Kamus Istilah Properti

Real Estate

istilah properti

Real Estate

Real estate adalah tanah dan semua bangunan fisik, termasuk semua benda yang melekat pada tanah tersebut, seperti gedung, pohon, dan pagar. 

Apa Itu Real Estate?

Real Estate
(matterport.com)

Pengertian real estate dapat dilihat dari penggunaan dua kata tersebut. Real memiliki arti kata royal atau kerajaan, dan estate memiliki arti kata tanah. Dalam bahasa Indonesia, real estat juga sering disebut dengan istilah lahan yasan.

Sementara itu menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), adalah tanah dan semua bangunan fisik, termasuk semua benda yang melekat pada tanah tersebut, seperti gedung, pohon, dan pagar. 

Real estate juga merujuk pada istilah hukum yang berkaitan dengan sebidang tanah dan lingkungannya beserta bangunan dan proyek yang ada di atas tanah tersebut.  

Namun, di era modern, pengertain yang hadir di tengah masyarakat dapat terdiri dari tiga kategori yaitu perumahan, industri, dan komersial.

Jenis Real Estate

Real Estate
(Freepik)

Real estat dapat dikelompokkan ke dalam tiga kategori besar berdasarkan penggunaannya, yaitu:

Residential

Residential adalah bangunan yang digunakan untuk tempat tinggal, misalnya untuk perumahan, rumah susun, dan kondominium. Di area residensial ini biasanya terdapat tempat bagi bisnis-bisnis kecil seperti minimarket dan industri rumahan.

Commercial

Commercial adalah real estate yang digunakan untuk keperluan komersial dan untuk memperoleh keuntungan. 

Beberapa contoh dari commercial real estate yaitu gedung perkantoran, gudang, hotel.

Industrial

Industrial adalah bidang usaha yang melekat di atas lahan. Beberapa contoh industri tersebut, yaitu: 

  • Bidang perkebunan, dalam hal ini juga mencakup pertambangan dan perhutanan.
  • Bidang perumahan, dalam hal ini terkait dengan hunian, perumahan multifungsi dan perumahan real estate.
  • Bidang komersial, yaitu bangunan yang digunakan untuk kegiatan usaha seperti perkantoran, pusat perbelanjaan, apartemen dan hotel.
  • Bidang industri, dalam hal ini termasuk industri ringan, menengah dan berat.
  • Berdasarkan pengelompokan tersebut, perumahan jenis ini dapat berupa bidang bangunan maupun perkebunan yang telah diikat oleh lahan tertentu dan dikelola oleh pihak perusahaan untuk kliennya.

Perbedaan Properti dan Real Estate

(mynwarealtor.com)

Mungkin sebagian dari Anda menganggap jika real estate dan properti adalah dua hal yang sama. Padahal kedua hal ini merupakan dua istilah yang berbeda. 

Properti dapat diartikan sebagai kepemilikan atas tanah ataupun bangunan yang melekat di atasnya. Properti dapat dikatakan bukan hanya memandang struktur bangunan yang melekat diatasnya, tetapi juga hak kepemilikan dan kepentingan atas lahan dan bangunan tersebut.

Sementara jenis properti ini lebih mengacu pada fisik (tanah dan bangunan) sedangkan properti tidak hanya mengacu fisiknya tetapi juga hak kepemilikan akan fisik (tanah dan bangunan).

Jadi dapat disimpulkan, jika jenis perumahan tersebut bisa disebut sebagai properti, tetapi tidak bisa memandang properti sebagai real estate.

Contoh Perusahaan Real Estate Besar di Indonesia

(bisnis.com)

Di Indonesia sudah banyak perusahaan yang berkecimpung di industri real estate. Berikut ini tiga yang terbesar:

PT Alam Sutera Realty Tbk

Salah satu contoh perusahaan real estate terbesar di Indonesia adalah PT Alam Sutera Realty Tbk. Perusahaan Indonesia yang bergerak di bidang pembangunan real estate ini banyak mengembangkan dan manajemen properti-properti tempat tinggal, tempat usaha komersil, tempat industri dan pusat perbelanjaan, kantor dan juga tempat rekreasi.

Perusahaan yang berdiri pada tahun 1993 oleh Harjanto Tirtohadiguno telah mencatatkan total lahan seluas 2.331.5 Hektar yang terletak di berbagai kota besar diantaranya Tangerang, Cianjur, Cimacan, Bali, Kuta, Tanjung Pinang dan Jakarta. 

Adapun proyek-proyek pembangunan dan pengelolaan yang dikerjakan oleh Alam Sutera Realty yaitu

  • Alam Sutera
  • Suvarna Sutera
  • Garuda Wisnu Kencana Cultural Park
  • Asri Sutera Jawa Barat, Selani Sutera Bagansiapiapi
  • Alang Sutera Tegal
  • Warna TV

PT Lippo Karawaci Tbk

Lippo Karawaci termasuk dalam deretan perusahaan realty terbesar di Indonesia yang telah berdiri sejak Oktober 1990 oleh Mochtar Riady. Berpusat di Tangerang, Lippo membangun perumahan realty pertama yang diberi nama Lippo Village tahun 1993. 

Pada tahun yang sama, Perseroan mulai mengembangkan Lippo Cikarang, sebuah kota mandiri dengan kawasan industri ringan yang yang terletak 40 km sebelah timur Jakarta.

Selanjutnya, Lippo mengembangkan Lippo Karawang, Lippo Karawaci dan Tanjung Bunga di Sumatera, dan mega proyek Meikarta. 

Lippo Karawaci mengembangkan portofolio usahanya mencakup:

  • Urban Development
  • Large Scale Integrated Development
  • Retail Malls
  • Hospital
  • Hotels & Leisure  

PT Ciputra Development Tbk

PT Ciputra Development Tbk adalah perusahaan realty yang didirikan oleh Ir. Ciputra pada tahun 1981. Ciputra Development fokus pada bidang realty dan properti secara komersial.

Perusahaan ini memiliki program pengembangan properti perumahan dengan skala besar yang mencakup properti perumahan, pusat perbelanjaan, hotel, apartemen dan lapangan golf. Sebagai perusahaan terkemuka, Ciputra juga dipercaya untuk mengerjakan proyek internasional yang berada di China.

Ciputra telah berjaya membangun berbagai proyek besar yang dapat dinikmati oleh masyarakat luas, diantaranya 

  • Ciputra Hospital Tangerang
  • Ciputra Mall & Hotel Jakarta
  • Ciputra World Surabaya
  • itra Garden Sidoarjo
  • Citra Garden Pekalongan 

Selain itu, masih banyak proyek Ciputra lainnya yang tersebar di seluruh Pulau Jawa,  Sumatera, Bali dan Sulawesi.

Itulah informasi terkait dengan properti yang bisa Anda jadikan tambahan pengetahuan Pins. Semoga bermanfaat.