghitung kebutuhan keramik dengan akurat adalah mempercepat proses pemasangan. Tukang keramik akan memiliki informasi yang jelas tentang berapa banyak keramik yang harus dipasang, memungkinkan mereka untuk merencanakan pekerjaan mereka dengan lebih baik dan menyelesaikan proyek dengan lebih cepat. Efisiensi ini tidak hanya menghemat waktu tetapi juga potensial untuk mengurangi biaya tenaga kerja.

Baca Juga: 3 Tips Dalam Memilih Jasa Kontraktor Rumah

Cara Menghitung Kebutuhan Keramik Lantai

cara menghitung kebutuhan keramik
Source : Pexels

Ada beberapa langkah yang bisa Pins lakukan ketika hendak menghitung kebutuhan keramik. Berikut langkah-langkah yang bisa Pins ikuti sebagai cara menghitung kebutuhan keramik.

1. Menghitung Luas Ruangan

Proses awal yang paling penting sebelum membeli keramik adalah mengetahui luas ruangan yang ada. Untuk menghitungnya Pins bisa menggunakan rumus Luas Ruangan = Panjang x Lebar.

Contoh:

  • Panjang Ruangan = 4 Meter.
  • Lebar Ruangan = 3 Meter.
  • Luas Ruangan = 4 meter x 3 meter – 12 Meter Persegi.

2. Menghitung Luas Keramik

Setelah Pins mendapatkan luas ruangannya, Pins bisa menghitung luas keramiknya. Untuk mempermudah, konversikan luas keramik dari cm ke m.

Contoh:

  • Ukuran Keramik = 30 cm x 30 cm.
  • Luas Keramik = 30 cm x 30 cm = 900 cm persegi.
  • Konversi cm ke m – 900 cm persegi/ 10000 – 0,09 meter persegi.

3. Menghitung Jumlah Keramik yang Dibutuhkan

Setelah Pins mendapatkan luas ruangan dan luas keramik, cara menghitung kebutuhan keramik selanjutnya menggunakan rumus Jumlah Keramik = Luas Ruangan / Luas Keramik.

Contoh:

  • Luas Ruangan = 12 meter persegi.
  • Luas Keramik = 0,09 meter persegi.
  • Jumlah Keramik = 12 meter persegi / 0,09 meter persegi = 133,3 keping.

4. Menghitung Jumlah Dus Keramik yang Dibutuhkan

Pins sudah mengetahui berapa jumlah keramik yang dibutuhkan untuk ruangan tersebut. Kini tinggal menghitung berapa dus yang Pins perlu untuk beli karena membeli keramik tidak satuan. Biasanya, keramik per dus berisi 10 buah. Namun harus diingat, jumlah ini tergantung merk yang Pins beli. jadi Pins tinggal sesuaikan saja ketika Pins hendak membelinya.

Contoh:

  • Kebutuhan Keramik = 133,3 keping.
  • 1 dus = 10 keping keramik.
  • Jumlah dus yang dibutuhkan = 13,33 / 10 keping = 13,33 dus.
  • Artinya Pins membutuhkan 14 dus keramik.

Baca juga: Katalog Warna Cat Tembok Avitex untuk Interior & Exterior Rumah

Tips Sebelum Membeli Keramik untuk Rumah

cara menghitung kebutuhan keramik
Source : Pexels

Pins sudah mengetahui cara menghitung kebutuhan keramik untuk rumah Pins. Sebelum membeli perhatikan tips dan trik berikut ini yang bisa membantu proses Pins.

1. Antisipasi Kerusakan dan Kesalahan Pemasangan

Salah satu langkah paling krusial dalam proses pemasangan keramik adalah memastikan kamu memiliki cukup material. Sebagai aturan praktis, tambahkan sekitar 10% dari total jumlah keramik yang telah kamu hitung sebagai kebutuhan. Penambahan ini bertujuan untuk mengantisipasi kemungkinan kerusakan atau kesalahan selama pemasangan. Langkah preventif ini tidak hanya menghemat waktu dan biaya tetapi juga mengurangi stres karena kekurangan material di tengah proses pemasangan.

2. Pemilihan Keramik yang Tepat

Memilih keramik yang sesuai dengan kebutuhan ruangan dan sesuai dengan anggaran kamu adalah langkah penting selanjutnya. Pertimbangkan faktor-faktor seperti ketahanan, permukaan, dan tentu saja, harga. Keramik dengan kualitas yang baik tidak hanya akan tahan lama tapi juga meminimalisir kemungkinan penggantian dalam waktu dekat, sehingga merupakan investasi jangka panjang yang bijak.

3. Kesesuaian Pola dan Warna

Harmonisasi pola dan warna keramik dengan desain interior ruangan merupakan aspek yang sering terabaikan namun penting. Pilihan yang tepat dapat memperkuat tema desain dan menciptakan kesan ruang yang lebih luas atau intim, tergantung pada apa yang kamu inginkan. Pertimbangkan untuk mendapatkan sampel dan melihat bagaimana mereka komplementer dengan elemen desain lainnya di ruangan tersebut.

4. Memilih Toko Keramik yang Terpercaya

Terakhir, membeli keramik dari toko bahan bangunan yang terpercaya dan menawarkan garansi produk adalah langkah yang tidak boleh diabaikan. Toko yang memiliki reputasi baik biasanya menyediakan produk berkualitas yang minim cacat. Garansi juga memberikan jaminan tambahan sehingga kamu bisa merasa lebih aman terhadap investasi yang dilakukan. Layanan pelanggan yang baik dan konsultasi profesional juga seringkali menjadi bagian dari manfaat memilih toko yang terpercaya.

Nah, itulah dia cara menghitung kebutuhan keramik bonus beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika akan memilih keramik. Mudah, bukan? Sekarang kamu tidak perlu bingung lagi ketika akan membeli keramik untuk keperluan pembangunan atau renovasi rumah kamu, deh!

Baca Juga: 3 Tips Dalam Memilih Jasa Kontraktor Rumah

Source Feature Image: Shutterstock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download