BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Aturan Feng Shui Kamar Tidur Untuk Tingkatkan Hoki
0
0

10 Aturan Feng Shui Kamar Tidur Untuk Tingkatkan Hoki

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Apr 4, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Kamar tidur merupakan tempat paling sering digunakan penghuni rumah dalam keseharian. Untuk menambah energi positif saat beraktivitas di dalam rumah tak ada salahnya mengikuti aturan Feng shui kamar tidur. 

Menurut kepercayaan Tionghoa bila kamar tidur mengandung energi chi yang baik juga akan membawa hoki. Selain itu Feng shui kamar tidur menitikberatkan keseimbangan yin dan yang

Dalam penataan kamar tidurnya Feng shui memberikan instruksi dengan jelas. Baik arah maupun hal-hal yang dilarang untuk ada di kamar tidur sebagai berikut:

Dominasi Warna Bumi

feng shui kamar tidur dengan warna bumi
Source : Shutterstock

Warna bumi sangat direkomendasikan sebagai cat dinding atau yang mendominasi kamar tidur. Warna Feng shui kamar tidur yang direkomendasikan bisa berupa terakota, peach, creamy, kuning pucat hingga putih.

Cat dengan warna gelap yang mengandung unsur air malah perlu dihindari. Misalnya warna hijau, biru maupun hitam karena warna tersebut dapat membuat penghuni kamar mudah lelah. 

Sementara untuk perabotannya bisa memakai unsur logam. Warna alami konstruksinya dapat dipertahankan untuk menandakan kemurnian dan ketajaman. 

Baca juga:

Benda Berpasangan

warna biru pada kasur dan kelambu untuk feng shui kamar tidur
Source : Shutterstock

Kamar tidur juga dilengkapi dengan ornamen berpasangan agar memberikan kesan romantis pada ruangan kamar tidur. Dekorasi kamar tidur dengan benda berpasangan bisa dimulai dari perlengkapan tidur.

Misalnya saja pada bantal dan guling serta Pins dapat pula meletakan meja nakas yang ditelakan di sisi kanan dan kiri ranjang. Setiap meja dapat dilengkapi pula dengan lampu duduk.

Benda berpasangan sebaiknya memiliki bentuk simetris. Pins bisa menambahkan hiasan bebek mandari sebagai simbol cinta tertinggi dalam Fengshui.

Posisi Tempat Tidur yang Dihindari

feng shui kamar tidur dengan posisi kasur dekat jendela
Source : Shutterstock

Letak kasur tidak boleh sejajar dengan pintu dan harus jauh dari toilet. Area kamar tidur dapat di area belakang. Kasur tidak boleh pula menghalangi sirkulasi udara atau membelakangi jendela.

Pindahkan furniture besar di samping kasur. Sebaiknya posisi ranjang menghadap ke arah pintu secara diagonal. Posisi tidur menghadap selatan, utara maupun timur laut juga perlu dihindari.

Pastikan ukuran tempat tidur pas yakni tidak terlalu besar maupun terlalu kecil. Untuk dua orang idealnya 5-8 meter dan bagi satu orang sekitar 3-4 meter persegi.

Pengaturan Tinggi Berdasarkan Feng Shui Kamar Tidur

tinggi kasur dalam feng shui kamar tidur
Source : Shutterstock

Untuk menghemat ruangan maka ketinggian dipan akan diatur sedemikian rupa. Ketinggian dipan rendah namun tidak cukup sebagai rak tambahan. Tujuannya agar sirkulasi udara di sekitar kasur tetap terjaga.

Kasur juga dipasang headboard dengan permukaan halus dan empuk. Alasannya agar suara pintu ketika dibuka tutup mencegah getaran sehingga kualitas tidur tetap terjaga. Sementara peletakan lampu gantung pada plafon tidak berada tepat di atas kasur.

Menjauhi Sudut Tajam

Bagian sudut tajam perlu dihindari karena dianggap sebagai panah beracun. Hal ini mengarahkan energi positif menjauhi penghuni kamar sehingga suasana cenderung gelisah.

