Kamus Istilah Properti

Fasilitas Transportasi

istilah properti

Fasilitas Transportasi

Fasilitas transportasi adalah sarana yang dibuat untuk melancarkan pelaksanaan fungsi mobilitas masyarakat. Fasilitas ini berupa kendaraan umum dan kendaraan masal seperti kereta, pesawat, MRT, LRT, taxi, dan lain-lain.

Apa Itu Fasilitas Transportasi? 

Fasilitas Transportasi
(kompas.com)

Fasilitas transportasi adalah sarana yang dibuat untuk melancarkan pelaksanaan fungsi mobilitas masyarakat. Tak hanya itu, keberadaan sistem transportasi juga dibuat demi memenuhi kebutuhan masyarakat yang terkait dengan ekonomi dan sosial.

Aktivitas warga, termasuk aktivitas sosial, akan menimbulkan kebutuhan pergerakan yang menggunakan transportation facility

Fasilitas transportasi ini mencakup berbagai hal mulai dari moda publik, sarana berjalan kaki untuk pejalan kaki, dan lajur sepeda.

Jenis-jenis Fasilitas Transportasi

(jakartatraveler.com)

Sebagaimana diketahui, transportasi terdiri dari berbagai jenis, yaitu transportasi darat, transportasi laut, dan transportasi udara. 

Fasilitas transportasi sendiri dibedakan berdasarkan jenis transportasi itu sendiri. Berikut ini beberapa transportation facility

Fasilitas Transportasi Darat

Fasilitas transportasi darat adalah penunjang dari alat transportasi yang beroperasi di daratan. Adapun beberapa contoh transportation facility darat diantaranya:

  • Halte Bus, yaitu tempat untuk menunggu bus. 
  • Terminal Bus, yaitu tempat untuk pemberhentian bus dan juga bisa sebagai tempat bus berkumpul. 
  • Stasiun Kereta, yaitu tempat naik dan pemberhentian kereta api. 
  • Lampu Lalu Lintas, yaitu lampu yang mengatur laju kendaraan di jalan raya.
  • Pangkalan Ojek/Becak, yaitu lokasi yang digunakan sebagai tempat berkumpulnya ojek atau becak.  
  • Jembatan, yaitu jalan (dari bambu, kayu, beton, dan sebagainya) yang direntangkan di atas sungai (jurang, tepi pangkalan, dan sebagainya.
  • Jalur Kereta Api. 
  • Terowongan yaitu tembusan dalam tanah atau gunung dan digunakan untuk jalan kereta api dan transportasi.
  • Jalur Sepeda.
  • Jalur pejalan kaki.

Fasilitas Transportasi Laut

Fasilitas transportasi laut adalah pelabuhan yaitu tempat naik dan pemberhentian kapal.  Fasilitas ini berada di ujung sungai, danau, maupun samudra.

Sebagai penunjang alat transportasi laut, pelabuhan berguna untuk tempat singgah kapal laut, mengangkut barang, memindahkan barang maupun mengangkut dan menurunkan penumpang.

Fasilitas Transportasi Udara

Penunjang transportasi udara yaitu bandar udara atau lebih sering disebut dengan bandara. Bandara merupakan suatu transportation facility untuk pesawat terbang lepas landas maupun untuk mendarat, bandara juga dilengkapi dengan operator layanan penerbangan dan lain-lain. 

Di bandara juga para penumpang berkumpul untuk naik dan turun. 

Keuntungan Wilayah yang Dekat dengan Akses Transportasi  

(thejakartapost.com)

Sebuah kawasan yang memiliki transportation facility artinya menambah kemudahan bagi masyarakat sekitar. 

Tak hanya itu, transportation facility juga punya banyak kelebihan, diantaranya: 

Memudahkan Mobilitas Masyarakat 

Fungsi utama transportation facility adalah sebagai alat perhubungan bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. 

Melalui fungsi ini artinya segala kegiatan, seperti pertanian perindustrian, dan perekonomian dapat berjalan lancar.

Menghemat Pengeluaran 

Biaya transportasi merupakan kategori pengeluaran terbesar kedua untuk rata-rata rumah tangga, setelah biaya perumahan. Untuk itu, kehadiran transportation facility di area perumahan sangatlah penting. 

Jadi, jika  lingkungan Pins kaya akan fasilitas transport umum, bahkan dapat dilalui dengan berjalan kaki, maka akan lebih hemat pengeluaran. Apalagi mengingat ongkos transportasi umum lebih umum lebih murah. 

Memperbaiki Kawasan 

Kehadiran fasilitas transportasi terbukti dapat mengatasi krisis keterjangkauan. Hal ini juga dapat memperbaiki lingkungan pinggiran kota yang terjangkau untuk memungkinkan mobilitas yang lebih besar melalui transit yang lebih baik dan peningkatan kemampuan berjalan kaki. 

Selain itu, jika penghuni lebih sering berjalan kaki dan menaiki angkutan umum maka akan memberikan manfaat lingkungan yang sangat besar mengingat orang yang mengemudi sendiri dengan mobil adalah penyumbang besar perubahan iklim. 

Kawasan dekat dengan Akses Transportasi Memiliki Nilai Investasi yang Tinggi 

Dekatnya hunian dengan transportasi umum massal, seperti terminal Bus Kota, Stasiun Kereta Commuter Line maupun ruas LRT Jabodetabek membuat mobilitas para pekerja menjadi lebih mudah. 

Ongkos transportasi pun bisa irit karena menggunakan transportasi umum semisal kereta rel listrik (KRL) alias commuter line.

