Kamus Istilah Properti

Amplop Bangunan

istilah properti

Amplop Bangunan

Amplop bangunan (building envelope) didefinisikan sebagai sebuah sistem rekayasa yang digunakan untuk mengatur kondisi lingkungan di sebuah rumah, baik dari interior atau eksterior.

Mengenal Amplop Bangunan

(Springer Link)

Pins, mungkin istilah amplop bangunan masih sedikit asing ya bagi kamu. Namun, istilah ini sudah bukan barang baru bagi kamu yang kuliah atau bekerja di ranah arsitektur, konstruksi dan juga real-estate. Amplop bangunan pada dasarnya mengacu pada desain gambar seperti denah area. Hal yang membedakan dengan denah adalah amplop bangunan lebih dari sekadar gambar. Ini merupakan teknik rekayasa yang digunakan untuk menentukan konstruksi sebuah bangunan agar berfungsi dengan optimal.

Misalnya saja, ketika seorang building envelope specialist berniat untuk membuat konstruksi bangunan, ia akan menilai bagaimana aliran udara di bangunan tersebut. Selain itu dia juga akan menilai suhu yang akan diterima bagian dalam rumah ketika siang hari. Oleh karena itu, ini lebih dari sekadar membangun sebuah rumah namun mengoptimalkan konstruksi bangunan agar kelak layak dihuni. Untuk merealisasikan hal itu diperlukan gambar seperti di atas sebagai panduan. 

Elemen-elemen pada Building Envelope

(MyTown Center)

Komponen dan elemen di dalam amplop bangunan (building envelope) saling terhubung untuk menciptakan konstruksi yang ramah untuk ditinggal. Pada dasarnya ada empat komponen yang bekerja untuk membuat amplop bangunan yang baik. Komponen tersebut di antaranya adalah structural support, moisture management, temperature regulation, dan air flow. Namun, tiga komponen terakhir mempunyai peran penting dalam memastikan sebuah rumah memiliki energi yang efisien, nyaman dan awet.

Moisture management

Moisture managemen berkaitan dengan kelembaban sebuah rumah. Rumah atau bangunan yang kering atau terlalu lembab tidak baik untuk kesehatan. Ketika sebuah rumah terlalu kering, maka bisa saja ini disebabkan oleh kondisi panas tinggi di ruangan. Tentunya ini akan membuat penghuni rumah merasa tidak nyaman. Sementara itu, jika sebuah rumah terlalu lembab maka bisa menjadi sarang bakteri dan tidak baik untuk kesehatan anggota keluarga. Untuk itu moisture management memiliki peran dalam memastikan kondisi di dalam rumah tetap nyaman dengan tingkat kelembaban yang normal.

Temperature regulation

Selanjutnya yang menjadi komponen dalam teknologi rekayasa building envelope adalah thermal control atau temperature regulation yang bisa diartikan sebagai pengaturan suhu. Kondisi ekstrim bisa terjadi di musim panas atau penghujan. Di Indonesia, suhu di musim kemarau bisa mencapai 37 hingga 40 derajat celcius, maka pengaturan suhu ini perlu dilakukan. Selain itu di musim hujan, suhu bisa sangat dingin di malam hari maka pengaturan suhu agar tetap hangat pun perlu diberlakukan.

Airflow

Terakhir ada air flow atau disebut juga sebagai aliran udara. Seperti yang kita ketahui bahwa aliran udara memegang peran penting dalam kesehatan sebuah rumah. Udara menjadi kebutuhan untuk bernapas sehingga udara bersih akan sangat diperlukan. Satu-satunya cara untuk memastikan aliran udara sehat adalah dengan memberikan ventilasi yang baik dan benar. Pemasangan blower terkadang kurang optimal, sehinga konstruksi bangunan, khususnya pada bagian jendela dan pintu harus mengutamakan aliran udara yang baik.

Kerusakan yang sering terjadi pada sebuah rumah

Ketika sebuah rumah kurang mengoptimasi teknik rekayasa building envelope atau amplop bangunan, maka rumah berpotensi cepat rusak. Tidak hanya pada bagian eksterior, namun juga di bagian interior. Berikut ini beberapa kerusakan yang muncul pada sebuah rumah ketika konstruksi bangunan kurang memenuhi standar.

Kerusakan pada interior yang sering muncul

  • Warna pada dinding dan langit-langit yang bisa memudar. Untuk mengantisipasi ini tentunya kamu akan melakukan pewarnaan ulang bukan Pins? Namun, di awal pembangunan rumah kamu bisa memastikan rumah memiliki aliran udara yang baik sehingga dinding dan langit-langit tidak akan menerima paparan panas tinggi. Selain itu kebocoran pada genteng pun bisa membuat warna langit-langit memudar.
  • Pernah melihat wallpaper pada dinding rumah yang mulai mengelupas? Nah di sini kamu bisa mengetahui bukan apa penyebabnya? Bisa saja karena selain perekat wallpaper yang sudah tidak awet, ada penyebab lain yang lebih krusial Pins. Misalnya kondisi tembok yang sering kali mengalami suhu panas dan dingin secara bergantian dengan cepat. 

Kerusakan eksterior yang sering terjadi

  • Karat pada bagian rumah yang berbahan besi pun bisa terjadi Pins. Seperti yang kita ketahui bahwa besi akan mengalami korosi ketika terpapar air secara berlebihan. Kondisi ini tentu akan mempengaruhi kualitas besi. Oleh karena itu melakukan perencanaan sebelum membangun rumah sangat penting untuk meminimalisir kondisi ini.
  • Batu bata yang pecah sering terjadi ketika kamu membangun rumah. Hal ini bisa disebabkan banyak hal, misalnya saja suhu, iklim dan curah hujan. Oleh karena itu memastikan konstruksi bangunan terbangun dengan baik bisa kamu lakukan di awal.
  • Retakan yang menembus dinding sering kita temukan di bagian dinding yang menghadap matahari. Hal ini bisa dipicu oleh suhu panas dan juga terpaan air hujan yang secara bergantian menyerang dinding. 

Oleh karena itu, mempertimbangkan menggunakan building envelope bisa menjadi salah satu cara mengantisipasi sebuah bangunan agar tetap awet dan tahan lama. Semoga informasi singkat mengenai amplop bangunan ini berguna ya Pins!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.