Kamus Istilah Properti

Built-in

istilah properti

Built-in

Built in merupakan istilah yang digunakan untuk menjelaskan sebuah barang atau alat yang menyatu dan terpasang di perangkat atau media lain.

Apa Itu Built-in?

(This Old House)

Istilah built in mungkin sudah sering kamu dengar ya, Pins. Istilah ini sering diucapkan oleh para developer perumahan, agen real estate, atau penjual furnitur. Lalu apa sih sebenarnya built in itu? Built in jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia terintegrasi atau permanen. 

Jika diasosiasikan ke dalam ranah properti, built in bisa berarti furnitur yang sudah menjadi satu dengan alat atau perlengkapan rumah lain. Misalnya jika kamu membeli kitchen set biasanya sudah menjadi satu dengan lemari, storage dan lain-lain. Contoh lain misalnya saat kamu membeli televisi yang sudah menjadi satu dengan lemari. Nah, inilah yang disebut dengan built in.

Keunggulan built in pada properti  

(The New York Times)

Di sektor properti, built in sering dikaitkan dengan fasilitas peralatan rumah tangga. Rumah atau unit apartemen yang dilengkapi dengan built in biasanya sudah sekaligus full furnished. Keunggulan dari properti yang built in bersama fasilitas dan peralatan rumah tangga adalah sebagai berikut.

Pindahan rumah lebih praktis

Kamu yang ingin pindah rumah tidak perlu membeli peralatan rumah tangga. Hali ini karena kamu sudah akan mendapatkan fasilitas yang satu paket dengan unit yang kamu beli. Biasanya saat pindah rumah, kita juga perlu menyisihkan sedikit dana untuk membeli peralatan rumah tangga. Ditambah dengan proses dan kegiatan membeli peralatan rumah yang melelahkan. Namun, dengan membeli unit apartemen atau rumah yan sudah built in dengan perabotan maka kamu tidak perlu repot membeli peralatan rumah tangga lagi. 

Pengeluaran lebih terjaga dan kamu bisa berhemat

Seperti yang sudah kamu ketahui bahwa setiap peralatan rumah tangga, terutama alat elektronik, mempunyai harga yang mahal. Misalnya TV dengan kualitas dan merek ternama bisa dihargai hingga 3-5 juta bahkan lebih. Selain itu, belum lagi ketika kamu memerlukan mesin cuci, kitchen set, dan lain-lain. Namun, dengan membeli unit properti yang sudah menyediakan fasilitas built in maka kamu bisa lebih berhemat dan tidak lagi perlu membeli alat elektronik tersebut. Pihak developer atau penjual yang menawarkan unit lengkap dengan built in pun pasti akan memasang atau memberikan alat elektronik dan furnitur dengan kualitas baik. Jadi, kamu tidak perlu khawatir bahwa kualitas furnitur atau alat elektronik buruk.

Kualitas peralatan rumah tangga terbaik

Agar sebuah unit properti terjual dengan cepat, para pihak developer akan berlomba-lomba untuk memberikan fasilitas menarik. Furnitur dan alat elektronik built in yang telah menjadi satu paket dengan rumah bisa menjadi opsi fasilitas tambahan yang diberikan. Untuk menyediakan barang-barang tersebut, pastinya pihak developer akan memikirkan perihal kualitas barang. Apabila mereka menyedikan barang dengan kualitas buruk tentu ini malah menjadi boomerang bagi kualitas dan image developer tersebut. 

Macam-macam built in pada unit properti 

(Samsung Newsroom)

Jenis furnitur yang menjadi satu dengan pembelian properti biasanya berbeda-beda. Kamu bisa menanyakan hal ini langsung ke pihak developer atau penjual. Ada rumah yang secara utuh sudah built in, namun ada juga unit yang hanya menyediakan beberapa built in di beberapa ruangan saja. Berikut ini beberapa macam built in unit properti.

Kitchen set pada dapur

Kitchen set bisa juga disebut sebagai satu set peralatan dan perlengkapan dapur. Biasanya hal ini termasuk sink untuk mencuci piring, storage untuk menyimpan piring dan alat makan, lemari untuk meletakkan perlengkapan dapur lain. Unit properti dan rumah yang sudah menyediakan kitchen set tentu akan memudahkan kamu. Kamu tidak perlu lagi pusing menentukan peralatan dan alat elektronik apa lagi yang harus dibeli. Biasanya piha developer akan menyedikana semua kebutuhan yang mendasar untuk kamu sebagai pembeli dan klien.

Lemari pada ruang keluarga dan televisi

Lemari pada ruang keluarga biasanya menjadi area untuk meletakkan banyak barang termasuk televisi dan buku. Apabila perumahan atau unit apartemen yang akan kamu beli menawarkan fasilitas built in ini maka kamu akan sangat beruntung sekali. Kamu akan menikmati peralatan penting yang sangat berguna untuk aktivitas sehari-hari tanpa harus membeli lagi.

Meja Makan

Meja makan menjadi salah satu perlengkapan rumah tangga yang sangat penting sekali. Meja tersebut sangat berguna untuk melakukan kegiatan makan dan meletakkan makanan yang akan siap disantap. Memilih meja makan saat ini butuh ekstra usaha. Selain harus mempertimbangkan harga, kamu pun perlu menilai kualitas dari bahan yang digunakan dan lain-lain. Oleh karena itu, dengan hadirnya built in meja makan yang disediakan oleh pihak developer, akan memudahkan hidup kamu. Apalagi kamu yang harus beraktivitas setiap hari dan masih memiliki kegiatan meeting di akhir pekan. Maka hal ini akan menyelamatkan waktu yang kamu miliki.

Tempat tidur

Tempat tidur juga menjadi perlengkapan rumah yang penting. Ranjang atau tempat tidur akan menjadi area kita untuk beristirahat. Nah, untuk itu kamu pun harus memilih kualitas tempat tidur yang baik. Memilih tempat tidur yang baik ini membutuhkan waktu dan tenaga. Maka dari itu apabila ada pihak developer perumahan yang telah menyediakan fasilitas tempat tidur menyatu dengan unit, ini bisa menjadi nilai plus!

Ruang tamu dan sofa

Selain itu, biasanya developer juga akan memberikan fasilitas built in berupa ruang tamu yang lengkap dengan sofa. Kamu bisa menikmati fasilitas ini jika sudah menempati rumah. Kamu pun tidak lagi perlu pusing untuk membeli peralatan setelah tinggal di hunian tersebut. 

Nah Pins, itu saja informasi mengenai built in yang bisa kami sampaikan. Semoga berguna ya Pins!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.