Kamus Istilah Properti

Pemilik Properti

istilah properti

Pemilik Properti

Pemilik properti atau owner adalah pihak yang memiliki properti.

Apa yang Dimaksud dengan Pemilik Properti?

Pemilik properti atau owner adalah pihak yang memiliki properti. Pemilik properti biasanya melakukan kegiatan usaha yang bergerak di bidang jual beli tanah maupun bangunan, serta aspek terkait dengan properti. Untuk bangunan bisa dalam bentuk sarana dan prasarana seperti rumah, apartemen, townhouse, kios, ruko, gudang, perkantoran, hingga villa. Properti yang dimiliki pun bisa dalam bentuk residensial untuk tempat tinggal atau komersial untuk usaha perkantoran, perdagangan hingga perindustrian.

Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa orang yang memang sudah dikenal sebagai raja properti yang bahkan bisnisnya sudah sampai ke luar negeri. Pins penasaran dengan siapa saja pemilik-pemilik properti besar di Indonesia? Yuk mari kita simak artikel berikut ini!

Daftar Pemilik Properti di Indonesia

Terdapat beberapa orang yang sudah dikenal di tengah-tengah masyarakat Indonesia sebagai pemilik properti besar, siapa saja mereka? 

1. Robert Budi dan Michael Hartono

pemilik properti
sumber: Akseleran

Di deretan pertama yang menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia ialah Robert Budi dan Michael Hartono. Memang keluarga mereka dikenal sebagai pemilik dari Djarum dan pemegang saham terbesar pada Bank Central Asia, tapi selain itu juga keluarga Hartono memiliki beberapa properti yang prestisius seperti Menara BCA, Grand Indonesia Shopping Town, Hotel Indonesia Kempinski, dan juga Kempinski Residence. 

Tidak hanya itu saja, untuk kelas menengah keluarga Hartono juga merupakan pemilik dari World Trade Center Mangga Dua, Karawang Resinda, dan juga Padma Hotel yang berada di Karawang. Adapun kekayaan yang dimiliki oleh keluarga Hartono yang juga adalah pemilik dari elektronik Polytron ialah sebesar 32,3 Miliar Dollar AS. 

2. Eka Tjipta Widjaja (Alm)

pemilik properti
sumber: CNBC Indonesia

Siapa yang tidak tahu dengan Sinar Mas Group? Ya, (Alm) Eka Tjipta Widjaja adalah sang pendiri dari Sinar Mas Group yang memiliki berbagai macam bisnis. Tidak hanya bisnis properti, tapi juga bisnis kertas, jasa keuangan, hingga perkebunan. Dalam bidang properti sendiri, Sinar Mas Group sudah memiliki sebanyak enam kota mandiri yang telah berkembang seperti BSD City, Grand Wisata, Kota Deltamas, Kota Wisata, Legenda Wisata, hingga Wisata Bukit Mas. 

Tidak hanya itu saja, Sinar Mas Group pun memiliki beberapa proyek apartemen, industri, komersial, ritel, pusat perbelanjaan, hingga perhotelan. Sungguh banyak, bukan? Dan saat ini kekayaan miliki keluarga (Alm) Eka Tjipta Widjaja sendiri tercatat sudah mencapai 9,1 Miliar Dollar AS. 

3. Trihatma K Haliman

sumber: Agung Podomoro

Jika Pins sering mendengar developer bernama Agung Podomoro Group yang kini berubah menjadi Agung Podomoro Land, maka nama Trihatma K. Haliman mungkin sudah tidak asing lagi. Trihatma K Haliman merupakan anak dari pendiri Agung Podomoro Group yaitu Anton K Haliman. Sekarang Agung Podomoro Land sudah menguasai lebih dari 60% kondominium yang ada di Kota Jakarta. 

Trihatma sekarang yang meneruskan perusahaan yang telah dibangun oleh ayahnya sekarang telah menjadi salah satu properti yang besar di Indonesia. Adapun total aset yang dimiliki oleh Agung Podomoro Land pada triwulan 3 tahun 2014 sudah mencapai Rp 22,3 Triliun dan pendapatan yang mereka terima adalah Rp 3,5 Triliun.  

4. Mochtar Riady

sumber: Bisnis Tempo

Salah satu properti besar yang ada di Indonesia ialah Mochtar Riady yaitu Lippo Land Group. Saat ini pendapatan properti yang dikelola oleh Lippo Land Ground mencapai Rp 8,4 Triliun dan aset yang mereka miliki lebih dari Rp39,9 Triliun. Adapun 3 kota mandiri yang sudah dibangun oleh Lippo Group ialah Lippo Village, Lippo Cikarang, dan juga Tanjung Bunga Makassar. 

Tidak hanya bisnis properti yang dikelola oleh Lippo Group, ada beberapa bisnis yang mereka kelola juga seperti residential & urban development, hospitals, commercial, dan asset management. 

5. Alexander Tedja

sumber: CNBC Indonesia

Beranjak ke kota Surabaya, di Surabaya terdapat raja properti yang merupakan pendiri dari Pakuwon Djati. Alexander Tedja memulai bisnis properti nya pada tahun 2007 di Jakarta yang ia lakukan melalui investasi superblock mall Gandaria City. Selanjutnya Alexander Tedja melakukan pembukaan superblock Kota Kasablanka di tahun 2012 bulan Juli. Adapun saat ini Pakuwon memiliki aset yang mencapai Rp12,7 Triliun dengan pendapatan yang mereka raih sebesar Rp2,7 Triliun.

6. Chairul Tanjung 

pemilik properti
sumber: Chairul Tanjung

Julukan “Si Anak Singkong” ini telah dikenal dengan bisnis nya yang bernama CT Corp. Chairul Tanjung tidak hanya memiliki bisnis properti tapi juga ia memiliki bisnis ritel. Adapun di bidang properti, CT Corp telah melakukan kerjasama dengan perusahaan hotel asal Perancis yaitu AccorHotels yang membuka 30 hotel di Indonesia, tidak hanya itu saja CT Corp pun membangun superblock Trans Park Cibubur, Trans Park Juanda, dan Trans Park Bandung. Hingga saat ini kekayaan yang dimiliki oleh Chairul Tanjung sudah mencapai 3,6 Miliar Dollar AS.

7. Keluarga Tahir

pemilik properti
sumber: Forbes

Pemilik properti besar lainnya yang ada di Indonesia adalah Keluarga Tahir, yaitu pendiri Mayapada Group yang memiliki usaha di banyak sektor tidak hanya properti, tapi juga rumah sakit dan perbankan. Mayapada Group memiliki bisnis properti seperti hunian rumah maupun apartemen hingga perkantoran. Adapun saat ini kekayaan yang dimiliki oleh Keluarga Tahir sudah mencapai 3,5 Miliar Dollar As.

Nah, tadi itu adalah beberapa pemilik properti besar yang ada di Indonesia. Semoga artikel ini bisa menginspirasi Pins yang sedang mencoba bisnis properti dan juga bisa menambah pengetahuan Pins ya!


Ingin mencari rumah minimalis impianmu? Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti mu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di Rekan Pinhome sebagai konsultan.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kamu kemudahan membeli properti