Kamus Istilah Properti

RUSPIN (Rumah Unggul Sistem Panel Instan)

istilah properti

RUSPIN (Rumah Unggul Sistem Panel Instan)

RUSPIN atau Rumah Unggul Sistem Panel Instan merupakan jenis rumah yang dibangun dengan sistem modular yaitu menggabungkan panel beton pracetak menggunakan baut. Rumah jenis ini memiliki struktur yang kuat, fleksibel, serta dapat dibangun dalam waktu relatif singkat.

Pengertian RUSPIN

ruspin
(Detik)

RUSPIN merupakan singkatan dari Rumah Unggul Sistem Panel Instan. Rumah ini adalah hasil pekerjaan dari Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang). Konstruksi yang diprakarsai oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ini dibuat sebagai solusi penyediaan rumah di Indonesia.

Jenis bangunan ini dibuat dengan menggunakan sistem modular. Artinya, pembangunan dilakukan dengan menggabungkan bagian-bagian kecil atau modul dan dirakit menjadi produk berukuran lebih besar. Sistem ini memungkinkan rumah untuk dibangun sesuai keinginan dan kebutuhan.

RUSPIN dapat dibangun dalam waktu yang lebih cepat dibandingkan rumah biasa. Hal ini mungkin untuk dilakukan karena pembangunannya dilakukan dengan menggabungkan panel beton pracetak. Komponen-komponen tersebut kemudian disatukan menggunakan baut.

Mengapa Dibangun Rumah dengan Teknologi RUSPIN?

(Kompas)

Rumah merupakan kebutuhan mendasar bagi manusia. Di Indonesia sendiri, jumlah penduduk semakin bertambah sehingga kebutuhan akan rumah juga ikut naik. Apabila rumah ini dibangun dengan cara konvensional, pemenuhan rumah ini akan sulit dilakukan. Hal ini dikarenakan rumah pembangunan konvensional atau in-site membutuhkan waktu lama dan baiyanya mahal.

Teknologi RUSPIN dihadirkan oleh pemerintah sebagai jawaban atas permasalahan kebutuhan hunian. Rumah yang dibangun dengan teknologi ini bisa dibuat dalam waktu yang lebih singkat. Tidak hanya itu, biaya pembangunannya juga lebih murah. Rumah pun bisa didapatkan dengan lebih mudah namun tanpa mengorbankan kualitas bangunan.

Proses Konstruksi Rumah

ruspin
(Kompas)

Proses pembuatan RUSPIN dilakukan melalui beberapa tahapan. Pelaksanaan konstruksi rumah dengan menggunakan teknologi ini yaitu sebagai berikut.

Pembuatan komponen

Sebelum bisa membangun rumah, langkah awal yang perlu dilakukan tentunya yaitu membuat komponen-komponen yang diperlukan. Komponen untuk rumah ini dibuat dengan bahan-bahan seperti pasir, kerikil, semen, air, beton, baja tulangan, wire mesh, dan baut sambungan.

Setelah bahan-bahan pembuatan komponen siap, langkah berikutnya yaitu penulangan komponen. Pada tahapan ini, terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan mulai dari pemotongan bahan, penekukan bahan sesuai ketentuan, lalu merangkai bahan sesuai rancangan.

Apabila penulangan telah selesai, pengecoran akan mulai dilakukan. Bahan-bahan yang telah disiapkan kemudian dibuat sebagai campuran beton. Hasil campuran lalu dicor dan dipadatkan. Setelah itu, cetakan dibuka dan diperiksa. Bahan yang telah jadi kemudian diangkut ke lokasi pembangunan rumah.

Perakitan komponen

Langkah berikutnya dari pembangunan RUSPIN yaitu merakit komponen-komponen yang telah dipersiapkan. Namun sebelumnya, dibuat dulu pondasi rumah yang akan dibangun. Pada tahapan ini, pembuatan pondasi sama seperti rumah konvensional.

Setelah pondasi dibuat, perakitan komponen dapat dilakukan. Komponen sloof dan komponen kolom dipasang mengikuti perencanaan yang telah dibuat. Pada tahapan ini, perakitan dilakukan dengan menggunakan baut.

Pemeriksaan akhir

Setelah komponen rangka rumah telah terangkai, langkah selanjutnya yaitu melakukan pemeriksaan. Sambungan di komponen sloof, kolom, dan balok perlu diperiksa kekencangannya. Pemeriksaan lainnya juga dilakukan pada kelurusan dan kerataan rangkaian komponen, kelengkapan penyambung, dan posisi kotak komponen.

Apabila pemeriksaan tersebut telah dilakukan, pembangunan rumah bisa dilanjutkan kembali. Konstruksi seperti pemasangan kusen dan pemasangan dinding dapat dilakukan pada tahapan ini.

Keunggulan Penerapan Sistem Ini

(klatenkab.go.id)

Rumah Unggul Sistem Panel Instan merupakan solusi yang dibuat untuk pemenuhan kebutuhan rumah. Teknologi ini memiliki beberapa keunggulan yaitu sebagai berikut.

Pembangunannya cepat

Rumah yang dibangun dengan teknologi RUSPIN memiliki struktur yang sederhana. Bahan dan ukuran bangunan juga tidak rumit sehingga bisa dibuat oleh pekerja yang lebih sedikit. Tidak hanya itu, masa konstruksi juga sangat singkat. Pembangunan hanya membutuhkan waktu beberapa hari saja dan sudah termasuk penyiapan lahan serta finishing.

Merupakan konstruksi fleksibel

Konstruksi ini tidak hanya bisa diterapkan pada rumah-rumah sederhana. Melalui berbagai pengembangan dan persiapan, teknologi RUSPIN dapat digunakan untuk membangun rumah mewah. Hal ini mungkin jika dilakukan modifikasi yang sesuai.

Sederhana

Pembangunan rumah dengan teknologi ini memiliki panel struktur yang sederhana. Panel struktur untuk pembuatan rumah ini hanya terdiri dari 2 jenis. Selain itu, bahan dan ukuran yang diperlukan untuk membuat rumah juga tidak rumit.

Konstruksi kuat untuk jangka panjang

Walaupun sederhana dan dapat dibangun dalam waktu yang cepat, rumah dengan konstruksi ini tetaplah berkualitas. Rumah ini memiliki konstruksi yang kuat dan telah diuji melalui simulasi. Melalui pengujian tersebut, terbukti bahwa Rumah Unggul Sistem Panel Instan ini tahan gempa di daerah sedang sampai cukup berat.

Estetis

RUSPIN merupakan pengembangan dari jenis konstruksi lainnya yaitu RISHA atau Rumah Instan Sederhana Sehat. Berbeda dengan RISHA, rumah yang dibangun dengan teknologi ini memiliki sisi estetika yang lebih unggul. Tampilan luar baut dan pelat sambungan telah diminimalisir. Selain itu, jumlah penggunaan panel kolom juga berkurang sehingga ruangan yang dihasilkan lebih luas.

Rumah Unggul Sistem Panel Instan menjawab berbagai permasalahan yang muncul dari pemenuhan kebutuhan rumah. Rumah yang dibangun dengan teknologi ini bisa dibuat lebih cepat, murah, dan juga kuat. Selain itu, pembuatannya juga sederhana dan dapat dikerjakan oleh sedikit orang sehingga semakin menekan biaya konstruksi.

RUSPIN tidak hanya bisa digunakan dan dibuat oleh pemerintah. Pihak swasta seperti pengembang perumahan juga bisa memanfaatkan inovasi ini. Apakah Pins tertarik untuk membangun rumah dengan teknik ini?


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.