Kamus Istilah Properti

Plaza

istilah properti

Plaza

Plaza adalah sebuah ruang terbuka untuk umum yang berada di daerah perkotaan yang cukup ramai dilalui banyak orang.

Apa Itu Plaza?

plaza adalah
(Marketbisnis.com)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, plaza adalah alun-alun kota, pusat pertokoan dengan tempat parkir, dan tempat yang luas dan beraspal untuk mobil.

Pengertian ini juga sejalan dengan makna plaza yang berada di dunia. Asal kata plaza adalah kata dari bahasa Spanyol yang berkaitan erat dengan lapangan atau menggambarkan tempat terbuka untuk umum di daerah perkotaan yang ramai dan padat penduduk.

Sebenarnya, plaza tidak hanya berada di daerah perkotaan saja. Kini, di daerah terpencil pun memiliki plaza asalkan memiliki ciri khusus ruang terbuka umum yang ramai dilalui banyak orang.

Sebagai area yang dilalui banyak orang, bangunan plaza juga disertai dengan beragam fasilitas umum seperti ruang istirahat atau duduk-duduk santai. Ornamen seperti bangku taman, taman, air mancur, pepohonan hingga patung kerap meramaikan plaza.

Sekalipun sebagai ruang terbuka tempat banyak orang berkumpul dan bersantai, plaza jelas berbeda dengan taman. 

Apabila taman merupakan ruang hijau terbuka, tidak semua plaza harus dilengkapi dengan pepohonan atau tanaman hijau lainnya. Ada banyak jenis plaza beserta desainnya yang unik dan tepat sasaran sebagai tempat beristirahat dan santai banyak orang di ruang terbuka umum.

Selain itu, ciri khas plaza yang lain adalah bangunan ini didirikan dan dikelilingi oleh bangunan-bangunan lain seperti pertokoan maupun kantor.

Perbedaan Plaza dengan Mall

plaza adalah
(rumah.com)

Berkembangnya zaman dan teknologi, bangunan plaza pun mengalami perkembangan menjadi pusat pertokoan di mana kamu bisa berbelanja sekaligus melakukan relaksasi di dalam plaza.

Biar tak salah, ini perbedaan plaza dan mall. 

Jumlah Lantai 

Plaza yang berkaitan dengan gedung pertokoan atau pusat perbelanjaan biasa juga disebut dengan Town Square. Kebanyakan para perancang atau arsitektur plaza membangun gedung ini dengan lantai lebih dari tiga lantai, sedangkan bangunan mall hanya memiliki tiga lantai.

Fungsi Bangunan 

Bentuk bangunan plaza atau town square kembali mengalami perkembangan pembangunan dan disatukan dengan penginapan seperti hotel atau apartemen dan menara perkantoran.

Pins, kamu tentu pernah melihat gedung pertokoan atau pusat perbelanjaan dengan beberapa lantai, lalu di atasnya lagi merupakan gedung penginapan seperti hotel atau apartemen. Bahkan, pihak pengelola biasanya juga menyewakan agar banyak perkantoran yang bisa menyewa atau membangun gedung di atas plaza atau pusat perbelanjaan ini.

Berbeda sekali dengan mall yang benar-benar dikhususkan sebagai pusat perbelanjaan saja dengan jumlah lantai tidak lebih dari tiga lantai. Mengapa demikian? Pasalnya, mall lebih fokus sebagai tempat berkumpulnya beberapa toko atau bangunan yang dikhususkan untuk berbelanja.

Struktur Bangunan

Dari segi bangunannya, mall memiliki struktur rancangan bangunan tertutup dengan suhu tertentu yang sudah diatur oleh perancang bangunan. Jalur pejalan kakinya juga dirancang di antara pertokoan kecil yang saling berhadapan.

Berada di lahan yang cukup luas ke samping ini, biasanya mall didirikan di sekitar area perumahan.

Sementara itu, plaza atau town square bisa dibangun di atas lahan yang sedikit tetapi menjulang ke atas. Bertemakan sebagai pusat perbelanjaan sekaligus penginapan dan perkantoran, prinsip plaza atau town square sendiri dirancang menjulang tinggi ke atas. Oleh karena itu, plaza bisa lebih menghemat luas tanah daripada bangunan mall.

Jumlah Penyewa Tenant 

Para penyewa besar (anchor tenant) di plaza atau town square terbatas, jumlahnya maksimal hanya dua penyewa, sedangkan penyewa besar di mall tidak terbatas alias bisa lebih dari satu penyewa besar (anchor tenant).

Prinsip Bangunan 

Dari segi kepopuleran, jelas, Pins, akan lebih bersahabat dan sering mendengar mall dibandingkan plaza. Seperti gedung Piazza di Italia yang merupakan gedung plaza dengan pusat kehidupan komunitas tak tertandingi. 

Sekalipun plaza memiliki pergeseran manfaat dan bangunannya, prinsip utama plaza sebagai ruang terbuka untuk umum di mana banyak orang berlalu lalang dan bisa beristirahat atau duduk santai di dalamnya tetap terpenuhi. Namun, dalam bentuk yang berbeda yakni sebuah bangunan pusat perbelanjaan, penginapan, dan kompleks perkantoran.

Kondisi Plaza di Spanyol dan Amerika Serikat

Di Spanyol, plaza adalah lapangan atau alun-alun yang dikelilingi oleh gedung kepemerintahan. Pasalnya, banyak kota-kota kolonial di Spanyol, Amerika, dan Filipina merencanakan bangunan plaza de armas sebagai benteng militer, tempat para tentara dipersiapkan untuk berangkat.

Setelah peresmiannya, Pins, ternyata plaza ini sendiri dikelilingi oleh istana kepemerintahan, gedung pemerintahan lain, dan gereja utama.

Adapun plaza di daerah Amerika Latin, gedung plaza biasanya berkaitan erat dengan gedung pemerintahan, di mana di setiap pusat kepemerintahan memiliki tiga lembaga yang saling berkaitan. Tiga lembaga tersebut adalah katedral, cabildo dan pusat administrasi. Ketiga lembaga ini berada di kanan-kiri istana gubernur atau gedung pengadilan.

Nah, ruang terbuka yang cukup luas ini sering digunakan sebagai parade militer di Amerika Latin.

Sementara, di Amerika Serikat tepatnya di daerah Kansas City, Missouri, bangunan dengan nama “Country Club Plaza” dengan arsitektur mengadopsi gaya Spanyol merupakan cikal bakal munculnya identik plaza sebagai gedung atau pusat perbelanjaan.

Namun kini, plaza diartikan sebagai pusat perbelanjaan atau gedung pertokoan yang tidak terlalu berbeda dengan mall.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Linda

Editor: Annisa Hapsari