Pinhome

Lifestyle

Void Cantik Memperluas Ruang Sempit

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Rumah sempit bertingkat membuat sesak nafas siapapun yang berada di dalamnya. Kesan bangunan laksana lorong panjang yang berdiri horisontal. Kesan ini begitu kaku dan membosankan sehingga penghuni tidak dapat memiliki sirkulasi udara bebas dan pencahayaan yang cukup. Ada beberapa trik untuk membuat rumah bertingkat namun sempit berkesan lapang dan lega.

Selain menambahkan bukaan pada dinding rumah, serta ventilasi yang tertata baik. Keberadaan void ternyata juga sangat berpengaruh untuk memberikan kesan lega dan luas pada bangunan sempit bertingkat. Dengan beberapa trik khusus, ternyata void ini menjadi andalan untuk rumah sempit bertingkat. Untuk rumah dengan bangunan luas pun trik ini dapat Anda pakai secara maksimal.

Apa itu void?

Anda dapat menemukan void pada rumah bertingkat. Void adalah ruang kosong atau lantai hampa yang menghubungkan antara satu lantai dengan lantai yang lain. Biasanya void dibiarkan dengan kesan terbuka guna memberikan kesan lapang dan luas pada bangunan. Namun, void juga bisa dimiliki oleh rumah berlantai satu tanpa tingkat, jika memiliki plafon tinggi, dan membiarkan ruang kosong antara plafon tersebut. Kebanyakan masyarakat yang memiliki void pada rumah tak bertingkat memasanga lampu gantung yang cantik.

Merancang Void Guna Memperluas Ruang

Agar ruang dalam rumah bertingkat berkesan lapang maka void dapat di tempatkan pada jendela-jendela dengan bukaan lebar. Sehingga sinar matahari dapat masuk ruangan dan ruang berkesan terang dan lapang.

Void juga bisa menimbulkan kesan ruang pada lantai bawah terasa lebih luas dan tinggi. Apabila didukung sirkulasi udara yang baik, maka secara psikologis void akan terkesan lapang dan luas. Situasi kosong dan lapang yang menyatukan antar lantai justru akan menimbulkan kesan menyatu antar ruang dan memberi kesan yang lapang dan luas.

Anda juga bisa memasang void pada center point dari rumah Anda, yaitu terletak di tengah-tengah. Void akan berkesan luas dan melapangkan ruang sempit jika dibuat lurus keatas dengan letak void pada center point rumah Anda. Bagian atas void dapat dibuat berlubang atau transparan sehingga udara dapat masuk, serta cahaya matahari dapat leluasa menyapu ruangan.  Anda tertarik?

Tags :

Bagikan Artikel