15 Perbedaan Granit dan Keramik, Pilih Mana?

Diperbarui oleh Aileen Velishya ∙ October 4, 2022 ∙ 6 menit membaca

Salah satu bahan yang sering dijadikan sebagai lantai adalah granit dan keramik. Meski sama-sama dipergunakan sebagai lantai, kedua bahan ini sangat berbeda lho! Bagi Pins yang penasaran tentang perbedaan granit dan keramik, di sini Pinhome akan membagikan informasi lengkapnya.

Jika berbicara lantai rumah, tentu kita tidak bisa memilih material lantai secara sembarangan. Hal ini harus dipertimbangkan secara matang agar tak menyesal di kemudian hari. Bukan tanpa alasan, keramik lantai adalah bagian dasar di rumah yang akan diinjak bahkan tergesek barang-barang yang berada di atasnya.

Oleh karena itu, keramik lantai ini haruslah terbuat dari material terbaik agar kuat dan tahan lama. Selain itu, Pins juga perlu mempertimbangkan nilai estetika yang dihasilkan oleh lantai ini. Seperti menentukan motif keramik lantai, memilih ukuran keramik lantai, hingga memilih antara material granit atau keramik.

15 Perbedaan Granit dan Keramik

cara menghitung kebutuhan keramik toilet
(Popbela)

Pasalnya, keramik dan granit merupakan dua material lantai yang paling banyak digandrungi hingga kini. Jika kamu bingung memutuskan untuk membelinya, berikut ini perbedaan granit dan keramik yang bisa kamu pertimbangkan.

Bahan Dasar

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, meski sama-sama dipergunakan untuk lantai, perbedaan keramik dan granit cukup banyak. Salah satunya pada bahan dasar pembentuk keramik dan granit. Keramik terbuat dari tanah liat yang dibentuk dan dibakar. 

Namun saat ini tanah liat juga dicampur dengan feldspar, lempung bola, kuarsa, air dan kaolin supaya kualitasnya lebih baik. Sedangkan granit dibuat dari material campuran feldspar, kuarsa, amfibol, mika dan beberapa mineral tambahan yang membuat tampilannya cukup unik.

Baca juga: 5 Pilihan Granit Lantai Terbaik untuk Dalam Ruangan

Cara Pembuatan Keramik

Cara pembuatan keramik adalah dengan pembentukan tanah liat yang kemudian dibakar pada suhu tinggi. Setelah itu di bagian atas keramik akan diberikan lapisan glaze yang mana akan membuat tampilan mengkilap pada keramik. 

Cara Pembuatan Granit

granit lantai terbaik
(Pinterest)

Cara pembuatan granit terjadi secara alami, yaitu batuan yang dibentuk dari magma panas yang beku akibat tekanan. Oleh karena itu, granit membutuhkan proses pemotongan dan pressing agar permukaannya lebih rata.

Baca juga: Rekomendasi Keramik Lantai Minimalis

Tingkat Kepadatan

Selain bahan dasar yang digunakan berbeda, perbedaan granit dan keramik lainnya juga dapat dilihat dari tingkat kepadatan kedua material lantai ini. Pada keramik, tingkat kepadatan berada pada kisaran 2-6 g/cm3, sedangkan granit memiliki tingkat kepadatan 2,65-2,75 g/cm3.

Baca juga: 6 Cara Membuat Keramik Lantai dari Awal Hingga Jadi

Lapisan

Perbedaan Granit dan Keramik
(Pixabay)

Hal yang kamu bisa perhatikan dari perbedaan keramik dan granit ini adalah lapisannya. Pada granit tidak memiliki lapisan karena sifatnya homogen baik dari warna dan kekuatannya. Berbeda dengan keramik yang memiliki dua lapisan. 

Pada lapisan pertama keramik dilapisi dengan glazur, yaitu lapisan tipis yang mirip seperti kaca dengan ketebalan 1-2 mm. Sedangkan lapisan selanjutnya yaitu bahan dasar keramik itu sendiri, tahan liat yang telah dicampur dengan beberapa bahan campuran lain dan dibakar.

Baca juga: 11 Rekomendasi Keramik Lantai Motif Kayu untuk Rumah

Sifat

Sifat dari granit sendiri memiliki kekuatan yang cukup kuat dan keras. Berbeda dengan keramik yang lebih rapuh dan kaku. Oleh karena itu, granit sering digunakan pada rumah-rumah yang membutuhkan dasar yang kokoh. Harganya pun cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan keramik. Hal ini karena daya tahan granit yang dihasilkan dari bentukan batuan intusif, felsic dan igneus.

