Kamus Istilah Properti

Gudang

istilah properti

Gudang

Gudang adalah rumah atau bangsal tempat menyimpan barang-barang.

Apa itu Gudang?

Gudang adalah suatu ruangan yang berguna untuk menyimpan barang-barang. Namun, adapun pengertian gudang dalam sebuah bisnis usaha adalah fasilitas yang berguna sebagai lokasi penyalur barang dari pemasok, sampai dengan ke pengguna. Tetapi kali ini kita akan lebih fokus dalam membahas gudang pada sebuah rumah.

Tujuan Gudang

Sebuah bangunan rumah wajib memiliki gudang jika barang yang dimiliki tergolong banyak jumlahnya. Dengan adanya gudang dalam rumah, maka barang-barang yang sekira tidak terpakai atau hanya dipakai sesekali bisa dimasukkan ke dalam gudang. Tujuan utama dalam menghadirkan ruangan gudang di rumah adalah agar membuat tampilan rumah tetap rapi dan tertata, tanpa adanya penumpukan barang yang tidak diperlukan pada ruangan lainnya.

Ruangan yang tertata rapi juga membuat penghuni rumah lebih leluasa dalam beraktivitas tanpa terganggu dengan perabotan yang bertumpuk-tumpuk.

Manfaat Gudang

gudang 1
sumber: Alamy

Gudang seringkali diremehkan dan tidak dipikirkan saat sedang membangun rumah. Padahal gudang mempunyai fungsi penting lho. Gudang bermanfaat sebagai tempat penyimpanan benda yang tak terpakai. 

Ketika Pins mempunyai pakaian, sepatu, alat elektronik, perlengkapan dapur yang tidak atau jarang dipakai namun tetap mempunyai kualitas baik pasti sayang rasanya untuk membuangnya. Maka dari itu, gudang berguna untuk menyimpan benda-benda seperti ini. Gudang bisa menjadi tempat untuk mengatur dan menyimpan benda-benda tersebut dengan rapi. 

Cara Menata Gudang Rumah dengan Rapi

gudang 2
sumber: Alamy
  • Simpan Barang yang Penting-Penting Saja

Jangan hobi menumpuk barang yang tidak akan pernah dipakai lagi pada gedung. Hal ini akan memenuhi slot yang tersedia. Selalu pilih barang yang benar-benar berguna dan penting saja. Pilihlah dengan seksama, jika barang tersebut sudah tidak berfungsi dengan baik lebih baik dibuang atau diberikan kepada tukang service yang bisa memperbaikinya.

  • Pakai Kontainer saat Menyimpan

Agar barang yang disimpan tidak berdebu gunakanlah kontainer untuk menyimpannya. Kontainer biasanya terbuat dari bahan plastik sehingga tidak mudah rusak dan tahan akan air. Jika Pins masih menggunakan kardus untuk menyimpan baranf digudang, segera beralih ke kontainer ya. Sebab kardus punya bahan yang tidak tahan lama.

  • Berikan Label Pada Setiap Box

Agar lebih mudah saat mencarinya, berikan label pada setiap kontainer. Kasih keterangan untuk setiap kontainer, tuliskan benda apa saja yang ada di setiap box kontainer tersebut. Pins bisa membeli label yang sudah ada perekatnya atau bisa juga langsung menulisnya menggunakan spidol.

  • Hindari Menumpuk! Gunakan Rak dan Lemari

Jangan asal menumpuk barang di dalam gudang. Sebisa mungkin gunakan rak atau lemari tertutup untuk menyimpan barang-barang tersebut. Proses penyimpanan akan lebih mudah jika menggunakan rak atau lemari. Rak dan lemari bisa tinggi hingga langit-langit, dengan demikian slot penyimpanan akan semakin banyak.

  • Simpan Berdasarkan Kategorisasi Barang

Walaupun menyimpan barang di gudang, Pins tetap harus mengaturnya dengan rapih. Salah satu triknya adalah dengan mengkategorisasikan barang-barang yang ada di dalam gudang. Contohnya simpan perkakas dalam satu kontainer sendiri. Kemudian kumpulkan peralatan dapur di satu kontainer. Lalu, letakkan elektronik berjajar pada rak atau lemari. Dengan 

Tips Merawat Gudang Rumah

sumber: Alamy
  • Berikan Banyak Ventilasi

Banyaknya barang yang ada di dalam gudang membuatnya harus memiliki banyak ventilasi. Ventilasi berguna untuk perputaran sirkulasi udara dan cahaya matahari. Hal ini dilakukan agar gudang tidak lembab dan menimbulkan bau tak sedap. Jika tidak memungkinkan untuk memberikan banyak ventilasi, setidaknya rutinlah membuka pintu atau jendela yang ada setiap pagi.

  • Lapisi Lantai dengan Baik

Lantai gudang menjadi sasaran empuk untuk jamur berkembang biak. Maka dari itu sebaiknya lapisi lantai dengan sesuatu berbahan vinyl agar lantai gudang senantiasa kering. Selain itu, perhatikan juga tembok sekitar gudang. Tembok gudang seringkali berjamur. Lalu solusi terbaik dan mudah adalah dengan melapisi tembok dengan cat waterproof.

  • Hindari Celah!

Hindari celah pada setiap kotak penyimpanan atau kontainer dalam gudang. Terkadang karena gelap dan tertutup binatang seperti kecoa, tikus dan rayap jadi betah berlama-lama berada di gudang.

Itulah informasi mengenai gudang rumah. Semoga berguna ya, Pins!