Kamus Istilah Properti

SOHO (Small Office Home Office)

istilah properti

SOHO (Small Office Home Office)

SOHO (Small Office Home Office) adalah istilah yang mengacu pada sebuah apartemen hybrid yang menggabungkan fungsi hunian sekaligus ruang komersial. 

Apa itu SOHO (Small Office Home Office)? 

SOHO adalah istilah yang mengacu pada sebuah bangunan yang berfungsi hunian sekaligus ruang komersial. Bisanya SOHO berupa hunian vertikal atau apartemen hybrid.

Namun, seiring waktu konsep SOHO kini dapat diaplikasikan ke ruang kecil seperti apartemen studio. Konsepnya adalah sebuah kamar studio yang memiliki ruang kerja. 

Karakteristik Bangunan Berkonsep SOHO 

soho
(Unsplash)

Secara prinsip, konsep SOHO sebenarnya rumah toko (ruko) yang dibangun secara vertikal layaknya sebuah apartemen. 

Tetapi ada beberapa perbedaan dan karakteristik sebuah bangunan yang termasuk SOHO (Small Office Home Office), antara lain: 

  • Jenis apartemen hybrid yang menggabungkan fungsi hunian sekaligus tempat bekerja (kantor).
  • Secara desain, umumnya SOHO dirancang berbentuk loft artinya memiliki plafon yang tinggi.
  • Plafon tinggi tersebut biasanya dibangun berjenis mezzanine, yakni area yang lebih tinggi yang diakses melalui tangga yang bisa digunakan untuk area tempat tidur atau meja kerja.
  • Ada pula SOHO yang hadir dalam bentuk apartemen dua lantai dimana terdapat dua akses dari koridor yakni untuk hunian pada lantai atas dan area kerja di lantai bawah atau sebaliknya yang tetap terhubung dengan tangga pada bagian dalam guna memaksimalkan privasi pada area hunian.
  • Jumlah pekerja dalam satu unit apartemen SOHO biasanya tidak banyak, karena sebagian besar usaha mandiri yang dijalankan oleh penghuni bergerak di bidang jasa dan konsultasi.
  • Lantaran fungsinya yang ganda yaitu sebagai hunian dan juga tempat bekerja, maka fasilitas yang disediakan pun harus mampu menunjang kegiatan bisnis seperti tersedianya ruang meeting hingga area parkir yang lebih luas. 

Ini Kelebihan SOHO (Small Office Home Office) Dibandingkan Jenis Properti Komersial Lainnya 

SOHO
(Unsplash)

Properti komersial berjenis SOHO secara desain lebih estetik dan kekinian dibandingkan dengan ruko. Selain itu, Pins akan merasakan keuntungan lain jika memilih ruangan berjenis SOHO sebagai kantor.

Cocok untuk Perusahaan Kecil atau Startup

Apartemen berjenis SOHO sangat cocok untuk pengusaha yang baru merintis usaha dan hanya memiliki sedikit karyawan.

Perusahaan startup dan pemilik bisnis kecil yang ingin menghemat biaya sewa kantor dengan menggabungkan ruang bekerja dan ruang tinggal. Di sisi lain, pemilik usaha juga bisa tetap dekat dengan area aktivitas bisnis dan mendapat kenyamanan tanpa perlu bepergian untuk pekerjaan sehari-hari.

Hemat Waktu dan Efisien 

Jika Pins memiliki hunian dan area kerja di satu unit yang sama, maka akan lebih menghemat banyak waktu karena Pins tak perlu lagi menempuh jarak dari rumah ke kantor ataupun sebaliknya.

Hal ini tentu menjadi lebih efisien dari segi tenaga, waktu, dan biaya. Pins juga tidak perlu menempuh daerah macet sehingga lebih efisien dari segi tenaga dan waktu.

Fleksibel dalam Menentukan Jam Kerja 

Di masa teknologi yang maju, fleksibilitas waktu kerja menjadi nilai tambah dalam perkembangan karir. Nah, Pins bisa mengatur waktu dengan sefleksibel mungkin.

