BlogPemilik PropertiDesain Hunian8 Contoh Desain Rumah Atap Datar 1 Lantai yang Menarik
0
0

8 Contoh Desain Rumah Atap Datar 1 Lantai yang Menarik

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Putra

Nov 7, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Rumah atap datar saat ini semakin tran dan banyak diminati dalam beberapa tahun belakangan. Jenis atap yang satu ini banyak digunakan oleh mereka yang ingin mempunyai rumah dengan tampilan minimalis. Selain berguna sebagai pelindung rumah, atap juga dapat membuat tampilan rumah semakin bergaya dan modern. Pada artikel kali, Pinhome akan memberikan beberapa contoh model rumah atap datar 1 lantai yang menarik.

Atap data juga bisa diaplikasikan ke dalam berbagai desain dan bentuk rumah, salah satunya pada rumah 1 lantai. Walaupun mempunyai nama atap data, pada kenyataannya jenis atap yang satu ini memiliki bentuk yang sedikit miring, karena berguna untuk drainase air. Oleh karena itu, kamu tidak perlu takut atap akan mudah mengalami kebocoran pada saat musim hujan.

Mungkin kamu yang saat ini tinggal di Avoria Estate atau Intan Residence bermaksud untuk mencari ide tentang desain rumah atap datar 1 lantai, ya? Apalagi kamu yang tinggal di perumahan di bogor dan rumah second di Kec Bandung pasti ingin mencoba juga, bukan?

Baca juga: 

Kelebihan Atap Datar

Terdapat beberapa kelebihan jika kamu menggunakan atap datar pada rumah kamu. Berikut penjelasannya.

Memberikan Tampilan yang Lebih Modern

Dengan menggunakan atap datar, maka tampilan rumah kamu akan lebih terlihat modern karena bentuknya yang simple. Kamu juga dapat mengaplikasikan atap datar agar tampilan rumah kamu lebih menarik dilihat dan kekinian.

Dapat Menjadi Area Tambahan

Atap datar memberikan area tambahan untuk digunakan beraktivitas, sangat cocok diaplikasikan pada rumah kecil atau rumah 1 lantai. Area tambahannya dapat berupa kebun atap, area bersantai, teras tambahan, dan lain sebagainya.

Konstruksi yang Lebih Sederhana

Kelebihan utama desain atap yang satu ini yaitu konstruksinya yang lebih sederhan jika dibandingkan dengan atap konvensional. Atap rumah datar pun mempunyai pemasangan yang terbilang mudah dan murah, sehingga biaya pembangunan atap lebih terjangkau. Karena mempunyai konstruksi yang lebih sederhan, pemasangan atap rumah datar juga tentunya akan lebih cepat.

Contoh Desain Rumah Atap Datar 1 Lantai

1. Desain Atap Datar Minimalis

Metricon

Minimalis umumnya mengedepankan efisiensi dan tampilan yang lebih simpel. Warna-warna yang digunakan juga biasanya akan berwarna netral dan tidak terlalu mencolok. Contoh rumah atap datar 1 lantai minimalis di atas bisa kamu jadikan sebagai inspirasi untuk kamu tiru pada rumah kamu.

Hunian yang satu ini mempunyai desain yang simpel dan warna atap yang netral. Walaupun menggunakan konsep minimalis, akan tetapi rumah yang satu ini tetap memberikan kesan yang kekinian dan mewah.

2. Desain Rumah Minimalis Atap Datar dengan Teras yang Besar

Source : Yandex

Rumah atap datar 1 lantai yang satu ini menggunakan tren modern pada arsitektur dan desain interiornya. Seperti yang bisa kamu lihat, rumah yang satu ini menggunakan struktur kayu prefabrikasi. Kayu alami juga dipakai pada dekorasi permukaan dinding dan langit-langitnya.

Rumah modern yang satu ini memberi tahukan bagaiman cara membuat hunian pribadi berkualitas premium untuk keluarga kamu tercinta. Dengan catatan rumah tersebut dapat menjaga kenyaman dan privasi, dan juga tidak melanggar keharmonisan dengan alam di sekitarnya.

3. Rumah Atap Datar Sederhana

Source : Behance

Rumah atap datar sederhan yang satu ini sangat cocok untuk diterapkan pada rumah 1 lantai yang mengutamakan konsep efisiensi dan fungsional. Atap datar mempunyai konsep yang sederhan sehingga selaras dengan desain rumahnya.

Kombinasi atap datar berwarna hitam yang dipadukan dengan fasad rumah sederhana warna putih, sangatlah cocok untuk mempercantik tampilan eksterior rumah.

4. Rumah Minimalis Atap Datar yang Estetik

Source : Real Estate

Tidak hanya dibangun dengan bahan yang ramah lingkungan, rumah yang satu ini juga mempunyai desain yang cukup estetik seperti sebuah cafe. Strukturnya memang sengaja dibuat terpisah, akan tetapi ruangan di bagian dalamnya menyatu dengan teras yang ditutupi oleh kanopi. Pastinya, ide desain yang satu ini sangatlah cocok untuk kamu yang suka menghabis waktu kosong di teras depan rumah.

5. Atap Datar dengan Fasad Hitam

Source : Archipro

Tren untuk membeli atau membuat rumah satu lantai minimalis dengan desain arsitektur postmodern, memang menjadi sebuah perbincangan hangat saat ini. Salah satu contohnya bisa dilihat di atas, rumah yang mempunyai fasad serba hitam dengan bentuknya ala monolit.

Dapat dikatakan kalau bentuk rumah yang berbentuk persegi panjang dengan atap datar akan mempunyai peran yang sangat penting di sini. Karena dua komponen tersebut dapat mempengaruhi pencahaayn alami ke arah halaman dan juga interior rumah.

Bangunan yang satu ini juga terlihat sangat penuh gaya dan ekspresif, di mana penggunaan bahan alami membuatnya menyatu dengan lingkung di sekitarnya.

6. Rumah Atap Datar Industrial

Source : Homify

Bagi kamu yang menyukai desain rumah industrial, contoh yang satu ini dapat kamu jadikan sebagai referensi. Fasad rumah yang mempunyai banyak dekorasi alam sangat cocok dipadukan dengan desain atap datar minimalis berwarna putih cerah.

7. Rumah Atap Datar Elegan

Source : Behance

Jika kamu menyukai desain rumah yang elegan, contoh yang satu ini dapat kamu jadikan sebagai referensi. Atap datar berundak akan memberikan kesan yang elegan pada rumah yang sederhan. Bentuk dari atapnya juga menampilkan visual yang menarik karena mempunyai dua atap yang saling bertumpuk.

8. Rumah Atap Datar Mewah dan Modern

Source : New Housing

Desain rumah mewah sangatlah cocok di aplikasikan dengan atap datar agar memberikan tampilan yang lebih modern. Konsep modern mewah sendiri biasanya banyak menggunakan finishing glossy, kayu, logam, finishing emas, dan material marmer. kamu dapat menjadikan contoh diatas sebagai inspirasi rumah kamu.

Itu dia beberapa contoh desain rumah atap datar 1 lantai yang menarik. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Source feature image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi sewa rumah Batam dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   


Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download