BlogPemilik PropertiDesain HunianMengenal Apa Itu Wall Moulding Kamar Tidur dan Tips Mendesainnya
0
0

Mengenal Apa Itu Wall Moulding Kamar Tidur dan Tips Mendesainnya

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Apr 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Wall moulding kamar tidur membuat tampilan interior ruangan semakin cantik. Teknik dekorasi dinding ini sering digunakan oleh orang barat agar terkesan mewah.

Biasanya juga digunakan untuk ruang publik seperti ruang tamu. Teknik wall moulding kamar tidur dapat pula dipakai untuk menguatkan kesan interior Victorian, klasik maupun American style.

Apa Itu Wall Moulding?

wall moulding kamar tidur kombinasi wallpaper dinding
Source : Shutterstock

Wall mouding adalah teknik dekorasi dinding memakai bahan cetakan yang bentuknya disesuaikan dengan selera pemilik hunian. Cara pembentukan cetakannya dengan mengisi blok kosong memakai cairan.

Misalnya dari logam, plastik maupun gelas kemudian cairan dibiarkan mengeras. Ada pula yang menggunakan material terdiri atas list gypsum, cat tembok dan lem perekat atau cornice gypsum.

Material ini sangat populer dan mampu mengesankan rumah mewah. Ragam motifnya bisa berbentuk gambar, garis maupun molding kayu. Selain itu ada pula yang memakai wall moulding kamar tidur dengan bahan PVC.

Langkah pembuatannya dimulai dari menentukan desain dan bagian dinding yang ingin dijadikan wall moulding. Ukur dan gambar polanya dahulu di dinding dengan presisi.

Setelah itu potong dan tempel list gypsum pada dinding. Gunakan lem perekat untuk menempatkan list dengan dinding. Tunggu hingga mengering kemudian kombinasikan warna wall moulding dengan cat tembok.

Teknik dekorasi ini berguna untuk mengakali permukaan dinding yang kasar. Cetakan dinding mampu menampilkan ilusi kedalaman pada dinding.

Baca juga:

Kelebihan Wall Moulding

Wall moulding kamar tidur dekat ranjang dan cermin
Source : Shutterstock

Ada banyak kelebihan dari teknik dekorasi dinding ini. Baik dari segi visual maupun perbaikan untuk dinding yang kurang sempurna. Teknik bisa dilakukan secara mandiri maupun menyewa jasa wall moulding tersendiri. 

Fleksibel

Keunggulannya yang pertama adalah fleksibel untuk berbagai jenis gaya interior yang ingin dibangun. Tidak hanya untuk kamar tidur saja dapat pula diimplementasikan di dapur, kamar mandi maupun ruang keluarga.

Cetakan untuk wall moulding terbagi menjadi dua. Di antaranya adalah pelat diam atau stationary plate dan pelat bergerak atau moveable plate. Budgetnya bisa Pins sesuaikan dengan kebutuhan dan tetap menarik. 

Elegan dan Estetik

Dekorasinya terasa alami dan tidak berlebihan. Kamar tidur tetap terasa menawan walaupun memakai cetakan dinding yang menonjol. Teknik dekorasi ini dramatis dan lebih bagus ketimbang wallpaper dinding.

Dinding kamar tidur yang terlihat polos dan monoton dapat diakali dengan teknik ini. Kesan elegan dan estetik kental terasa. Pins bahkan menggunakan kreasi ragam list kayu dengan warna hitam, putih, abu-abu, ataupun coklat.

Wall moulding kamar tidur terlihat mahal. Hal ini membuat nilai rumah semakin tinggi. Pins mampu membuat gaya Victorial dengan bentuk yang sederhana. Moulding bisa disesuaikan dengan warna plafon maupun dinding.

Solusi Perbaikan Dinding

Dinding kamar tidur berlubang, kasar maupun tidak rata dapat menggunakan perbaikan dengan wall moulding. Moulding membuat bagian tertentu menjorok ke depan sehingga kesan permukaan dinding sekitarnya rata.

Pins tidak perlu membongkar dinding yang tidak sempurna tersebut. Cukup menutupinya memakai cetakan saja. Cara ini mampu menyembunyikan batasan antara plafon dan dinding yang tidak rata.

Wall moulding kamar tidurdapat sebagai solusi dinding rumah yang tidak simetris maupun tidak siku. Bagian seperti itu sering ditemukan pada bagian lantai maupun batasan dinding dengan plafon.

Ragam Motif dan Model 

Wall moulding memiliki banyak motif bisa berupa permainan garis-garis maupun pola gambar tertentu. Modelnya tak hanya berpacu pada dinding saja namun juga bisa digabungkan dengan plafon.

Cetakannya bisa menjalar dari dinding hingga ke langit-langit ruangan. Bahkan dapat pula untuk area sudut ruangan maupun mempertegas lantai pada area tertentu.

Estimasi harga wall moulding per meternya mulai dari Rp450.000-Rp600.000. Harga tersebut umumnya di kawasan Jabodetabek untuk spesifikasi kayu Meranti MC.

Baca juga:

Tips Wall Moulding Kamar Tidur

Source : Pexels

Jika Pins ingin menambahkan dekorasi ini namun masih bingung mulai dari mana maka bisa mengikuti tips berikut:

  1. Pilih dinding yang ingin ditambahkan moulding. Tetapkan ukuran moulding dan gambar
  2. Gunakan warna putih untuk desain klasik minimalis. Tujuannya agar ruangan terkesan lapang dan lebih hangat. Moulding mampu menonjolkan dinding yang hanya memakai warna polosan saja
  3. Wall moulding bisa Pins jadikan background ranjang. Pakai warna gelap agar ilusi kamar terasa lebih panjang
  4. Dekorasi moulding dapat Pins kombinasikan dengan lukisan. Pilih lukisan dengan warna yang kontras untuk mempertegas lukisan tersebut. Letakan di tengah moulding sebagai penjaga keseimbangan
  5. Jika ingin wall moulding kamar tidur diterapkan ke plafon maka jangan memenuhi keseluruhan langit-langit kamar tidur. Sambungkan wall moulding hingga 25 % dari ruangan atau tidak sampai ke bagian lampu gantung
  6. Pins dapat memakai warna off white dipadukan lampu berornamen gold agar terkesan lebih mewah. Bentuk moulding seperti bingkai foto
  7. Jika ingin memiliki dua warna maka pilih warna yang netral saja. Misalnya warna pastel seperti biru langit, pale yellow maupun coral
  8. Moulding dengan baha kayu dan gypsum mampu menciptakan kesan rapi dan lebih bersih pada ruangan. Pintu bisa pula ditambahkan crown moulding agar terlihat tidak terlalu biasa.

Wall moulding bisa Pins ciptakan dari berbagai bahan. Wall moulding kamar tidur merupakan solusi untuk permukaan dinding yang tidak sempurna. Pins dapat pula mengkombinasikannya dengan lukisan.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image: Shutterstock

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download