Berkantor di apartemen berjenis SOHO, Pins bisa bebas menentukan sendiri waktu kerja. Selain itu Pins juga memutuskan sendiri kapan mengakhiri pekerjaan, karena tidak ada aturan jam kerja yang mengikat.

Jenis Usaha yang Cocok Berkantor di SOHO

SOHO
(Unsplash)

Secara konsep, hunian bertipe SOHO (Small Office Home Office) cocok untuk bisnis dengan jumlah non-penghuni, termasuk pegawai, pasangan, dan direktur yang melakukan bisnis dengan jumlah yang tidak terlalu banyak.

Untuk itu, tidak semua jenis usaha cocok berkantor di SOHO. Berikut ini beberapa bidang dan jenis usaha yang cocok menggunakan SOHO sebagai kantornya: 

  • Konsultan
  • Designer (fashion, interior, grafik)
  • Arsitek
  • Akunting
  • Event organizer
  • Freelancer
  • Pemilik bisnis tunggal
  • Layanan jasa profesional lain yang tidak menimbulkan gangguan ke tetangga

Tips Menata Ruang untuk SOHO (Small Office Home Office)

SOHO
(Unsplash)

Penataan ruang sangatlah penting agar pekerjaan yang dijalani bisa lebih fokus, produktif dan efisien.

Nah, Pins ingin bekerja di apartemen bertipe SOHO, berikut ini adalah beberapa tips agar kehidupan menjadi lebih nyaman. 

1. Perhatikan Lokasi

Ada baiknya memilih SOHO (Small Office Home Office) dii tengah kota dengan lokasi strategis. Sehingga bisa memudahkan untuk akses bagi klien yang ingin mengunjungi kantormu. 

Setidaknya, usahakan agar lokasi mudah diakses dan dijangkau oleh moda transportasi umum seperti halte bus atau stasiun KRL, dan juga mudah diakses oleh aplikasi ojek online.

2. Sirkulasi Udara yang Baik 

Selain itu lokasi, ruangan kerja juga perlu diperhatikan. Sebaiknya ruangan untuk bekerja memiliki jendela yang besar agar udara segar dapat masuk.

3. Menggunakan Funitur yang Multifungsi 

Memiliki banyak furnitur selalu memiliki risiko membuat ruangan jadi sesak. Untuk itu, perlu juga memilih desain dan ukuran yang tepat. 

Pins bisa memilih jenis furnitur multifungsi dengan ukuran kecil atau ringkas, seperti kursi lipat, meja lipat, rak dengan bingkai tali, hingga desk in a closet (meja kerja di dalam lemari). Selain itu, bisa juga menggabungkan konsep furnitur bongkar pasang rak dengan bingkai tali. 

4. Gunakan Desain Ranjang Loft Bed With Desk 

Menggunakan apartemen jenis SOHO berarti Pins harus memiliki ranjang atau tempat tidur untuk tempat beristirahat. Untuk itu, Pins perlu memikirkan cara agar ranjang dapat “disembunyikan”. 

Nah, salah satu caranya adalah dengan desain loft bed with desk. Desain furnitur ini menaruh ranjang di atas sebuah meja kerja sehingga ruangan yang dipakai menjadi efisien. Pins juga bisa memakai desain ranjang dengan lemari atau kabinet (lemari kecil berpintu) agar ruangan dapat dimaksimalkan. 

5. Seimbangkan Antara Kehidupan Rumah dan Kantor

Di mana pun Pins berkantor sebenarnya menyeimbangkan kehidupan pekerjaan dan kehidupan pribadi sangatlah penting. Tetapi lantaran saat ini Pins menjadikan kantor sekaligus tempat tinggal, tentu akan sulit membedakannya.

Namun, ini tetap harus dilakukan, ya, Pins! Ingatlah bahwa pada dasarnya saat ini Pins sedang bekerja di kantor yang kebetulan berada di rumah. Beri jeda waktu untuk istirahat dan bersantai untuk menjaga pikiran dan ide kalian tetap tajam.

Itulah informasi yang dapat Pinhome himpun mengenai SOHO (Small Office Home Office). Semakin tertarik untuk berkantor di SOHO, Pins?