Kamus Istilah Properti

Realtor

istilah properti

Realtor

Realtor adalah makelar barang tidak bergerak misalnya tanah dan properti. Bisa disimpulkan realtor merupakan agen yang menjual real estate atau real property. 

Mengenal Apa itu Realtor

(360 Management)

Seperti yang sudah disinggung di atas, definisi realtor adalah sebagai pihak penjual atau pebisnis properti. Mereka umumnya mempromosikan real estate atau real property yang tujuannya untuk dijual dan mendapatkan keuntungan. Berbeda dengan agen properti atau agen real estate biasa, seorang realtor biasanya mempunyai sebuah perusahaan dalam bentuk Perseroan Terbatas (PT) atau perseroan komanditer (CV). Selanjutnya para realtor ini akan memiliki tim yang terdiri dari para agen properti tadi. Jadi bisa dibilang seorang realtor adalah pengusaha dan pebisnis properti yang sudah memiliki kantor.

Produk yang Dijual Realtor 

(Mental Floss)

Pins, produk yang biasa dijual oleh realtor biasanya mencakup real estate dan real property. Namun, jenis real estate atau propertinya apa saja ya Pins? Mari kita simak berikut ini yuk!

Rumah

Rumah menjadi salah satu jenis properti yang sering dijual oleh pihak realtor. Rumah pun terdiri dari berbagai jenis tipe dan juga area. Apalagi di masa pandemi seperti ini, listing rumah bisa lebih banyak mereka dapatkan melalui portal online seperti Pinhome.

Tanah

Tanah biasanya juga menjadi salah satu produk yang dijual oleh pihak realtor. Seperti yang kamu tahu mencari tanah strategis di era ini sangat susah sekali. Hal ini karena tanah strategis sudah banyak yang dibeli dan di atasnya sudah banyak dibangun perumahan atau pusat perbelanjaan. Realtor biasanya akan merekomendasikan kamu tanah yang strategis.

Apartemen

Apartemen menjadi salah satu jenis hunian yang sering dicari oleh masyarakat urban. Pilihan untuk tinggal di rumah vertikal adalah karena nilai praktis dan juga dekat dengan akses transportasi. Dikarenakan demand yang tinggi dari masyarakat akan hunian bertingkat ini, maka realtor menjadikan produk properti yang sering dipromosikan untuk dijual.

Rumah toko (Ruko)

Bagi kamu yang sedang ingin membuat usaha dan memerlukan ruko, maka realtor adalah salah satau cara untuk mendapatkan referensi ruko. Dengan bantuan mereka, kamu akan dipandu untuk menemukan ruko terbaik sesuai kebutuhanmu. Kehadiran para pebisnis baru menciptakan kebutuhan akan ruang untuk menjalankan operasional bisnis. Ruko bisa menjadi salah satu contoh bangunan yang bisa digunakan menjadi area berbisnis sekaligus rumah.

Area kantor

Selain hunian residensial, realtor juga biasanya fokus di hunian komersial seperti kantor. Biasanya mereka akan terhubung dengan manajemen gedung untuk membantu mempromosikan area perkantoran yang tersedia di dalam gedung. Kebutuhan akan ruangan kantor di area urban seperti Jakarta cukup tinggi. Apalagi perusahaan startup baru yang memerlukan area gedung untuk kegiatan operasional. Nah, kamu bisa menjadikan para perusahaan baru tersebut sebagai salah satu target market kamu.

Keunggulan Berprofesi menjadi Realtor

(For Realtors)

Pada dasarnya bekerja di profesi apa pun pasti ada keunggulannya masing-masing. Namun, bekerja sebagai realtor tentu akan memberikan keunggulan tersendiri. Nah berikut ini keuntungan bekerja di sektor properti dan real estate sebagai realtor.

Mendapatkan koneksi yang luas

Bekerja di sektor properti kamu akan mendapatkan koneksi yang lebih luas. Misalnya, kamu akan mengenal banyak agen properti, developer rumah, dan juga kamu bisa menjalin partnership dengan bank penyedia KPR. Selain itu, kamu pun akan mendapatkan banyak klien dengan profesi yang berbeda-beda. Kondisi ini akan sangat menguntungkan posisimu sebagai pebisnis. 

Bisa mendapatkan sumber properti strategis

Sebagai seorang realtor, kamu tentu akan lebih paham di mana saja properti yang strategis. Kamu jadi bisa menentukan area mana yang bagus untuk membeli properti, dan area mana yang kurang potensial. Jadi ketika kamu memerlukan properti baru yang ingin dibeli atau bermaksud menawarkan sebuah unit ke klien, kamu bisa dengan mudah memberikan referensi.

Lebih paham cara investasi properti

Berkecimpung di ranah properti dan real estate akan memberikan kamu pemahaman yang lebih matang soal investasi properti. Maka dengan begitu kamu akan lebih semangat ketika harus melakukan investasi di sektor properti. Investasi menjadi hal penting untuk masa depan. Melakukan investasi menjadi penyelamat ekonomi dan keuangan pribadi di masa depan. Seperti yang kita tahu, properti adalah salah satu instrumen investasi paling menjanjikan. Nilai properti akan naik setiap tahun sehingga hal ini yang membuat investasi properti menguntungkan.

Tips Menjadi Realtor Sukses

(Freepik)

Apabila saat ini kamu bekerja sebagai realtor, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan agar sukses. Berikut ini adalah beberapa tips tentang cara menjadi realtor sukses.

  • Pertama fokus, kamu harus fokus dengan apa yang kamu kerjakan. Kamu harus fokus untuk memperkaya pengetahuan dan pengalaman kamu. Ikutlah kelas atau seminar pengembangan skill yang berkaitan dengan karir kamu.
  • Kedua jangan cepat puas dan teruslah membangun relasi. Kamu harus terus membangun relasi karena itu adalah aset terpenting dalam menjalankan bisnis properti.
  • Ketiga kamu harus update dan berteman dengan teknologi informasi. Saat ini sudah banyak portal penyedia informasi dan jual beli properti yang tersedia. Memanfaatkan hal ini akan membuat kamu lebih maju dibandingkan realtor yang tidak memanfaatkan teknologi.

Itu saja informasi yang bisa kami bahas terkait realtor. Semoga bermanfaat ya Pins!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.