Suhu Pembakaran

Suhu pembakaran kedua material lantai ini pun berbeda lho! Pada keramik, umumnya akan melalui pembakaran dengan suhu 1000°C. Sedangkan pada granit memerlukan pembakaran dengan suhu 1230°C.

Nilai Kuat Tarik Lentur

Model keramik dapur semen
(tileflair)

Nilai kuat tarik lentur (modulus of rupture) adalah kemampuan suatu material keras yang diletakkan pada dua dataran yang ditujukan untuk menahan gaya tegak lurus sumbu pada benda yang diuji sampai beda uji patah. Pada nilai kuat tarik lentur granit umumnya adalah 450 kg/cm2, sedangkan keramik memiliki nilai kuat tarik lentur yang lebih kecil, yaitu sekitar 300 kg/cm2.

Baca juga: 11 Rekomendasi Keramik Motif Kayu untuk Hunian Minimalis

Tingkat Kerataan

Meski keduanya cenderung memiliki permukaan yang rata, namun terdapat perbedaan granit dan keramik, terutama pada tingkat kerataan. Kemungkinan ketidakrataan pada keramik masih cukup besar dibandingkan dengan granit. 

Hal ini karena pada saat pelapisan glaze yang menggumpal atau tidak merata. Sedangkan pelapisan glaze pada granit melalui proses pressing yang membuat tingkat kerataan pada granit lebih tinggi dibandingkan dengan keramik.

Window Frame

Window frame adalah area di tepian granit maupun keramik yang tidak terkena zat pewarna. Pada keramik, window frame akan tampak seperti bergelombang. Sedangkan pada granit window frame terlihat rata dan lebih presisi.

Warna

perbedaan granit dan keramik
(Freepik)

Perbedaan keramik dan granit selanjutnya adalah pada warna. Warna yang dimiliki granit memiliki warna yang lebih cerah jika dibandingkan dengan keramik. Namun perlu diketahui bahwa tingkat kecerahan yang tinggi berarti penyerapan airnya lebih rendah. Oleh karena itu keramik memiliki daya serap air yang lebih baik.

Daya Serap Air

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa keramik memiliki daya serap air yang lebih baik jika dibandingkan dengan granit. Umumnya keramik memiliki daya serap air 7% yang mana dapat mempercepat proses penyerapan air itu juga. Sedangkan pada granit hanya memiliki daya serap air 0,05%.

Ukuran

Jika dilihat dari gambar perbedaan granit dan keramik di atas, tentu dapat diketahui bahwa ukuran kedua material ini cukup beragam. Namun pada granit ukuran terkecilnya adalah 40 x 40 cm. Sedangkan ukuran keramik bisa mencapai 25 x 25 cm.

Baca juga: 81 Template Undangan Pernikahan Siap Edit Gratis

Motif

perbedaan granit dan keramik
(CountryFloor)

Perbedaan granit dan keramik yang paling mencolok juga dapat dilihat dari motifnya. Pada keramik umumnya memiliki motif yang lebih bervariatif. Sedangkan granit hanya memiliki motif khas yang mana terbuat secara alami.

Baca juga: Inilah 10 Desain Rumah Minimalis Terkeren Saat Ini

Harga

Umumnya harga keramik lebih murah jika dibandingkan dengan granit. Hal ini karena proses pembuatan granit yang lebih panjang dan sulit karena dibuat oleh alam. Umumnya harga keramik dibanderol dari Rp40.000. Sedangkan granit dibanderol dengan harga yang lebih tinggi sekitar Rp135.000.

Itulah informasi mengenai perbedaan granit dan keramik yang bisa menambah pengetahuan Pins. Semoga bermanfaat!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Gadget
Gadget 12 Rekomendasi HP Vivo 3 Jutaan Cocok Untuk Gaming!

Smartphone terbaru selalu menjadi pilihan menarik bagi para pecinta gadget. Kali ini, artikel berik

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Desain Atap Bambu Unik & Cara Membangunnya

Desain atap bambu unik dan menarik serta kental dengan nuansa tradisional. Atap seperti ini cocok u

Lifestyle
Lifestyle 50 Ucapan Ulang Tahun Untuk Istri Menyentuh Hati

Hari ulang tahun adalah hari yang paling berbahagia untuk seseorang, termasuk pasangan kamu. Ucapan

Finansial
Finansial Pengertian Equity Hingga Cara Menghitungnya, Cek Di sini!

Apa itu equity? Equity adalah istilah yang sering digunakan pada investasi. Terkait investasi, jika

Finansial
Finansial 10 Forum Crypto Indonesia dan Global Sebagai Sarana Berdiskusi

Untuk mempelajari dan menguasai crypto, kini semakin mudah karena banyaknya forum crypto Indonesia

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia