Kamus Istilah Properti

Agen Buyer

istilah properti

Agen Buyer

Agen buyer adalah sosok profesional dari real estate yang dapat memandu pembeli dalam proses pembelian rumah.

Apa itu Agen Buyer?

agen buyer
Sumber: Shutterstock

Agen buyer adalah sosok profesional dari real estate yang dapat memandu pembeli dalam proses pembelian rumah. Sebagai representatif dari pembeli di transaksi jual beli properti, agent buyer memiliki hak legal untuk melindungi pembeli dan memastikan mereka mendapat penawaran terbaik.

Agen buyer akan memberikan list rekomendasi untuk pembeli sesuai dengan kebutuhan dan kemauan pembeli. Pembeli dapat memberitahu agent buyer preferensi mereka. Agent buyer juga berperan dalam hal konsultasi properti hingga negosiasi. Pada umumnya, jasa agent buyer akan dibayarkan oleh developer / penjual properti, sehingga Pins sebagai pembeli dapat menggunakan jasanya dengan gratis.

Biasanya pembeli dan agent buyer akan menyepakati suatu kontrak dalam jangka waktu tertentu, dimana agent buyer akan mendapatkan fee atas jasanya dari penjual / developer properti, ketika pembeli membeli sebuah rumah. Jika pembeli belum mendapatkan rumah setelah kontrak berakhir, maka Pins diperbolehkan mencari agent buyer lainnya. Biasanya, kontrak agent buyer dan calon pembeli adalah selama 3 bulan. 

Namun, ada juga periode percobaan / trial yang dapat Anda gunakan untuk menentukan apakah Anda cocok dengan agen buyer tersebut. Anda bisa melakukan negosiasi jika Anda merasa kontraknya kurang sesuai keinginan dan kebutuhan Anda, sebagai contoh apakah ada kontrak selama 1 atau 2 bulan.

Perbedaan Agen Buyer vs Agen Seller (Listing Agent)

Dalam sebuah transaksi jual beli properti, biasanya ada 2 agen yang terlibat, yaitu agent buyer dan agen seller (agen listing). Agent buyer bekerja untuk kepentingan pembeli, sedangkan agen seller untuk kepentingan penjual. 

Agen seller akan memberikan list properti untuk seller dan bertanggungjawab memastikan seller mendapatkan penjualan terbaik. Jasa agen seller akan ditanggung oleh penjual properti / developer.

Manfaat Menggunakan Jasa Agent Buyer

Sumber: Gettyimages

Menghemat waktu dan uang

Dengan menggunakan jasa agent buyer, Pins tidak perlu menghabiskan waktu untuk mencari satu per satu hunian idaman. Selain itu Pins juga tidak perlu menghabiskan ongkos untuk melakukan visit unit secara terus-terusan, karena dengan agen buyer, list rekomendasi akan disesuaikan sesuai preferensi dan budget pembeli. Saat ada info listing terbaru, agent buyer juga akan mengirimkan listnya ke Pins.

Menemukan hunian idaman

Agen buyer dapat membantu pembeli menemukan properti terbaik dan menjadwalkan visit unit ataupun tur. Selain itu agent buyer dapat menjelaskan berbagai kelebihan dan kekurangan dari suatu properti, membantu pembeli menentukan hunian mana yang terbaik berdasarkan keahlian dan pengalaman mereka.

Agent buyer dapat membuat perbandingan harga, riset pasar dan memberi rekomendasi dari properti sejenis sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pembeli.

Negosiasi

Agen buyer biasanya akan ikut ke setiap visit unit dan open house. Agent buyer dapat memberikan saran mengenai harga yang wajar untuk ditawarkan dan melakukan negosiasi ke agen seller. Agent buyer juga dapat mengurus kontrak dan menjawab hingga menanyakan pertanyaan kepada pihak pembeli dan penjual.

Rekomendasi ke ahli lainnya

Agent buyer juga dapat membantu Pins dalam memberikan rekomendasi jasa pihak-pihak terkait seperti agent bank, agent KPA/KPR, notaris, jasa pindahan, jasa konstruksi, hingga orang desain interior. Kontak dari agent buyer tentunya dapat menghemat waktu proses pembelian Pins.

Cara Menemukan Agen Buyer

Sumber: Gettyimages

Selain melakukan pencarian sendiri di internet, ataupun mendapatkan referensi dari orang lain, terkadang pembeli dapat meminta pertolongan agent buyer dari penjual properti / developer. Untuk menemukan agent buyer yang tepat dan dapat membantu Pins, pastikan beberapa faktor seperti pengalaman dan karakter agent buyer. Agent buyer yang ideal dapat mencarikan rumah sesuai budget, lokasi dan preferensi Pins dan membuat Pins nyaman.

Selain itu, mendapatkan agent buyer yang memiliki spesialisasi di wilayah tertentu sangat penting, sehingga agent buyer dapat memberikan insight yang tepat mengenai perumahan / hunian tersebut. Jadwal dan ketersediaan agent buyer juga perlu dipertimbangkan oleh Pins, jika agent buyer yang Pins pilih hanya bekerja part-time, Anda harus bersiap dengan konsekuensinya. Sebaliknya, agent buyer full time umumnya dapat dihubungi lebih cepat.

Itulah beberapa informasi mengenai Agen Buyer, manfaat menggunakan jasanya dan tips mencari agent buyer yang tepat.


Ingin mencari rumah minimalis impianmu? Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti mu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di Rekan Pinhome sebagai konsultan.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kamu kemudahan membeli properti

Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.