Kamus Istilah Properti

Perumahan

istilah properti

Perumahan

Perumahan adalah kelompok rumah yang digunakan sebagai tempat tinggal dan memiliki sarana prasarana pendukungnya. 

Pengertian Perumahan Menurut Beberapa Sumber

(Kompas.com)

Berdasarkan Undang-undang Nomor 4 tahun 1992, perumahan adalah kelompok rumah yang berfungsi sebagai lingkungan tempat tinggal atau lingkungan hunian yang dilengkapi dengan prasarana dan sarana lingkungan. 

Sementara, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) perumahan ialah: 

  • n kumpulan beberapa buah rumah; rumah-rumah tempat tinggal: pemerintah sedang mendirikan ~ untuk golongan menengah
  • n proses, perbuatan menyediakan rumah: kesukaran ~ di kota besar makin memuncak
  • n tanah kosong (untuk mendirikan rumah): disediakan tanah ~, luasnya 20 ha di tepi kota
  • n kayu tempat mata ketam (serut)
  • n ki pendirian; maksud: ~mu sudah jelas kini. 

Selain dua pengertian di atas, ada pula yang menyebut perumahan sebagai lingkungan terdiri dari unit-unit rumah tinggal dan dimungkinkan terjadi interaksi sosial antara penghuninya. 

Umumnya, perumahan dilengkapi dengan sarana dan prasarana pendukung serta pelayanan yang merupakan subsistem dari wilayah sekitarnya. Di lingkungan ini biasanya terdapat aturan-aturan, kebiasaan, serta sistem nilai yang harus diikuti oleh warganya. 

Jenis Perumahan

(Pexels)

Ada beberapa jenis perumahan yang populer di Indonesia. Masing-masing jenis tersebut memiliki kriteria yang berbeda. Untuk mengetahui lebih jelasnya, berikut tiga jenis perumahan lengkap dengan penjelasannya. 

1. Town House atau rumah couple

Town house atau rumah couple cukup banyak ditemukan di negara-negara besar seperti kawasan Amerika atau Eropa. Walau demikian, Indonesia juga mulai memiliki town house di beberapa wilayahnya, meskipun belum begitu banyak.  

Town house sendiri merupakan pengertian dari deretan rumah yang menempel dan memiliki tipe serta bentuk yang sama, termasuk  interiornya. 

Biasanya, dalam town house pengembang akan menyediakan beberapa fasilitas umum seperti tempat ibadah atau taman bermain. Fasilitas tersebut nantinya diharapkan dapat berguna untuk para warga yang tinggal di sana. 

2. Cluster 

Cluster adalah perumahan yang terbagi dari beberapa sub kompleks. Misalnya, cluster jenis A terbagi menjadi sub cluster 1,2, hingga 3. Dalam satu cluster umumnya terdapat rumah yang memiliki tipe sama. Sebagai pembatas bangunan, biasanya memakai pagar yang cukup tinggi. 

Sama seperti jenis perumahan lainnya, cluster juga dilengkapi dengan sarana dan prasarana pendukung. Fasilitas tersebut dibuat khusus untuk satu cluster maupun ramai-ramai. 

Cluster memiliki jumlah unit yang cukup banyak, sebab ukuran perumahan ini terbilang berskala besar. Bahkan, jumlahnya pun bisa mencapai puluhan hingga ratusan.  

3. Kuldesak 

Kuldesak lebih luas dan lebih besar daripada cluster. Selain itu, kuldesak juga memiliki variasi dan jenis rumah yang lebih beragam. 

Umumnya, pengembang akan membuat kuldesak dengan desain yang cukup unik. Jadi, bisa dibilang kuldesak lebih elit daripada dua jenis perumahan sebelumnya. 

Kelebihan dan Kekurangan Tinggal di Perumahan

(Flickr)

Perumahan dikenal memiliki lingkungan yang nyaman dan asri. Oleh karena itu, wajar bila tinggal di perumahan menjadi impian sebagian orang. Sayangnya, tinggal di perumahan tidak semudah atau senyaman kelihatannya. Ada beberapa hal yang justru menjadi tantangan tersendiri saat tinggal di perumahan. 

Jika Pins, berniat tinggal di perumahana, di bawah ini ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang bisa menjadi gambaran. Berikut uraiannya. 

Kelebihan tinggal di perumahan

Sebagai gambaran, berikut kelebihan tinggal di perumahan yang dapat menjadi bahan pertimbangan. 

1. Aman

Bila dibandingkan dengan perkampungan, tinggal di perumahan tentu lebih aman. Sebab, di perumahan terdapat keamanan yang bertanggungjawab. Tak jarang, ada pula kompleks perumahan yang memberlakukan satu untuk keluar masuk. Jadi, tamu yang datang pun bisa diketahui dengan jelas.

2. Privasi terjaga

Salah satu hal yang diidamkan milenial ialah adanya privasi dalam kehidupan bertetangga. Jika kamu pun demikian, maka tinggal di perumahan bisa menjadi salah satu solusinya. 

Pasalnya, di perumahan kamu bisa bebas beraktivitas tanpa dihadapkan keramaian, kebisingan, maupun kemacetan. 

3. Fasilitasnya lengkap 

Fasilitas yang lengkap dan memadai merupakan salah satu kelebihan perumahan yang banyak dicari. 

Selain jalanan yang nyaman, umumnya perumahan memiliki fasilitas lengkap yang membuat penghuni nyaman. Fasilitas tersebut biasanya terdiri dari tempat ibadah, kolam renang, hingga taman bermain anak. 

Kekurangan tinggal di perumahan

Meski memiliki kelebihan, tapi tinggal di perumahan juga ada kekurangannya. Berikut beberapa di antaranya. 

1. Biaya hidup tinggi atau ‘mahal’

Jika bicara soal kekurangan tinggal di perumahan, maka salah satu hal yang mesti disinggung ialah biayanya yang cenderung mahal. 

Biaya tinggal di perumahan tak cukup hanya biaya beli rumahnya saja. Namun juga perawatan dan biaya operasional seperti kebersihan, keamanan, pemeliharaan, dan lain sebagainnya. 

2. Desain rumah kembar

Bagi sebagai orang, desain rumah yang sama mungkin tak masalah. Namun, ada pula yang sedikit kurang nyaman dengan desain sama tersebut. 

Jika Pins merupakan salah satu yang keberatan dengan desain rumah kembar, maka tinggal di perumahan bukanlah satu solusi yang tepat. Pasalnya, hampir di semua jenis perumahan memiliki desain rumah yang sama, termasuk interiornya.  

3. Tidak kenal tetangga 

Bila kamu suka hidup bertetangga, lebih baik pertimbangkan sekali lagi untuk tinggal di perumahan. Pasalnya, masyarakat yang tinggal di perumahan terkenal individualistik, walau tidak semuanya demikian.

Nah, itu tadi beberapa ulasan mengenai perumahan yang perlu Pins ketahui. Semoga ulasan di atas bisa menjadi bahan pertimbangan. 


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Iko