BlogPemilik PropertiDesain Hunian9 Motif Plafon Kamar Tidur Unik dan Estetik
0
0

9 Motif Plafon Kamar Tidur Unik dan Estetik

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi Ratnasari

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Motif plafon kamar tidur umumnya polos padahal ada banyak bahan dan motif yang beredar. Plafon ada yang terbuat dari material GRC, PVC, kayu dan lainnya.

Dekorasi kamar tidur Pins dengan motif plafon yang unik agar kamar tidur terlihat lebih estetik. Manfaat lainnya adalah untuk menutupi atap serta mencegah kotoran langsung ke lantai. 

9 Motif Plafon Kamar Tidur

Motif plafon kamar tidur ada yang berupa permukaan datar hingga menggunakan cetakan seperti moulding. Jika Pins penasaran seperti apa motif plafon yang dimaksud, yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Motif Abstrak

motif plafon kamar tidur dengan lampu gantung di tengah ruangan
Source : Shutterstock

Motif plafon kamar tidur dapat disesuaikan dengan wallpaper dinding. Pins bisa menggunakan motif abstrak dengan warna kalem. Misalnya warna putih, abu-abu hingga hijau muda.

Jika ingin menggunakan banyak motif pada furniture seperti headboard atau karpet maka gunakan warna yang kontras dengan lantai. Pins bisa memadukan furniture yang bermain garis simetris.

Padukan warna lantai dengan pintu untuk mempertegas ruangan. Pins bisa memakai lantai kayu dan bagian plafon ditambahkan lampu gantung. Plafon dibuat bertingkat agar nampak lebih berdimensi.

Motif Batik Timbul

motif plafon kamar tidur timbul bentuk batik
Source : Shutterstock

Langit -langit ruangan bisa diperindah dengan motif timbul denganmemakai satu warna saja namun ukirannya berukuran sedang. Tak perlu membuat ukiran ke seluruh langit-langit. Pins cukup menempatkannya di tempat yang strategis di mana bisa langsung terlihat oleh penghuni rumah.

Misalnya di bagian tengah ruangan maupun di sudut ruangan. Ukiran motif plafon kamar tidur dengan model timbul biasanya memakai desain batik. Ukirannya berupa tanaman maupun bunga yang sedang kuncup. 

Baca juga:

Motif Mirroring

Source : Shutterstock

Bahan kaca bisa jadi plafon yang unik. Tampilan langit-langit ruangan akan mencerminkan apa yang ada di ruangan tersebut. Pemilihan warna cermin yang paling umum adalah grey mirror, bronze mirror dan gold mirror.

Kini ada pula varian warna lainnya dengan teknologi cermin doft ataupun matte. Seiring berjalannya waktu warna gelap kian populer seperti glasstone black maupun glasstone grey. Alternatif plafon kaca lainnya adalah memakai PET hairline glass dengan bahan baku kaca film.

Motif Dalmation

motif plafon kamar tidur dalmation dengan bahan dasar kayu
Source : Pexels

Bagi yang suka dengan gaya kamar tidur bernuansa alam bisa mencoba pilihan desain ini. Motif plafon kamar tidur ini tak harus hitam putih namun coklat hitam. 

Desain plafonnya bisa disesuaikan dengan dinding dan furniture meja pada ruangan tersebut. Sementara lampu lebih ditepatkan di dinding daripada ceiling. Pilih warna lampu kuning agar ruangan lebih terasa hangat dan homey.

Untuk mempertegas beberapa area bisa dengan pemakaian warna tertentu. Misalnya hitam dan putih polos bagi vas bunga maupun bingkai foto dan lukisan.

Motif Geometris

Source : Pexels

Motif geometris terlihat menarik untuk plafon dengan warna polos. Apalagi jika langit-langitnya cenderung rendah. Penggunaan warna putih mampu membuat ruangan terasa lebih lega atau lapang.

Kombinasikan dengan material kayu agar terkesan hangat. Bagian lantai menggunakan material kayu dan dilengkapi karpet bulu berwarna senada lemari.