Maka karena hal ini, perumahan yang berada di area yang dekat dengan akses transportasi memiliki nilai investasi yang tinggi karena harganya akan terus naik setiap tahun. 

Bahkan, tak heran jika banyak developer menjadikan kedekatan area perumahan dengan akses transportasi sebagai nilai jual mereka. 

Contoh Perumahan yang Punya Akses Transportasi Lengkap di Jabodetabek

Saat ini kehadiran akses transportasi menjadi hal penting dalam pembangunan perumahan. Salah satu buktinya dengan menghadirkan konsep transit-oriented development (TOD). Tujuan dari pengembangan konsep hunian TOD ini adalah memaksimalkan kawasan transit transportasi secara optimal. 

Ciri utama hunian berkonsep TOD ini memiliki begitu banyak pilihan akses transportasi yang sangat mudah, seperti exit tol, stasiun KRL, pengembangan MRT, dan sebagainya.

Mau tahu perumahan mana saja yang mengusung konsep TOD? Yuk, simak daftarnya di bawah ini: 

LRT City Tebet, Jakarta Selatan

(bisnis.com)

LRT City Tebet dikembangkan oleh anak perusahaan PT. Adhi Karya (Persero) Tbk. yaitu PT. Adhi Commuter Properti. Hunian berkonsep TOD ini menjadi proyek mixed-use pertama di Jalan MT Haryono yang terintegrasi langsung dengan sistem transportasi massal LRT, BRT, dan KRL. 

Tak hanya lengkapnya fasilitas transportasi, kawasan ini menyediakan fasilitas yang lengkap dalam satu kawasan yaitu office, apartemen, dan area komersil. 

Layaknya apartemen mewah umumnya, LRT City Tebet juga dilengkapi dengan fasilitas lengkap, seperti taman bermain, kolam renang, dan swalayan.

Wimbledon Jababeka Residence, Bekasi

(jababekaresidence.com)

Dikembangkan oleh Jababeka Residence, Wimbledon Jababeka Residence adalah perumahan yang mengusung konsep TOD berbasis kota mandiri. 

Ada banyak pilihan fasilitas transportasi yang ada kawasan ini karena berada di lokasi strategis. Bahkan, terdapat Jabodetabek Residence Connexion (JR Conn) yang merupakan layanan transportasi publik berbasis bus point to point yang didorong oleh Transportasi Jabodetabek.

Tak hanya itu, Wimbledon Jababeka juga dilengkapi dengan fasilitas umum yang dapat dinikmati penghuni, seperti fasilitas taman bermain anak yang dapat digunakan sebagai arena bermain anak dan tempat bersosialisasi penghuni, dan fasilitas olahraga outdoor.  

Tenjo Metropolis Tangerang 

Fasilitas Transportasi
(Pinhome)

Hunian berkonsep TOD selanjutnya adalah Tenjo Metropolis. Hunian ini dibuat dengan fasilitas transportasi yang lengkap dalam memenuhi kebutuhan mobilitas tinggi kehidupan millenial yang dinamis dan serba cepat.

Terletak di daerah Tenjo, yang merupakan daerah yang ditunjuk oleh Pemda untuk dibentuk menjadi Kawasan Kota Baru. Tenjo City Metropolis memiliki banyak pilihan akses yang strategis, karena hunian ini bisa diakses melalui KRL Commuterline, 1 km stasiun Tenjo, serta tersedia akses Tol terdekat yang menggabungkan Serpong Balaraja

Meskipun fasilitas transportasi yang lengkap, harga Tenjo Metropolis terjangkau bagi millennial, namun tidak mengurangi kenyamanan dan fasilitas yang ditawarkan. Tenjo Metropolis dilengkapi ruang hijau terbuka agar sirkulasi udara lebih baik. Sehingga kegiatan berolahraga dan aktivitas luar ruang lebih segar.

Adhi City Sentul

Fasilitas Transportasi
(lrtycity.com)

Adhi City Sentul adalah hunian yang memiliki visi “Integrated Future City” ini memaksimalkan penggunaan angkutan umum dan pendekatan tata ruang campuran. Hunian ini diusung bagi segmen senior millennial dan active boomer. 

Para penghuni akan menikmati nuansa alam dipadukan fasilitas berupa kluster rumah tapak, fasilitas sosial dan wisata, serta pusat bisnis dan finansial yang akan meningkatkan kualitas hidup. 

Soal fasilitas transportasi sangatlah mudah. Akses terdekat dari kawasan hunian ini adalah LRT Sentul dan pintu tol Sentul yang hanya berjarak satu menit saja!

Urban Signature Jakarta Timur

Fasilitas Transportasi
(urbanjakarta.co.id)

Hunian dengan fasilitas transportasi terakhir adalah Urban Signature. Berlokasi di Jalan Pengantin Ali No. 88, Ciracas, Jakarta Timur, Urban Signature menghadirkan pendekatan pengembangan kota bersifat compact dengan mengadaptasi tata ruang campuran (mixed use). 

Pins dapat menikmati pilihan fasilitas transportasi yang beragam memaksimalkan penggunaan angkutan massal LRT serta dilengkapi jaringan pejalan kaki  dan sepeda.  

Urban Signature dibangun di atas mall 3 lantai yang didominasi oleh pusat kuliner dan perbelanjaan. Kemudahan tersebut tentu akan meningkatkan produktivitas konsumen, sebagaimana konsep Urban Signature “Harmony & Quality Life”, yaitu menyegarkan kembali para penghuni dari hiruk-pikuk Ibu Kota Jakarta.


Kontributor: Linda

Editor: Iko