BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Desain Rumah di Jalan Sempit dan Tipsnya
0
0

5 Desain Rumah di Jalan Sempit dan Tipsnya

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Mei 26, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Bagi sebagian orang, rumah gang menjadi solusi impian memiliki rumah, karena harganya yang tak semahal apartemen. Jika Kamu berencana membangun rumah, simak inspirasi desain rumah di jalan sempit berikut ini. Kamu bisa membangun rumah minimalis idaman Kamu yang tidak akan terlihat kumuh, meski letaknya di dalam gang.

Untuk membangun rumah gang minimalis sesuai impian Kamu bisa meminta bantuan arsitek. Kamu juga bisa menambah referensi pembangunan hunian melalui beberapa desain rumah minimalis di jalan sempit ini. Meski lahan dan akses terbatas, membangun rumah minimalis tidak menutup kemungkinan jika dilakukan perencanaan yang matang.

Baca juga: 

Desai Rumah di Jalan Sempit

Berikut ini adalah desain rumah di gang sempit yang bisa kamu tiru:

1. Desain Rumah Asri

Source : DIY Bunker

Desain rumah minimalis di gang sempit ini terlihat sangat menarik dan keren. Fasad yang mengesankan menarik perhatian ke rumah besar ini. Perpaduan dinding batu alam dan model pagar minimalis berwarna putih menjadi daya tarik tersendiri. Rumah ini dipercantik dengan tanaman hias outdoor seperti gantung Lee Kuan Yew.

2. Desain Rumah Kecil

Source : Go Cottage

Jika Kamu memiliki lahan terbatas, Kamu bisa mempertimbangkan desain berikut ini: Rumah ini terletak di jalan kecil di  London Raya dan lebarnya kurang lebih 2,8 meter. Jika berada di tengah lahan sempit, hal ini bisa dihindari dengan membangun secara vertikal. Rumah besar ini kecil namun tampak menawan. Rumah ini 2 lantai, 1 kamar tidur, 1 kamar mandi. Cocok untuk perumahan keluarga kecil.

3. Desain Rumah Compact

Source : TNG Architects

Inspirasi desain rumah minimalis di jalan sempit lainnya adalah gaya compact. Dengan keterbatasan lahan di gang, perumahan kompak bisa menjadi pilihan. Contoh rumah minimalis dan kompak adalah Casa dos Abrasos di Portugal. Arsitektur rumah ini berani, minimalis, dan dibangun dengan sempurna. Tertarik dengan desain  ini?

4. Desain Rumah Modern Minimalis

Source : Pin IMG

Selanjutnya adalah rumah minimalis di gang sempit ini merupakan hunian modern yang dibangun di atas lahan seluas 20 meter persegi. Desain rumah dua lantai ini dibangun secara vertikal dan dilengkapi balkon. Sebagian fasad terbuat dari kaca sehingga membuat rumah semakin sejuk dan menarik.

5. Desain Rumah Sederhana

Source : Arch Daily

Ingin membangun rumah minimalis bergaya sederhana di gang sempit? Rumah sederhana ini mungkin bisa jadi alternatif! Rumah ini bisa dibangun di lahan kurang dari 36 meter persegi lho? Hunian ini sederhana dan kecil, tapi keren.

Tips Menata Rumah Lahan Terbatas Agar Terlihat Luas

Berikut ini adalah cara menata rumah yang sempit agar terlihat lapang:

1. Pakailah Cat Warna Netral

Source : Pixabay

Warna-warna netral sering kali digolongkan sebagai ciri  rumah berdesain minimalis. Oleh karena itu, penggunaan  warna fasad seperti putih, abu-abu, coklat muda, dan krem ​​​​menjadi semakin populer di kalangan masyarakat.

Selain memberikan kesan minimalis, warna netral juga dapat memberikan nuansa sejuk dan bersih pada rumah Kamu. Oleh karena itu, warna-warna netral sangat cocok untuk memberikan kesan besar pada desain rumah yang terletak di gang-gang kecil.

2. Buat Dry Garden Jika Ada Lahan Terbuka

Dry garden bukan hanya bisa diterapkan pada perumahan berukuran besar, tetapi juga bisa pada rumah minimalis dalam gang.

Dengan adanya dry garden di dalam rumah, akan ada ruang kosong yang bisa dimanfaatkan untuk area bercengkrama dan santai dengan keluarga.

3. Gunakan Material Kaca Transparan

Jika rumah Kamu terletak di gang sempit, maka rumah Kamu akan menerima sinar matahari yang sangat sedikit. Hal ini dikarenakan sisi tiap rumah berdekatan. Untuk menciptakan rumah yang sehat dan minimalis sebaiknya banyak menggunakan material kaca agar cahaya alami dapat masuk.

4. Simpan Barang-barang Secukupnya

Source : Pixabay

Seperti yang Kamu ketahui, memilah barang merupakan salah satu kunci terpenting dalam menciptakan rumah minimalis. Lebih baik simpan barang-barang penting saja di rumahmu.

Jangan sekali-kali meletakkan perabot atau perlengkapan yang tidak penting atau bersifat dekoratif, terutama perabot atau perlengkapan yang terlalu besar. Hal ini sebaiknya dilakukan agar rumah terlihat lebih luas, bersih dan tertata.

5. Penyimpanan Vertikal

Daripada meninggalkan barang tergeletak begitu saja, gunakan rak atau tempat penyimpanan vertikal untuk menatanya kembali. Rak tidak hanya menjamin kerapian ruangan Kamu, tetapi juga  menghemat ruang di rumah Kamu. Tak hanya sebagai tempat menyimpan barang, keberadaan rak juga bisa menjadi elemen dekoratif yang menarik untuk menempatkan pameran atau koleksi.

Itulah dia desain rumah di jalan sempit dan juga tips untuk menata rumah dengan lahan terbatas, Semoga bermanfaat, Pins!

Baca juga:

Source feature image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi sewa rumah Batam dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   


Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download