BlogPemilik PropertiDesain HunianCara Memilih Meja TV Kamar Tidur dan Beragam Modelnya
0
0

Cara Memilih Meja TV Kamar Tidur dan Beragam Modelnya

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Di kamar tidur biasanya diletakan meja TV menghadap ranjang agar lebih leluasa menikmati aneka hiburan di atas kasur. Hadirnya meja TV kamar tidur selain sebagai tempat alat elektronik juga berfungsi untuk dekorasi ruangan.

Cara Memilih Meja TV Kamar Tidur Ideal

Jika Pins ingin menggunakan meja TV kamar tidur ada beberapa poin yang perlu diperhatikan. Selain perihal tinggi meja TV kamar tidur ada poin-poin berikut ini yang perlu dipertimbangkan agar nyaman saat menonton TV.

Perhatikan Luas Ruangan

meja TV kamar tidur berbentuk ambalan
Source : Pexels

Sebelum membeli meja TV kamar tidur pastikan dulu luas ruangan tersebut.  Luas ruangan tentu akan mempengaruhi ukuran perabotan yang ditempatkan. Jika furniture terlalu besar akan membuat ruangan terasa pengap.

Apabila furniture dan TV terlalu kecil juga tidak enak dipandang mata. Tentukan lokasi dudukan untuk menonton TV. Apakah akan menonton di atas kasur atau perlu menempatkan sofa duduk.

Pins dapat memakai teknologi curved TV untuk menyesuaikan desain ruangannya. Teknologi ini bahkan membantu menentukan posisi sudut pandang terbaik sehingga menonton TV lebih nyaman.

Jangan lupa untuk memperhatikan detail instalasi elektrikal. Tak jarang pemilik rumah menambahkan perangkat elektronik lainnya seperti audio system, home theater maupun perangkat gaming.

Colokan listrik harus berada dekat dengan meja TV. Dengan begitu instalasi TV nanti akan lebih mudah.

Baca juga:

Pastikan Ketinggian Meja TV

wanita sedang memegang remot menghadap meja TV kamar tidur
Source : Shutterstock

Selanjutnya hitung ketinggian dengan meteran dari posisi duduk dengan meja TV kamar tidur. Bila bingung mengetahui ketinggian layar TV bisa kalikan ukuran layar diagonalnya dengan 0.49. 

Setelah itu ambil ketinggian posisi ideal lalu kurangi setengah tinggi layar TV sehingga mendapatkan bagian tengah layar. Meja TV kamar tidur yang proposional harusnya lebih panjang 1.5 kali dari ukuran TV. 

Pins dapat memilih meja yang memiliki sisa ruang minimal 3 inci lebih besar dari ukuran TV khususnya bagian kanan kirinya. Adapun jarak antara TV dengan lokasi duduk berdasarkan ukurannya bisa disimak sebagai berikut :

Ukuran TVJarak Untuk TV 4KUkuran TVJarak Untuk TV 1080p
40 inci1 meter80 inci2 meter
42 inci1.06 meter84 inci2.1 meter
48 inci1.2 meter96 inci2.4 meter
50 inci1.27 meter100 inci2.5 meter
55 inci1.39 meter110 inci2.79 meter
60 inci1.5 meter120 inci3 meter
65 inci1.6 meter130 inci3.3 meter
75 inci1.9 meter150 inci3.8 meter

Tentukan Posisi Penempatannya

meja TV kamar tidur lengkap dengan sofa
Source : Pexels

Posisi meja TV tidak boleh menghalangi sumber cahaya. Baik sumber cahaya dari ventilasi maupun lampu.  Posisi cahaya paling baik datang dari sisi kanan atau kiri TV.

Jika meletakan meja TV tepat di depan sumber cahaya akan membuat layar TV silau. Pins dapat menggunakan lampu plafon dibandingkan lampu gantung. Bila tetap ingin memakai lampu gantung maka atur tidak terlalu rendah ketinggiannya.

Dalam memilih meja TV kamar tidur selain memperhatikan luas ruangan juga perlu tahu jarak pandang ideal. Dengan begitu ketika menonton tetap nyaman dan menjaga kesehatan mata.

Jenis Material Meja TV Kamar Tidur

meja TV kamar tidur menghadap raniang
Source : Pexels

Material meja TV ada banyak sekali mulai dari logam, kayu hingga kaca. Setiap bahannya memiliki keunggulan masing-masing diantaranya adalah :

Logam

Bahan logam tergolong kokoh dan berat. Cocok sekali untuk kamar tidur dengan konsep industrial. Warnanya netral dan terkesan elegan seperti abu-abu, hitam hingga emas.

Untuk merawat bahan ini sederhana cukup memakai kain lembab. Jika bernoda tinggal tambahkan detergen agar tetap mengkilap.

Kayu

Kayu ada yang memiliki kepadatan tinggi dan lunak. Kayu lunak umumnya dari randu, pinus dan pule. Sementara kayu dengan kepadatan tinggi seperti jati dan mahoni.

Ada pula kayu olahan seperti fiberboard, high pressure laminate, serta particle board. Fingerboard kepadatannya sedang dan permukaannya lebih halus. Particle board unggul karena bobotnya ringan dan mudah dibersihkan.

High pressure laminate mampu menahan tekanan tinggi dan corak serta warnanya lebih beragam. Kayu ini antigores bahkan anti air namun mudah terkelupas. 

Kayu dengan kepadatan tinggi lebih stabil dan kuat. Kayu dengan kepadatan lunak cenderung mudah dibentuk dan ringan.

Kaca

Meja bahan kaca terlihat bersih dan rapi. Desainnya ada yang transparan sehingga tampil stylish dan modern. Meja kaca perlu dibersihkan secara berkala dan hati-hati karena beresiko pecah.

Baca juga:

Model Meja TV Kamar Tidur

laki-laki menonton meja TV kamar tidur
Source : Shutterstock

Ada dua model meja TV yakni dengan rak atau tanpa rak sama sekali. Pilih desain dan warna meja TV yang pas dengan interior ruangan.

Meja Tanpa Rak

Meja tanpa rak memberikan kesan lebih lega. Furniture seperti ini sangat pas untuk ruangan minimalis. Meja tanpa rak penyimpanan membuatnya tampak lebih ringkas.

Meja Dengan Rak Tertutup

Meja dengan rak tertutup direkomendasikan untuk TV yang memiliki banyak perangkat tambahan. Perangkat tersebut akan disimpan dalam laci penyimpanan sehingga lebih rapi.

Meja Kombinasi Rak Terbuka

Bila ingin menempatkan aksesoris berupa foto ataupun hiasan lainnya maka model meja ini paling pas. Rak penyimpanan dirancang terbuka sehingga mereka yang berada di kamar tidur dapat melihat dengan jelas barang yang dipajang.

Meja Dengan Rak Tertutup dan Terbuka

Terakhir adalah desain meja paling fleksibel. Pins dapat meletakan pajangan pada rak terbuka. Sementara rak tertutup untuk barang lainnya seperti majalah hingga perangkat elektronik lainnya.

Baca juga:

Source Feature Image: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download