Kamus Istilah Properti

Scout

istilah properti

Scout

Scout atau property scout adalah seseorang yang memiliki tugas untuk mampu melihat peluang bisnis yang ada, kemudian dari peluang tersebut didapatkan sebuah informasi tentang penjualan, sewa, dan investasi yang kemudian informasi tersebut akan sangat berguna bagi perusahaan real estate

Apa itu Scout?

Dalam dunia properti, scout atau property scout adalah seseorang yang memiliki tugas untuk mampu melihat peluang bisnis yang ada, kemudian dari peluang tersebut didapatkan sebuah informasi tentang penjualan, sewa, dan investasi yang kemudian informasi tersebut akan sangat berguna bagi perusahaan real estate

Dengan kata lain, property scout ialah mereka para pencetus bisnis. Setelah informasi lengkap, maka seorang property scout akan memberikan informasi tersebut ke perusahaan real estate, dan mereka harus mampu menjadi penghubung antara perusahaan dengan peluang yang ada. Lalu, dari informasi yang diberikan tersebut, seorang property scout akan mendapatkan komisi. 

Hal Apa Saja yang Dibutuhkan untuk Menjadi Property Scout?

scout
sumber: Pixabay

Pins tertarik untuk bisa bergabung menjadi property scout? Nah, hal-hal yang perlu dimiliki untuk menjadi property scout antara lain:

  1. Mudah bersosialisasi atau mudah menjalin hubungan, memiliki integritas, dan dapat dipercaya. 
  2. Memiliki relasi profesional yang banyak, seperti tergabung dalam komunitas dan aktif, dan jika Pins merupakan seseorang yang sudah familiar dengan dunia properti, hal itu merupakan bonus yang valuable. 
  3. Memiliki sertifikasi atau lisensi. Hal ini bisa Pins dapatkan dengan mengikuti kursus selama 75 jam untuk membuat Pins terpercaya lagi sebagai property scout.

Apa Perbedaan Menjadi Property Scout dengan Agen Properti?

scout
sumber: iStock

Lalu apakah Pins bingung sebenarnya apa sih yang menjadi perbedaan antara property scout dengan agen properti. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa property scout ialah orang yang bertugas sebagai peninjau lokasi properti mencari tanah / properti, mengumpulkan data di lapangan dan melaporkan hasilnya kepada surveyor atau sebagai perantara antara peluang dengan perusahaan real estate. 

Sedangkan agen properti ialah mereka yang bertugas sebagai perantara antara calon pembeli dengan penjual atau antara para calon investor. Agen properti akan menolong dengan jasa mereka yang bisa mempermudah setiap proses jual beli maupun sewa menyewa properti. 

Adapun agen properti pun dibedakan menjadi 2, ada agen properti yang independen atau perseorangan ada pula agen properti yang bekerja di bawah suatu naungan perusahaan tertentu. Setiap agen properti yang bekerja di bawah suatu naungan perusahaan ialah agen properti yang sudah memiliki sertifikat sehingga akan lebih aman dan lebih terpercaya. Dan setiap perusahaan agen properti sudah diatur ke dalam aturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia No. 33/M-DAG/PER/8/2008 tentang Perusahaan Perantara Perdagangan Properti.

Terdapat beberapa hal yang diatur dalam menjadi agen properti, yaitu setiap perusahaan agen properti harus memiliki Surat Izin Usaha Perusahaan Perantara Perdagangan Properti (SIU-P4) dan setidaknya memiliki dua orang tenaga ahli sebagai pemimpin perusahaan dan yang satu sebagai agen properti. Selain itu juga, aturan mengenai komisi pun sudah diatur seperti paling sedikit dua orang tenaga ahli sebagai pimpinan perusahaan dan seorang agen properti. Tak hanya itu, perihal komisi pun telah diatur seperti berikut : 

  1. Komisi 3% : untuk harga jual lebih kecil atau sama dengan Rp1M
  2. Komisi 2.5% : untuk harga jual antara Rp1M sampai Rp3M
  3. 2% Komisi : untuk harga jual lebih besar dari Rp3M
  4. Komisi 5% : untuk sewa dan kontrak properti

Ditambah peraturan mengenai komisi pun sudah diatur seperti berikut :

  1. Komisi 3% : untuk harga jual lebih kecil atau sama dengan Rp1M
  2. Komisi 2.5% : untuk harga jual antara Rp1M sampai Rp3M
  3. 2% Komisi : untuk harga jual lebih besar dari Rp3M
  4. Komisi 5% : untuk sewa dan kontrak properti

Jadi itu perbedaan antara menjadi property scout dan agen properti. Manakah yang lebih Pins sukai?

Menjadi property scout bisa Pins jadikan sebagai karir bisnis yang cukup menjanjikan dalam dunia properti terutama jika Pins sedang mencari bisnis sampingan, karena waktunya yang fleksibel dan tidak membutuhkan keterikatan jam kerja. 

Nah, itu tadi hal-hal yang perlu Pins ketahui. Semoga artikel ini bisa membantu bagi Pins yang ingin mencari usaha tambahan dan bisa bermanfaat mendapatkan pengetahuan baru dalam dunia properti.


Ingin mencari rumah minimalis impianmu? Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti mu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di Rekan Pinhome sebagai konsultan.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kamu kemudahan membeli properti

Pinhome – PINtar jual beli sewa properti