Kamus Istilah Properti

Kondominium

istilah properti

Kondominium

Kondominium atau condominium merupakan istilah yang menuju pada sebuah hunian vertikal dengan kepemilikan utuh sehingga pemilik bisa menyewakan kepada pihak lain.

Mengenal Kondominium

(Pusat Informasi Publik Semarang)

Pins, coba deh apa yang kamu pikirkan ketika muncul kata kondominium atau condo? Apakah kamu mengasosiasikan istilah tersebut dengan apartemen? Atau apakah kamu merasa itu hanya istilah lain dari apartemen namun secara bangunan sama saja? Well, mungkin istilah condominium di Indonesia sedikit kurang populer ya Pins. Umumnya istilah ini lebih sering dipakai di negara luar. 

Kondominium pada dasarnya mengacu pada sebuah status hunian vertikal. Jadi bukan merujuk pada jenis bangunan. Berbeda dengan apartemen yang langsung mengacu pada sebuah jenis hunian, seperti rumah tapak, rumah kopel, rumah townhouse, dan lain-lain. Sementara itu kondominium mempunyai arti yang lebih erat ke status kepemilikan bangunan di bawah hukum.

Perbedaan Kondominium dengan Apartemen

(Kompas Properti)

Jika kita bandingkan, ternyata ada beberapa hal yang membedakan antara apartemen dengan kondominium. Beberapa perbedaan ini ternyata sudah sering kita dengar dan tahu namun tetap saja kita selalu menggeneralisasi bahwa semua bangunan residensial berfasilitas mewah dengan tower adalah apartemen. Berikut ini ada beberapa perbedaan kedua hal tersebut yang disorot dari aspek-aspek yang senada.

Variabel PembedaKondominumApartemen
Status kepemilikanKondominium merupakan hunian vertikal yang status kepemilikannya sudah utuh. Artinya pemilik sudah memiliki hak penuh atas hunian tersebut. Hal tersebut bisa karena cicilan yang telah lunas, atau pemilik memiliki kelengkapan surat dan dokumen penting atas kepemilikan hunian tersebut.Apartemen mengacu pada istilah sebuah hunian yang disewa oleh seseorang kepada pemilik asli. Misalnya kamu menyewa sebuah unit di satu tower tertentu untuk ditinggali, maka ini disebut apartemen. 
Bentuk BangunanBentuk bangunan kondominium sebenarnya mirip dengan apartemen yaitu berbentuk tower vertikal ke atas. Condominium pun lengkap dengan fasilitas umum yang bisa dinikmati para penghuni area kondominium. Biasanya condominium hanya terdiri dari 2-3 tower saja.Berbeda dengan kondominium yang hanya terdiri dari 2-3 tower, maka apartemen memiliki lebih dari 3 tower sehingga membentuk kompleks tempat tinggal. Umumnya condominium juga berukuran lebih tinggi dengan jumlah lantai hingga puluhan.
Manajemen GedungManajemen biasanya terdiri dari dua opsi. Opsi pertama, manajemen gedung diurus dan dikelola oleh para penghuni, opsi kedua dikelola oleh manajemen gedung. Di negara luar seperti Amerika Serikat, mungkin kondominium sudah sangat familiar, namun manajemen hunian di Indonesia lebih familiar dengan sistem apartemen.Manajemen gedung apartemen biasanya diurus dan diatur oleh manajemen bangunan. Pihak manajemen ini mengacu pada PT atau developer yang mengelola bangunan tersebut.
Kegiatan pemeliharaanUntuk kegiatan pemeliharaan pada unit kondominium jatuh ke tangan penghuni. Jadi apabila terdapat kerusakan dan kendala lain maka penghunilah yang harus menyelesaikan masalah tersebut. Misalnya toilet yang tersumbat, jendela yang perlu dibersihkan, masalah kelistrikan dan lain-lain.Sementara di apartemen, biasanya penghuni bisa melaporkan ke pihak manajemen gedung jika ada kerusakan dan kendala lain.

Keunggulan Kondominium

(Indo Asia)

Sama halnya dengan jenis properti atau hunian lain, kondominium pun memiliki keunggulannya tersendiri. Berikut ini beberapa keunggulan yang dimiliki oleh kondominium Pins, yuk kita cek bersama.

Lokasi strategis

Pins, apabila kamu bepergian ke lokasi yang terdapat kondominium, maka kamu akan sadar bahwa kondominium berlokasi di area strategis. Kondominium mempunyai keunggulan di lokasi karena letaknya yang dekat dengan berbagai fasilitas umum. Hal ini yang kemudian menjadi keuntungan tinggal di condo sehingga dilirik oleh banyak orang khususnya kaum urban.

Efektif untuk kamu yang mempunyai mobilitas tinggi

Bagi kamu yang memiliki mobilitas tinggi maka jenis hunian ini sangat cocok Pins untukmu. Kamu yang bekerja di pusat kota dan harus kembali lagi di esok pagi, maka kamu tidak akan memerlukan waktu berjam-jam menuju kantor. Lokasinya yang strategis tentu akan mudah dilalui oleh transportasi umum dan mempunyai jalur pejalan kaki yang terkonsep dengan baik.

Jauh dari kebisingan seperti di perumahan

Bagi kamu yang ingin menghindar dari kebisingan atau suara ribut tetangga dan lain-lain, maka kamu bisa mempertimbangkan tinggal di condo Pins. Hal ini karena condo mengutamakan privasi dan tidak akan ada tetangga yang mengganggu kamu dengan suara bising. 

Kekurangan Kondominium

(Propertinews)

Sama halnya dengan jenis properti lain, kondominium juga memiliki kekurangan. Hal-hal yang menjadi kekurangan ini perlu kamu ketahui sebagai antisipasi saat memutuskan untuk membeli unit di kondominium.

Biaya perawatan lebih mahal dari rumah tapak

Biaya perawatan kondominium biasanya akan lebih mahal dari rumah tapak. Hal ini biasanya yang akan menjadi pertimbangan utama sebelum membeli sebuah hunian vertikal. 

Tidak memiliki taman yang luas

Seperti yang sudah kita semua tahu, kondominium dan apartemen tidak mempunyai lahan yang cukup untuk dijadikan taman. Opsi paling akhir jika kamu ingin berkebun di hunian vertikal adalah menggunakan pot atau membuat taman vertikal Pins. 

Aktivitas dan ruang gerak kamu terbatas

Selain itu kamu pun akan merasa ruang gerak kamu terbatas jika tinggal di kondominium. Berbeda dengan tinggal di rumah tapak yang akan memberikan area lebih luas bagi kamu untuk bergerak dan bersosialisasi dengan masyarakat sekitar.

Itu saja informasi mengenai kondominium, semoga informasinya bermanfaat ya Pins!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.