Kamus Istilah Properti

Mixed Use Building

istilah properti

Mixed Use Building

Mixed use building adalah konsep bangunan yang memiliki lebih dari tiga fungsi yang saling terpadu.

Apa Itu Mixed Use Building?

Mixed Use Building
(Arsitag)

Istilah mixed use building merujuk pada konsep sebuah bangunan multifungsi yang saling terpadu. Lebih tepatnya, diterapkan pada bangunan pencakar langit yang mampu mengakomodasi lebih dari tiga fungsi kebutuhan manusia. Saat ini, banyak pengembang menggunakan konsep ini dengan menggabungkan antara fasilitas hunian, komersial, dan rekreasi pada satu bangunan. 

Mixed use building adalah solusi yang digunakan untuk perancangan bangunan dengan tujuan menyatukan berbagai fungsi dan aktivitas pada lahan yang terbatas. Pins mungkin akan sering menemukannya pada kota besar, seperti DKI Jakarta. 

Selain lahan yang terbatas, konsep ini juga diterapkan pada properti yang dengan harga tanah yang mahal tetapi strategis dan memiliki nilai bisnis yang tinggi. Dengan konsep mixed use building, sebuah bangunan memiliki kegunaan dan fasilitas yang saling terkait dalam kerangka integrasi yang kuat. 

Arsitek yang merancang bangunan multifungsi ini menerapkan mixed-use dengan baik sesuai dengan fungsi bangunannya. Pada apartemen berkonsep mixed use, umumnya dipadukan dengan Transit Oriented Development.

Karakteristik dan Ciri-ciri Mixed Use Building

Ciri-ciri Mixed Use Building
(3D Warehouse)

Ada beberapa ciri-ciri dari konsep mixed use pada bangunan, antara lain:

Tiga Fungsi atau Lebih 

Karakteristik utama dari mixed use building adalah mampu mengakomodasi tiga atau lebih fungsi sekaligus. Fungsi yang paling penting memenuhi kebutuhan manusia, yaitu tempat tinggal, mencari kerja, dan hiburan. Artinya, sebuah bangunan mixed use tidak hanya mengakomodasi apartemen saja, tetapi ada juga perkantoran, tempat belanja, sarana rekreasi, dan sebagainya. 

Misalnya, pada Southgate Apartment yang berlokasi di JL. Raya Tanjung Barat No.163, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Di dalamnya, terdiri beberapa peruntukan, seperti hunian, pusat perbelanjaan, perkantoran, dan lain-lainnya.

Saling Terintegrasi 

Walaupun memiliki lebih dari satu fungsi, tetapi masing-masing fungsi tersebut saling bergantung dan berintegrasi, baik secara fisik maupun fungsional di dalamnya. Sebagai contoh, apartemen The SpringLake View, di Bekasi Utara, Bekasi, memiliki akses mudah dan dekat ke Summarecon Mall Bekasi menggunakan underpass tunnel. 

Memiliki Fasilitas yang Lengkap

Mengingat fungsinya yang lebih dari satu, maka tak mengherankan kalau fasilitas yang dimiliki oleh bangunan berkonsep mixed use lebih lengkap. Jadi, penghuni yang tinggal di kawasan ini memiliki kemudahan dalam hal mobilitas berkurang, karena semua kebutuhan bisa dilakukan dalam satu bangunan saja. 

Terdapat Jalur Pedestrian 

Kawasan berkonsep mixed use dibekali jalur pedestrian nyaman dan lebih ramah pejalan kaki. Ini karena semua fasilitas dalam kawasan bisa diakses tanpa kendaraan sehingga pengembang akan memperhatikan pembuatan jalur pedestrian yang nyaman. 

Jenis Mixed Use Building

Jenis Mixed Use Building
(Kompas)

Dalam penerapannya, ada empat jenis mixed use building yang didasarkan pada tata letaknya yang mempengaruhi bentuk dan koneksi antarfungsi di dalamnya. Yuk, simak penjelasannya berikut ini: 

Mixed Use Building Pedestrian

Seperti namanya, jenis mixed use building pedestrian memiliki bangunan dengan beberapa fungsi yang terhubung dengan jalur pejalan kaki. Biasanya, fungsi bangunan jenis ini disusun secara bebas dan terhubung dengan jembatan maupun jalur lainnya.

Multi Towered Megastructure

Konsep in merupakan bangunan multifungsi yang berstruktur tunggal. Fungsi bangunan mixed use mega struktur disusun secara vertikal di mana setiap lantainya memiliki fungsi yang bermacam-macam.  

Bangunan tipe ini memiliki tower-tower yang menyatu secara arsitektural dengan atrium yang berada di bawahnya. Atrium ini berfungsi sebagai pusat perbelanjaan.  

Mixed Use Building Tower

Jenis yang dikenal dengan mixed use building tower ini terdiri dari beberapa fungsi bangunan yang disusun dalam satu podium. Jenis mixed use tower diterapkan pada high rise building di mana fungsi-fungsi bangunan lainnya disusun dalam menara yang berada di atasnya. 

Mixed Use Combination

Konsep mixed use building yang terakhir merupakan kombinasi dari ketiga bentuk di atas. Pins bisa menemukan bangunan ini di kawasan elit di sejumlah daerah.  

Contoh Mixed Use Building di Indonesia 

Pins bisa menemukan bangunan berkonsep mixed use di Pinhome yang dikembangkan oleh developer ternama. Berikut ini contoh bangunan berkonsep mixed use di Indonesia yang bisa Pins temukan di Pinhome: 

Southgate Apartment

(Sinarmas Land)

Apartemen yang terletak di Jakarta Selatan ini paling terkenal mengusung konsep mixed use building yang banyak diminati. Dikembangkan oleh pengembang ternama, Sinarmas Land, Southgate Residence menjadi bangunan yang multifungsi karena terdiri dari beberapa peruntukan, seperti hunian, pusat perbelanjaan, perkantoran, dan lain-lainnya.

Akses transportasi untuk ke Southgate cukup mudah karena terletak berdekatan dengan tol JORR. Bagi kamu yang memanfaatkan transportasi umum bisa dengan menggunakan KRL Commuter Line dan turun di Stasiun Tanjung Barat lalu hanya berjalan kaki sekitar 5 menit untuk menuju apartemen.

Sebagai kawasan mixed-use building, AEON Mall Tanjung Barat sebagai pusat perbelanjaan dan gaya hidup juga akan dibuka dalam waktu dekat. 

LRT City The Premiere MTH

(Bisnis)

Masih berlokasi di Jakarta Selatan, tepatnya daerah Tebet, The Premiere MTH menjadi contoh mixed use building dengan TOD di Indonesia karya PT. Adhi Commuter Properti. Sesuai dengan konsepnya yaitu Balanced Life and Lifestyle, kawasan hunian vertikal ini dirancang agar penghuni dapat menikmati kemudahan gaya hidup modern dengan fasilitas lengkap dalam satu kawasan.

Pins juga bisa menemukan berbagai fasilitas penunjang kenyamanan penghuni, seperti fasilitas culinary area, happiness garden, green area, swimming pool, entrance, podium floor, playground, BBQ area, fitness center, plaza, retail, supermarket, F&B, dan co-working space.  

Soal aksesnya, apartemen ini memiliki akses 0 km ke Stasiun KRL Cawang, 0 km ke Stasiun BRT Cikoko, 3 km ke Bandara Halim Perdana Kusuma, dan 700 m ke Tol Lingkar Dalam Jakarta. 

The SpringLake View

(Traveloka)

Kalau Pins mencari hunian berkonsep mixed use di kota Bekasi, Jawa Barat, maka The SpringLake View bisa jadi pilihannya. Dikembangkan oleh PT. Summarecon Agung Tbk, The Springlake View merupakan sebuah kawasan mixed-use yang mengintegrasikan antara kawasan hunian dan area komersial.  

Berada di lokasi strategis, apartemen ini memiliki akses mudah dan dekat ke Summarecon Mall Bekasi menggunakan underpass tunnel, Gedung Financial Center, Sekolah BPK Penabur, dan Hotel Harris.  

Grand Central Bogor

(GarApp Properti)

Kawasan Grand Central Bogor dikembangkan oleh PT. Adhi Commuter Properti yang berlokasi di Jl. Mayor Oking, Cibogor, Bogor Tengah. Sama seperti The Premiere, Grand Central Bogor menjadi kawasan mixed use dengan pendekatan TOD. 

Apartemen ini dirancang untuk menjadi kawasan superblock mixed-use yang didukung dengan beragam fasilitas pendukung, seperti area hijau, community plaza, alfresco dining, fitness center, aqua gym, co-working space, sky garden, food court, bike shelter, swimming pool, children playground, commercial area & SOHO, serta sistem keamanan 24 jam. Grand Central Bogor juga terintegrasi sarana transportasi umum di Bogor.

Grand Kawanua International City 

(AKR Grand Kawanua International City)

Contoh terakhir adalah kawasan mixed use complex bertaraf internasional di Manado yang dikembangkan oleh AKR Development/

Kawasan hunian berlokasi di Jl. A.A. Maramis, Paniki Bawah, Kec. Mapanget, Kota Manado, Sulawesi Utara merupakan sebuah hunian modern yang berada di kawasan prestisius. Terintegrasi. 

Pins bisa memperoleh beragam fasilitas umum mewah seperti hotel bintang 5, convention center, lapangan golf berstandar internasional, shopping center, galeri dan museum seni, hingga wedding chapel

Berada di lokasi strategis di Jalan AA Maramis dan Ring Road II Manado, dengan  akses 5 km atau 10 menit dari Bandara Sam Ratulangi, dan dekat dengan Grand Kawanua City Walk.   

Nah, itulah beberapa informasi seputar mixed use building beserta contohnya. Sedang mencari hunian impian berkonsep mixed use? Yuk, temukan di Pinhome!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.