Kamus Istilah Properti

Barn Door

istilah properti

Barn Door

Barn door adalah pintu geser yang biasanya berupa pintu kayu atau aluminium yang dipasang tergantung di dinding.

Apa Itu Barn Door?

barn door
(Homedit)

Barn door banyak ditemukan pada rumah-rumah bergaya rustic dan farmhouse. Dinamakan barn door karena pintu ini ditemukan di bangunan lumbung atau kandang pada peternakan di negara-negara Amerika dan Eropa.

Kemudian, pintu tersebut ini menginspirasi para desainer dan arsitek untuk diterapkan di dalam hunian dengan gaya yang lebih modern sesuai konsep yang diinginkan oleh penghuninya. 

Jenis pintu ini bisa dipasang di mana saja di dalam rumah, terutama kamar dan kamar mandi. Barn door adalah pintu geser biasanya berupa pintu kayu atau aluminium yang dipasang tergantung di dinding. 

Alih-alih membuka dan menutup seperti pintu tradisional, pintu lumbung meluncur ke samping dan tergantung rapi di dinding. 

Desain pintu ini banyak disukai karena dapat dengan mudah mengubah ruang dan menambahkan banyak karakter di dalamnya. Dengan gayanya yang sederhana, pintu ini bisa dijadikan elemen desain yang kuat dan khas untuk menambahkan nuansa pedesaan dan klasik di dalam hunian. 

Kelebihan Barn Door 

barn door
(Architonic)

Dengan gayanya yang khas ala rumah pedesaan, barn door bisa membawa menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan jenis pintu lainnya. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari pintu lumbung geser:

Hemat Ruang

Pintu sliding seperti konsep ini, ideal untuk ruang sempit. Pada pintu biasa membutuhkan ruang untuk dibuka yang dapat memblokir jalan setapak atau merusak dinding kartika ruangan terasa kecil.

Berbeda dengan pintu satu ini yang membutuhkan ruang gerak yang jauh lebih sedikit, karena ketika membukanya akan bersandar pada dinding. Untuk kualitas hemat-ruangnya, barn door adalah pilihan yang bagus untuk apartemen atau rumah yang lebih kecil.

Instalasi Mudah

Memasang pintu konvensional memerlukan pengukuran yang tepat, dan dapat menjadi tantangan ketika proses pemotongan. Seringkali, pemilik rumah harus mengganti seluruh kusen pintu ketika akan mengganti pintu biasa. 

Tetapi proses instalasi pintu jenis ini lebih mudah. Pins dapat memasang hardware jenis pintu ini sendiri. Walaupun sudah terpasang, Pins bisa mengganti pintu lumbung juga dengan mudah. 

Lebih Fungsional

Jenis pintu geser ini dibuat dari bahan yang ringan sehingga membuatnya mudah dibuka sekalipun Pins sedang membawa banyak barang. Pintu geser dapat terbuka sepenuhnya dan Pins dapat melewati seluruh pintu. 

Hal ini memudahkan untuk memindahkan furnitur atau barang lain melalui pintu. 

Menambah Kehangatan Ruang

Kalau Pins merasa ruanganmu terlalu jenuh, maka pintu seperti ini akan menambah kehangatan dan daya tarik tersendiri. Pins dapat memilih kayu bahkan dapat mengecatnya hitam dan menambahkan elemen emas untuk nuansa yang lebih glamor. 

Cocok untuk Berbagai Gaya Hunian 

Kualitas estetika pintu lumbung geser terbilang unik dan tinggi. Barn door bisa diterapkan pada rumah bergaya rustic, pedesaan, shabby chic, kontemporer, dan banyak gaya lainnya. Pintu ini memiliki daya tarik visual yang unik dan dapat memenuhi berbagai preferensi dekorasi. 

Pintu lumbung cocok dengan gaya atau pintu apa pun, karena tersedia dalam beberapa sentuhan akhir, bahan, dan konfigurasi.

Kekurangan Barn Door

(Houzz)

Selain itu, ada beberapa kekurangan dari pintu lumbung yang harus dipertimbangkan, antara lain: 

  • Dinding akan tertutup ketika pintu terbuka 
  • Tidak serbaguna dalam gaya atau desain
  • Kemungkinan rusak karena bisa keluar jalur
  • Jika tidak dipasang dengan benar, ada kemungkinan pintu ini tidak menutup sempurna
  • Tidak menyediakan kontrol akustik
  • Tidak meningkatkan nilai jual kembali

Ide Desain Barn Door yang Bisa Dipasang di Rumah

Tertarik menerapkan desain pintu geser ala pedesaan ini, Pins? Yuk, simak ide desainnya berikut ini. 

Barn Door Klasik dari Kayu Alami

(HGTV)

Dalam hal desain pintu gudang, tidak jauh lebih klasik daripada pintu geser yang terbuat dari kayu alami. Pins dapat menampilkannya apa adanya untuk nuansa Skandinavia. Selain itu, bisa juga meramaikannya dengan beberapa elemen dekoratif tambahan seperti lampu tumblr yang membuatnya tampil lebih kontras.  

Pintu Geser dengan Cermin 

(Derorated Life)

Barn door yang dilengkapi dengan cermin terlihat modern dan elegan. Desain pintu yang ikonik juga bisa membuat ruangan terlihat luas berkat instalasi cermin di balik pintunya. Pilihlah kusen pintu berwarna gelap dan memberikan aksen pada dinding berwarna putih. 

Pins bisa menempatkannya di berbagai ruang, seperti kamar tidur lain, ruang ganti, lemari, atau kamar mandi. 

Double Barn Door

(Sebring Design Build)

Jika Pins ini konsep pintu yang antimainstream, maka pilihan pintu geser ganda jadi bisa jadi pilihan yang tepat. Pintu ganda memberikan tampilan tradisional tetapi praktis dan menambah kesan dramatis.  

Jika Pins tidak memiliki cukup ruang untuk sisi ruang pintu, maka dapat membaginya dan mendapatkan dua pintu sebagai gantinya. Pins juga menerapkan desain bukaan dengan menggeser ke kanan dan ke kiri.

Pintu Lumbung Vintage

(Country Living Magazine)

Jika Pins menyukai barang antik, maka akan menyukai pintu gudang bergaya antik ini. Pintu ini memberikan tampilan usang dengan cat yang mengelupas. Pegangannya pun terlihat unik karena memiliki tampilan jadul.

Pins dapat mengecatnya dengan warna yang tepat agar sesuai dengan dinding dan lantai rumah. 

Barn Door Unik dengan Chalkboard

(Decoist)

Pintu lumbung ini yang merupakan pintu dan papan tulis yang menarik. Ideal untuk Pins yang memiliki jiwa seni yang tinggi. Tuliskan rencana makan, daftar yang harus dilakukan, bahan-bahan, daftar belanja, atau hanya mencorat-coret sesukamu juga bisa.

Pintu geser dengan papan tulis ini menjadi cara unik untuk memanfaatkan ruang. Buat tamu Pins kagum dengan kreativitas!

Menarik, ya, Pins pintu geser ala lumbung ini? Selain itu, masih banyak lagi desain lain yang bisa Pins terapkan pada jenis pintu ini. Barn door dapat digunakan di dapur, ruang tamu, kamar mandi, kamar tidur, menjadi pintu lemari, dan di mana saja di dalam ruanganmu. Semoga informasi ini bermanfaat!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.