Furniture bersudut tajam patut Pins hindari dan lebih memilih furniture dengan garis lengkung. Pins dapat pula menghiasi sudut perabotan seperti meja dengan kain sehingga efek mengalir tercipta.

Baca juga:

Posisi Cermin Menurut Feng Shui Kamar Tidur

pemakaian cermin dan kursi dalam feng shui kamar tidur
Source : Shutterstock

Bila menempatkan cermin dalam kamar tidur jangan berada di sisi berlawanan dengan kasur. Letakan di samping maupun di atas tempat tidur. Cermin mampu mengumpulkan energi di seluruh ruangan.

Selain itu cermin sering dianggap sebagai undangan bagi orang ketiga agar tidak ikut campur dalam hubungan berpasangan. Jangan letakan benda-benda dekoratif di depan cermin tersebut.

Tidak lupa karena adanya cermin maka kamar tidur harus selalu tertutup. Hal ini akan menghalau energi negatif dalam toilet tidak terserap dalam cermin.

Elemen Kristal Dalam Feng Shui Kamar Tidur

feng shui kamar tidur
Source : Unsplash

Feng shui kamar tidur mengajarkan energi baik mampu masuk dalam elemen kristal. Pins dapat menempatkan lampu kristal sehingga energi kekuatan hidup terpancarkan di dalam ruangan.

Energi Qi akan otomatis masuk ke kamar tidur dan memberikan keharmonisan. Selain itu Pins perlu menambah dekorasi dinding dengan ornamen kristal seperti piring pajangan.

Letak Sumber Cahaya Menurut Feng Shui Kamar Tidur

feng shui kamar tidur
Source : Shutterstock

Pencahayaan alami lebih dianjurkan untuk kamar tidur. Untuk menciptakannya bisa memakai jendela kaca yang lebar. Cahaya matahari akan masuk dengan mudah ke dalam kamar tidur.

Pilih lampu dengan warna putih yang hangat dan terang. Lampu yang redup akan menghindarkan hoki bagi penghuni kamar tidur. Oleh karena itu Pins perlu menghindari lampu dengan warna kuning ataupun putih silau.

Letak Tanaman Menurut Feng Shui Kamar Tidur

tanaman dalam feng shui kamar tidur
Source : Shutterstock

Tidak lupa tempatkan tanaman pohon uang di sudut kamar. Tanaman ini mencegah stagnasi energi pada bagian sudut ruangan. Pins dapat pula menambahkan tanaman berdaun hijau yang menandakan ketenangan dan energi baru.

Tanaman yang memiliki daun bundar dapat melambangkan simbol kemakmuran. Hindari pula tanaman berduri karena mampu menolak energi positif. Beberapa tanaman dapat pula membersihkan udara kotor dalam kamar tidur.

Baca juga:

Kerapian

jendela boven dalam feng shui kamar tidur
Source : Shutterstock

Sebaiknya singkirikan barang-barang yang tidak terpakai. Jangan suka menumpuk barang-barangmu sembarangan tempat. Kerapian sangat berperan penting dalam Feng shui kamar tidur.

Kamar tidur yang teratur membawa keteraturan energi positif dalam ruangan tersebut. Usai bangun tidur lekas rapikan perlengkapan tidur. Sisihkan waktu untuk membersihkan kamar tidur sebelum berangkat kerja.

Buka jendela agar sirkulasi udara dapat berjalan dengan baik. Singkirkan benda yang menyerap energi. Misalnya saja TV, komputer maupun peralatan kebugaran. Letakan saja di ruangan terpisah agar ketika di kamar tidur tetap fokus beristirahat.

Aturan Feng shui kamar tidur mampu meningkatkan hoki pada penghuninya. Setiap aturannya memiliki maksud tertentu khususnya mempertahankan energi positif. Jaga pula kerapian dan kebersihan kamar tidur agar tidur tetap berkualitas.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image: Shutterstock

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download