Kamus Istilah Properti

Pinvalue

istilah properti

Pinvalue

Pinvalue adalah kisaran nilai atau harga suatu rumah, apartemen atau properti residensial lainnya di pasaran menurut Pinhome.

Mengenal Pinhome Lebih Dalam 

(shutterstock)

Pinvalue adalah kemudahan yang diberikan oleh Pinhome saat melakukan transaksi jual-beli properti. Pins  bisa memanfaatkan Pinvalue ketika memerlukan informasi mengenai kisaran harga jual untuk suatu rumah atau apartemen berdasarkan informasi properti, seperti kondisi bangunan dan lokasi dengan memperhatikan harga pasaran properti di lokasi tersebut.

Lalu apa itu Pinvalue? 

Secara sederhana, Pinvalue adalah kisaran nilai atau harga suatu rumah, apartemen atau properti residensial lainnya di pasaran menurut Pinhome. Kisaran harga ini dihitung dari berbagai data properti terkait lokasi/wilayah administratif. 

Menariknya, perhitungan ini akan diperbarui setiap ada informasi terbaru ditambahkan, baik dari pengguna maupun pihak Pinhome. Jadi, Pins bisa dapat informasi terupdate mengenai kisaran harga rumah tersebut. 

Pertimbangan Kisaran Nilai atau Harga Rumah di Pinvalue 

(Osprey Property)

Kisaran harga ini juga mempertimbangkan harga pasaran properti yang dihimpun dari pemilik properti, publik, serta sumber informasi lainnya. Beberapa data properti yang menjadi pertimbangan di antaranya:

  • Luas bangunan
  • Tanah
  • Lahan parkir
  • Jumlah kamar tidur
  • Kamar mandi 
  • Berbagai fasilitas yang tersedia seperti layanan keamanan 24 jam, kolam renang, balkon atau taman.

Bagaimana Cara Kerja Pinvalue?

(CAUVY Immobilier)

Cara kerja Pinvalue transparan dan akurat memudahkan Pins menghitung harga jual rumah, apartemen maupun properti residensial yang ada pada koleksi listing di dalam dan di luar Pinhome.

Saat menghitung Pinvalue, Pinhome akan mempertimbangkan lokasi dari properti (pada tingkat Kota/Kabupaten) serta nilai dari properti-properti lain yang berada di Kota/Kabupaten yang sama.

Pinvalue dapat digunakan sebagai acuan nilai properti seluruh konsumen. Artinya, di sini, Pins tetap dapat menghitung nilai properti meskipun tidak berniat menjualnya ataupun menitipkannya sebagai listing di Pinhome. 

Data Rumah yang Dikecualikan 

Estimasi harga rumah, apartemen dan properti residensial dari Pinvalue bukanlah appraisal resmi, karena belum mempertimbangkan data lain seperti:

  • Nilai estetika desain properti.
  • Kondisi dan status properti (baru atau seken).
  • Aspek strategis lokasi yang lebih detail seperti risiko banjir.
  • Kredibilitas developer yang mendirikannya. 

Akurasi Pinvalue 

Akurasi bergantung pada kelengkapan data properti yang Pins masukkan serta pada aspek-aspek dari properti yang dipertimbangkan oleh Pinhome saat menghitungnya. Adanya data yang kurang lengkap atau kurang tepat dapat mempengaruhi nilai Pinvalue yang ditampilkan.

Nah, Pins dapat melengkapi data properti sendiri dengan cara: 

  • Untuk properti-properti yang saat ini tidak sedang dipasarkan di Pinhome (ditandai dengan tag ‘Belum Dipasarkan’ di bawah foto properti), Pins dapat menambahkan informasi properti dengan meng-klik tombol “Tambah Info Properti” pada bagian bawah layar.
  • Untuk properti-properti baru atau properti-properti seken yang saat ini sedang dipasarkan di Pinhome (ditandai dengan tag ‘Beli’ ‘Rumah’ ‘Baru’ atau tag ‘Beli’ ‘Rumah’ ‘Seken’ di bawah foto properti), Pins dapat menghubungi tim Pinhome melalui Live Chat dengan menggunakan tombol Live Chat di pojok kanan bawah layar. 

Cara Melihat Estimasi Pasaran Harga Jual Rumah

Selanjutnya, Pins bisa melihat estimasi pasaran harga jual rumah, apartemen dan properti lainnya melalui halaman detail properti yang terdapat pada Pinhome. Berikut ini caranya: 

  • Cari properti sesuai kebutuhan dengan mengunjungi halaman properti yang bisa diakses pada halaman utama Pinhome. Pins juga bisa menemukan properti melalui kolom pencarian.
  • Ketik alamat dan temukan value untuk properti sesuai kebutuhan. 
  • Setelah masuk ke halaman detail properti, Pins dapat menemukan kisaran harga yang pantas di bagian Pinvalue.
  • Untuk properti-properti yang belum dipasarkan, Pins dapat menambahkan informasi properti untuk melihat nilai Pinvalue. Jika ingin menambahkan info properti, Pins dapat menekan tombol Tambah Info Properti pada bagian bawah layar.

Nah, untuk mendapatkan appraisal resmi sebagai estimasi dan pasaran harga rumah, apartemen maupun properti residensial lainnya, Pins tetap disarankan untuk menghubungi agen Pinhome atau appraiser, ya!