Kamus Istilah Properti

Corten Steel

istilah properti

Corten Steel

Corten steel adalah jenis baja yang sengaja dijadikan berkarat untuk membentuk lapisan pelindung  pada lapisan luar baja. 

Apa Itu Corten Steel?

corten
(SSAB)

Istilah corten steel berasal dari singkatan Corrosion Resistance-Tensile Strength yang juga dikenal dengan nama weathering steel. Corten juga ini merujuk sebuah nama merk dagang yang yang dipatenkan oleh US Steel Corp/ “United State Steel Corporation/ USS dengan Cor-Ten®. 

Seorang arsitek di Moline bernama Eero Saarinen merupakan sosok yang pertama kali memperkenalkan corten steel pada gedung John Deere World Headquarters. 

Baja ini memang sengaja dibuat dengan tujuan untuk menghilangkan kebutuhan pengecatan pada baja. 

Secara sederhana, arti corten steel adalah baja yang diciptakan melalui proses pelapukan. Karakteristik baja ini sesuai dengan kepanjangan yaitu COR alias Corrosion Resistance yang berarti ketahanan terhadap korosi, TEN dari Tensile Strength yang bermakna kekuatan tarik. 

Pelapukan ini terjadi karena komposisi kimia yang ada pada baja tersebut. Baja Corten sengaja melalui proses pelapukan supaya lapisan pelindung dari cuaca dapat terbentuk pada lapisan luar baja. Hasil akhirnya berupa tampilan karat pada finishing cat seperti sudah berkarat termakan cuaca bertahun-tahun yang akhirnya membentuk lapisan pelindung.

Proses korosi dihasilkan dari lapisan pelindung perpaduan elemen yang ada pada baja corten tersebut.

Lapisan pelindung pada permukaan ini akan kemudian telah meregenerasi secara terus menerus ketika terkena pengaruh cuaca sehingga memang sengaja dibiarkan berkarat untuk membentuk lapisan pelindung.

Meskipun tampilannya seperti berkarat, tetapi lapisan pelindung permukaannya akan terus berkembang dan meregenerasi terus menerus ketika terkena perubahan cuaca.

Karakteristik Corten Steel 

corten
(Jasa Arsitek Jogja)

Selain tampilannya yang khas karena seperti barat, Pins bisa mengenai corten steel dengan ciri-ciri sebagai berikut: 

  • Memiliki daya tahan korosi yang lebih baik jika dibandingkan dengan jenis baja yang lain.
  • Memiliki kemampuan yang baik terhadap kondisi atmosfer udara sehingga lebih tahan cuaca 4 sampai 8 kali lebih baik daripada baja karbon konvensional.
  • Kemampuan kekuatan tarik dan sifat mekanik yang baik. 
  • Diklaim memberikan 30% peningkatan sifat mekanik.
  • Tidak ada finishing cat sehingga membentuk tampilan karat yang terekspos   Corten steel juga sering disebut sebagai baja yang tahan korosi dan baja dengan kekuatan tarik yang baik.

Jenis Corten Steel

Pins bisa menemukan dua jenis baja cortem yaitu corten A dan corten B. Yuk, simak penjelasannya berikut ini:

Corten A

Jenis corten A digunakan untuk elemen estetika. Oleh karena itulah, jenis ini tidak direkomendasikan untuk aplikasi bantalan beban yang berat. 

Corten B 

Berbeda dengan Corten A, tipe satu ini bisa digunakan sebagai kebutuhan beban berat seperti kontainer, cerobong asap, konstruksi kereta api, dan sebagainya.  

Keduanya bisa Pins temukan dalam ukuran:

  • Tebal : 1,5 mm – 300 mm
  • Panjang : 2.000 mm – 18.000 mm

Kelebihan Corten Steel

corten
(Arch Daily)

Corten steel memiliki banyak kelebihan yang bisa Pins pikiran. Berikut ini beberapa diantaranya: 

Lebih Hemat

Baja corten tidak memerlukan lapisan pelindung maupun cat yang biasa akan memerlukan tambahan yang biaya perawatan. Maka dari itulah, Pins akan lebih hemat biaya karena tidak perlu keluar anggaran lagi untuk beli cat untuk finishing dan perawatan. 

Mudah Dirawat

Perawatan baja corten sangatlah mudah sehingga banyak digunakan untuk material yang memerlukan akses yang sulit dan berbahaya seperti jembatan.

Dibandingkan jenis baja lainnya, corten lebih bisa meminimalisir gangguan yang mungkin akan terjadi di masa depan. Yang terpenting, Pins harus melakukan pengecekan serta pembersihan. 

Ramah Lingkungan

Baja corten terhitung material yang sangat ramah lingkungan. Pemasangannya pun tidak terlalu sulit dan membutuhkan waktu konstruksi yang lama.

Bahkan, penggunaan corten steel dapat memberikan aksen tampilan yang menarik. Pins bisa memilih variasi corten steel dalam beberapa pilihan warna.

Kekurangan Baja Corten

Sementara itu, kekurangan corten steel adalah sebagai berikut: 

  • Termasuk material yang sangat sensitif terhadap iklim subtropis yang lembab.
  • Jika terjadi penumpukan air bias menyebabkan laju korosi yang lebih tinggi pada area-area yang terkena air tersebut.
  • Lapisan karat  pada permukaannya, memicu noda karat pada permukaan lain.

Contoh Pengaplikasian Corten Steel 

Fasad Corten Steel
(The Architects Diary)

Ada beberapa contoh pengaplikasian corten steel yang bisa Pins temukan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini beberapa diantaranya: 

Fasad Bangunan

Buat Pins ingin menginginkan gaya bangunan bergaya industrial unfinished, maka corten steel adalah salah satu material yang bsia digunakan sebagai fasad. 

Bahkan, Eero Saarinen pertama kali mengenalkan baja corten ini sebagai bahan bangunan untuk gedung John Deere World Headquarters yang sangat estetik di tahun 1964.  

Jembatan

Di Indonesia, baja corten juga banyak digunakan sebagai material jembatan. Efeknya seperti berkarat sering dianggap besi tersebut sudah tua dan harus segera diganti.

Padahal, besi itu bukan sudah tua tetapi jenis corten steel yang memiliki daya tahan lebih kuat. 

Patung

Saat ini ada banyak karya seni patung memakai corten steel. Tampilan warnanya yang unik dan bahannya yang tahan lama, membuat patung ini terlihat begitu cantik.  

Patung dari corten steel juga akan terlihat menarik jika dipajang di rumah sebagai hiasan. 

Pot Tanaman

Pins juga bisa menggunakan baja corten sebagai material untuk membuat pot tanaman yang unik. Pins bisa menanam berbagai jenis tanaman pada pot yang terbuat dari corten untuk menghiasi pekarangan rumah.

Pagar Rumah

Besi corten juga cocok digunakan untuk material pagar dan pintu gerbang rumah. Pins dapat membuat pagar dengan desain yang pendek maupun tinggi sesuai desain rumah. 

Tak perlu ragu dengan kualitas dan daya tahan corten steel sebagai pagar karena memang hasilnya akan sangat indah dan menawan. 


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.