Motif Keramik Terakota

motif plafon kamar tidur terakota dengan lampu gantung
Source : Pexels

Apabila ruangan didominasi motif polos maka bagian atap bisa lebih dekoratif. Gunakan keramik terakota yang senada dengan warna lantainya. 

Untuk memperkuat plafon ditambahkan rangka baja. Sedangkan langit yang tinggi dapat Pins manfaatkan untuk menempatkan kipas dan lampu gantung. Langit-langit yang tinggi juga membuat ruangan terasa lebih lapang dan peredam suara terbaik.

Baca juga:

Motif Papan Catur

motif plafon kamar tidur seperti papan catur
Source : Pexels

Hunian Jepang khususnya kamar tidur sering mengandalkan motif polosan. Dari kesederhanaan ruangan tetap terasa elegan. Pins bisa memakai motif papan catur untuk bagian plafon.

Kombinasi warnanya tidak harus hitam putih namun juga abu-abu putih agar cahaya terpantulkan dengan baik ke seluruh ruangan. Penerangan kamar tidur dengan motif plafon kamar tidur ini bisa memakai lampu duduk.

Motif Floral

motif plafon kamar tidur floral sama dengan headboard kasur
Source : Unsplash

Motif wallpaper dinding sering menginspirasi plafon missalnya saja motif floral yang semarak seperti di atas. Motif plafon kamar tidur ini menyebar hingga kedinding namun tidak sampai menyentuh lantai. Tujuannya sebagai perbedaan antara batas dinding bawah dan atas.

Motif Anyaman

motif plafon kamar tidur dengan rangka bambu
Source : Unsplash

Bagi kamar tidur yang tidak mempunyai banyak furnitur bisa mengandalkan plafon anyaman. Dipadukan dengan kayu sebagai penyangga dan memperkuat plafon tersebut.

Plafon seperti di atas harus esktra hati-hati dalam pemasangannya. Plafon disusun serapat mungkin agar mencegah kebocoran atap. Percantik motif plafon kamar tidur dengan diberi pernis agar meningkatkan estetikanya.

Motif Semen Aci Ala Industrial

motif plafon kamar tidur dengan semen yang diaci
Source : unsplash

Terakhir ada gaya industrial yang bisa Pins pilih. Bagian atap tidak melalui proses full finishing. Warna alaminya terlihat jelas atau seperti belum jadi.

Pins bisa memakai semen plesteran, batu bata ataupun PVC menjadi pilihan yang tepat. Bagian dinding maupun lantai juga disesuaikan dengan warna dasar plafon. 

Konsep industrial umumnya memakai bahan bekas sebagai furniture. Pipa atau kabel tak jarang ditampilkan dan ruangan dikombinasi dengan warna logam.

Baca juga:

Bagaimana Cara Merawat Plafon?

Source : Pexels

Motif plafon kamar tidur yang unik dan indah harus dibarengi dengan perawatan yang tepat. Pemeliharaannya juga memperhatikan material plafon itu sendiri seperti di bawah ini:

  1. PVC: Bersihkan setiap seminggu sekali bisa dengan sapu ijuk atau kain. Jika ada kebocoran segera perbaiki agar tidak merambat kemana-mana.
  2. Akustik: Semprotlam deterjen ke permukaan plafon kemudian sapukan secara merata. Lakukan pembersihan setiap 2 bulan sekali.
  3. Gypsum: bila muncul retakan maka korek bagian yang rusak lalu tutup dengan bahan gypsum powder yang telah diaduk dengan air. Ratakan memakai penggaris atau triplek dan tunggu hingga kering. Tutupi memakai cat plamur dan ampelas halus.
  4. Kayu: plafon bisa dibersihkan setiap 2 bulan sekali. Saat pembersihan lakukan cat kembali atau pelitur.
  5. Bambu: Plafon bambu dengan penutup alang-alang perlu perawatan khusus. Apalagi jika lingkungannya sering dilanda hujan maka setiap lima tahun sekali bahannya perlu diganti baru dan dibuat 7 lapis.

Motif plafon kamar tidur bisa dibuat tidur agar terlihat lebih hemat. Jangan lupa untuk merawat plafon disesuaikan dengan bahannya.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image: Unsplash

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download