Warna Granit Dinding Kamar Tidur Paling Populer

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari ∙ 22 September 2022 ∙ 5 menit membaca

Dinding umumnya memakai bahan batu bata maupun batako. Kini bebatuan alam seperti granit sering pula difungsikan untuk material dinding. Granit dinding kamar tidur membuat kesan ruangan terasa lebih mewah.

Bila ingin memakainya sebagai material dinding, ada banyak sekali warna pilihannya. Berikut kelebihan granit beserta warna pilihan dan finishing yang bisa Pins coba :

Kelebihan Dinding Granit

(Unsplash)

Granit adalah batuan yang berasal dari magma membeku. Teksturnya keras dan sering pula dijadikan material lantai. Adapun kelebihan lainnya dari dinding granit adalah sebagai berikut :

Kuat

Granit memiliki keunggulan tahan akan beban berat. Ia tahan akan benturan, gesekan maupun daya serap yang sangat kecil akan cairan. Ketahanannya bahkan bisa bertahan hingga 10 tahun.

Ukuran granit lumayan besar yakni 100 x 100 cm per lembarnya. Warnanya alami dan natural serta berkilau.

Tahan Berbagai Cuaca

Tidak hanya kuat, granit juga tahan akan berbagai cuaca. Granit tidak akan mudah berjamur, lapuk, pecah maupun retak. Walaupun musim kemarau atau hujan datang, granit tidak akan berpengaruh dari perubahan suhu maupun kelembaban.

Selain itu sambungan nat granit lumayan tipis sehingga tampak menyatu. Kesan mewah dan eksklusif langsung terasa ketika memasuki kamar tidur.

Perawatan Mudah

Perawatannya tergolong mudah tanpa perlakuan khusus. Bagian permukaannya halus dengan pori-pori kecil. 

Inilah mengapa granit tahan akan noda dan goresan. Bila terdapat kotoran mudah dibersihkan dengan kain basah saja. Jika dijadikan bahan lantai cukup disapu dan dipel. 

Baca juga : Kenali Lebih Dalam Kelebihan Wall Moulding Kamar Tidur

Pilihan Warna Granit Untuk Kamar Tidur

(Pexels)

Warna granitnya cukup beragam mulai dari warna cerah hingga bold. Tidak hanya hitam dan putih namun ada pula pilihan warna lainnya seperti berikut :

Hitam / Putih

Warna hitam atau putih memang menjadi favorit banyak orang termasuk dalam bahan granit. Warna putih memberikan kesan tenang dan bersih. Apalagi warna putih mudah dikombinasikan dengan furniture kayu ataupun logam.

Warna hitam sering kali dianggap mampu menguatkan kesan elegan sebuah ruangan. Warna pekatnya yang dalam semakin cantik dikombinasikan dengan warna emas.

Biru

Warna biru bisa jadi pilihan granit untuk dinding. Noda tidak akan terlihat jelas bila mengenai dinding. Selain itu granit biru dihasilkan dari cahaya perak dengan kesan mewah nan elegan.

Dalam pengaplikasiannya ke dinding tidak harus ke seluruh ruangan. Tempatkan di beberapa area saja untuk mempertegas sisi tersebut. Misalnya di bagian ranjang berada sebagai headboard.

Gold

Warna emas sangat berkelas sehingga sering digunakan pula pada hotel berbintang lima. Warnanya yang terang menonjolkan kesan hangat dan glamour. 

Jika suka dengan gaya industrial bisa pula memakai warna granit ini. Selain itu warna granit terkesan lebih bersih pada ruangan dan mengkilap.

Abu-Abu

Warna granit mudah sekali ditemukan di pasaran. Biasanya dikombinasikan dengan perabotan klasik berbahan kayu. Kamar tidur akan tampak lebih estetik dan modis. Warna ini bisa pula dipadukan dengan warna gelap lainnya seperti hijau dan merah tua.

Hijau

Warna satu ini tidak kalah menarik karena meninggalkan kesan alami dan mewah. Cocok untuk membangun ruangan yang sejuk. Apalagi jika Pins lebih condong membangun gaya Skandinavian style.

Ruangan terasa lebih asri dan bisa dijadikan aksen dekorasi menarik. Selain itu dinding dapat pula digunakan pada kitchen set.

Coklat

Bagi Pins yang mengusung tema kontemporer maupun rustic dapat memilih warna granit coklat. Motifnya seperti kayu atau marble sehingga terasa suasana hangat yang alami.

Warna cenderung netral dan bisa dipadukan ke beragam furniture. Hunian tradisional atau bertema klasik sering pula memakai warna ini.

Ubin

Granit model ini memiliki harga yang lebih murah. Keunggulannya menyerap air dan tahan panas. Ubin granit motifnya marble dan lebih sering dipakai untuk keramik lantai. Meskipun begitu juga cocok diaplikasikan ke dinding.

Baca juga : 9 Motif Plafon Kamar Tidur Unik dan Estetik

Ragam Finishing Granit

(Pexels)

Finishing granit mampu memberikan kesan yang berbeda selain dari segi warnanya. Ada empat pilihan proses finishing yang bisa Pins pilih diantaranya adalah :

Polished

Proses polished menghasilkan permukaan yang glossy. Tingkat glossy dipengaruhi oleh dua hal. Faktor pertama adalah dari bahan granit yang Pins gunakan serta mesin poles yang dipakai.

Leather Finished

Granit ada yang permukaannya bertekstur seperti kulit. Proses finishing sama dengan granit polished. Hanya saja perbedaannya terlihat dari media abrasive yang dipakai sehingga teksturnya seperti kulit.

Sandblasting

Proses ini memiliki tujuan untuk membuat permukaan granit agar tidak terasa licin. Perbedaannya dari granit sandblasting dan flaming ialah proses dan hasil akhirnya. 

Sandblasting memakai mesn khusus sehingga permukaan granit akan lebih halus dari flaming. Meskipun begitu granit dari proses ini tidak akan sehalus polished ataupun leather finished.

Flaming

Proses flaming yakni membuat granit dibakar pada suhu tertentu sehingga tekstur permukaannya cenderung kasar. Permukaannya terasa lebih kesat walaupun dalam keadaan basah sekalipun.

Secara visual granit memang cantik entah sebagai bahan lantai, dinding maupun furniture. Bobotnya lumayan berat namun tahan akan berbagai suhu dan cuaca.

Granit dinding kamar tidur kini semakin banyak digunakan untuk menonjolkan kesan mewah. Warna pilihannya banyak dan mengkilap serta mudah untuk dibersihkan.

Baca juga : 10 Aturan Fengshui Kamar Tidur Untuk Tingkatkan Hoki


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Alat Potong Keramik Manual Terbaik

Alat Potong keramik terbagi menjadi dua yaitu manual dan otomatis atau yang lebih dikenal dengan al

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Harga dan Motif Keramik Dinding Kamar Mandi 25x40

Keramik dinding kamar mandi ukuran 25x40 cm adalah yang biasa dipakai. Tapi ada cara tersendiri unt

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Daftar Harga Plat Besi Semua Jenis dan Ukuran, Terbaru 2022

Plat besi merupakan salah satu material bangunan yang dibutuhkan saat membuat konstruksi bangunan.

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Terbaru 2022! Harga Borongan Pengecatan Tembok Per Meter

Cat dinding rumah tampak perlu dicat ulang karena sudah kusam? Atau sekadar ingin mengganti suasana

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia